Ulasan Bisnis

Teknik Meningkatkan Penjualan Tanpa Mengeluarkan Banyak Modal

Meningkatkan penjualan dalam bisnis, dan membuat usaha tersebut semakin lancar adalah hal yang tidak mudah. Sering kali teknik yang salah bukannya mendatangkan keuntungan, tapi malah merugikan karena modal yang dikeluarkan terbilang besar.

Mencari cara atau teknik dalam meningkatkan penjualan dengan modal yang minim merupakan hal yang wajib untuk pebisnis lakukan, terlebih untuk mereka yang ingin selalu untung.

Hal ini wajib dilakukan oleh seluruh pebisnis, baik itu yang bergerak secara online maupun tidak. Dengan meningkatnya jumlah penjualan, terutama dengan promosi yang tidak mengeluarkan banyak modal. Tentu saja akan menjadikan bisnis serta usaha anda berjalan dengan sangat lancar dan sangat menguntungkan.

…Tapi, bagaimana cara mewujudkan itu semua ?

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa anda perlu berhati-hati dalam melakukan promosi. Hal ini karena rata-rata masyarakat Indonesia tidak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan promosi. Sehingga jangan sampai promosi yang anda lakukan hanya menimbulkan efek buruk dalam pandangan masyarakat, dan malah membuat bisnis anda semakin merugi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Berikut ini merupakan teknik yang dapat anda lakukan, untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk dalam bisnis dengan meminimalisir pengeluaran modal dalam promosi tersebut. Dan cara terbukti akan meningkatkan keuntungan dalam bisnis anda, serta membuat bisnis anda berjalan semakin lancar.

Meningkatkan Penjualan Tanpa Mengeluarkan Banyak Modal

Meningkatkan Penjualan

Loading...

1# Berpromosi dengan media gratis

Media gratis yang dimaksud dapat berupa sosial media yang ada pada jaman sekarang ini. Sosial media seperti Facebook, Instagram, BBM, dan Whastapp bukan hanya berperan sebagai alat untuk berinteraksi dengan teman atau kerabat, melainkan bisa juga digunakan untuk sarana berbisnis.

Namun, seperti yang sudah dikatakan tadi : bahwa rata-rata penduduk Indoensia tidak menyukai hal-hal yang berbau promosi. Maka anda perlu membuat sebuah “pembeda” dalam melakukan promosi di sosial media.

Berpromosilah dengan berkelas

Kebanyakan orang yang melakukan promosi menggunakan sosial media, malah dianggap melakukan spam oleh pengguna lain. Karena mereka biasanya menyebarkan pesan siaran(broadcast) yang malah menibulkan kesan menggangu untuk sebagain orang.

…Lalu seperti apakah cara yang benar?

Anda dapat menarik simpati pengguna sosial media dengan melakukan promosi yang berkelas. Berikan kesan pertama yang baik, anda bisa memposting produk terbaik anda dengan kata-kata yang baik dan memikat. Atau bisa juga dengan melakukan broadcast namun tidak mengganggu (sebulan sekali,.Atau broadcast hanya saat anda memberikan diskon dan penawaran yang terbatas).

Atau, untuk anda yang menggunakan sosial media seperti BBM, Line, dan Whatsapp bisa menyapa calon pembeli/ daftar teman pada sosial media anda untuk kesan pertama yang baik (menyapa secara manual, bukan broadcast).

Intinya, jangan membuat pengguna sosial media geram dan mengecap anda sebagai tukan SPAM yang patut mereka hindari.

2# Buatlah website untuk bisnis anda

Era sekarang ini sudah berbeda, teknologi semakin maju dan perusahaan berbasis website makin bermunculan dan mulain merajai pasar.

Kalau diperhatikan, iklan yang membahas tentang jasa atau toko online di televisi semakin bermunculan.

…Apa arti dari semua itu

Tentu saja karena website merupakan sebuah peluang baru dalam bisnis yang mampu membawa keuntungan bagi sebuah bisnis. Logisnya kalau tidak menguntungkan mana mungkin mereka mampu membayar iklan dan semakin hari bisnis serupa semakin menjamur saja.

…Apa anda tidak terpikir untuk bergabung bersama mereka?

Meningkatkan Penjualan

Ya, apa anda tidak ingin mengembangkan bisnis anda ke ranah online dan menjadi salah-satu dari pebisnis yang meraih sukses dengan cara online. Di sini anda tidak perlu meningalkan toko fisik anda yang berjalan secara offline, cukup mengembangkannya saja dengan melebarkan sayap hingga ke pasar online.

Dengan mengembangkan bisnis secara online, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan berkesempatan dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia(Tidak ada batasan jarak).

…Apa membuat website merupakan hal yang mahal?

Tidak juga, anda dapat membuat sebuah website dengan harga yang relatif terjangkau (saya menyarankan website dengan Top Level Domain untuk menguatkan kesan bahwa bisnis anda adalah bisnis yang profesional).

Biaya yang anda butuhkan untuk membuat website, adalah rata-rata sebagai berikut :

Biaya Domain (.com) : 100rb/tahun

Biaya Hosting profesional : 600ribu/tahun

Total anda hanya 700ribu untuk biaya sewa hosting dan domain pertahun.

…Masih merasa mahal ?

Anda tidak perlu menyewa paket hosting, cukup menyewa domain saja dan menggunakan platform blogger dengan template yang dirancang khusus untuk bisnis anda.

Untuk website toko online, saya menyarankan untuk tetap menyewa domain adalah untuk menimbulkan kesan yang baik dan profesional di mata pengunjung. Serta untuk menimbulkan rasa percaya dan aman untuk mereka.

Bahkan, lebih baik lagi bila anda bekerja sama dengan pihak rekber untuk membuat calon pembeli merasa sangat-sangat aman dalam melakukan transaksi saat membeli produk yang mereka inginkan.

3# Promosikan website yang telah anda buat

Langkah selanjutnya dalam meningkatkan penjualan produk bisnis, adalah dengan mempromosikan website yang telah anda buat tadi.

Saya sangat menyarankan di dalam website tersebut berisikan informasi mendetail tentang perusahaan anda. Dan juga memberikan contoh produk yang dapat dipesan (lebih baik lagi jika bisa langsung di pesan kapan saja melalui website tersebut).

Dalam melakukan promosi juga tidak boleh sembarangan, ingat Masyarakat Indonesia tidak suka hal berbau promosi.

Teknik promosi yang tepat bisa dilakukan dengan melakukan penawaran tertentu, seperti bebas biaya pengiriman atau diskon khusus pembelian melalui website.

Ada lagi teknik promosi website yang agak aneh, namun penerapannya cukup manjur untuk mendatangkan pengunjung dalam website yang telah anda buat. Yaitu dengan membuat stiker atau kaos yang berisikan identitas website anda lalu menyebarkannya ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi.

Selain itu anda juga perlu melakukan jasa optimasi search engine ( SEO ) untuk website toko yang anda miliki. Di sini saya sangat menyarankan anda untuk menyewa ahli SEO untuk membuat website tersebut teroptimasi secara sempurna. Serta memberikan anda kesempatan untuk lebih fokus terhadap produk dagangan anda ketimbang mengurusi kode-kode website.

…Yang terpenting !

Jangan ragukan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan website sebagai media promosi, bahkan bila itu perlu mengeluarkan modal.

Karena jika ingin website bisa sukses maka anda perlu melakukan beberapa teknik dalam menguasai mesin pencari, serta beberapa teknik promosi lain. Jika anda tidak mampu atau tidak memiliki keterampilan dalam mengelola website, maka anda bisa menyerahkannya kepada ahli SEO dan ahli Internet marketing.

…Ingat : Promosi selalu butuh modal, namun modal tersebut masih bisa di minimalkan.

4# Melakukan promosi dengan email

Anda juga dapat melakukan promosi dan meningkatkan penjualan produk dengan menggunakan media email. Dalam penerapannya, sebenarnya masih berkaitan dengan penggunaan website sebagai media penjualan online.

Dengan website tersebutlah anda harus mengumpulkan email dari para pengunjung anda.

…Dengan cara apa?

Apa saja, asalkan tidak menggunakan unsur pemaksaan.

Akan tetapi, kebanyakan email marketer sukses melakukan pengumpulan email dengan menggunakan penawaran tertentu, atau menggunakan e-book sebagai pemikat pengunjung mereka.

…Kurang lebih seperti ini :

Anda menyediakan pernawaran (Katakanlah e-book blablabla), dan anda mengharuskan pengunjung meninggalkan dan memverifikasi e-mail mereka untuk syarat mendapatkan e-book blablabla tersebut.

Dalam kasus ini, apabila ada 1000 orang yang tertarik dengan e-book anda, maka anda terlah berhasil mengumpulkan 1000 e-mail aktif dari para pengunjung website anda. Dengan terkumpulnya email sebanyak itu, anda dapat melakukan penawaran produk baru melalui pesan email dengan lebih tertarget lagi.

Bayangkan saja bila setengah dari pengguna email tersebut terpikat dengan email anda yang berisi penawaran produk, maka anda akan mendapatkan keuntungan dari peminat yang membaca email tersebut.

…Tekniknya :

Dalam menulis email, pastikan anda tidak terlalu membahas yang tidak perlu, langsung saja menuju titik poinnya dengan mendeskripsikan produk atau jasa yang anda tawarkan. Dan bisa diselingi juga dengan diskon khusus untuk mereka yang menjadi pembeli melalui email.

Yang terpenting, jangan pernah mengirimkan email yang mengandung spam dan kata-kata yang kurang tepat. Untuk lebih mantabnya sih disarankan untuk mempekerjakan internet marketer yang sudah handal dalam bidang ini (Keluar modal sedikit, tak apalah).

5# Buat fanspage untuk bisnis anda, dan jangan digunakan untuk menjual

Meningkatkan Penjualan

Jika saya menyarankan untuk membuat sebuah website toko online untuk menjual produk, maka berbeda dengan pembuatan fanspage untuk bisnis anda.

Fanspage yang dimaksud dapat anda daftarkan melalui media sosial Facebook, dengan tujuan meningkatkan penjualan produk dengan tidak menjual produk. (Weleh-weleh).

…Apa gunanya fanspage

Sama seperti website, ada kesan profesional untuk bisnis anda apabila memiliki sebuah fanspage. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya pada calon pembeli untuk melakukan transaksi dan mendapatkan produk anda.

…Mengapa harus facebook??

Facebook sendiri dipilih karena masih menjadi sosial media terfavorit untuk saat ini, bahkan penggunanya pun berasal dari usia muda hingga usia tua juga ada. Jadi, kesempatan dalam menjaring konsumen baru akan sangat terbuka lebar.

…Kenapa tidak digunakan untuk menjual produk?

Sebenarnya boleh saja menjual produk, tapi jangan terlalu difokuskan untuk itu. Anda harus lebih fokus menggunakan fanspage untuk melakukan interaksi terhadap pembeli maupun calon pembeli anda.

Kita lihat saja peusahaan-perusahaan terkenal di dunia, rata-rata menggunakan fanspage untuk melakukan interaksi kepada penggunanya. Dari interaksi tersebut mereka akan mendapatkan informasi tentang apa -apa saja yang diinginkan oleh konsumen, serta membuat konsumen semakin nyaman dengan perusahaan tersebut.

Lagipula, kalau untuk urusan menjual produk bukankah sudah ada website yang menjadi andalannya.

6# Ciptakan motto yang menggambarkan kualitas produk anda

Dalam meningkatkan penjualan produk, hal yang dianggap tidak penting seperti motto ternyata bisa berpengaruh dalam menjaring konsumen baru.

Motto adalah kalimat yang merupakan semboyan dalam perusahaan/produktivitas anda, sehingga dalam membuat motto tentu tidak boleh menggunakan kalimat yang sembarangan.

Anda perlu memikirkan kalimat terbaik yang juga menggambarkan kualitas dari produk yang anda tawarkan, dengan begitu secara tidak langsung anda juga memberitahukan kepada masyarakat teruama calon konsumen. Bahwa produk yang anda tawarkan benar-benar merupakan produk yang berkualitas seperti yang tergambar pada motto tersebut.

…Bagaimana penggunaan motto yang baik ?

Mislkan anda merupakan pemilik usaha yang bergerak menyediakan case handphone bertema batik, maka anda dapat memberikan motto “Batik untuk seluruh aspek kehidupan” (Hanya berupa contoh).

Dengan motto seperti itu, maka calon konsumen akan merasa bahwa produk case handphone anda merupakan produk batik yang benar-benar memiliki kualitas dan seni di dalamnya.

Bahkan, masyarakat yang melihat motto andapun akan penasaran dan merasa bahwa jika mereka wajib memiliki produk anda.

Gunakanlah motto yang baik dan mampu “Menghipnotis” konsumen anda. Dengan tetap menyediakan produk yang memiliki kualitas seperti yang tertera pada kalimat motto yang anda buat.

7# Cobalah bergabung dengan website jual beli

Jika anda benar-benar tidak memiliki modal untuk membuat dan menyewa seorang pakar untuk mengelola website toko online, maka tidak usah kawatir.

Anda masih dapat berjualan dengan online, dengan “Menumpang” lapak dagangan pada website jual beli yang sudah lebih dahulu terkenal. Seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

Bahkan untuk meningkatkan penjualan produk, website jual beli seperti yang sudah saya jelaskan di atas lebih berpengaruh dan lebih ampuh ketimbang website pribadi.

…Mengapa bisa demikian

Hal ini dikarenakan mengelola website pribadi bukanlah hal yang mudah, terlebih untuk anda yang merasa masih pemula dalam bidang pengelolaan website. Jika ada modal lebih sih enak-enak saja, karena bisa menyewa ahli dan pakar SEO serta IM, ….lah untuk yang gak bisa nyewa pakar piye…

Berbeda dengan website pribadi yang perlu melakukan optimasi sana-sini, pada website jual beli anda tidak perlu melakukan optimasi lebih lanjut. Cukup mendaftar dengan mudah dan gratis lalu anda siap memasarkan produk yang mau ditawarkan.

…Mudah ?

Mudah banget, anda hanya perlu memfoto produk dan menawarkannya melalui website jual beli terebut. Dan menunggu calon pembeli yang berminat mengunjungi anda (Atau sambil dipromosikan ke tempat lain juga bisa).

Dan website jual beli yang telah memiliki nama seperti yang sudah saya katakan tadi. Terbukti ampuh dalam memikat hati dan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi dan membeli produk yang anda tawarkan.

8# Buatlah logo bisnis yang menarik perhatian

Meningkatkan Penjualan

Sama seperti motto, logo juga harus dibuat semenarik mungkin agar dapat memberikan kesan positif kepada masyarakat, terutama calon konsumen anda.

Logo dapat dibuat dengan simple dan memiliki makna, makna yang terdapat pada logo tersebut diharapkan mampu menghipnotis mata konsumen dan membuat mereka terfikir untuk menjadi konsumen anda.

…Cobalah flat design.

Untuk anda yang belum memiliki logo, atau ingin mengubah logo produk anda. Ada baiknya untuk mencoba menggunakan logo yang bernuansa flat design. Hal ini dipilih karena logo dengan flat design merupakan logo yang cukup diminati oleh pasar saat ini.

Hal ini terbukti dengan berubahnya logo-logo pada sosial media, termasuk Instagram yang kini menerapkan logo baru dengan nuansa flat design.

…Berian logo yang memikat

Coba anda lihat logo milik Starbuck, atau KFC dan MCD ketiganya memiliki logo yang unik dan mampu membuat orang yang melihatnya terkesima.

Hal ini merupakan poin positif untuk menarik konsumen, selain itu pembuatan logo bukanlah menjadi proses yang memakan biaya. Bahkan bisa dilakukan secara gratis jika anda memiliki bakat dalam seni menggambar dan  Desain Komunikasi Visual.

9# Pasang iklan di website orang

Memasang iklan merupakan salah-satu teknik ampuh dalam meningkatkan penjualan produk. Biasanya sih, orang yang mendengar kata “Mengiklankan” akan langsung berpikiran biaya-biaya dan biaya.

Padahal TIDAK JUGA.

Biaya iklan memang besar bila anda mengiklankan produk anda pada siaran televisi, namun harga yang cukup murah bila anda mengiklankannya pada website atau blog milik personal.

Adapun dalam memasang iklan pada slot mandiri blog orang lain, saya sangat menyarankan untuk memasang iklan produk anda pada website atau blog yang membahas seputaran review produk.

Topik tersebut sangat ampuh karena secara tidak langsung iklan anda akan dilihat oleh pengunjung yang tertarget.

Pada blog tersebut terdapat pengunjung yang merupakan para pencari review yang secara tidak langsung mengidentifikasikan bahwa mereka sedang mencari produk untuk dibeli, jadi bukan tidak mungkin mereka akan tertarik dengan produk yang anda iklankan dan menjadi konsumen anda.

10# Berikan pelayanan terbaik, dan rasakan ampuhnya promosi mulut ke mulut

Teknik terakhir dalam meningkatkan penjualan produk dengan modal promosi yang sedikit, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen anda.

…Lah, kok bisa?

Dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, anda secara tidak langsung memberikan citra yang positif kepada konsumen anda.  Bukan tidak mungkin bila suatu hari nanti mereka yang sudah berpengalaman merekasakan baiknya pelayanan anda. Melakukan promosi secara tidak langsung (Promosi mulut ke mulut) dengan cara menceritakan tempat usaha anda kepada orang lain.

Di sinilah anda akan merasakan bahwa pelayanan baik ternyata dapat menjadikan bisnis anda semakin populer dan dicintai oleh konsumen, serta usaha dan produk anda akan mengalami peningkatan penjualan produk yang sangat luar biasa.

Baca Juga : 21 Peluang Bisnis Mudah dan Menguntungkan

Sekianlah dari pembahasan kali ini mengenai teknik dalam meningkatkan penjualan produk dengan modal promosi yang tidak banyak. Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang tidak saya jelaskan di sini, intinya berusahalah untuk menjadi pedagang yang penuh akan INOVASI. Semoga sukses …..



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *