tempat minum ayam otomatis

Tempat Minum Ayam Manual dan Otomatis, Harga Termurah dan Berkualitas

Dalam berternak ayam dalam skala kecil ataupun besar, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Terutama adalah suplai makan dan air minum untuk ayam yang cukup dan teratur. Tempat minum ayam juga sangat berpengaruh penting untuk kelangsungan hidup ayam itu sendiri.

Semakin besar populasi dan jumlah ayam, maka akan semakin banyak pula suplai air yang dibutuhkan untuk semua kandang. Dan otomatis, semakin banyak tenaga yang kita butuhkan.

Dengan menggunakan tempat minum ayam yang sesuai, maka segala pekerjaan atau rutinitas menyuplai air minum ayam menjadi lebih efisien dan praktis.

Beberapa keuntungan menggunakan tempat minum ayam yang tepat adalah menghemat tenaga dan menghemat air karena tidak banyak yang tumpah dalam kandang.

Selain itu juga menjaga kondisi ayam dalam keadaan sehat, khususnya untuk ayam pedaging (broiler) atau pun ayam petelur yang masih kecil (dalam usia hari) karena ayam dan kandang tidak basah.

Intinya, tempat minum ayam dan tempat pakan ayam yang sesuai adalah hal yang wajib diperhatikan untuk keberhasilan peternakan ayam.

Baca jugaTempat Pakan Ayam Terlengkap dan Termurah dengan Kualitas Terbaik

Jenis atau Model Tempat Minum Ayam

tempat minum ayam galon dan otomatis
Sumber gambar : peralatankandang.com

Anda sebagai peternak pemula mungkin akan merasa bingung dengan banyaknya tempat minum ayam yang tersedia di pasaran.

Di toko peralatan kandang ayam, ada beberapa tempat minum ayam dengan bentuk bell drinker, PVC atau talang air, galon dan nipple.

Dari bermacam jenis tersebut ada yang menggunakan sitem manual, semi otomatis dan otomatis.

Tempat minum untuk ayam yang baik dan sesuai dengan standar adalah :

  • Tidak terbuat dari bahan berbahaya dan beracun.
  • Mempunyai warna yang menarik untuk ayam.
  • Mudah dibersihkan.
  • Tahan panas dan tidak mudah pecah.

Anda bisa membeli tempat minum ayam sesuai dengan kebutuhan jumlah ayam dan ketersediaan dana Anda.

Tempat Minum Ayam Manual

Tempat minum ayam
Sumber gambar : peralatankandang.com

Pada umumnya tempat minum manual ini ada dua jenis, yaitu :

  • Galon.
  • PVC.

Tempat minum untuk ayam yang berbentuk galon ini ada beberapa ukuran kapasitas air, diantaranya 600ml, 1liter, 1 galon dan 2 galon.

Kelebihan tempat minum bentuk galon ini adalah instalasi atau pemasangan yang relatif mudah, selain itu juga langsung bisa dibersihkan apabila terlihat kotor.

Harganya juga tergolong murah, tergantung kualitas dan bahan yang digunakan.

Namun, tempat minum ini juga ada kekurangannya. Sebab ayam akan selalu mengotori tempat minum ini, misalnya kotoran ayam atau makanan yang tercampur, sehingga harus membersihkan setiap hari.

Tempat Minum Ayam Otomatis

tempat minum ayam otomatis
Sumber gambar : peralatankandang.com

Tempat minum ini biasanya berbentuk bell drinker atau lonceng dengan piringan kerucut di bawahnya untuk menampung air yang dilengkapi sistem pengeluaran air secara otomatis.

Dengan menggunakan tempat minum ayam ini, maka air akan terisi secara otomatis dan kesegaran air juga tetap terjaga.

Daya tampung tempat minum ini juga lebih besar dibanding tempat minum galon biasa. Dan cocok untuk peternakan ayam broiler, pulletan, dan breeder.

Tempat minum ini memang dirancang khusus agar air minum dalam kandang tidak habis (air selalu tersedia). Tempat minum ayam otomatis ini mampu menampung 50 – 80 ekor ayam

Kelebihan lainnya adalah menjaga air tetap bersih dan mudah untuk memberikan obat atau vitamin untuk ayam secara merata.

Berikut ini adalah gambar katalog tempat minum ayam otomatis

tempat minum ayam otomatis
Katalog tmao hypex

Dengan alat ini, maka tugas untuk memberi minum ayam akan lebih efisien, terutama untuk peternakan ayam dalam skala menengah atau besar.

Tempat minum ayam otomatis ini akan meringankan tugas peternak dalam memberi minum ayam dan menjamin ketersediaan air untuk seluruh kandang.

Anda bisa membeli tempat minum ayam otomatis dengan kualitas terbaik dan harga paling murah. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan katalog lengkap tentang cara merakit tempat minum otomatis ini.

Apabila Anda membutuhkan perlengkapan pendukung kandang ayam dengan kualitas terbaik dan harga termurah, bisa langsung menuju alamat dibawah ini.

tempat minum ayam otomatis

Pusat grosir peralatan kandang ayam termurah dan terlengkap

  • Wisma Lidah Kulon C-105 Lakarsantri Surabaya
  • Admin : 081234508935 | 085607358815
  • Wisma Lidah Kulon B – 43 Lakarsantri-Surabaya
  • Admin : 085885156387 | 082239821250
  • Telepon : 031 994 240 23

Atau

  • Dsn. Blabak RT.03 /RW. 04 Ds. Blabak, Kec Kandat, Kab Kediri, Jawa timur
  • Telepon : 0354 7415117

Lihat Video Tempat Minum Ayam Manual dan Otomatis

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *