Categories: InternetTekno

Syarat Smartphone Bisa Terkoneksi dengan Sinyal 5G Telkomsel Indonesia

Layanan 5G resmi diluncurkan Indonesia pada akhir mei 2021, pihak Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar jaringan internet generasi kelima ini. Meskipun demikian, belum semua perangkat 5G dapat tersambung ke jaringan internet super cepat ini. Lantas, apa syarat smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G Telkomsel Indonesia?

Beberapa merek smartphone dari berbagai vendor sudah memperkenalkan teknologi 5G dan memasarkannya di Indonesia. Tetapi, Anda juga tidak perlu buru-buru untuk membeli HP 5G meskipun ada yang ditawarkan dengan harga murah.

Sebagai informasi, sampai saat ini belum ada satupun perangkat atau smartphone 5G di Indonesia yang sudah bisa digunakan untuk megakses jaringan 5G, khususnya untuk pengguna biasa.

Yang dimaksud dengan pengguna biasa disini adalah pemilik ponsel 5G yang belum memiliki akses khusus ke vendor smartphone dan operator telekomunikasi.

Kalaupun ada beberapa demonstrasi yang pernah Anda lihat untuk uji coba kecepatan jaringan 5G Telkomsel, itu adalah mereka yang memiliki akses khusus untuk keperluan melakukan uji coba mengukur kecepatan internet.

Syarat Smartphone Bisa terkoneksi dengan Sinyal 5G

Dilansir dari Kompas Tekno, syarat agar smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G, harus menunggu pembaruan software over the air (OTA) untuk membuka kunci (unlock) 5G terlebih dahulu.

Jadi, meskipun smartphone Anda sudah support teknologi 5G dan berada di jaringan 5G belum tentu dapat terkoneneksi ke internet super cepat ini.

Sebagai informasi, salah satu syarat smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G Telkomsel di Indonesia adalah yang mendukung band n40 di spektrum 2,3 GHz.

Spektrum inilah yang digunakan oleh pihak Telkomsel untuk dapat mengakses jaringan 5G yang diluncurkan pada akhir mei 2021 yang lalu.

Meskipun smartphone Anda sudah dapat menangkap dan menampilkan sinyal 5G, tetapi sebenarnya masih smartphone tersebut masih menggunakan jaringan 4G.

Mengapa demikian?

Karena untuk dapat menikmati kecepatan internet di jaringan 5G, kartu SIM Telkomsel yang Anda gunakan saat ini harus sudah teregistrasi jaringan 5G terlebih dahulu.

Syarat Menggunakan Jaringan 5G Telkomsel

Selain menggunakan smartphone dengan teknologi 5G dan mendukung band n40, berikut ini adalah beberapa syarat terkoneksi Sinyal 5G Telkomsel

1. Menggunakan USIM (SIM 4G LTE)

Apabila sudah menggunakan bisa mengakses jaringan 4G LTE, maka pengguna sudah dipastikan menggunakan kartu USIM.

Agar lebih yakin, pengguna dapat langsung mengeceknya dengan menghubungi nomor USSD di *888*47# lalu pilih menu “cek kartu”.

Selain itu, pengguna dapat melihat secara langsung logo 4G yang tertera pada kartu fisik USIM.

2. Tidak Perlu Ganti Kartu Fisik

Untuk dapat menikmati jaringan 5G Telkomsel tidak perlu ganti kartu fisik apabila sudah bermigrasi ke telah migrasi ke 4G LTE.

3. Registrasi dan Aktivasi 5G Tekomsel

Pengguna Telkomsel bisa melakukan registrasi dan aktivasi layanan 5G pada nomor smartphonenya dengan mengisi formulir di situs telkomsel5G

Keterangan lengkap juga bisa Anda dapatkan melalui situs resmi Telkomsel.

4. Berada di Wilayah yang Terjangkau 5G Telkomsel

Syarat smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G Telkomsel harus berada di wilayah yang terjangkau jaringan 5G Telkomsel yang kan segera diluncurkan secara bertahap di beberapa daerah berikut ini:

  • Alam Sutera, Banten
  • Bumi Serpong Damai, Banten
  • Pondok Indah Kapuk, DKI Jakarta
  • Kelapa gading, DKI Jakarta
  • Pondok Indah, DKI Jakarta
  • Widya Candra, DKI Jakarta

Sementara untuk hotspot, tersebar di area:

  • GraPARI GTG Medan, Sumatera Utara
  • GraPARI Batam Centre, Kepri GraPARI Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta
  • GraPARI Solo, Jawa Tengah
  • GraPARI Pemuda Surabaya, Jawa Timur
  • GraPARI Renon Denpasar, Bali
  • GraPARI Balikpapan, Kalimantan Timur
  • GraPARI Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan
  • Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
  • Telkom University, Jawa Barat Telkomsel Smart Office, DKI Jakarta

Sumber : Tekno Kompas.

Protected with blockchain timestamps

Share
Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Cek Harga Smartphone Terbaru