Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat, Tempat Terakhir Burung Jalak Bali

Bali memiliki banyak objek wisata indah yang dapat dikunjungi oleh siapun, dan salah satu objek wisata mengagumkan adalah Taman Nasional Bali Barat. Berkunjung ke tempat ini, selain sebagai sarana liburan juga bisa menjadi sarana edukasi.

Memiliki luas sekitar 19.002,89 hektare, taman nasional ini merupakan tempat perlindungan dan pelestarian bagi flora, fauna, maupun ekosistem yang lain yang ada di dalamnya.

Taman Nasional Bali Barat memiliki sekitar 17 jenis mamalia dan 160 jenis burung, serta terdapat beragam jenis ikan dan reptil, kemudian terdapat 176 jenis tanaman.

Ada Apa Saja Di Taman Nasional Bali Barat?

Di area Taman Nasional Bali Barat ini terdapat pula 4 pulau kecil. Yaitu Pulau Gadung, Pulau Menjangan, Pulau Burung, dan Pulau Kalong.

Selain pulau, beberapa gunung juga terdapat di wilayah taman nasional ini. Seperti Gunung Panginuman, Gunung Bakungan, Gunung Ulu Teluk Terima, Gunung Nyagkrut, Gunung Malaye.

Ekosistem di Taman Nasional Bali Barat cukup lengkap degan adanya ekosistem di darat dan laut. Zona ekosistem di darat meliputi, kawasan hutan pantai, hutan mangrove, savana, hutan hujan dataran rendah, hutan musim, evergreen, dan River Rain Forest.

Untuk zona ekosistem laut meliputi, pantai berpasir, ekosistem coral reef, perairan laut dangkal, perairan laut dalam, dan padang lamun.

Taman Nasional Bali Barat
Kehidupan Laut Taman Nasional Bali Barat http;//metrotvnews.com

Satwa Endemik Taman Nasional Bali Barat

Di Taman Nasional Bali Barat terdapat Burung Jalak Bali yang keberadaan burung satu ini terbilang hampir punah. Burung cantik yang satu ini biasanya berkumpul di semananjung Prapat Agung.

Loading...

Selain burung Jalak Bali, terdapat koleksi jenis burung lainnya, seperti Jalak Putih, Cerek Jawa, Wili-Wili, Ibis Putih Kepala Hitam, Bangau Tongtong.

Koleksi satwa lainnya terdapat luwak, kijang, banteng, landak, kancil, dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Bali Barat
Burung Jalak Bali Yang Hampir Punah http://majalahkicau.com

Selain itu di zona perairan terdapat jenis satwa seperti, Penyu Hijau, Penyu Sisik, Biawak, Ikan Hiu, Ikan bendera, ikan duyung, dan lainnya. Di dalam kawasan ini flora dan fauna hidup secara bebas di alam terbuka.

Tempat Wisata Lainnya

Beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi di Taman Nasional Bali Barat adalah Pura Pulaki. Pura ini dibangun dipinggir tebing bukit batu karang dan menghadap ke laut. Terletak di jalan raya antara kota Singaraja dan Gilimanuk.

Baca juga5 Pantai Tersembunyi Di Bali dengan Pesona yang Tiada Duanya

Kemudian terdapat Sumber Air Panas, dimana sumber mata air panas yang ada di kawasan TN Bali Barat ini berada di daerah Banyuwedang. Beberapa wisatawan datang ke sumber air ini untuk berendam serta menyembuhkan penyakit kulit.

Terdapat Pulau Menjangan, yaitu pulau dengan luas kurang lebih 175 hektar. Pulau Menjangan adalah pulau yang terdiri dari karang, bebatuan, dan tanah vulkanik hitam. Lokasi Pulau Menjangan berada di utara kawasan Taman nasional Bali Barat.

Taman Nasional Bali Barat
Pulau Menjangan – http://shannonwild.photoshelter.com

Masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi disini, seperti Wisata Landscape dan Pulau, Pusat Penangkaran Jalak Bali, Candi Taman Sari dan Pura, dan Terumbu Karang.

Pastinya Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan yang lengkap baik untuk kegiatan edukasi seperti penelitan ataupun untuk kegiatan wisata.

Didukung juga dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan siapapun yang berkunjungi taman nasioal ini.

Lokasi Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat letaknya di ujung barat Pulau Bali, berjarak kurang lebih 2 km dari arah pelabuhan di Gilimanuk dan juga berjarak sekitar 60 km dari kota Denpasar.

Harga tiket masuknya sekitar IDR 2.500 per orang. Jam operasionalnya adalah pukul 08.00 – 18.00 WITA setiap hari.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Komentar

    Avatar

    Mahar

    ( - 02:58)

    Terima kasih referensi buat liburan keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *