Blogging

9 Teknik Menciptakan Konten Viral dalam Blog yang Ampuh

Konten viral adalah konten yang begitu mengesankan, begitu bermanfaat dan memiliki pengaruh yang besar terhadap seseorang. Menciptakan konten viral itu mudah, asalkan anda sudah mengetahui tekniknya.

Konten dapat menjadi viral ini karena bantuan dari banyak orang. Tanpa itu, konten tidak bisa menjadi suatu hal yang viral. Jadi viral atau tidaknya suatu konten itu ya berasal dari isi konten tersebut. Kalau memang berisikan suatu konten yang unik dan berbeda dari yang lainnya, maka konten itu dapat menjadi viral dengan sendirinya.

Namun ada beberapa hal yang dapat menjadikan konten tersebut viral atau tidak. Salah satunya adalah ada orang yang mengetahuinya, jadi untuk menjadi viral anda sendiri perlu mempromosikan terlebih dahulu, jadi jika ada orang lain yang melihat dan tertarik lalu mengesharenya, maka baru hal tersebut menjadi viral.

Keuntungan yang didapat dari menciptakan konten viral adalah blog kita akan memiliki banyak sekali pengunjung. Hal ini juga bisa berdampak terhadap peningkatan jumlah like dan followers sosial media untuk blog kita sendiri. Jadi dalam jangka waktu kedepannya akan lebih menguntungkan lagi.

Nah untuk menciptakan konten viral ini ada beberapa elemen atau teknik yang harus dilakukan. Teknik ini juga sudah sering dipraktikan oleh banyak orang terutama mereka para internet marketer. Hal ini karena konten yang viral dapat meningkatkan penjualan suatu produk dalam jumlah yang banyak dan lebih menghemat biaya promosi.

Teknik menciptakan konten viral yang perlu anda coba

menciptakan konten viral

1. Buat judul yang unik dan membujuk

Pernah gak ketipu sama judul yang begitu menggelagar dan begitu membujuk namun setelah diklik dan masuk ternyata artikelnya gak sebanding dengan judulnya. Bahkan hal tersebut membuat kita kesal dan sia sia. Maka dari itu, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara membuat judul yang menarik namun juga membujuk.

70% orang di sosial media itu tidak mau membuka sembarang link, ya walaupun itu link yang berguna namun banyak yang takut membukanya. Namun kalau link itu begitu menarik, maka tanpa pikir panjang langsung mengkliknya.

Loading...

Kalau itu adalah link yang bisa dibilang biasa biasa saja, maka mereka enggan untuk mengkliknya. Maka dari itulah pentingnya menciptakan judul yang unik dan menarik perhatian adalah salah satu kunci untuk menciptakan konten viral.

Hal pertama yang seseorang lihat saat ingin mengunjungi blog adalah judul. Jadi judul ini memang benar benar memegang peranan yang begitu penting yang akan menentukan seberapa besar pengunjung untuk tertarik lalu mengkliknya. Jadi usahakan membuat judul artikel yang menarik dan membujuk.

Misalnya judul yang unik dan membuat tertarik seseorang untuk mengkliknya adalah “Efek dan kedahsyatan sedekah bagi hidup yang sangat luar biasa” contoh satunya lagi adalah “7 hal istimewa yang dimiliki cowok kutu buku (beserta riset)”.

Biasanya bila orang itu sudah memiliki ketertarikan tersendiri akan tema tersebut, maka bisa dipastikan akan mengkliknya. Karena semenarik apapun judul yang kita buat kalau orang tersebut memang tidak tertarik dengan tema yang ada, maka tidak akan mengunjunginya.

Misalnya anda tidak suka mengenai artikel terkait berbagai informasi pertanian, maka semenarik apapun judul yang dibuat dan semenarik apapun artikelnya, maka baginya tidak akan terasa unk dan menarik. Maka dari itu, anda juga harus pandai menyasar tujuan yang tepat, hal ini agar lebih baik lagi dalam pemanfaatan konten yang telah dibuat.

2. Gunakan angka ganjil dan opposite word pada judul

menciptakan konten viral

Selanjutnya adalah menggunakan angka ganjil pada judul. Loh apakah angka ganjil genap dalam suatu judul artikel mampu berpengaruh dalam menciptakan konten viral? Ya ini berpengaruh karena hal ini juga sudah pernah dilakukan sebuah riset yang dilakukan oleh suatu lembaga yang bergerak dalam bidang online research conductor.

Dalam penelitian itu menunjukan bahwa sebanyak 36% artikel yang memiliki judul disertai angka akan lebih menghasilkan banyak klik. Alias CTR yang diterima akan semakin besar.

Jadi apabila hal ini anda sebar di sosial media lalu menciptakan konten viral yaitu dengan membuat judul semacam ini, maka hal ini akan lebih besar peluangnya untuk lebih viral.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga diketahui bahwa judul yang memiliki angka ganjil akan memiliki klik lebih besar sebanyak 20%. hal ini karena secara naluri seseorang memang akan lebih tertarik pada angka angka yang ganjil. Hal itu karena mungkin sudah ada memori bawah sadar yang menjadikan seseorang lebih menyukai artikel dengan judul ganjil.

Sebagai contoh judul artikel ganjil dan genap dan silakan bedakan sendiri mana yang sekiranya anda klik jika anda menemui artikel dengan judul seperti berikut ini:

Ganjil :

3 pintu gerbang dalam diri manusia yang harus dibuka jika ingin mencapai kesuksesan
17 tips merawat kucing persia agar memiliki tubuh yang sehat
5+1 alasan kenapa merokok itu wajib untuk dihindari
7 cara menjaga alam agar tetap lestari
101 cara mencari backlink yang efektif

Genap:

4 gejala seseorang menderita penyakit kencing manis
8 hal yang mengantarkan kita kepada kesuksesan
14 macam penyakit yang menyerang ikan lele
20 tips untuk menjaga laptop tetap dalam kondisi baik
100 cara mencari backlink yang efektif

Coba anda bandingkan sendiri jika menemukan beberapa jenis judul artikel seperti diatas baik di mesin pencari maupun di sosial media. Sebagian besar orang akan lebih memilih yang ganjil, apakah anda memilih yang ganjil juga?

Selain menggunakan angka ganjil, ada cara lain untuk meningkatkan CTR pada blog untuk menciptakan konten viral. yaitu dengan mengguanakan kata kebalikan. Ada beberapa variasi mengenai kata kebalikan ini yang bisa diterapkan dalam judul. Berikut contohnya:

7 hal yang tidak akan membuatmu sukses walau sampai tua sekalipun
3 tips untuk menurunkan trafik blog dalam waktu singkat
11 cara meningkatkan penghasilan blog yang tak boleh ditiru
Tips rahasia untuk mendapatkan anak dengan cepat, jangan diklik !

Nah jadi kata ini adalah kata yang berwalanan dengan tujuan artikel itu dibuat, misalnya dalam judul 7 hal yang tidak akan membuatmu sukses walau sampai tua sekalipun, sebenarnya itu memiliki makna 7 hal yang akan membuatmu sukses di usia muda.

Contohl lainnya dalam artikel tentang 3 tips untuk menurunkan trafik blog dalam waktu singkat, sebenarnya memiliki tujuan yang berisi konten dengan makna 3 tips untuk meningkatkan trafik blog dalam waktu singkat.

Jadi hal ini akan sebenarnya walau berisi kata negatif seperti tidak, jangan, tak, dsb, atau kata kebalikan, namun dalam pikiran bawah sadar akan menandakan bahwa itu ia. Jadi dalam hal ini tidak=ia. Maka dari itu, anda bisa menggunakannya untuk menarik perhatian pengunjung yang akan meningkatkan CTR terhadap judul.

3. Gunakan berbagai tanda (tanda kurung, petik, pagar dsb)

menciptakan konten viral

Menggunakan tanda kurung dalam judul juga menjadi salah satu bagian dalam menciptakan konten viral loh. Hal ini karena dengan menggunakan tanda kurung akan lebih menarik perhatian orang untuk mengkliknya. Selain menggunakan tanda kurung, sebagian orang akan menggunakan tanda seperti < , >, # atau @. hal ini akan mengganjal pikiran seseorang jika melihatnya jadi seolah dia harus mengkliknya.

Untuk disosial media seperti halnya facebook, judul halaman dalam suatu url akan ditampilkan secara keseluruhan. Tapi untuk di halaman pencarian google, jumlah kata akan dibatasi. Jadi apabila menggunakan tanda kurung di belakang maka tidak akan terlihat. Jadi anda bisa mengatasinya dengan membuat judul yang singkat padat dan menarik, kalau perlu letakan di depan.

Namun dalam beberapa hal, keywords harus diletakan di judul pada bagian depan. Misalnya kalau kita gunakan kata yang bukan keyword atau angka di depan judul, dan kita menggunakan plugin yoast seo, maka akan ada peringatan.

Dalam beberapa penelitian saya sendiri, hal ini mungkin ada sinyal tersendiri, namun hal itu kecil dan bahkan sangat kecil. Jadi kalau intinya sudah ada keyword di judul ya sudah. Untuk posisi dimana saja bisa, yang penting ada.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hub spot, judul yang menggunakan tanda kurung termasuk langkah untuk menciptakan konten viral. Hal ini karena dapat meningkatkan klik lebih besar bahkan bisa mencapai 38% lebih banyak daripada yang tidak menggunakannya.

Jika kita lihat para blogger dunia seperti halnya yang dilakukan oleh web web besar juga sering menggunakan hal ini. Lalu dipromosikan di sosial media, lalu dalam sekejap akan viral.

Hal ini terjadi karena suatu kata yang terdapat di dalam kurung akan lebih memberikan suatu pengertian lebih (pelengkap) akan manfaat dari penggunaannya. Jadi pengunjung akan lebih memilih serta menyukai hal ini. Jadi tanda kurung ini bisa berisi tambahan informasi, jadi pengunjung juga akan menganggap itu istimewa.

Anda bisa membandingkannya dengan beberapa contoh dibawah ini

Contoh judul tanpa tanda kurung:

Kesalahan yang membuat kamu gagal move on
7 tahap untuk PDKT yang ampuh
Alasan mengapa anda tidak bisa mengatur keuangan

Contoh judul dengan tanda kurung dan tanda lain:

Kesalahan yang membuat kamu gagal move on (plus solusi)
7 tahap untuk PDKT yang ampuh (kupas tuntas)
#9 Alasan mengapa anda tidak bisa mengatur keuangan dengan baik
Panduan belajar membuat toko online profesional (gratis ebook)
9+1 orang terkaya di dunia (terupdate)

Selain itu, saya beberapa kali melihat beberapa blog terutama blog luar negeri seringkali menggunakan tanda petik dalam judul. Hal ini juga bisa lebih efektif untuk meningkatkan CTR bahkan lebih dari 25% peningkatannya daripada yang tidak menggunakannya.

Contohnya adalah: Inilah kebiasaan “miliarder dunia” yang patut anda tiru atau bisa juga dengan judul 3 Cara pemasaran konten “terbaik” tahun ini.

Anda bisa meniru hal diatas untuk menarik perhatian pengunjung dengan cara meningatkan CTR pada pengunjung.

4. Gunakan paragraf pembuka dengan singkat dan jelas

menciptakan konten viral

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pengunjung adalah menyambut pengunjung dengan menggunakan paragraf pembuka yang bisa dibilang panjang dan bertele tele. Bahkan ada yang mencapai 10 kalimat.

Hal ini memang tidak salah, namun tidak efektif untuk membantu meningkatkan kuantitas keterbacaan dari artikel itu sendiri. Ini sangat penting untuk dilakukan, karena ada suatu penelitian tersendiri mengenai hal ini yang mana pengunjung itu tidak membaca keseluruhan kalimat demi kalimat dalam artikel.

Dalam suatu riset yang dilakukan oleh NNGroup mengatakan bahwa rata rata dari pengguna internet itu hanya membaca sebanyak 28% saja dari keseluruhan materi yang disampaikan dalam suatu artikel. Itu artinya tidak mencapai sepertiga dari konten yang dibaca.

Apakah anda sendiri merasa demikian jika membaca suatu artikel dalam blog? Ini karena pengunjung akan membaca dan mencari poin-poin yang penting saja. Jadi menginginkan langsung ke poin pembahasan.

Jadi kebanyakan paragraf pertama kedua dan ketiga hanya dilewati begitu saja dan langsung ke tengah artikel. Kalaupun dibaca palingan hanya beberapa kata di depan paragraf. Jadi gak sampai 1 kalimat penuh sudah ganti baris lagi, ganti kalimat lagi dan seterusnya.

Hal ini menunjukan bahwa anda harus membuat kalimat dan paragraf petaman dalam suatu artikel dengan kalimat yang enak, menarik, bikin penasaran dan yang pastinya singkat dan jelas. Hal ini karena paragraf pertama adalah paragraf yang menentukan pembaca untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Baca : Tinggalkan Cara Ngeblog Anda Yang Sudah Kuno Dan Jadul

Buat paragraf pertama dengan atraktif

Jadi saya sarankan kepada anda untuk bisa membuat artikel dengan paragaraf pertama yang begitu atraktif dan terdiri dari beberapa kata saja. Usahakan dibawah 25 kata. Karena hal ini akan membawa pengunjung untuk mau membaca di paragraf selanjutnya.

Selain itu, untuk paragraf selanjutnya juga anda harus bisa membuat dengan yang singkat padat dan jelas. Misalnya jika anda menggunakan wordpress dengan plugin Yoast by SEO, maka anda sudah dibantu untuk bisa menulis artikel yang baik. Misalnya dalam satu kalimat harus kurang dari 20 kata.

Dalam satu paragraf tidak lebih dari 5 kalimat dan 4 baris dan aturan lainnya. Jadi ini akan meningkatkan keterbacaan sebuah konten pada blog. Dan hal inilah yang dapat menciptakan konten viral. Karena jika seseorang menyukainya lalu mengeshare artikel dan begitu seterusnya, maka hal ini dapat membuat viral.

5. Gunakan url yang singkat dan jelas

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa yang namanya url atau link menuju artikel itu sangat berdampak peranannya, mulai dari kemudahan dibaca hingga SEO. Berbagai platform web ini memang sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengubah dan mengatur link artikel. Ya walaupun mungkin ada yang perlu menambahkan plugin.

Memiliki url yang pendek ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri dalam menciptakan konten viral. Karena apa? Hal ini karena disaat pengunjung ingin mengeshare dengan menuliskannya langsung, maka akan mudah diingat.

Terutama di sosial media, kadang orang ingin membagikan sesuatu tapi tidak mau menggunakan share langsung dari fitur yang telah diberikan. Mereka akan menyalin link yang ada. Jika link ini mudah diingat dan mudah dibaca maka akan memiliki peluang yang lebih besar untuk di share.

Coba bandingkan dua url berikut ini:

http://example.com/tips-nembak-cewek
http://example.com/post/article?id=KnoYGu34jGU23Gjsh

Lihat kalau seseorang ingin mengshare dengan kedua url permalink tersebut kira kira pilih yang mana? Tentu yang pertama, hal ini karena kemudahannya dalam menuliskan dan mengingatnya.

Selain itu, url yang lebih pendek akan memiliki manfaat lain seperti:

A) Lebih seo friendly

Hal ini tentu benar. Karena dalam suatu panduan di halaman support webmasters dan juga didalam ebook seo guidline dari google sendiri telah menyebutkan bahwa dengan membuat url atau permalink yang singkat dan mengandung keyword, maka akan lebih baik dalam rangking di mesin pencari. Jadi dengan membuat url yang pendek akan lebih ramah terhadap perayapan mesin pencari.

Dan yang terpenting harus memasukan keyword, misalnya artikel anda sedang membahas mengenai peluang usaha, maka anda bisa membuat permalink semacam

example.com/peluang-usaha atau kalau diblogspot,

anda bisa menggunakan url semacam ini:

example.com/2017/12/peluang-usaha.html

Hal ini karena di blogspot kita tidak bisa leluasa membuat permalink.

Jadi usahakan buat link yang pendek dan mengandung keyword yang akan dibidik maka hal tersebut akan menunjang performa untuk SEO.

B) Lebih human friendly

Ya bagaimana tidak human friendly, karena dengan permalink yang lebih pendek ini akan menjadikan blog anda lebih mudah dibaca. Jadi akan lebih disukai pembaca daripada mereka yang menggunakan url yang panjang dan tidak jelas.

Bahkan seorang internet marketer yaitu Brian Dean, menyarankan kepada blogger untuk menggunakan antara 2 hingga 3 kata saja. Jadi hal ini akan memberikan suatu eye cacthing yang lebih baik kepada para pengunjung.

C) Akan dianggap lebih aman

Mungkin bagi mereka yang baru terjun dan belum begitu memahami dunia internet, pengunjung akan lebih waspada apabila menemukan berbagai jenis link yang mengerikan seperti halnya link yang panjang dan tidak mudah dibaca.

Mereka lebih waspada dan akan menghindari situs web yang menggunakan link tersebut. Hal ini akan menjadikan anda harus lebih peduli lagi dalam menentukan link yang tepat untuk blog.

Karena menurut pengalaman saya dulu juga saat belum terlalu paham dengan blog juga demikian. Bahkan warna tulisan saja mempengaruhi saya untuk melanjutkan membaca atau tidak.

D) Lebih mudah diingat

Ya ini sudah pasti. Apalagi ini bisa digunakan untuk menciptakan konten viral. Karena bagi link yang mudah diingat dan dibaca akan lebih mendorong seseorang untuk mengeshare dan membookmarknya. Sebenarnya tak hanya url permalink saja, nama domain juga menjadi salah satu hal yang harus di perhatikan.

Untuk nama domain yang panjang dan sulit dipahami maka tidak mudah diingat banyak orang. Sehingga popularitas juga akan sulit untuk dicapai. Misalnya nih akan saya berikan contohnya:

Blogbisnis-terbaik23.com
Berbisnis. Com

Jika anda bandingkan sendiri, tentunya domain yang kedua akan memberikan suatu efek dan kesan yang mudah diingat dan mudah dibaca oleh pengunjung. Jadi jika sewaktu waktu mereka ingin mengunjungi blog kita lagi, maka akan lebih mudah.

E) Lebih mudah dishare

Inilah faktor terbesar untuk mencptakan konten viral dengan menggunakan url yang pendek. Secara langsung jika artikel itu menarik, pengunjung akan mengesharenya. Dan biasanya pengunjung juga akan menuliskan langsung mengenai link tersebut. Jadi ini menjadi peluang yang lebih besar untuk di share.

Dan yang terpenting juga, untuk menciptakan konten viral, anda harus share terlebih dahulu di fanspage anda dan sosial media lainnya. Karena dari situlah sebenarnya blog itu bisa terkenal dan tidak. Karena dengan berbagi di sosial media akan mampu menjadikan pengunjung lebih mengenal anda dan blog anda.

Namun untuk menjadikan blog dikenal banyak orang dan dishare di sosial media itu tidak mudah. Anda bisa membuat iklan untuk membuatnya menjadi lebih mudah. Karena untuk di FB sendiri sekarang algoritma untuk Fanspage kurang menguntungkan, yang mana kita harus beriklan untuk mendapatkan pengunjung lebih.

Karena berdasarkan beberapa sample yang saya cari tahu, fanspage dengan 1 juta lebih saja kebanyakan menghasilkan cuma 1 atau 2 like saja. Padahal itu adalah situs besar. Jadi untuk bisa menjankau interaksi pengguna yang lebih banyak anda harus berani membayar iklan.

Jadi hal yang dapat anda lakukan mulai dari saat ini adalah dengan menjadikan setiap url artikel lebih ringkas dan lebih pendek untuk menjadikan keterbacaan yang lebih baik dan lebih besar pula peluang untuk dishare. Jika blog anda memiliki tautan yang panjang, bisa menggantinya dengan yang lebih ringkas dan lebih pendek lagi.

6. Gunakan gambar yang menarik

menciptakan konten viral

Kekuatan sebuah gambar dalam menciptakan konten viral itu sangatlah besar. Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika seseorang melihat suatu link di sosial media itu mereka melihat gambarnya lalu melihat linknya.

Jadi kalau gambarnya menarik, maka akan lebih besar CTR nya atau kemungkinan untuk dikliknya. Misal dengan menyajikan foto yang aneh, unik, bikin penasaran, keren, lucu dan sebagainya maka itu bisa berpotensi untuk menjadi suatu konten yang viral.

Kualitas dari gambar itu sendiri juga harus diperhatikan. Karena bagaimanapun juga, jika kualitas gambarnya itu kurang mendukung, maka kaan menyebabkan pengunjung kurang menyukainya. Bagaimanapun juga, jangan menggunakan gambar yang terlalu berat sehingga akan menyebabkan loading menjadi lebih lama.

Usahakan untuk gambar dibawah 50 kb. Namun kalau anda mengecheknya di google spees insight, untuk gambar ukuran 3 kb saja disuruh untuk mengompresnya, karena dinggap akan menambah berat.

Yang penting jika anda mengakses blog anda sendiri tidak terasa berat. Ya usahakan kurang dari 5 detik sudah ke load sempurna jika sedang lancar koneksi internetnya.

Namun kalau sedang tidak lancar, biasanya google sendiri yang akan mengalihkan menuju laman googleweblight. Ya karena dengan menggunakan googleweblight, maka pemuatan akan lebih cepat dan stabil.

7. Bikin konten yang berbobot tapi tidak harus panjang

menciptakan konten viral

Banyak orang yang bilang bahwa konten yang berbobot dan berkualitas adalah konten yang panjang. Apakah itu benar? Ya itu benar, tapi tidak selamanya hal tersebut benar. Ada banyak sekali hal yang menyebabkan konten itu terasa berbobot dan berkualitas.

Salah satunya adalah kelengkapan dari artikel itu sendiri. Artikel yang memberikan penjelasan yang mengena dan benar benar mampu memberikan informasi yang membuat pengunjung puas, dan atau pengunjung dapat menemukan solusi yang tepat itulah yang layak disebut sebagai konten berbobot.

Gunakan berbagai jenis elemen yang mendukung kelengkapan dari artikel itu sendiri. Misalnya gambar, video dan berbagai data lain yang mungkin akan membuat sebuah artikel lebih terkesan kredibel. Jika kita pahami lebih lanjut, untuk membuat konten yang berbobot dan ini, tidak harus panjang, yang penting “mengena”.

Untuk menunjang konten agar lebih menarik, gunakanlah gambar yang beresolusi tinggi dan juga menggunakan video yang baik pula. Yang penting tidak terlalu menganggu kecepatan loading blog. Nah untuk mendukung kenyamanan pengguna, anda bisa menggunakan font yang tidak terlalu mencolok, ukuran huruf yang pas, warna yang ramah dan lainnya. Hal ini juga kan menjadikan pengunjung betah dan ini secara tidak langsung akan menciptakan konten viral.

Dalam membuat konten juga tidak harus dengan menggunakan kata baku, kalau itu bukan blog berita dan blog resmi, maka akan terkesan kaku. Jadi usahakah gunakan kata yang benar benar memiliki kesesuaian dengan pengunjung blog anda sendiri.

Untuk membuat konten yang berbobot kita tentunya tidak bisa terlepas dari referensi sumber lain bukan? Nah jika anda menggunakan sumber dari blog lain, maka usahakan untuk mencantumkan sumbernya, termasuk juga unruk gambar. Hal ini justru bisa membuat konten tersebut lebih terkesan menarik karena mencantumkan dan mengutip dari sumber lainnya.

8. Buat konten dengan pendekatan psikologi

menciptakan konten viral

Pernahkah anda membaca artikel copywriting? Ya kata kata nya yang tersusun dalam kalimat benar benar diatur sedemikian rupa untuk bisa memberikan efek ketertarikan dan juga efek penasaran bagi si pembaca. Memang copywriting itu seperti itu, dibuat semenarik dengan tujuan untuk bisa menarik perhatian dari pengunjung.

Anda diharapkan untuk dapat membuat konten yang mampu membangkitkan sisi emosional dari pembaca artikel. Misal rasa haru, rasa marah, rasa kecewa, rasa penasaran, rasa cinta dan sebagainya.

Hal ini akan sangat penting untuk mendukung pembaca untuk dapat mengikuti alur yang ada. Jadi nanti akan masuk ke bawah sadar sehingga anda bisa menggunakannya untuk tujuan tertentu. Misalnya dengan mempengaruhi si pembaca tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat mendekatkan antara penulis dengan psikologi si pembaca. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten viral. Jadi misal mereka selalu tertarik dengan pembahasan di blog anda, maka mereka akan selalu ingin mengunjungi blog tersebut secara berkala, bahkan dengan senang hati untuk membagikan kepada orang lain. Jadi disitulah konten anda bisa menjadi viral.

Ada beberapa jenis konten yang sering mendapatkan share terbanyak berdasarkan sebuah riset, yang mana hal ini mampu membuat konten tersebut menjadi viral. Diantaranya adalah :

1. konten mengagumkan

Pernah gak anda pernah melihat ada orang yang share sesuatu tapi menghasilkan ratusan ribu like dan juga komentar? Ya hal tersebut biasanya adalah konten yang berisi fakta mengagumkan. Hal ini akan membangkitkan emosi positif pengunjung untuk membagikan ulang postingan tersebut, dan apabila hal ini terus terjadi, maka akan mampu menciptakan konten viral.

Misalnya tentang perjuangan anak kecil demi membahagiakan ibunya, kelebihan suatu umat atau bangsa, kelebihan sesuatu yang belum banyak diketahui banyak orang dan sebagainya itulah yang menjadikan konten banyak mendapatkan share dan berpeluang untuk menjadi viral. Nah anda dapat membuat artikel dengan bertema yang mengagumkan sehingga akan menarik banyak orang untuk membacanya.

2. Konten mengejutkan

Kaonten mengejutkan adalah konten yang biasanya kita tidak tahu tapi tanpa sadar sering melakukannya. Misalnya dengan bahaya menggunakan plastik untuk membungkus makanan, bahaya melakukan ini dan itu serta lainnya.

Ada pula yang mengejutkan dengan berasal dari sesuatu yang langka, misalnya tentang sesuatu yang sedang heboh dimasyarakat lalu kita buat artikel dan share pasti akan menghasilkan konversi keterlibatan yang tinggi. Misalnya heboh akan penemuan sesuatu, fakta yang selama ini tidak diketahui banyak orang,fakta kematian seseorang dan sebagainya.

3. Konten yang menimbulkan emosi

Misalnya konten yang menyentuh dan bisa memicu kemarahan. Pernah gak anda sering melihat ada orang yang share sesuatu kebohongan dengan mengatasnamakan agama gak? Ya hal itu sering saya temui, misalnya ada orang yang membakar alquran, penghancuran suatu umat dan sebagainya, padahal hal itu adalah hanya editan belaka.

Selain itu ada juga yang menggunakan berbagai foto aneh untuk memicu kemarahan banyak orang, nah justru konten seperti itu yang sering menjadi viral. Konten yang menyentuh seperti perjuangan anak kecil dalam agamanya dan sebagainya itu juga sering mendapatkan banyak share dan lebih berpeluang untuk viral.

Saya sama sekali tidak mengajarkan anda untuk membuat konten semacam itu untuk menciptakan konten viral, namun itu hanya sebagai contoh saja. Anda dapat menyesuaiakan dengan tema blog anda sendiri.

9. Gunakan tombol share yang menonjol

menciptakan konten viral

Menggunakan tombol share yang menonjol ini dalam artian adalah jelas terlihat dan letaknya strategis. Jadi pengunjung blog anda tidak harus mencari cari dimana letak tombol share, namun si tombol sharenya itulah yang mencari si pengunjung.

Dalam suatu analis dari google mencatat bahwa pengunjung lebih banyak melakukan share sebanyak 58% apabila menggunakan tombol share melayang di blog. Jadi jika pengunjung tertarik dengan artikel dan ingin mengesharenya, maka dia akan segera mungkin untuk klik tombol share, karena tombolnya yang mudah dijangkau.

Kesembilan hal diatas itu adalah hal yang bisa anda lakukan untuk menciptkan konten viral. Selain itu, artikel juga akan kelihatan nyaman dan enak dipandang oleh pembaca. Namun untuk hubungannya dengan seo, menurut saya pasti ada, namun tidak tahu secara pasti seberapa besar sinyal tersebut pengaruhnya untuk mendongkrak popularitas di mesin pencari.

Konten yang viral akan menciptakan social signal yang lebih besar. Dan menurut beberapa sumber mengatakan bahwa sosial signal juga menjadi salah satu faktor SEO yang cukup penting. Selain SEO, manfaat yang langsung bisa dirasakan adalah berdampak pada ledakan pengunjung di blog kita. Yang mana hal tersebut juga berdampak terhadap penghasilan blog. Dan ada manfaat lain yang dapat anda nikmati, yaitu blog akan lebih baik dan lebih dikenal banyak orang karena viral itu sendiri.

Sosial media adalah suatu platform yang mampu menjadikan segala sesuatu berkembang cepat, dan sampai kapanpun sosial media tidak pernah padam. Maka dari itu, manfaatkan sebaik baiknya jika sosial media bisa membantumu menuju hal yang membawa perubahan lebih baik. Jadi jangan hanya mengandalkan promosi yang kurang efektif, tapi cobalah untuk mengunakan sosial media untuk sarana promosi yang tepat dan untuk menciptakan konten viral.

Demikianlah pembahasan mengenai 9 teknik menciptakan konten viral. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa jika berkenan untuk share artikel ini agar yang lainnya juga mengetahuinya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.



Loading...

Tags