Jenis Teknologi Olahraga Populer

Teknologi Olahraga Populer yang Baru dan Sudah Lama Digunakan

Teknologi Olahraga Populer – Teknologi berhubungan dengan apa saja termasuk olahraga. Banyak olahraga yang terbantu dengan adanya alat-alat teknologi sehingga pertandingan bisa berjalan lancar.

Teknologi tersebut ada yang berguna untuk mengetahui skor, pembalap yang duluan sampai finish, menguji kecepatan dan lain sebagainya.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai teknologi olahraga populer yang sampai saat ini masih digunakan dalam pertandingan apapun.

Terutama pertandingan besar supaya skor dan hasil akhir pertandingan semakin akurat.

Baca6 Teknologi Canggih di Asian Games 2018 

Teknologi Olahraga Populer yang Paling Membantu

Dari sekian banyaknya teknologi olahraga yang telah dibuat sampai saat ini, ada beberapa alat olahraga populer yang selalu digunakan dalam pertandingan apapun.

Langsung saja lihat teknologi teknologi yang dimaksud pada daftarnya di bawah ini.

1. Teknologi Foto Garis Finish

Teknologi Foto Garis Finish
Via finishlynx.com

Teknologi ini biasanya digunakan untuk lomba pacuan kuda, dan atletik. Oleh karena para pemain akan berlari dengan kecepatan penuh maka teknologi ini sangat membantu.

Loading...

Apabila hanya menggunakan mata untuk menilai bisa saja salah karena banyak sekali pelari maupun kuda yang sampai pada garis finish hampir bersamaan.

Jadi teknologi foto garis finish ini berguna untuk memutuskan pemenang dengan selisih jarak dan waktu yang tipis sekali.

Biasanya teknologi ini dapat merekam sampai dengan 3000 gambar per detik.

2. Kamera di Atas Lapangan

Kamera di Atas Lapangan
Via foldertekno.com

Sebelum teknologi drone menjamur, di olahraga hockey es sudah ada teknologi kamera yang berada di atas lapangan. Walaupun terkesan biasa tapi teknologi ini bisa membawa perubahan yang sangat besar pada olahraga hockey es.

Contohnya kamera dapat memberitahukan hasil yang akurat tentang apakah bola masuk ke dalam gawang atau tidak.

Hal ini sangat berguna karena apabila menggunakan mata saja, gol tersebut bisa tidak terlihat. Oleh karena seringnya pemain hockey yang ada di depan gawang berkerumun.

Rekaman dari kamera tersebut dapat diperbesar sehingga hasil golnya terlihat lebih spesifik.

3. Headset

Headset
Via thebiglead.com

Headset bukan hanya digunakan untuk mendengarkan musik tapi juga menjadi teknologi olahraga populer yang digunakan dalam pertandingan American football.

Biasanya headset ini akan digunakan oleh pelatih kemudian para pemain dan koordinator lapangan akan menggunakan helm yang dilengkapi speaker. Speaker tersebut akan langsung terhubung ke headset yang digunakan pelatih.

Jadi dengan ini pada pemain dapat mendengar arahan langsung dari para pelatih tanpa perlu mengganggu konsentrasi. Lalu bisa dilakukan ketika pertandingan berlangsung.

4. Penunjuk Waktu Multiwajah

Papan Waktu Multiwajah
Via foldertekno.com

Salah satu teknologi olahraga populer ini bisa Anda lihat di pertandingan bola basket.

Bukan seperti pertandingan lainnya yang menyimpan hasil skor dan waktu di pinggir lapangan, dengan teknologi ini papan petunjuk waktu akan diletakkan di atas area ring.

Teknologi ini bisa membantu para pemain yang sedang fokus memasukkan bola ke dalam ring.

Jadi mereka tidak perlu melihat ke pinggir untuk mengetahui berapa lama lagi waktu yang tersisa untuk mereka bermain. Terutama ketika pemain sedang ada dalam posisi tembakan tiga angka.

Papan petunjuk ini disebut sebagai multi wajah karena memiliki empat atau lima permukaan. Jadi selain bisa dilihat pemain bisa juga langsung dilihat oleh wasit, juri, dan penonton.

5. Pistol Radar

Pistol Radar
Via popular.reviews

Teknologi ini digunakan dalam pertandingan baseball. Alat ini cukup fenomenal karena memiliki kemampuan untuk merekam kecepatan pukulan dari pemain baseball.

Biasanya teknologi pistol radar ini akan digunakan untuk mengukur kecepatan dari ayunan pukulan. Semua kecepatan yang direkam akan lebih mudah dianalisa oleh pihak lawan dan tim pelempar.

Selain itu bisa juga digunakan untuk analisa pelempar atau pitcher dan seluruh timnya.

6. Skor Terkomputerisasi

Skor Terkomputerisasi
Via flickr.com

Ini adalah teknologi papan skor yang digunakan pada pertandingan bowling. Dengan adanya teknologi ini maka semua hitungan akan dilakukan secara otomatis. Jadi hasilnya lebih akurat dan cepat.

Jika tidak ada teknologi ini maka penghitungan skor bisa dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama. Bahkan akan membuat pertandingan jadi terhenti karena sulitnya menghitung skor.

Dengan teknologi ini akurasi perhitungannya adalah 100%. Jadi penentuan pemenang benar-benar adil dan sesuai dengan hasil sebenarnya.

7. Cyclops dan Hawk Eye Tracking System

Cyclops dan Hawk Eye Tracking System
Via popsci.com

Teknologi olahraga populer ini digunakan pada pertandingan tenis. Dua alat untuk memantau bola ini akan langsung terhubung ke komputer.

Bisa membuat penilaian  akan menjadi akurat, serta membantu menghilangkan argumen dalam hal mengambil keputusan jumlah poin.

Cyclops adalah salah satu sistem komputerisasi dengan lampu inframerah berjumlah 6 baris. Teknologi ini bisa melihat bola sampai dengan 1 cm di atas permukaan lapangan.

Lampu yang berada di luar lapangan akan padam apabila bola jatuh di dalam. Sementara jika jatuh di luar langsung terdengar suara out. Itu artinya pertandingan harus dihentikan.

Untuk teknologi hawk eye atau mata elang digunakan untuk memantau pergerakan bola. Diletakkan pada beberapa sudut lapangan. Teknologi ini berupa kamera yang memiliki cara kerja yang lumayan rumit.

Kamera dari teknologi ini akan memperlihatkan posisi ketika bola jatuh ke dalam bentuk tiga dimensi. Kemudian akan ditampilkan di layar.

8. Video Assistant Referees

Video Assistant Referes
Via bbc.co.uk

Ini adalah teknologi yang pertama kali digunakan pada pertandingan olahraga sepakbola di Piala Dunia Rusia 2018.

Meski saat ini baru digunakan pada pertandingan sepak bola tapi nanti akan diterapkan pada olahraga cricket, rugby, dan permainan lainnya.

Teknologi ini berguna untuk mengawasi jalannya pertandingan. Jalan pertandingan akan ditampilkan dalam sebuah video.

Teknologi yang disingkat VAR ini membutuhkan sebuah ruang kendali yang akan langsung terhubung ke kamera pengawas yang ada di stadion.

VAR bisa membantu wasit mengetahui jalannya pertandingan dengan lebih akurat karena dapat melihat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

9. Sensor Skor Olahraga Panahan

Sensor Skor Olahraga Panahan
Via labtekno.com

Teknologi olahraga populer satu ini khusus digunakan pada cabang olahraga panahan. Kegunaannya adalah untuk membuat skor panahan otomatis diketahui.

Tentu saja teknologi ini sangat membantu karena sebelumnya skor panahan hanya ditentukan menggunakan kertas sehingga kurang efisien.

Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor sebagai pendeteksi anak panah yang telah tertangkap pada bagian papan target.

Tingkat akurasi yang dimiliki oleh alat ini dapat terdeteksi sampai dengan jarak 0,2 mm antara papan target dan anak panah. Selanjutnya nilai akan langsung terlihat pada layar di pinggir arena pertandingan.

10. Instant Review Technology

Instant Review Technology
scdc.binus.ac.id

Alat ini digunakan pada olahraga bulutangkis yang bisa membuat wasit menentukan skor dengan baik. Alat ini mirip dengan teknologi untuk olahraga tenis yang ada di atas, yaitu melakukan review momen pertandingan.

Dengan menggunakannya maka wasit bisa mengetahui apakah bola masuk atau keluar dari lapangan. Jadi keputusan wasit akan sangat tepat dan adil.

Sepertinya ada sering melihat hasil kerja dari alat ini di berbagai pertandingan bulutangkis yang ada di televisi.

11. Goal Line Technology

Goal Line Technology
Via labtekno.com

Alat yang disebut dengan GLT ini bisa menentukan gol yang masuk ke dalam gawang. Oleh karena bisa melihat apakah bola telah melewati garis gawang atau belum.

Dengan menggunakan alat ini maka wasit dapat menentukan keabsahan gol yang masuk.

Cara penggunaannya adalah pada setiap sudut stadion terdapat kamera pengawas yang langsung mengarah ke gawang. Sensor akan dikirimkan kepada wasit apabila bola sudah melewati garis gawangnya.

Itulah dia berbagai teknologi olahraga populer yang sering digunakan pada berbagai pertandingan tingkat dunia.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *