Tekno

5 Teknologi Masa Lalu yangTidak Akan Pernah Ditemukan Oleh Anak Jaman Sekarang

Untuk kamu yang lahir pada masa 90an, mungkin berbagai teknologi populer saat itu sudah mampu membuat hari-hari kamu bahagia dan ceria. Tetapi masa telah berganti dan menyebabkan teknologi masa lalu itu seakan menjadi barang usang yang tidak layak bersaing di masa sekarang.

5 Teknologi masa lalu yang menjadi kenangan

Mari kita mengingat-ingat kembali teknologi masa lalu yang sempat populer waktu itu. Mungkin hanya akan membuat kebingungan anak jaman sekarang yang melihat benda-benda teknologi tersebut.

1. Media penyimpanan favorit yang mudah dibawa kemana saja

Teknologi masa lalu

Kalau jaman sekarang kamu dimanjakan dengan flashdisk, atau bahkan hardisk yang kemampuan penyimpanannya hingga bergiga-giga. Tidak halnya dengan generasi jaman dulu yang sudah merasa puas dengan hadirnya floppy disk sebagai media penyimpanan yang mudah dibawa kemana saja. Meskipun kemampuan penyimpanannya kurang lebih sekitar 1 MB saja.

Entahlah, meskipun penyimpanannya sangat terbatas namun saya sendiri tidak pernah merasa kesal akan hal tersebut. Mungkin di jaman dulu, ukuran file juga lebih kecil sehingga tidak membutuhkan media penyimpanan yang teramat besar. Sedangkan untuk sekarang memiliki Harddisk eksternal 1 TB saja saya rasa kurang untuk menyimpan file dan film favorit saya.

2. Winamp, pemutar musik legendaris yang wajib ada di PC kamu

Teknologi masa lalu

Di masa lalu anak-anak akan sangat senang untuk mendengarkan lagu-lagu terbaru menggunakan PC, terutama jika di PC mereka sudah terinstal aplikasi pemutar musik bernama Winamp. Yap, aplikasi yang memiliki ciri khas pada logo petirnya tersebut, boleh dikatakan sebagai pemutar musik terbaik yang pernah ada dan wajib dimiliki pada jamannya.

Jika dulu Winamp sempat menjadi pemutar musik faforit, namun sekarang kejayaannya sudah tergeser jauh oleh pemutar musik online. Seperti JOOX dll yang mana penggunanya diberikan kebebasan untuk mendengarkan lagu apa saja yang mereka inginkan selama mereka memiliki koneksi Internet.

Loading...

Tapi bagi sebagian besar orang, Winamp adalah bagian Teknologi masa lalu sebagai pemutar musik yang tidak cuma pernah menjadi “Raja”. Tetapi juga memiliki kenangan tersendiri bagi mereka yang pernah menggunakannya.

3. Telepon kabel adalah yang paling populer sebelum munculnya ponsel layar sentuh

Teknologi masa lalu
Models Old Communication Generations Phone

Jika sekarang ini setiap orang, atau bahkan anak-anak saja sudah memiliki ponsel pintar berlayar sentuhnya sendiri. Maka tidak dengan orang-orang di jaman dulu yang cukup memiliki satu perangkat telepon kabel saja untuk satu keluarga.

Meski sekarangpun penggunaanya masih dibutuhkan, tapi memiliki telepon kabel tidak membuat kamu menjadi “WOW” seperti dulu lagi. Mungkin telepon kabel akan menjadi kenangan sebagai teknologi masa lalu yang paling populer.

4. Wartel sebagai jalan pintas bagi mereka yang ingin berkomunikasi jarak jauh

Teknologi masa lalu
Wartel umum

Karena memiliki telepon kabel adalah sesuatu yang “WOW” di jaman dulu. Maka terciptalah wartel (Warung Telepon) yang berfungsi sebagai jalan pintas bagi mereka yang ingin berkomunikasi jarak jauh, tetapi tidak memiliki telepon pribadi di rumahnya.

Kehadiran wartel bagi sebagian orang, terutama dari kalangan menengah kebawah menjadi sebuah penyelamat tersendiri. Mereka berbondong-bondong pergi ke warung telepon terdekat, dan rela antri berjam-jam untuk merasakan layanan telepon tersebut dan berkomunikasi dengan orang yang ingin mereka hubungi.

Sangat berbeda dengan jaman sekarang ya, dimana anak Sekolah Dasarpun sudah dibekali smartphone canggih meskipun entah dipergunakan untuk apa sajakah smartphone canggih untuk ukuran anak Sekolah dasar.

5. Walkman sebagai pemutar musik portable yang bisa dibawa kemana saja

Teknologi masa lalu

Di jaman sekarang sih, kamu bisa dengan mudahnya memutar musik dengan gadgetmu yang pastinya sudah canggih dan tak perlu diragukan lagi. Tapi bagi generasi lawas, untuk mendengarkan lagu yang bisa dibawa kemana saja, maka Walkman adalah solusinya.

Pertama kali di keluarkan oleh Sony pada tahun 1979, Walkman seakan menjadi revolusi teknologi masa lalu sebagai pemutaran audio personal. Hingga saat inipun Sony masih menggunakan nama Walkman untuk produk audio yang dirilisnya pada masa sekarang.

Baca Juga : Toshiba FlashAir, Memory Card Canggih dengan Fitur WiFi

Nah itu dia 5 teknologi masa lalu yang sempat merajai pasar, namun sekarang telah menjadi kenangan dan sepertinya tidak akan bisa ditemui oleh anak-anak generasi jaman sekarang.

Meskipun teknologi tersebut terkesan usang dan memang selayaknya diganti dengan teknologi jaman sekarang, namun keberadaannya mampu menghibur mereka yang hidup pada jamannya. Dan kalau di ingat-ingat lagi mungkin banyak kenangan yang terjadi bersama teknologi tersebut.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *