BloggingTutorial Blog

Inilah 4 Tempat untuk Mempublikasikan Aplikasi Buatan Sendiri

Tempat untuk mempublikasikan aplikasi – Setelah kemarin saya membuat postingan mengenai cara membuat aplikasi Android menggunakan smartphone tanpa coding, kali ini saya ingin membantu kamu untuk mempublikasikan aplikasi buatan kamu itu di tempat yang berpotensi akan di unduh banyak orang.

Namun bila kamu belum punya aplikasinya, maka sebaiknya kamu buat dulu. Dan bila kamu tidak paham coding namun tetap ingin membuat aplikasi, maka cobalah untuk membuatnya dengan cara yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya.

Ketika kita sudah selesai membuat aplikasi, entah itu dengan cara manual maupun otomatis, pasti di benak kita ingin mempublikasikannya, bukan? Nah lantas dimanakah kita bisa mempublikasikan aplikasi tersebut?

Sebenarnya, untuk mempublikasikan sebuah aplikasi, itu tergantung target kita. Seperti misalnya kita membuat aplikasi untuk pribadi saja, maka kita tidak perlu mempublikasikan aplikasi tersebut kemanapun.

Dan kalaupun ingin orang lain memainkannya, maka cukup bilang saja secara langsung.

Namun beda lagi bila target kita adalah khalayak luas. Maka kita harus melakukan sebuah tindakan yang berani, untuk mempublikasikan aplikasi kita. Dan internet lah jawabannya, bila aplikasi kamu ingin di gunakan orang banyak.

Yang jadi permasalahannya, kadang kita tidak tahu ataupun ragu, dimanakah tempatnya untuk mempublikasikan sebuah aplikasi, dan tentunya agar banyak yang mengunggah?

Karena percuma saja kan, mengunggah aplikasi tapi tidak ada yang download? Pasti itu akan hanya membuat sakit hati saja.

Loading...

Tempat untuk mempublikasikan aplikasi buatan sendiri

Nah, untuk menjawab pertanyaan kamu, disini saya sediakan beberapa pilihan untuk kamu.

Dan tentunya di beberapa tempat yang saya sebutkan di bawah nanti, di harapkan dapat membantu kamu dalam memperkenalkan Aplikasi buatan kamu sendiri dan mendapatkan untung banyak darinya.

Namun yang pasti, itu semua juga tidak lepas dari peran kamu dalam memasarkan aplikasi kamu.

Karena pada kenyataannya, sebagus apapun aplikasi itu dibuat, dan di unggah di tempat yang banyak penggunanya, maka percuma saja kalau tidak pandai memasarkannya. Maka hasilnya, Aplikasi hanya akan di unduh oleh beberapa orang saja.

Dan berikut 4 tempat untuk mempublikasikan aplikasi.

1. Google Play Console

Mempublikasikan Aplikasi

Google Play Console dalah salah satu tempat yang paling tepat untuk mempublikasikan aplikasi.

Karena selain banyak penggunanya, juga melalui Google PlayStore, para developer berkesempatan meraup untung jutaan rupiah, hanya dari satu aplikasi saja. Tapi, itu semua juga tergantung bagaimana memasarkan aplikasi itu sendiri.

Google PlayStore memang pilihan utama bagi setiap pembuat aplikasi atau yang biasa di sebut developer. Namun disini kamu harus membayar, bila ingin mempublikasikan aplikasi kamu di PlayStore, sebesar $ 25.

Tapi kalau kamu memang serius, maka tidak ada salahnya untuk mengunggahnya di PlayStore.

Karena kebanyakan developer yang mengunggah aplikasi nya di PlayStore, mereka mampu mendapatkan 25 dollar itu kembali dalam waktu yang cepat. Dan yang menariknya, mereka malah dapat untung banyak.

Kalau kamu berminat untuk mengunggah Aplikasi kamu di PlayStore, kamu bisa mengunjunginya melalui situs resmi mereka. Cukup ketikkan kata kunci Google play developer, maka kamu akan di bimbing ke sana.

2. Uptodown

Mempublikasikan Aplikasi

Uptodown diluncurkan pada tanggal 20 Desember 2002. Situs ini merupakan situs terbesar di bawah PlayStore sebagai tempat pengunduh aplikasi.

Sudah banyak aplikasi yang tersedia di sana yang bisa kamu download secara gratis.

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah Aplikasi buatan kamu di sana, agar di download oleh orang lain.

Tidak seperti di PlayStore, kalau kamu mengunggah aplikasi kamu di sana, maka kamu tidak perlu membayar sepeserpun. Itu artinya gratis!

Tapi, kekurangannya dibandingkan PlayStore adalah, peninjauan aplikasinya yang lama, sehingga membuat aplikasi kamu tidak cepat tersedia di uptodown.

Kalau kamu berniat mempublikasikan Aplikasi kamu di sana, segera kunjungi websitenya.

3. Aptoide

Mempublikasikan Aplikasi

Selanjutnya ada Aptoide. Kamu juga bisa mengunggah aplikasi kamu di sana. Karena di Aptoide juga telah banyak aplikasi yang tersedia, dan tentunya gratis.

Aptoide sendiri dikenal sebagai black market, karena semua aplikasi di sana tersedia gratis, walaupun di PlayStore berbayar. Oleh sebabnya, aplikasi yang tersedia pun rentan dengan virus.

Kalau kamu ingin mengunggah aplikasi kamu di sana, kamu tidak akan di pungut biaya juga.

4. Amazon AppStore

Mempublikasikan Aplikasi

Selain 3 tempat di atas, kamu juga bisa mempublikasikan aplikasi di Amazon AppStore secara gratis. Dan yang pasti, aplikasi buatan kamu akan berpotensi di download oleh banyak orang.

Nah itulah 4 tempat mempublish aplikasi kamu, biar banyak orang yang tahu.

Namun menurut saya pribadi, dari keempat tempat di atas, PlayStore lah yang paling di unggulkan.

Karena selain aman, aplikasi kamu berpotensi lebih banyak yang download di bandingkan tempat lainnya, walaupun kamu harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk menjadi member mereka.

Yang jelas, itu semua tergantung kamu maunya dimana? Pesan saya, dibanding kamu memikirkan keuntungan yang didapat, sebaiknya koreksi terlebih dahulu aplikasi yang akan kamu publikasikan! Apakah sudah layak untuk digunakan orang lain?

Karena kalau tidak layak, aplikasi kamu hanya akan mendapat review yang jelek, walaupun banyak yang download. Dan itu sangat berpengaruh terhadap reputasi kamu.

Dan parahnya, orang yang berniat mendownload aplikasi kamu malah tidak jadi, lantaran membaca review-nya yang buruk.

Lain halnya bila aplikasi kamu benar-benar layak untuk digunakan orang lain. Walaupun awalnya cuma sedikit yang mendownloadnya, kalau review-nya bagus-bagus, maka itu akan mengundang orang banyak untuk ikut mendownloadnya.

Maka dari itu, pikirkanlah terlebih dahulu, “apakah aplikasi saya sudah layak untuk di publikasikan?”



Loading...

Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

One Comment

  1. Jempol memang mas gani,saluttt artikelnya selalu uptodate. kapan yah Myblog bimahartono bisa seperti ini??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *