Dunia InternetUlasan Bisnis

Kenali Tanda – tanda Keuangan Anda Sedang Bermasalah, Agar Lebih Bijak Mengaturnya

Tanda – tanda keuangan sedang bermasalah – Siapa yang tidak ingin mempunyai banyak uang? Entah dari penghasilan kerja atau pun usaha sendiri. Sudah pasti semua diharapkan dapat memberikan penghidupan yang lebih baik.

Masalahnya, berapa pun uang yang kita miliki belum tentu dapat menjamin keuangan sehat. Bisa jadi keuangan sedang bermasalah karena ketidakmampuan untuk mengaturnya.

Hal yang membuat orang mengalami masalah keuangan salah satunya adalah mementingkan gaya hidup. Apalagi untuk mereka yang mempunyai penghasilan tinggi, sudah pasti mereka memiliki kelas gaya hidup yang semakin meningkat.

Contohnya, saat gaji Anda masih Rp 3 juta, Anda akan makan di warung makan. Sedangkan jika memiliki gaji Rp 10 jutaan, pasti Anda akan menaikkan kelas Anda. Biasakanlah mengelola dengan rapi saat memiliki penghasilan sendiri untuk pertama kali.

Tanda – tanda keuangan sedang bermasalah

Untuk mengetahui apakah kondisi keuangan Anda sekarang ini sehat atau tidak, ada beberapa hal yang menunjukkan indikator ini.

Besar pengeluaran dibanding penghasilan

Keuangan sedang bermasalah

Sekarang banyak orang yang memiliki keuangan pas-pasan namun bergaya hidup begitu tinggi. Gaji hanya Rp 3 juta, namun berani kredit sana sini.

Jika pada akhirnya Anda masih dapat menabung, tidak akan menjadi sebuah masalah. Tetapi, jika menimbulkan masalah keuangan, atau berhutang karena pengeluaran membludak, rasanya disayangkan.

Loading...

BacaUang Gaji Sering Habis Percuma? Lakukan 4 Tips Ini Agar Tidak Boros

Tidak bisa membayar tagihan tepat waktu

Salah satu tanda keuangan sedang bermasalah ialah tidak dapat membayar tagihan tepat waktu terus menerus. Uang gajian hanya dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Oleh sebab itu, bila Anda memperoleh gaji, usahakan mendahulukan pengeluaran yang sifatnya penting seperti tagihan. Jika hanya dibiarkan, tagihan akan membludak.

Saat uang habis, hutang dijadikan solusi

Salah satu tanda yang jelas jika keuangan sedang mengalami masalah ialah menjadikan hutang sebagai cara pendanaan. Peminjamannya pun bukan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, namun kebutuhan yang bersifat dapat ditunda.

Jika hutang dapat langsung dilunasi, mungkin bukan menjadi masalah. Tetapi, jika tidak bisa dilunasi, sudah pasti akan menjadi masalah. Bayangkan jika hutang terus menumpuk, itulah tanda – tanda keuangan sedang bermasalah.

Baca4 Tips Mengatasi Hutang yang Terbukti Ampuh, Salah Satunya Mengubah Pola Pikir

Pastikan untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan, terutama untuk pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting buat Anda.

Sandi Wahyudi



Loading...

Baca selengkapnya

Sangat suka membuat artikel tentang bisnis dan lainnya. Kamu bisa melihat blog pribadi saya di http://myblogpacar.blogspot.co.id , http://www.bacber.net , http://www.awaybux.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button