Tehnik SEO: Cara Agar Artikel Dapat Menyaingi Kompetitor

Tehnik SEO (Search Engine Optimation) tidak akan ada hentinya, karena kita tau sendiri setiap tahun berlalu Seo itu akan sedikit berubah. Entah mengapa optimasi SEO banyak dipelajari dan diperdalam orang terutama orang yang mengelola situs- situs besar.

Mungkin jawabannya adalah dengan mendalami tehnik SEO situs yang dikelola dapat menghasilkan trafik yang tinggi. SEO sendiri merupakan tehnik yang dibuat oleh mesin pencari, dimana tehnik ini disarankan bahkan di haruskan dipergunakan oleh seorang blogger atau webmaster.

Tujuan menggunakan tehnik SEO adalah meningkatkan performa situs website atau blo agar artikel dapat bertahan  di dalam hasil pencarian Search Engine.

Tehnik SEO untuk segala perubahan algoritma

tehnik seo

Google Algorithm Timeline via https://www.found.co.uk

Saya sendiri kurang paham dengan algoritma yang selalu berubah tanpa pemberitahuan dari pihak yang bersangkutan (google). Oleh karena itu ada banyak upaya yang dapat dilakukan agar artikel yang kita buat tetap kokoh dan bertahan berada di halaman Search Engine termasuk Google.

Optimasi yang dapat dilakukan mulai dari awal adalah Optimasi pada Blog. Jika kalian menggunakan Platform blogger, kalian harus tau tehnik seo sederhana yang dapat diterapkann dalam blog anda. Salah satunya yaitu Meta Tag.

Meta tag adalah salah satu penanda agar mesin pencari mengetahui keberadaan blog, bisa juga berfungsi untuk pemetaan yang memudahkan mesin pencari untuk mengakses blog sesuai dengan diskripsi atau isi konten dalam blog.

Meta tag sendiri ada banyak jenisnya yang dapat digunakan untuk blog. Tapi kita akan menggunakan yang sederhana saja untuk meningkatkan keberadaan blog kita.

Dibawah ini adalah contoh meta tag untuk blogspot.

<meta content=’Ulasan blog anda‘ name=’description’/>
<meta content=‘Kata kunci blog anda‘ name=’keywords’/>

Pasang kode di atas tepat di bawah kode <head>. Jika anda masih bingung saya akan memberikan  contoh pemasangan meta tag untuk blogger

<meta content=’Blog yang membahas seputar blogging.‘ name=’description’/>
<meta content=’Optimasi SEO, Cara optimasi SEO, tutorial blogger, blog‘ name=’keywords’/>

Anda dapat membuat meta tag seperti di atas, atau juga berbeda sesuai dengan tema yang anda bahas di blog anda.

Tehnik SEO untuk artikel agar bisa bersaing dengan kompetitor

Anda tau ada ratusan bahkan ribuan artikel dengan pembahasan yang hampir sama, apakah Anda akan bisa mendapatkan visitor jika hanya mengandalkan keberuntungan saja?

Tehnik SEO sangat penting dan mau tidak mau harus dipelajari oleh seorang yang terjun dalam dunia blogger, banyaknya kompetitor akan membuat konten blog Anda bersaing untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari , terutama google.

Selain memasang Meta tag di blog, ada banyak tehnik SEO yang dapat digunakan untuk bersaing dengan kompetitor terutama untuk artikel dengan pembahasan serupa.

Salah satunya adalah tehnik SEO sederhana seperti dibawah ini

  1. Maksimalkan Jumlah Kata
  2. Submit tuatan  ke Webmaster
  3. Pasang Tautan yang menuju artikel lain
  4. Jangan pasang deskripsi awal yang terlalu panjang
  5. Pasang Deskripsi Penelusuran

Baca juga : Panduan Membangun Sebuah Blog Secara Profesional

1. Memaksimalkan jumlah kata

Kiat untuk menyaingi artikel kompetitor adalah dengan cara memaksimalkan jumlah kata pada artikel orang lain. Banyak contoh orang berhasil menyingkirkan artikel teman sesama bloggernya dengan cara Memaksimalkan jumlah kata.

Pada umumnya jumlah kata di tiap- tiap artikel disarankan sekurang- kurangnya adalah 300 kata. Jika anda bisa menulis artikel dengan jumlah kata lebih dari 300 maka kesempatan untuk masuk ke peringkat pertama sangat lebar.

Contoh untuk memaksimalkan jumlah kata

Artikel urutan pertama di Search Engine dengan Keyword “Destinasi liburan saat Ramadhan” memiliki jumlah kata pada keseluruhan artikelnya sebanyak 500 kata. Dan artikel dengan keyword yang sama yang berada di urutan kedua memiliki jumlah kata sebanyak 400 kata.

Maka anda dapat membuat sebuah refrensi artikel dengan judul “Destinasi liburan saat Ramadhan” dengan jumlah kata melebihi 400 kata. Maka kesempatan untuk mengungguli artikel nomer 2 akan berhasil.

Namun tidak hanya ini saja yang membuat artikel berada di urutan atas, masih ada tehnik seo yang mempengaruhi kekuatan artikel di SERP seperti yang akan jelaskan dibawah.

2. Submit tautan ke webmaster (Search console)

Setelah selesai membuat artikel dan mempublikasikannya pasti artikel itu memiliki link permanen. Dimana link permanen ini dapat kita submit ke webmaster, tujuan agar artikel yang tadi anda buat dapat dengan cepat terindex oleh google.

Tidak hanya mengandalkan jumlah kata, tehnik ini juga sangat ampuh untuk membuat artikel anda cepat terindex di Google.

Jika anda tidak tau bagaimana cara submit url blog ke webmaster. Anda dapat ikuti langkah di bawah ini:

Cara submit artikel ke webmaster

Kunjungi Google Search Console

Setelah anda masuk ke halaman submit url webmaster. Disana anda akan disuruh memasukan url artikel yang ingin anda submit untuk mempercepat proses indexingnya.

Sebagai contoh lihat gambar di bawah.

submit url artikel blogGambar diatas adalah cara submit url blog anda ke Google Webmaster agar cepat terindeks.

3. Pasang Tautan yang menuju artikel lain

Banyak para pakar Seo yang menyarankan memasang tautan yang menuju ke artikel kita. Pastinya membuat tautan harus yang releven dengan artikel yang dibahas. Selain dapat menaikan nilai seo tautan menuju artikel lain Berpotensi dapat meningkatkan page view.

Untuk membuat link internal anda cukup memasang link artikel lain anda ke dalam artikel yang anda buat.

4. Jangan pasang deskripsi awal yang terlalu panjang

Percaya gak percaya ternya Deskripsi yang panjang di awal artikel itu tidak baik. Saya berfikir bahwa deskripsi yang panjang itu dapat membuat pembaca blog cepat paham. Tetapi SEO tidak setuju, jika memasang deskripsi panjang mungkin kualitas artkel di mata google akan sedikit drop. Seperti yang dapat anda buktikan sendiri dengan bantuan Plugin Yoast SEO. Bahwa deskripsi pendek lebih baik dari pada Deskripsi panjang.

5. Pasang diskripsi penelusuran

Diskripsi penelusuran memang tidak sepenuhnya penting bagi kita. Namun tidak ada salahnya jika menggunakannya. Tujuan memasang diskripsi penelusuran tidak lain adalah memaksimalkan persaingan kata pencaarian di google.

Diskripsi ini dapat memberi tau bahwa artikel yang sedang dia lihat mengandung teks apa yang di cari. Misalnya diskripsi penelusuran “Tehnik SEO”. Berikut adalah contoh diskripsi yang memungkinkan pengunjung menemukan kata kunci yang diterapkan dalam diskripsi penelusuran.  “Tehnik SEO untuk mengalahkan kompetitor ….” 

tehnik seo

Perlu anda tau bahwa ada hubungan antara diskripsi penelusuran dengan tautan artikel dan fokus keyword. Jika anda seorang blogger yang menggunakan wordpress. Pastikan anda memperhatikan fokus keyword dan diskripsi penelusuran agar dapat menajamkan tehnik SEO anda.

Bagikan

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment

shares