teknologi canggih di Asian Games 2018

Ini 6 Teknologi Canggih di Asian Games 2018 yang Akan Digunakan

Kemajuan teknologi kini telah menjangkau ke segala bidang, termasuk pada bidang olahraga. Nah, teknologi canggih di Asian Games 2018 kira – kira apa saja?

Sebagai contoh adalah teknologi video assisted referees (VAR) yang diterapkan piala dunia yang diselenggarakan di Rusia. Teknologi canggih ini digunakan untuk membantu pekerjaan wasit dan asistennya pada saat di lapangan.

Berkat teknologi VAR, maka pelanggaran yang tidak terlihat oleh wasit akan bisa ditinjau melalui layar monitor sebagai replay (tayangan ulang) dengan sangat detail.

Selain VAR, ada juga teknologi Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS). Teknologi ini adalah sebuah sistem berbasis tablet yang akan memberi akses statistik pemain dan hasil rekaman video secara real time dan jaringan 5G.

Lantas apa saja teknologi canggih di Asian Games 2018 yang akan diterapkan oleh penyelenggara event olah raga bergengsi tingkat Asia ini?

4 Teknologi canggih di Asian Games 2018

teknologi canggih di Asian Games 2018
Source : efe.com

1. Teknologi 5G

Teknologi 5G merupakan jaringan yang telah banyak diujicoba serta siap untuk diaplikasikan di beberapa negara maju. Indonesia sendiri akan menguji coba teknologi jaringan generasi kelima dalam Asian Games 2018 nanti.

Hal ini seperti peryataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam ajang Asian Games, teknologi 5G nantinya akan digunakan baik untuk mobil otonom serta untuk penayangan pertandingan bulutangkis dan basket.

2. Sistem pembelian tiket online

Pembelian tiket online untuk  Asian Games 2018 memang sudah diterapkan untuk berbagai event pertandingan olahraga. Hal ini juga sudah di aplikasikan pada Gelora Bung Karno yang sudah menggunakan kursi single seat.

Loading...

Dengan penataan seperti itu, nomor kursi untuk penonton dapat di pesan secara online.

3. Lampu LED

Sistem LED 3.000 lux dari Panasonic akan digunakan untuk pencahayaan stadion. Selain itu akan dipasang papan digital dari Seiko yang menampilkan waktu, skor pertandingan dan momen menarik.

4. Hawk Eye

teknologi canggih di Asian Games 2018

Sedikit berbeda dengan teknologi VAR yang berfungsi untuk membantu wasit, teknologi canggih di Asian Games 2018 akan menggunakan Hawk Eye dalam pertandingan bulutangkis.

Fungsi teknologi Hawk Eye ini juga untuk membantu wasit dalam pertandingan, terutama pada bola yang menyentuh garis lapangan.

5. Face recognition

Face recognition atau pengenalan wajah merupakan teknologi yang sudah banyak digunakan beberapa. Teknologi ini nantinya juga akan diterapkan untuk kamera pengawasan dalam Asian Games 2018.

6. Panel surya

Untuk pencahayaan stadion akan mengunakan teknologi panel surya sebanyak 1.293 unit. Panel surya ini nantinya akan terpasang di atap stadion untuk menghasilkan listrik 450 kilowatt.

Selain itu akan ditambahkan juga dengan sistem interactive dynamic system yang terintegrasi dengan sistem pencahayaan stadion.

Itulah teknologi canggih di Asian Games 2018 yang akan digunakan di Indonesia sebagai peyelenggara sekaligus tuan rumah. Kita nantikan pertandingan akbar dan bergengsi tinkat Asia ini.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *