Review ProdukTekno

Telah Di Rilis, Begini Spesifikasi & Fitur Xbox Series X yang Super Canggih

Xbox Series X: Usung Spesifikasi Gahar dan Fitur Lengkap!

Spesifikasi Lengkap dan Fitur Xbox Series X – Microsoft baru saja mengumumkan console generasi terbaru miliknya yang diberi nama Xbox Series X yang sebelumnya dikenal dengan Project Scarlett.

Xbox Series X adalah console generasi ke-empat suksesor dari Xbox One dan Xbox one X yang kabarnya akan mulai bisa dibeli tahun depan.

Belum lama, Microsoft telah merilis Xbox Series X dan memberikan kita penampakan desain serta spesifikasi dan fitur console tersebut.

Berikut informasi selengkapnya.

Design

Berbeda dengan desain yang Microsoft gunakan untuk console generasi sebelumnya. Xbox Series X kini menggunakan desain monolitis yang berdiri gagah layaknya sebuah mini-PC. Namun Microsoft sendiri mengatakan bahwa console tersebut juga bisa diposisikan secara horizontal.

Source: Microsoft

Dibagian depan terdapat disc-slot yang diposisikan secara vertikal dengan tombol eject diatasnya.

Source: Microsoft

Dibagian kanan terdapat satu USB-A Port dengan tombol di-atasnya yang fungsinya masih belum diketahui. Sedangkan logo Xbox terletak dibagian kiri atas yang juga berfungsi sebagai tombol power.

Fitur Xbox Series X
Source: Microsoft

Pada bagian atas terdapat grille yang berperan sebagai ventilasi dan diterangi dengan lampu warna hijau.

Fitur Xbox Series X

Kabarnya console tersebut menggunakan teknologi pendinginan yang mirip seperti Apple Mac Pro 2013 dimana udara diambil dari bawah dan dibuang lewat atas.

Source: Apple

Sedangkan bagian belakang dari console tersebut masih menjadi misteri. Mungkin Microsoft masih menyimpan kejutan yang akan dipamerkan pada acara E3 2020.

Hardware

Untuk hardware, Xbox Series X dipersenjatai dengan CPU dan GPU generasi terbaru dari AMD.

CPU nya adalah processor terbaru yang menggunakan arsitektur Zen 2 yang juga digunakan oleh Ryzen 3000 desktop CPU.

Sedangkan GPU nya menggunakan Chip berbasis arsitektur RDNA terbaru yang juga digunakan Radeon RX 5000 Series desktop GPU.

Console ini juga akan menggunakan Storage berbasis NVME Flash SSD yang tentunya jauh lebih cepat dari SATA SSD atau HDD. NVME SSD akan membantu mempercepat waktu loading dan proses peng-installan games.

Microsoft sendiri meng-klaim bahwa console terbaru mereka memiliki performa yang 4x lipat lebih tinggi dari Xbox One X.

Jika memang benar, itu berarti Xbox Series X dapat menjalankan games hingga resolusi 4K @60FPS dan 1080p @120FPS secara konsisten. Console tersebut juga kabarnya mampu menampilkan hingga resolusi 8K upscaled.

Microsoft sendiri telah memamerkan kemampuan Series X di trailer game terbaru Hellblade II yaitu sequel dari Hellblade: Senua’s Sacrifice.

Trailer tersebut menampilkan gameplay dari Hellblade II yang memamerkan keindahan grafis game tersebut.

Namun seperti yang sudah-sudah, trailer berbeda dengan in-game footage. Jadi kendalikan ekspektasi kamu karena belum tentu grafis dari Hellblade II akan sebagus trailernya.

Kabarnya Microsoft akan memamerkan in-game footage Hellblade II pada acara E3 2020 tahun depan.

Sekarang kita beralih ke controller yang akan digunakan Series X. Controller Series X memang terlihat mirip dengan yang diperuntukan untuk Xbox One X.

Fitur Xbox Series X
Source: Microsoft

Namun Microsoft telah mendesain ulang controller tersebut agar lebih nyaman digunakan untuk semua ukuran tangan.

Mereka juga menambahkan tombol Share yang bisa digunakan untuk mengambil dan membagi screenshot/video dengan leluasa. Controller tersebut juga mengadopsi tombol D-pad yang terdapat pada Xbox Elite Series 2 Wireless controller serta kompatibel dengan Windows 10 serta Xbox One X.

Fitur Xbox Series X

Xbox Series X memang memiliki spesifikasi gahar dan pastinya akan menghasilkan performa yang tinggi.

Namun console tersebut juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang bertujuan untuk memberikan pengalaman gameplay yang jauh lebih baik.

Microsoft meng-klaim bahwa Xbox Series X adalah console yang paling responsive yang pernah dibuat.

Hal tersebut karena Series X menggunakan teknologi Auto Low Latency Mode (ALLM) yang terdapat di HDMI 2.1. Jadi saat dikoneksikan, Console tersebut akan secara otomatis menggunakan mode Game Mode.

Microsoft juga menambahkan fitur Dynamic Latency Input untuk para developers yang berfungsi untuk menurunkan latency di game yang mereka rancang.

Xbox Series X dilengkapi fitur Variable Refresh Rate (VRR) yang juga terdapat di Xbox One X. Fitur ini memiliki tujuan yang sama seperti Nvidia G-Sync atau AMD Free-Sync yaitu mencegah Screen Tearing dan Stutter.

Fitur Xbox Series X
Source: Chiawei

Secara singkat, Screen tearing dan Stutter terjadi karena frames yang dikirim oleh GPU tidak tersinkronasi secara sempurna dengan refresh rate monitor yang kita gunakan.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai Screen Tearing, Silahkan baca artikel dibawah ini:
Gamer Wajib Tahu!! Apa Itu V-Sync? (Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan)

Fitur kedua adalah Variable Rate Shading (VRS) yang secara singkat bekerja dengan cara meminimalisir sumber daya GPU untuk area yang tidak diperlukan dan mem-fokuskan sumber daya tersebut ke area yang lebih penting. Hasilnya GPU akan bekerja dengan lebih efisien dan memberikan performa yang lebih baik tanpa penurunan kualitas grafis yang terlalu mencolok.

Tidak hanya itu, Microsoft juga menjanjikan backwards compatibility untuk Xbox Series X, Console tersebut akan dapat menjalankan games Xbox lama seperti Xbox, Xbox 360 dan Xbox One.

Itu artinya kamu tidak perlu membeli console baru atau harus membeli console generasi lama untuk memainkan games tertentu.

Series X juga kabarnya akan mendukung Cloud Gaming yang mulai ramai sekarang ini.

Seperti Xbox One, Microsoft akan memberikan info lebih mendalam mengenai Xbox Series X di acara E3 2020 yaitu pada bulan Juni tahun depan.

Karena Microsoft sudah memamerkan console terbaru miliknya, Sekarang semua perhatian terpusat pada Sony dengan console terbarunya yaitu Playstation 5.

Sumber


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close