Tekno

Kupas tuntas Smartphone dengan Teknologi Dual Camera

Smartphone dengan teknologi Dual Camera – Hello sobat pengujung setia website Klik Mania semua. Kembali lagi nih bersama saya yang selalu hadir dengan berbagai pembahasan seputar dunia teknologi dan smartphone.  Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai “Smartphone dengan teknologi Dual Camera”. Mungkin masih cukup asing kita melihat orang menggunakan smartphone dengan dual camera.

Hal tersebut memanglah masih wajar terjadi, karena teknologi Dual Camera pada smartphone baru saja berkembangan beberapa tahun belakangan. Pencetus popularitas smartphone dengan dual camera di Indonesia adalah vendor Oppo dan Vivo.

Beberapa smartphone besutan vendor asal Tiongkok tersebut menyuguhkan smartphone dengan dual camera untuk secondary camera-nya. Hal tersebut merupakan kabar gembira bagi anda yang memiliki hobi berfoto selfie dan menginginkan hasil foto yang mantap.

Hasil foto sebuah smartphone dengan dual camera dengan smartphone yang hanya memiliki satu kamera tentu saja sangat berbeda. Smartphone yang membawa dual camera menjanjikan hasil potret yang lebih tajam dan backgroundnya yang “Bokeh”.

Sebutan hasil foto “Bokeh” tersebut berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti ngeblur. Jadi pada smartphone dengan dual kamera dapat menghasilkan foto dengan background yang ngeblur layaknya menggunakan kamera DSLR.

Anda tidak perlu lagi membawa kamera DSLR yang cukup berat disaat berliburan kemana saja. Hal tersebut karena anda dapat memperoleh hasil foto yang tajam dan bokeh hanya dengan smartphone yang mudah digenggam. Bahkan anda dapat dengan mudah memamerkan hasil potret yang bokeh anda layaknya menggunakan kamera professional dengan sosial media smartphone anda.

Nah, teknologi smartphone dual camera tersebut mulai berkembang diseluruh penjuru dunia. Berbagai vendor dunia mulai saling berlomba untuk meluncurkan smartphone dengan kamera ganda yang tentunya menggiurkan untuk dibeli.

Meskipun demikian, anda tidak akan mendapatkan smartphone dual camera yang dibanderol murah. Beberapa vendor dunia mulai mematok harga smartphone yang membawa dual camera dengan harga mulai tiga jutaan.

Loading...

Cara kerja smartphone dengan teknologi Dual Camera

teknologi dual camera

Teknologi smartphone dual camera sebenarnya sudah cukup lama direncakan. Namun teknologi smartphone yang dibekali dengan dual camera baru populer dikalangan masyarakat dunia sejak beberapa tahun belakangan ini.

Sementara itu, dua vendor besar asal Tiongkok yakni Oppo dan Vivo lebih dahulu mencuri start pempopuler smartphone dual camera. Vendor Oppo yang maju menggandeng Oppo F3 dan pihak Vivo yang unjuk smartphone Vivo V5 plus.

Kebanyakan smartphone yang mengusung konsep dual camera biasanya mengaplikasikan teknologi kamera “bokeh” tersebut pada kamera utama atau kamera belakang. Akan tetapi, beberapa vendor asal Tiongkok seperti Vivo dan Oppo membekalinya untuk kamera depan.

Pada umumnya kamera utama dari salah satu dual camera tersebut memiliki resolusi lebih besar untuk menangkap objek yang tajam. Sementara itu, untuk kamera yang berada disamping kamera utama pada smartphone tersebut biasanya membawa resolusi yang lebih kecil untuk menangkap background objek.

Sebagai contoh sebuah smartphone yang membawa kamera depan berteknologi kamera ganda yang masing – masing membawa resolusi 20 MP + 8 MP. Bukan berarti hasil potret dari smartphone tersebut adalah kamera berkekuatan 28 MP.

Akan tetapi, kamera utama yang beresolusi 20 MP berfungsi untuk menangkap objek yang difokuskan secara tajam. Sedangkan kamera kedua yang berada disampingnya yang hanya membawa resolusi 8 MP berguna untuk menangkap background hasil potret.

Cara kerja smartphone dual camera dengan kamera DSLR sedikit berbeda. Hasil potret dari kamera DSLR yang di setting untuk menghasilkan gambar bokeh akan langsung fix menjadi bokeh.

Sedangkan smartphone dual camera tidak langsung menjadikan sebuah hasil foto fix menjadi bokeh. Hal ini karena pengaplikasian bokeh background diproses setelah gambar berhasil dipotret.

Jadi, anda dapat dengan mudah memindahkan fokus objek dan menjadikan latar objek menjadi bokeh tanpa harus memotret ulang. Atau bahkan anda dapat menghapus efek bokeh background dari hasil foto anda dengan sekali klik saja.

Daftar smartphone dengan teknologi Dual Camera

Berbagai vendor dari seluruh dunia mulai berlomba untuk merilis produk smartphone terbaru mereka yang membawa teknologi dual camera (kamera ganda).

Smartphone dengan teknologi dual camera biasanya hanya dipertunjukkan untuk smartphone kelas menengah keatas yang tentunya dibanderol sedikit lebih mahal. Hal tersebut dirasa wajar dikarenakan hasil potret yang tajam dan tentunya berlatar belakang yang Bokeh.

Berikut daftar smartphone yang telah dibekali dengan teknologi dual camera :

  1. Iphone 7 Plus

    teknologi dual camera

Smartphone flagship besutan vendor asal California tersebut telah membawa teknologi terbaru dalam sektor kamera yaitu Dual Camera. Pihak Apple membanderol Iphone 7 Plus dengan harga termurah sekitar 13 jutaan dan untuk harga tertinggi sekitar 15 jutaan.

Sejak dahulu, berbagai smartphone besutan vendor Apple memang sudah cukup terkenal dalam sektor kamera. Dan bahkan smartphone Iphone 8 yang akan menjadi penyempurna dari seri sebelumnya tersebut juga membawa kamera ganda.

Smartphone Iphone 7 Plus telah dibekali dengan dual camera beresolusi 12 MP + 12 MP dengan detail hingga f/2.2. Selain membawa teknologi kamera ganda, smartphone tersebut juga telah disuguhkan dengan dual tone flash yang berguna untuk pemotretan dalam keadaan gelap.

Selain dapat menghasilkan potret yang bokeh, smartphone tersebut juga dapat menghasilkan video berkualitas High Definition. Dual camera yang diusung oleh Iphone 7 Plus dapat menghasilkan video berkualitas [email protected], [email protected], [email protected], dan [email protected]

  1. ZTE Nubia Z17 Mini

    dual camera

Pada urutan kedua adalah smartphone ZTE Nubia Z17 Mini yang terkenal membawa spesifikasi sekelas flagship smartphone. Smartphone yang membawa ukuran 5.2” tersebut telah dibekali dengan 4/6 GB RAM, chipset Qualcomm MSM8976 Pro Snapdragon 653, dan baterai berkapasitas 3000 mAh. Meskipun membawa spesifikasi berkelas flagship smartphone, ponsel cerdas asal Tiongkok tersebut hanya dibanderol sekitar 3 jutaan saja.

Smartphone ZTE Nubia Z17 Mini telah menggandeng teknologi dual camera yang setiap lensa membawa resolusi 13 MP dengan dual LED flash untuk pemotretan daerah gelap. Selain membawa kamera utama yang dapat menghasilkan potret tajam dan bokeh, kamera depan dari smartphone besutan ZTE tersebut juga cocok untuk selfie. Hal tersebut karena smartphone ZTE Nubia Z17 Mini telah dibekali dengan kamera beresolusi 16 MP.

Selain memiliki poin unggul untuk hasil potret yang tajam, hasil video dari smartphone tersebut juga sangat memuaskan dengan hasil berkualitas [email protected] yang tentunya High Definition. Tidak ketinggalan teknologi fingerprint yang dapat menjadi proteksi utama untuk smartphone besutan vendor raksasa asal Tiongkok tersebut.

  1. Huawei Honor V9

    dual camera
    via android authority

Vendor pertama dari negeri Tiongkok yang memasuki pasaran USA tersebut menempatkan smartphone Huawei Honor V9 dikelas flagship smartphone. Smartphone yang dibanderol mulai dari 5 juta hingga 7 jutaan tersebut hadir dengan membawa ukuran 5.7”.

Huawei Honor V9 membawa chipset HiSilicon Kirin 960 yang dibekali dengan kamera belakang jenis dual camera dengan resolusi 12 MP dan 12 MP. Dual camera tentunya dapat menangkap hasil potret yang tajam dan bokeh. Selain itu, smartphone yang hadir dengan RAM berkapasitas 4 GB dan 6 GB tersebut juga dapat menghasilkan video berkualitas [email protected] dan [email protected]

Huawei Honor V9 mengusung baterai jenis non removable berkapasitas monster yaitu 4000 mAh. Smartphone ini diklaim dapat bertahan selama dua hari penggunaan tanpa dicharger sekalipun. Hal tersebut tentu menjadi poin plus untuk smartphone besutan Huawei.

  1. Huawei Honor 8 Pro

dual camera
via android authority

Meskipun segi kualitas dan kuantitas dari smartphone Huawei Honor V8 Pro hanya sedikit berada dibawah seri Huawei Honor V9. Smartphone yang hanya dibanderol sekitar 5 jutaan tersebut telah dibekali dengan kamera utama yang membawa teknologi dual camera beresolusi 12 MP + 12 MP.

Sedikit berada dibawah seri smartphone Huawei Honor V9, kamera Huawei Honor V8 Pro telah dibekali dengan laser autofocus.

Teknologi laser autofocus diklaim dapat menangkap fokus gambar lebih tajam dan hasil yang bokeh. Hasil video yang dihasilkan Huawei Honor V8 Pro juga sangatlah memuaskan dengan video berkualitas [email protected] dan [email protected]

Sementara itu, untuk spesifikasi dapur pacu yang dibawa oleh Huawei Honor V8 Pro terbilang sama dengan saudara nya Huawei Honor V9. Smartphone yang menurut survey dibanderol sedikit lebih murah dibandingkan Huawei Honor V9 tersebut telah dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 960. Chipset berkelas juga semakin berpengaruh pada kinerja smartphone tersebut dengan dukungan RAM berkapasitas 4 GB atau 6 GB.

Kapasitas baterai yang dibawa Huawei Honor V8 Pro juga sama dengan pendahulunya yang membawa baterai jenis non removable Li-Po berkapasitas 4000 mAh.

  1. LeEco Le Pro 3 AI Edition

teknologi dual camera
via leeco

Smartphone yang berasal dari vendor LeEco tersebut membawa konsep luxury smartphone. Nama brand yang kurang dikenal masyarakat Indonesia tersebut telah membawa kamera utama dengan teknologi dual camera beresolusi 13 MP + 13 MP. Selain itu, kamera pada smartphone tersebut telah dibekali dengan teknologi phase detection dan laser autofocus yang akan menghasilkan gambar yang tajam dan bokeh tentunya.

Dual tone flash yang telah dibawa oleh smartphone tersebut juga berguna untuk pengambilan gambar dalam keadaan gelap atau softlight camera. Dan hasil video dari smartphone tersebut sangat menggiurkan dengan video berkualitas [email protected], [email protected], dan [email protected] Hasil video berkualitas [email protected] tersebut sangat bermanfaat untuk membuat video slow motion yang halus.

Tidak ketinggalan untuk kualitas kamera depan LeEco Le Pro 3 beresolusi 8 MP. Selain dapat menghasilkan hasil foto yang tajam, hasil video dari smartphone tersebut juga sangat memuaskan dengan hasil berkualitas 1080p.

  1. Xiaomi Mi 6

dual camera
via droidlime

Berada diurutan keenam bukan berarti kualitas dari smartphone besutan vendor Xioami tersebut rendahan dikelas high – end smartphone. Xiaomi Mi 6 diberi jukukan flagship killer tersebut telah membawa spesifikasi monster untuk kelas smartphone terjangkau. Xiaomi Mi 6 hanya dibanderol seharga 5 jutaan telah membawa kamera utama dengan teknologi dual camera beresolusi 12 MP + 12 MP.

Kamera utama diklaim dapat menghasilkan sebuah foto yang tajam dan membawa background yang bokeh. Selain itu, untuk hasil video dari kamera belakang smartphone Xiaomi Mi 6 juga sangat memuaskan dengan hasil berkualitas [email protected], [email protected] dan [email protected] Hasil video yang dihasilkan oleh Xiaomi Mi 6 setara dengan hasil video kamera digital.

Kamera depan Xiaomi Mi 6 juga sudah sangat memuaskan dengan membawa single camera beresolusi 8 MP. Meskipun kamera utama dari smartphone tersebut mendukung hasil video High Definition yang dapat membuat video smooth video slow motion. Hasil video dari kamera depan smartphone tersebut juga tidak dapat diremehkan dengan hasil video berkualitas hingga 1080p.

  1. Asus Zenfone 3 Zoom ZE553KL

    dual camera
    via droidlime

Pada urutan ketujuh adalah smartphone Asus Zenfone ZE553KL. Smartphone yang baru saja diluncurkan beberapa waktu belakangan ini menempatkan dirinya pada kelas high – end smartphone. Dibanderol seharga 8 jutaan menjadikannya sebuah smartphone yang powerfull dan mewah dibandingkan seri pendahulunya. Smartphone yang diusung oleh vendor asal Tiongkok tersebut telah membawa kamera utama tipe dual camera dengan resolusi 12 MP + 12 MP.

Smartphone kelas flagship dari Asus dapat menghasilkan potret yang tajam dan latar bokeh. Karena teknologi dual camera yang dibawa oleh smartphone tersebut telah dibekali dengan laser or phase detection autofocus dan 2.3x optical zoom. Selain itu, hasil video dari smartphone tersebut juga tidak ketinggalan canggih dengan hasil [email protected] dan [email protected]

Asus Zenfone ZE553KL membawa baterai berkapasitas 5000 mAh juga memiliki poin unggul untuk kamera depan dengan resolusi 13 MP. Hasil foto selfie yang tajam akan kita dapatkan oleh kamera depan Asus Zenfone 3 Zoom yang telah dibekali teknologi sensor berukuran 1/3 dan aferture hingga 2.0.

  1. Huawei Honor P10 Plus

    dual camera
    via ndtv gadgets

Huawei Honor P10 Plus dibanderol dengan harga 10 jutaan. Harga tidak akan pernah membohongi kualitas dan kuantitas yang telah disematkan pada smartphone tersebut. Huawei Honor P10 Plus membawa kamera utama tipe dual camera dengan resolusi 20 MP + 12 MP (f/1.8, OIS, Leica optics, phase detection dan laser autofocus).

Dapat kita semua ketahui bahwa spesifikasi kamera utama dari Huawei Honor P10 Plus memang berada dikelas paling atas dibandingkan Huawei Honor Series lainnya.

Hasil video yang berkualitas high definition antara lain [email protected] dan [email protected] Sementara itu, untuk kamera depan yang diusung Huawei Honor P10 Plus hanya beresolusi 8 MP. Smartphone yang membawa fisik berbahan metal tersebut dibekali dengan baterai berkapasitas 3750 mAh.

Penutup

Pada umumnya smartphone yang membawa teknologi dual camera berada dikelas ponsel menengah keatas. Hal ini dikarenakan perakitan smartphone kamera ganda menghabiskan lebih banyak biaya. Oleh sebab itu, harga smartphone dual camera biasanya mulai dari 3 jutaan.

Kualitas dari smartphone dengan teknologi dual camera diklaim dapat menyerupai hasil dari potretan menggunakan DSLR. Dimana, anda dapat menangkap sebuah objek yang memiliki latar belakang Bokeh.



Loading...

Baca selengkapnya

Aditya Irzal

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *