BloggingOptimasi BlogWebmaster

Strategi Link Building : Teknik Mendapatkan Backlink Super SEO Untuk Blog Anda

SEO dan Backlink itu seperti sepasang kekasih. Sama-sama saling membutuhkan dan melengkapi. Tak hayal, untuk menyatukan keduanya pun butuh perjuangan extra baik waktu dan tenaga. Pembahasan kali ini mengenai cara mendapatkan backlink Super SEO untuk blog Anda.

Nah, penjelasan singkat diatas menggambarkan betapa pentingnya backlink bagi website atau blog. Untuk membangun backlink yang bagus dan berkualitas, tidak sembarangan. Ada strategi yang digunakan, namanya “Link Building”.

Singkatnya link bulding dapat diartikan sebagai cara mendapatkan backlink dari website lain menuju website anda. Tujuannya untuk mendapatkan banyak pengunjung dan memperoleh ranking yang baik di mesin pencari (misalnya Google).

Pentingya Backlink

Untuk saat ini backlink sangat penting bagi optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebuah website. Untuk memahami betapa pentingnya backlink, kita harus tahu dulu hubungan antara search engine (kita pakai saja Google) dengan link.

Google mempunyai sebuah bot yang bernama Googlebot, tugasnya adalah melakukan crawling (mengindeks) halaman-halaman website di Internet. Untuk melakukan tugas ini, Googlebot memakai sebuah link untuk bergerak dari satu website ke website lain, begitu seterusnya hingga data terkumpul. Data ini akan digunakan untuk menentukan peringkat website.

Logikanya…

Website dengan konten dan backlink berkualitas akan menempati peringkat satu Google.

Nah, karena Google memakai link sebagai navigasi, maka semakin banyak  dan semakin tinggi kulaitas link suatu website (baik internal link ataupun external link), maka semakin baik pula peringkat website tersebut.

Teknik Mendapatkan Backlink yang Super SEO untuk Blog Anda

seo_link_building
Teknik SEO Link Building

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink, mulai dari cara yang halal hingga cara yang haram. Terserah Anda mau pake cara yang mana, yang jelas saya hanya akan membahas teknik mencari baklink dengan cara halal.

Kita pahami dulu konsepnya.

Kata mas Darmawan (praktisi IM), backlik yang berkualitas itu mempunyai 2 konsep yaitu natural dan berkualitas.

Ya, backlik yang natural pasti akan berkualitas, begitu juga backlik yang berkualitas pasti didapatkan dengan cara yang natural.

Kalo kata orang jawa, natural itu nggak neko-neko.

Jadi, prinsipnya gini.

Anda punya artikel berkualitas, hingga para pembaca bilang wow (sambil jungkir balik) dan terkesan dengan tulisan Anda. Kemudian para pembaca tadi men-share artikel Anda entah itu di sosmed atau website lain, dan akibatnya Anda mendapatkan backlink secara sukarela dari para pembaca tadi. Seperti itulah backlink yang berkualitas dan natural.

Nah, konsepnya sudah Anda ketahui. Sekarang waktunya untuk memulai mencari backlink.

Caranya…

1# Konten Lengkap dan Berkualitas

Anda tentu masih ingat perkataan Bill Gates. Beliau mengatakan “content is king”, artinya “konten adalah raja”. Yah.. konten memanglah raja. Ibaratkan restoran, konten adalah menu makanan yang disajikan oleh restoran tersebut. Jika menu makanannya enak, pasti restorannya bakal ramai dan populer, begitu sebaliknya jika menunya tidak enak, pasti banyak pengunjung yang kecewa dan akibatnya restoran jadi sepi kaya kuburan.

Ini juga berlaku di dunia Blogging.

Jika suatu website mempunyai konten yang enak dan berkualitas, dijamin pengunjung akan terus datang dan imbasnya website tersebut akan dipenuhi visitor. Berbeda jika konten websitenya biasa-biasa saja, pasti akan banyak visitor yang enggan berkunjung kembali ke website Anda.

Jadi apa yang harus dilakukan ?

Yang harus Anda lakukan adalah mengisi website dengan konten yang berkualitas, lengkap, dan tentunya berbeda dengan konten website lain. Itu wajib dan harus Anda lakukan jika ingin mendapatkan backlink yang natural.

Seperti apa konten yang berkualitas ?

Nggak perlu panjang lebar, konten berkualitas pasti mempunyai 4 unsur yaitu lengkap, bermanfaat, menghibur, dan inspiratif. Penuhi 4 unsur tersebut agar konten Anda menjadi konten unggulan yang akan mendapatkan backlink natural dari para visitor.

2# Guest Blogging

Ini adalah kegiatan favorit saya. Melakukan guest blogging atau menulis artikel di website lain merupakan strategi mencari backlink yang sangat ampuh. Backlink yang didapatkan juga tergolong berkualitas dan natural karena backlink bersumber dari anchor text yang ada pada artikel yang diposting.

Contohnya seperti ini :

Ada salah satu artikel yang saya posting di Blog Dokter, dan mendapatkan backlink ke website saya. Imbasnya, artikel yang mendapatkan backlik barada di page one Google, tepatnya di peringkat 3.

mendapatkan backlink

Sebenarnya bukan hanya backlink yang berpengaruh terhadap peringkat artikel di search engine. Selain kualitas artikel, ada beberapa yang ikut berperan mendongkrak posisi artikel Anda, seperti :

  • Kapan artikel Anda diposting
  • Jumlah share dan like artikel
  • Keunikan artikel

Lagi-lagi itu hanya berdasarkan pengalaman saya. Jika Anda punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar.

Selanjutnya, bagaimana untuk memulai guest blogging ?

Tenang, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari blog mana yang akan menjadi tempat Anda melakukan guest blogging.

Caranya mudah, gunakan saja Google.

Ketikan salah satu keyword di bawah ini :

blogger tamu “Topik”

“Topik” guest post

“Topik” guest blog

postingan tamu “Topik”

“Topik” write for us

Misalnya topik blog Anda tentang kesehatan, maka masukan salah satu keyword diatas ke Google, contoh “kesehatan” guest post. Jika sudah, Anda akan menemui banyak blog yang menerima guest posting.

Langkah selanjutnya…

Seleksi blog-blog tadi. Pilih blog yang sudah mempunyai reputasi seperti visitornya banyak, pembacanya loyal ( bisa dilihat dari banyaknya komen, like , dan share), dan sudah cukup umur (diatas 17 tahun hehe).

… dan yang terakhir, siapkan artikel berkualitas kemudian lakukan guest posting. Mudah kan…

3#  Manfaatkan Platform Konten Sharing

Ada beberapa website yang menerima berbagai artikel untuk dipublish, ini lebih mirip seperti media masyarakat, artinya siapa saja bisa menulis atau berbagi artikel disini. Itulah platform konten sharing.

Beberapa platform konten sharing yang sering saya manfaatkan untuk mencari backlink berkualitas adalah :

  • Kompasiana
  • Hipwee
  • Medium
  • VivaLog
  • Plimbi

Mungkin Anda punya referensi lain, silahkan tulis di kolom komentar ya…

4# Berburu Backlink di Forum

Forum online adalah ladangnya informasi. Jika di dunia nyata, mungkin bisa disebut sebagai komunitas, yaitu tempat berkumpulnya orang-orang yang haus informasi dan saling bertukar ide maupun pikiran.

Kita harus manfaatkan ini…

Gunakan forum online untuk berburu backlink sekaligus meningkatkan trafik website kita.

Ingat ! Jangan melakukan spaming.

Buatlah senatural mungkin. Misalnya setiap 5 kali Anda share artikel atau mereply komentar di forum, anda baru boleh menanam 1 backlink. Dan saran saya sebaiknya hindari menaruh backlink di kolom komentar forum. Tanamkan backlink di artikel atau thread yang Anda buat, usahakan gunakan anchor text sesuai kata kunci.

Nah, jika sudah paham. Berikut ada beberapa forum online yang bisa Anda manfaatkan :

  • Kaskus
  • Viva Forum
  • Detik Forum
  • Kompas Forum

….dll.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan forum yang sesuai topik blog Anda. Agar backlink yang didapatkan lebih relevan.

Nah ke-4 cara diataslah yang sering saya gunakan dalam membangun link building yang berkualitas.

Mungkin Anda bisa mencoba mempraktekannya…

Oke, NEXT..

Tugas Anda belum selesai sampai disini. Anda harus memastikan kualitas sebuah backlink yang akan Anda dapatkan dengan cara-cara diatas.

Caranya..

1# Pastikan Backlinknya Relevan

Blog Anda butuh backlink yang relevan. Artinya harus sama topiknya dengan blog Anda. Misalnya Anda mempunyai blog kesehatan, maka carilah backlink dari blog kesehatan lain yang berkualitas.

2# Hindari Blog Spam

Backlink dari blog spam itu sama saja bunuh diri. Website Anda tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa. Karena itu, sebaiknya Anda selektif dalam mencari target pemasangan backlink. Hindari website yang kontenya copas, banyak iklannya, tampilannya berantakan, berat loadingnya, dan lain sebagainya.

3# Variasikan Anchor Text

Sudah pada tau anchor text ?

Bagi newbie yang belum tau, anchor text adalah teks yang memiliki link dan bisa diklik. Dalam hal SEO, ancor text punya peran penting. Selain membantu meningkatkan kualitas backlink, anchor text juga berguna untuk menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik.

Nah, untuk urusan link bulding. Anda harus memvariasikan anchor text yang digunakan. Misalnya anda ingin mengoptimasi artikel yang berjudul “teknik link building”, maka ancor text yang digunakan untuk backlink adalah kata kunci yaitu “link building”. Biar lebih bervariasi, Anda bisa menggunakan kata kunci lain yang masih berhubungan seperti, “backlink” “teknik seo” “off page seo”… dan buanyakk lagi.

4# Utamakan Centextual Link

Sampai saat ini, backlink yang paling baik adalah backlink yang ditempatkan di teks artikel. Ini disebut contextual link. Nah, agar backlink yang anda dapatkan nanti berkualitas, maka saya sarankan untuk selalu mengutamakan contextual link. Backlink jenis ini bisa dengan mudah didapatkan dengan guest blogging.

Baca juga : Syarat (Wajib) Agar Blog Anda Masuk Halaman 1 Google

Nah, sampai disini saja pembahasan kita mengenai link building. Selanjutnya, Anda tinggal mempraktekannya dan lihatlah perbedaannya.

Salam sehat dan happy blogging…


Loading...
Baca selengkapnya

Saya seorang pemula yang suka nulis. Kepuasan tersendiri ketika huruf demi huruf yang saya ketik bermanfaat. Semua ini tidak lengkap jika kalian tidak mengkritik dan mencaci tulisan saya. Semuanya dibutuhkan demi perbaikan. Salam newbie dan happy blogging.

Artikel terkait

23 Comments

  1. Sedikit pertanyaan kang pebri, kalau backlink membangun link building internal di setiap postingan itu bagus untuk SEO atau tidak?

  2. Mas pebri, kalau boleh tau alamat rumahnya dimana? Bolehkah belajar sama mas pebri tentang blog adsense secara langsung? Kalau boleh di emailkan alamatnya ya thanks

  3. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di skb288,com
    Menyediakan 7 Permain Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 20Rb
    BBM : D8E87241
    WA : +62 878 8707 6927
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

  4. Yang Mau saya tanyakan gan, Kalau membuat anchor text itu di kolom komentar kan ? misalnya saya membuat keywordnya itu belanjaqu dan ingin ngelink ke http://www.bibinira.com itu cara si belanjaqu nya bisa jadi anchor text bagaimana caranya ya gan… mohon pencerahan, soalnya pas diklik kanan tidak ada tuh hyperlink… makasi

  5. Wah, saya jarang backlink, satu langkah saja yang dapat dilakukan apa bro, soalnya diatas banyak banget.

  6. Wah saya kurang begitu paham tentang metode backlink tersebut, tapi akan saya coba dengan cara yg paling mudah..
    Hasilnya sih tidak begitu bagus karena hasil bagus butuh usaha keras juga
    Saya juga baru mengenal dunia blog, SALAM KENAL !

  7. memang backlink membantu sebuah blog untuk menaikkan ranking di google. Tapi tidak mudah untuk menjadi blogger tamu ke blog orang lain. Apakah klikmania juga menerima blogger tamu?

  8. Ternyata backlink sangat berpengaruh untuk web kita ya min, apakah dengan backlink rank alexa kita pun ikut meramping? Lalu bagaimana dengan backlink yangkita buat dari web 2.0 seperti blogger atau wp.com(PBN) apakah tidak melanggar peraturan google? Terimakasih.

  9. saya juga setuju dengan mas Darmawan.. cuma untuk menerapkannya perlu usaha ekstra..

  10. Google sekarang sudah berubah sangat jauh dari tahun sebelumnya, backlink sudah kecil sekali pengaruhnya di serp. Faktor lain apa ya kira-kira om ?

    1. Saya kira Google semakin mengutamakan keunikan dan originalitas artikel. Tapi, sampai saat ini backlink masih punya pengaruh, terutama backlink yang natural dan berkualitas.

  11. saya ragu kang sama backlink ini .. beberapa blog saya terapkan tanpa dan dengan backlink .. hasilnya yang tanpa backlink bisa berada diatasnya (dengan konten artikel judul yang sama).?!!

    1. “dengan konten artikel judul yang sama”. Mungkin blog yang ada backlinknya dianggap spam dan plagiat, orang konten dan judulnya aja sama, hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close