Dasar dasar Blog

Mengapa Harus Memilih Teknologi Cloud Hosting Untuk Website Anda?

Teknologi Cloud hosting merupakan  komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan “Cloud” memiliki performa dan kinerja jauh lebih cepat dan tangguh dibandingkan layanan hosting klasik, fleksibel dan bisa disesuaikan dengan apa yang kita butuhkan saja, nah itulah yang paling saya suka.

Apa yang ada dibenak anda ketika akan membuat blog? Pasti yang pertama kali ada dalam pikiran adalah memilih hosting (kecuali  blog gratisan). Nah, pasti juga anda akan bingung menentukan hosting apa yang hendak digunakan.

Saya jelaskan secara sederhana bagi pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blog, pilihan anda hanya 2 saja, mau menggunakan teknologi hosting klasik atau memilih teknologi cloud hosting?

Jika saya pribadi saya akan mengambil pilihan yang ke 2, yaitu teknologi cloud hosting. Masalah paket hostingnya kita bisa memilih provider mana saja yang terpercaya dan pasti dengan harga yang bisa bersaing.

Pengalaman menggunakan teknologi cloud hosting

Sebelum saya menggunakan teknologi cloud hosting, sebelumnya sempat menjajal shared hosting klasik dengan dengan fitur yang dibilang lumayan untuk sebuah hosting lokal. Tetapi website saya sering mengalami down ketika banyak menerapkan script wordpress (Seperti plugin) yang memakan resource hosting.

Apalagi ketika pengunjung blog mulai ramai, penggunan seperti RAM dan Processor pada hosting mengalami  “Resource Limit Is Reached” karena sifatnya shared, yaitu digunakan ramai-ramai oleh pengguna hosting lainnya.

teknologi cloud hosting
Resource Limit Is Reached

Nah, kalau sudah begini maka yang bingung adalah anda sendiri. Pastinya akan cepat-cepat mengontak costumer service hosting untuk melakukan perbaikan dan tentunya juga membutuhkan waktu.

Kelebihan Cloud Hosting

  • Berbeda jika menggunakan hosting Cloudlinux, provider hosting bisa membagi resource seperti RAM dan Processor ke semua user secara merata. Client website tidak akan merasa berat saat ada salah satu user yang menghabiskan resource.
  • Cloud hosting juga terdiri dari banyak sekali node atau dedicated server, jika salah satu server mengalami gangguan, maka server yang lain akan menggantikan dengan cepat, teknologi ini biasa disebut “Auto Healing Network”.
  • Mempersingkat waktu “down time” akibat perbaikan kerusakan karena proses “Auto Healing Network” ini biasanya hanya akan membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  • Teknologi cloud hosting juga di claim 10 kali lebih cepat dari hosting klasik.

Itulah beberapa kelebihan cloud hosting, masih banyak teknologi lain yang lebih unggul dari hosting klasik pada umumnya.

Loading...

Sejak saat itu saya mulai menggunakan cloud hosting untuk semua website saya, untuk proses migrasi hosting pun terbilang sangat mudah sebab penyedia jasa cloud hosting pasti bersedia membantu sampai semua proses selesai.

Memilih jasa cloud hosting terbaik

Ada beberapa pilihan provider penyedia jasa cloud hosting baik yang dari luar negri maupun lokal, anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk memilih hosting terbaik bisa melalui referensi pada teman atau blog lain yang sudah menggunakan layanan cloud hosting.

Blog ini sediri menggunakan paket cloud hosting starter dari indowebsite dengan harga paket yang paling murah, tapi saya sendiri merasakan performa yang handal, bahkan untuk urusan pengunjung yang membludak karena bandwidth nya unlimited.

Baca : Bingung Memilih Cloud Hosting Terbaik? IndoWebsite Jawabannya

Dalam artikel tersebut saya bahas tuntas mengenai kelebihan cloud hosting dari Indowebsite.

kelebihan cloud hosting
Paket cloud hosting Idowebsite

Nah,bagi anda yang lagi bingung memilih jasa hosting untuk website, blog ataupun membuat toko online maka memilih cloud hosting adalah keputusan yang sangat tepat, karena kelebihan cloud hosting sudah jelas terlihat.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

One Comment

  1. Saya juga memakai indowebsite bang untuk menghost blog saya tapi masih pake hosting shared yang 120 rb setahun 1gb kira kira bagusan mana ya dengan cloudhosting kan ada tuh yang harga sama 120 paling murah dapet 500mb kalo bisa bales di email bang sekalian salam kenal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *