InternetUlasan Bisnis

Dulu Tidak Efektif, Sekarang Teknologi Dapat Merubah Bisnis

Keberadaan teknologi di era saat ini tidak bisa diabaikan, karena teknologi dapat merubah bisnis.

Jika dulu, teknologi tidak terlalu bisa mendongkrak bisnis, sekarang berbeda di mana bisnis yang didukung atau menggunakan teknologi akan berpeluang besar untuk maju.

Teknologi Dapat Merubah Bisnis

Berikut ini beberapa cara atau dampak yang ditimbulkan oleh teknologi, sehingga teknologi dapat merubah bisnis.

Penasaran?

1. Teknologi Dapat Menekan Pengeluaran

Membantu para pengusaha mengeluarkan sedikit biaya untuk menggaji seseorang adalah salah satu cara bagaimana teknologi dapat merubah bisnis.

Lihat:

Screenshot di atas adalah salah satu lowongan pekerjaan yang ada di situs freelance. Mengapa gambar di atas diambil?

Loading...

Karena situs freelance biasanya membayar lebih murah. Katakanlah sang pemberi kerja menetapkan tarif sebesar Rp500.000. Nanti, para calon pekerja pasti akan memberikan penawaran yang lebih rendah.

2. Teknologi Dapat Mengakali Bisnis

Maksud mengakali di sini adalah teknologi dapat menarik para pengunjung dengan menerapkan berbagai macam strategi.

Lihat:

Screenshot di atas adalah salah satu contoh di mana kehadiran teknologi bisa dibuat untuk mengakali para pengunjung agar mereka mau membeli.

Bukankah itu penipuan?

Jika produk yang Anda miliki berkualitas buruk, kemudian Anda meminta bantuan orang lain untuk memberikan nilai A, tentu itu sebuah penipuan.

Intinya, Anda harus mengerti batasan penggunaan teknologi dalam membantu bisnis yang Anda jalankan.

Mulailah berbisnis dengan kejujuran, bukankah jujur itu lebih baik?

3. Teknologi Dapat Membuat Segmentasi Pelanggan

Bukan sebuah rahasia lagi jika teknologi mampu membuat segmentasi pelanggan atau segmentasi pasar.

Google adalah salah satu contohnya di mana mereka menggunakan aktivitas para pengguna sebagai segmentasi pelanggan yang kemudian dijadikan sebagai target iklan.

Lihat:

teknologi dapat merubah bisnis

Google mengatakan:

Kami memperoleh pendapatan dari pengiklan karena menempatkan iklan.

Untuk beberapa jenis iklan, pengiklan hanya membayar kami untuk penempatan iklan tersebut dan mereka membayar kami untuk mengetahui performa iklan tersebut yang sebenarnya.

Bukan hanya Google. Beberapa perusahaan, seperti e-Commerce juga menggunakan data atau aktivitas para penggunanya untuk membuat segmentasi pelanggan yang akhirnya dapat menghasilkan uang untuk mereka.

4. Teknologi Dapat Memudahkan Penyimpanan Data

Di era saat ini untuk menyimpan dan berbagi data amat sangat mudah, karena ada banyak sekali layanan yang bisa digunakan.

Google Drive adalah salah satu contohnya di mana seseorang bisa berbagi file hingga 15 GB, baik itu file foto, desain, gambar, maupun video.

Lihat:

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, seseorang hanya perlu mengingat password saja, karena dengan mengingat password, data-data penting yang ada sudah bisa dibuka.

Selain Google Drive masih ada layanan lain yang juga bisa digunakan, dan Anda pun juga bebas memilih, yaitu memilih layanan penyimpanan data gratis atau yang berbayar.

5. Teknologi Dapat Mempermudah Konektivitas

Teknologi telah memberi manusia kenyamanan untuk tetap dan saling berhubungan di mana dalam perspektif bisnis, Anda bisa berbicara dengan rekan kerja melalui obrolan teks atau video di mana pun dan kapan pun.

Lihat:

Sekarang ini untuk berbicara dengan rekan kerja, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, maupun Twitter.

Intinya, berbisnis di era kecanggihan teknologi lebih mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana perkembangan teknologi dan juga penggunaannya di era saat ini begitu masif.

Setuju?

Kesimpulan

Karena teknologi dapat merubah bisnis, sudah seharusnya Anda memanfaatkan keberadaan teknologi dengan baik.

Namun yang harus diingat adalah gunakan teknologi untuk menjalankan bisnis yang sehat, karena apalah artinya sebuah kesuksesan apabila Anda meraihnya melalui jalan yang salah.

Baca: Cara Memulai Bisnis Online dari Skill dan Kemampuan yang Anda Miliki

Bagi Anda yang belum menerapkan teknologi dalam berbisnis, maka segeralah menerapkan, karena di era seperti sekarang ini untuk lepas dari jeratan teknologi sangatlah susah.

Jadi daripada bisnis Anda tergerus karena kemunculan teknologi, lebih baik Anda menjalankannya meskipun itu terlambat.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button