Review ProdukTekno

Tahun Akan Berganti, Inilah 7 Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019

7 Trend Populer Smartphone Tahun 2019

7 Trend Populer Smartphone Tahun 2019 – Ada banyak smartphone yang telah dirilis di tahun 2019 ini dan masing-masing mempunyai keunikan tersendiri. Dimulai dari layar full screen, high refresh rate display, Quad bahkan kamera Penta dan beberapa perusahaan juga berusaha untuk mulai menyingkirkan notch dari smartphone mereka menggunakan berbagai cara.

Tidak hanya itu, teknologi 5G juga sepertinya sudah mulai diterapkan dan dikembangkan. Bahkan bisa di bilang bahwa tahun 2019 ini adalah tahun kelahiran smartphone 5G.

Sayangnya, sebentar lagi tahun akan segera berganti dan untuk mengenang tahun ini, mari kita bahas beberapa trend paling populer yang digunakan smartphone di tahun 2019 ini.

7 Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019

1. Quad Camera Setup

Sumber: Samsung

Pertama kita bahas si “elephant in the room”. Hampir semua smartphone, jika itu termasuk dalam kelas menengah/mid-range rata-rata telah dilengkapi dengan Quad Camera Setup.

Bahkan, Penta (5) Camera Setup juga sudah mulai di-implementasikan oleh Xiaomi untuk Mi Note 10.

Sumber: Xiaomi

Trend ini dimulai dari Dual Camera Smartphone milik HTC dengan dirilisnya HTC One M8. One M8 menggunakan Dual Camera yang terdiri dari sensor utama dan depth sensing sensor.

Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019
Sumber: HTC

Kemudian trend Triple Camera dimulai oleh Huawei dengan P20 dan Mate 20 Pro miliknya.

Sumber: Huawei

Setelah kalah bersaing dengan Huawei dalam peperangan Triple Camera Smartphone, Perusahaan raksasa asal Korea “Samsung” menggebrak dunia smartphone dengan merilis Samsung Galaxy A9 (2018) yang menggunakan Quad Camera Setup.

Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019
Sumber: Samsung

Galaxy A9 (2018) adalah smartphone dengan Quad Camera pertama yang menggunakan gabungan sensor utama, ultrawide, zoom dan depth sensor yang sampai sekarang masih di-implementasikan oleh perusahaan lain untuk smartphone mereka.

Jika di hitung, sudah lebih dari 60+ smartphone telah menggunakan Quad Camera semenjak Galaxy A9 (2018) dirilis.

2. 48MP & 64MP Sensor

Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019
Sumber: Samsung

Tidak hanya Quad atau Penta Camera saja. Semenjak Sony dan Samsung merilis sensor Quad Bayer 48MP & 64MP miliknya. Berbagai macam perusahaan pembuat smartphone mulai berbondong-bondong untuk meng-implementasikan sensor tersebut untuk smartphone miliknya.

Sensor Quad Bayer menggunakan teknologi Pixel-binning untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

Hasil foto/video yang dihasilkan akan terlihat jernih dan jelas walaupun di kondisi minim cahaya sekalipun. Meskipun terdengar premium, trend yang satu ini sudah bisa kamu nikmati hanya dengan membeli smartphone kelas menengah/mid-range.

Hingga sekarang, jumlah smartphone yang menggunakan sensor 48MP sudah melebihi 100+ sedangkan 64MP masih 10.

Untuk kedepanya, OEMs pastinya akan mulai menggunakan sensor dengan resolusi yang lebih tinggi seperti Mi Note 10 yang menggunakan sensor 108MP.

Baru-baru ini, Samsung juga kabarnya sedang menggarap sensor 144MP yang menggunakan teknologi 9-1 bayer terbaru.

Rumornya, Sensor tersebut akan digunakan oleh Samsung Galaxy Note 11 yang akan dirilis pada pertengahan tahun 2020 mendatang.

3. Punch Hole Display

Sumber: Vivo

Dimulai dari bezel, kemudian waterdrop notch hingga mekanisme pop-up camera.

Para perusahaan pembuat smartphone/OEM telah berusaha keras untuk membuat layar smartphone mereka tampil seminimalis mungkin dimana punch-hole menjadi pilihan paling populer di tahun 2019 ini.

Sekarang, lebih dari 30+ smartphone telah mengadopsi desain punch-hole display dengan bentuk dan posisi yang berbeda.

Beberapa smartphone seperti Galaxy S10 dan Note 10 Series memiliki punch-hole yang terletak di bagian tengah atas layar. Sedangkan Galaxy S10 5G, Redmi K30, Huawei Nova 6 dan Honor V30 menggunakan punch-hole yang memiliki bentuk oval/kapsul yang memanjang.

4. Dual Selfie Camera

Sumber: Xiaomi

Berbicara mengenai punch-hole, Smartphone seperti Galaxy S10 5G, Redmi K30, Huawei Nova 6 dan Honor V30 menggunakan oval punch-hole untuk mengakomodasi kamera selfienya.

Akan tetapi berbeda dari smartphone pada umumnya, smartphone di atas menggunakan dua kamera sekaligus.

Konsep dual-selfie camera sendiri sudah lama digunakan dan lebih dari 90+ smartphone telah menggunakan konsep tersebut. Namun baru kali ini konsep tersebut di-implementasikan di dalam punch-hole display.

5. High Refresh Rate Display

Sumber: Asus

Trend ini dipopulerkan oleh OnePlus saat mereka merilis OnePlus 7 Series.

Smartphone tersebut menggunakan layar berbasis Fluid AMOLED display yang memiliki refresh rate sebanyak 90Hz.

Baca juga: Rekomendasi 9 Smartphone dengan Layar 90Hz Terbaik 2019

Refresh rate yang tinggi akan membuat animasi terlihat lebih baik terutama saat digunakan untuk Gaming atau Scrolling konten.

Maka dari itu tidak heran jika Gaming Smartphone seperti Asus ROG Phone II, Nubia Red Magic 3S, Xiaomi Black Shark 2 dan Sharp Aquos Zero2 menggunakan layar dengan refresh rate sebanyak 90Hz hingga 240Hz.

Apple juga kabarnya akan mulai menggunakan high refresh rate display untuk iPhone 12.

6. Dark Mode

Trend Populer Smartphone Di Tahun 2019
Sumber: Xiaomi

Dark Mode adalah mode yang diperuntukan untuk digunakan saat berada dikondisi/tempat yang minim cahaya agar layar smartphone lebih nyaman dimata.

Namun, sepertinya Dark Mode malah menjadi tema/mode utama dan menjadi favorit para pengguna smartphone.

Dark Mode telah tersedia secara langsung/built in untuk Android 10 atau perangkat yang menggunakan iOS 13.

Beberapa OEMs juga telah menambahkan fitur tersebut untuk Android Custom Skin miliknya seperti Xiaomi MIUI 11, Samsung One UI 2.0, Oppo ColorOS 7 dan Vivo Funtouch 10.

7. Dukungan 5G

Sumber: Samsung

Jaringan 5G juga sudah mulai di-implementasikan dan dikembangkan. Beberapa smartphone seperti Redmi K30, Huawei Nova 6 5G, Vivo iQOO Pro 5G, OnePlus 7T Pro 5G, Samsung Galaxy S10 5G, Vivo X30, Realme X50, ZTE Axon 10s Pro 5G, dan masih banyak lagi telah dilengkapi dengan dukungan 5G.

Jaringan 5G sudah mulai di-implementasikan sejak Snapdragon 855 dirilis dan dikombinasikan dengan Qualcomm X50 external 5G Modem.

Namun pada saat itu, fitur tersebut hanya bisa dinikmati jika kamu rela membeli smartphone kelas flagship/high-end yang tentunya dibandrol dengan harga tinggi.

Akan tetapi, Semenjak Samsung, MediaTek, dan Qualcomm merilis SoC/Chipset 5G kelas mid-range miliknya, Jaringan 5G akhirnya bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

SoC/Chipset tersebut adalah Exynos 980 yang akan pertama kali digunakan oleh Vivo X30 berkat kerjasama Vivo dengan Samsung, Dimensity 1000 yang akan digunakan oleh Realme X50 5G Vanilla dan Snapdragon 765G yang digunakan oleh Redmi K30 Series, Realme X50 Pro 5G dan smartphone 5G lain untuk kedepanya.

Penutup

Beberapa trend di atas sepertinya masih akan terus digunakan atau mungkin di tinggalkan untuk smartphone di tahun 2020 mendatang.

Kita tidak bisa terlalu yakin karena pastinya OEMs akan terus berinovasi dan menciptakan teknologi terbaru. Dan seperti yang sudah-sudah, teknologi lama akan digantikan dengan yang baru jika teknologi baru tersebut dinilai cukup baik untuk menggantikanya.

Contohnya saja, belum lama Oppo telah memamerkan teknologi in-display camera yang rumornya akan digunakan oleh smartphone flagship terbarunya yaitu Find X2.

Demikian 7 trend populer yang digunakan oleh smartphone di tahun 2019 ini. Menurut kamu, inovasi dan teknologi seperti apa yang kamu harapkan untuk smartphone di tahun 2020 mendatang?

Tinggalkan komentar/pendapat kamu dan selalu stay tuned di Klikmania.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close