Optimasi Blog

Tehnik SEO Menjerumuskan Dan Wajib Di Tinggalkan

Bagaimana penerapan SEO yang baik dan aman untuk blog/website? Tehnik SEO apa yang sesuai dengan pedoman google webmaster?  Apakah SEO penting untuk peringkat sebuah blog? Banyak pertanyaan serupa mengenai hal ini, termasuk saya sendiri. SEO (search engine optimation) masih sangat berperan untuk mengantarkan artikel menuju halaman mesin pencarian dan masih sangat penting untuk sebuah blog dalam mencapai peringkat.

Yang perlu anda ketahui, google mengupdate algortima nya dari waktu ke waktu, melakukan penyempurnaan dan perbaikan, bukan perkara mudah menempatkan jutaan situs yang tiap hari semakin bertambah, dengan jutaan artikel dalam setiap hari dan memasukkannya ke daftar halaman pencarian.

Di era evolusi SEO saat ini bukan mustahil sebuah blog mampu bersaing dan menduduki peringkat dalam halaman pencarian (SERP) Tetapi pertanyaan nya? Berapa lamakah sebuah blog mampu bertahan di SERP, sementara persaingan terus berjalan dari hari ke hari.

Penerapan SEO yang salah akan berakibat fatal dan bahkan bisa jadi akan membunuh blog itu sendiri, dalam pengertian membunuh traffik pengunjung, tidak muncul di halaman pencarian (de index) dan yang lebih parah, blog di hapus (banned) oleh google..separah itukah?

Tehnik SEO Menjerumuskan Dan Wajib Di Tinggalkan


Sebenarnya hal ini sudah banyak di ulas oleh banyak teman blogger, di sini saya hanya menambahkan point penting saja, Berikut ini beberapa tehnik SEO yang wajib untuk di hindari

 1. Membangun link berkualitas rendah.
Tehnik atau cara membangun backlink yang salah dalam sebuah blog, yang hanya mengejar backlink saja, hal ini sah sah saja, karena tidak ada larangan yang menyebutkan, sebagai contohnya adalah

– Blogwalking dengan meninggalkan “Live link”

Ini sah dan tidak melanggar aturan, akan tetapi jika anda sadari sendiri sudah banyak para blogger yang menetapkan aturan, bahwa berkomentar jangan meninggalkan link hidup, tahukah artinya?
Sebenarnya sejak anda meninggalkan komentar pada suatu blog, berarti anda sudah mendapatkan backlink dari blog tersebut (red-dofollow) melalui signature, baik itu melalui akun Gplus atau pun nama/email dan website anda (Dengan catatan komentar tersebut di setujui dan publish) Jadi jika anda menambahkan Link hidup, google justru akan menganggap komentar anda sebagai SPAM, karena terdapat nama author dan link blog anda sekaligus. Jadi jika ingin komentar anda di publish, anda tau apa yang harus di lakukan.

Kegiatan bertukar link, membeli link atau memperomosikan blog melalui forum, tapi hanya mengumbar link blog anda saja tanpa memberikan kontribusi yang jelas kepada forum tersebut juga akan tercium oleh google.
Google juga telah menyatakan dalam pedoman kualitas mereka bahwa setiap link dimaksudkan untuk memanipulasi peringkat halaman atau peringkat situs dalam hasil pencarian Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema hubungan dan pelanggaran Pedoman Webmaster Google.

2. Target kata kunci yang berlebihan.
Optimasi kata kunci untuk hasil pencarian yang maksimal dalam sebuah artikel memang sangat penting, akan tetapi jika anda hanya memfokuskan target kata kunci yang berlebihan dalam sebuah artikel bahkan mengulang ulang kata kunci tersebut dengan penegasan untuk memperkuatnya tanpa di sertai artikel yang relevan justru akan menjauhkan artikel tersebut dalam mesin pencarian.
Sekali lagi, anda akan di cap sebagai “Spam”, karena google tidak menyukai unsur “duplikat” Potensi de-index akan besar sekali,walupun anda berhasil mencapai peringkat dan memenangi hasil pencarian, artikel anda tidak akan lama bertahan di SERP.

3. Mempromosikan blog dengan cara berbayar untuk tujuan SEO
Selain submit ke banyak blog directori,mempromosikan blog bisa dengan cara berbayar, banyak website atau situs berbayar yang menyediakan jasa untuk melakukan Strategi SEO ini. Pemikiran yang sangat keliru mengenai mendistribusikan website/blog melalui berbagai saluran akan membantu dalam meningkatkan peringkat organik. Update algoritma Google Panda menegaskan bahwa promosi website/blog dengan cara tersebut tidak membantu SEO, karena mempertimbangkan visitor unik (unique visitor) yang datang dari mesin pencari.

Selain itu jangan terlalu mengandalkan Media sosial sebagai trafik utama blog anda. Saya tidak mengatakan kalau hal ini menjerumuskan atau hal yang harus di hindari, bahkan google sendiri menyarankan untuk share artikel ke media sosial, tapi alangkah bagusnya jika artikel atau blog anda di temukan oleh mesin pencari seperti google,kecuali nama blog anda sudah terkenal. Hal ini akan menambah peringkat blog anda di mata search engine google dan di percaya dapat meningkatkan SERP.

Saat ini SEO tidak hanya meliputi riset keywords atau optimasi kata kunci, optimasi meta tag, optimasi teks jangkar (anchor text), menambahkan konten di situs dan halaman lainnya, optimasi sitemap, optimasi robots.txt, ror.xml, info.txt, urllist.txt, optimasi kecepatan halaman, optimasi link yang rusak dan lain sebagainya.tapi SEO juga termasuk artikel yang relevan dan berkualitas untuk mendapatkan backlink natural dari google. Itulah investasi SEO jangka panjang.

Nah, begitu sistematisnya mempelajari SEO,sampai saat ini saya hanya mengandalkan artikel alakadarnya saja, karena terlalu membuat lebih berpikir dan tidak konsentrasi buat ngeblog, karena ini dan itu salah. Saya masih berpendapat kalau masih berpedoman pada mutu dan kualitas webmaster, artikel akan bisa bersaing mendapatkan peringkat, Karena SEO saat ini masih Rahasia Google, kita hanya menebak nebak saja. Semoga artikel ini berguna.

Loading...


Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

6 Comments

  1. gan mau nanya dong, sehubungan dengan poin kedua, apakah tdk apa jika meletakkan keyword di akhir paragraf? mohon penerangannya gan, thanks

  2. Wadduh… Saya juga pernah memberikan signatur saat blog walking atau di forum,.. terima kasih Gan, atas informasinya…

  3. Tergantung penerapannya mas @islahudin abu umar, Selama mengikuti pedoman mutu dan kualitasgoogle webmaster,,aman aman saja..:D

  4. Ngeri juga ya… ternyata teknik yang sudah kita pakai dan kita anggap sah-sah saja bisa menjadi boomerang buat jatuhnya blog kita di mata search engine… 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *