Internet

Malaysia Travel Guide: 10 Tempat Terbaik di Malaysia untuk Dikunjungi

Tempat Terbaik di Malaysia Mana saja? – Menurut turis bule, Malaysia adalah salah satu negara terbaik untuk dikunjungi di Asia Tenggara, selain Indonesia.

Alasannya: Malaysia memiliki pantai tropis, perpaduan kebudayaan dan agama, kuliner lezat, dan bahasa Inggris umum digunakan warga lokal sehingga mudah berkomunikasi dengan turis bule.

Alasan lainnya adalah biaya wisata di Malaysia dianggap murah oleh turis bule. Meski sebenarnya wisata di Indonesia relatif lebih murah, tapi jika dibandingkan dengan Singapura, tetap lebih murah Malaysia.

Jadi, Malaysia adalah pilihan bagus untuk pelancong berbudget minim.

Baca juga7 Negara Favorit Turis Bule di Asia Tenggara Karena Nilai Budaya

10 Tempat Terbaik di Malaysia untuk dikunjungi

Berikut ini adalah rekomendasi tempat terbaik di Malaysia bagi Anda yang hoby menjelajah negara Asia tenggara.

1. Menara Petronas

Tempat Terbaik di Malaysia

Sebagai ikon Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas menjadi tujuan wisata utama bagi para pelancong dari berbagai negara. Kalau tidak datang ke Petronas mungkin berasa seperti tidak pernah datang ke Malaysia.

Loading...

Menara Petronas setinggi 451,9 meter ini sebenarnya adalah gedung perkantoran, tapi sebagian area dibuka untuk turis.

Seperti Skybridge yang menghubungkan dua menara, dan observatorium di lantai 86 untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian.

Waktu kunjungan: Jam 09:00–21:00, hari Selasa sampai Minggu. Hari Senin libur. Hari Jumat tutup istirahat jam 13:00–14:30.

Tips: datanglah pagi-pagi kalau tak mau antri lama tuk beli tiket masuk Skybridge. Tapi beli tiket online sehari sebelumnya lebih baik karena jumlah tiket Skybridge dijual terbatas setiap harinya.

Harga tiket US$22 untuk dewasa, US$9 untuk anak di bawah 12 tahun, dan gratis untuk batita.

2. Melaka

Kota Melaka dulu adalah kampung nelayan kecil, kemudian berubah menjadi kota paling bersejarah setelah terjadi percampuran berbagai budaya di masa penjajahan.

Bukti yang masih bisa dilihat sekarang adalah benteng kuno, istana-istana, dan gereja tua.

Melaka adalah salah satu tempat terbaik di Malaysia yang dipenuhi daya tarik dunia lama, sejarah, multi budaya, dan berbagai agama yang hidup berdampingan dengan damai.

Waktu kunjungan terbaik: bulan April, Mei, dan Oktober cuaca cerah tapi tidak terlalu panas. Cocok untuk jalan-jalan mengagumi ragam arsitektur di Melaka.

Tips: ada tour Melaka Heritage Trail yang dimulai dari jam 09.30 pagi. Pengunjung bisa datang gratis.

3. Kota Kinabalu

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Travel Massive

Kota Kinabalu atau juga sering juga disebut ‘KK’ merupakan tempat terbaik di Malaysia. Tempat ini memiliki Tunku Abdul Rahman Marine Park, serta fasilitas diving, snorkelling, kayaking.

Aktivitas paling populer dan favorit di Kota Kinabalu adalah mendaki Gunung Kinabalu.

Tapi daya tarik Kota Kinabalu yang terletak di Sabah ini bukan hanya itu. Mereka memiliki kuliner khas yang mirip tapi rasanya tak sama dengan kuliner Indonesia.

Menjelajahi pasar lokal, dan mendalami gaya hidup lokal di Kota Kinabalu juga sangat menarik.

Waktu kunjungan terbaik: Antara Agustus sampai September cuacanya paling bagus untuk traveling di Kota Kinabalu, walaupun Kota Kinabalu bisa dikunjungi sepanjang tahun.

Tips: ada Gaya Street Sunday Market, yaitu Pasar Minggu di Jalan Gaya yang hanya buka di hari Minggu.

4. Pusat Jajanan di Georgetown

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Getting Stamped

Georgetown terletak di timur laut Pulau Pinang. Georgetown dikenal sebagai surga kuliner di Malaysia, karena menyajikan kuliner unik perpaduan antara kuliner khas Malaysia, Chinese, dan India.

Pengunjung bisa wisata kuliner di Georgetown dengan memulainya dari jajanan di pinggir jalan Chulia Street. Kemudian berjalan ke pusat jajanan Red Garden Food Paradise.

Waktu kunjungan terbaik: Mayoritas penjual biasa mulai buka lapak sekitar jam dua siang, dan tutup sekitar jam 10 malam. Sore adalah waktu paling sibuk dan paling ramai, tapi paling banyak pilihan makanan.

Tips: Tidak jauh dari Chulia Street ada Little India. Di sana pengunjung bisa membeli kuliner khas India.

5. Cameron Highlands

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Sunkissed Suitcase

Salah satu tempat terbaik di Malaysia ini terletak di arah utara Kuala Lumpur yang berjarak tiga setengah jam perjalanan.

Perbukitan Cameron Highlands yang dipenuhi oleh tanaman teh cocok pagi pelancong yang ingin menyepi di tempat sejuk, dan tenang.

Kebun teh di Cameron Highlands mulai dibuka sekitar tahun 1900 oleh penjelajah dari Inggris. Pengaruh Inggris sangat kental di sini, maka tak heran jika scones dan beef wellington menjadi menu umum di Cameron Highlands.

Waktu kunjungan terbaik: datanglah di hari biasa, karena akhir pekan dan hari libur sering macet.

Tips: sering terjadi hujan, dan suhu udara lebih sejuk dibanding tempat lain di Malaysia. Suhu bisa jadi sangat dingin saat malam. Jadi sebaiknya bawa jaket, sweater, dan payung.

6. Chinatown di Kuala Lumpur

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : thankfifi.com

Jalan Petaling adalah pusat budaya Chinese-Malay di Malaysia. Biasanya di pagi hari, jalanan ramai oleh pedagang souvenir, t-shirt, gelang, topi, hingga tas. Tawar-menawar harga adalah hal biasa di sini.

Banyak pula yang menjual makanan tradisional, buah eksotis segar, dan minuman dingin. Harganya murah dan rasanya khas Chinese-Malay banget.

Waktu kunjungan terbaik: jangan datang terlalu pagi, karena kebanyakan lapak buka agak siang. Restoran biasanya tutup jam 21.30, jadi jangan terlalu malam kalau mau makan malam.

Tips: ada banyak penginapan murah di sekitar Chinatown. Backpacker berbudget minim suka tempat ini, apalagi karena makanannya murah.

7. Sepilok Orangutan Rehabilitation Centre

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Clean Malaysia

Sepilok Orangutan Rehabilitation Centre mulai dibuka tahun 1964. Tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan orangutan dan mengajari orangutan cara bertahan hidup dengan caranya sendiri.

Pusat Rehabilitasi Orangutan di Sepilok ini dibuka untuk turis, sehingga turis bisa melihat langsung orangutan dari dekat, dan bebas berfoto ria di sini.

Waktu kunjungan terbaik: dua waktu pemberian makan, yaitu: jam 10 pagi dan jam 3 sore.

Harga tiket: US$7,50.

8. Taman Nasional Gunung Mulu

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Malaysiaairlines.com

Taman Nasional Gunung Mulu di Sarawak adalah salah satu tempat terbaik di Malaysia.

Taman nasional ini kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk pula flora dan fauna yang menarik. Sehingga jadi destinasi populer di kalangan pecinta petualangan.

Di area Taman Nasional Gunung Mulu terdapat Sarawak Chamber yang merupakan gua ‘kamar’ terbesar di dunia. Kemudian ada Mulu Canopy Skywalk, bebatuan kapur “The Pinnacles”, sungai-sungai, Gunung Mulu dan Gunung Api.

Waktu kunjungan terbaik: antara bulan Mei sampai September.

Tips: Tak ada jalan aspal menuju Taman Nasional Gunung Mulu. Alternatifnya, pengunjung bisa melalui jalur Headhunter Trail, atau booking penerbangan jarak pendek dari Miri, Kutching, atau Kota Kinabalu.

9. Teluk Duyung

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : Twitter

Teluk Duyung atau Pantai Monyet berada di wilayah Penang National Park yang dikenal pula dengan nama Taman Negara.

Ada dua pilihan cara untuk menuju Teluk Duyung, yaitu: naik perahu speed boat, atau melewati jalur hutan sepanjang 7 kilometer.

Sering disebut Pantai Monyet karena ada banyak monyet Macaque di pantai. Ini menjadi salah satu daya tarik Teluk Duyung, selain keindahan pantainya yang dikelilingi oleh pohon palem, dan hutan belantara.

Waktu kunjungan terbaik: bulan Nopember sampai April cuacanya pas  untuk jalan-jalan di pantai.

Tips: monyet Macaque suka merebut barang bawaan pengunjung. Jadi jaga baik-baik barang bawaan anda jika berada di dekat monyet Macaque.

10. Batu Caves

Tempat Terbaik di Malaysia
Image : thepoortraveler.net

Batu Caves juga salah satu tempat terbaik di Malaysia yang berada di atas bukit kapur di distrik Gombak, berjarak 15 kilometer dari pusat kota Kuala Lumpur.

Batu Caves adalah salah satu gua alami paling menakjubkan di dunia, dan menjadi destinasi wisata terkenal di Malaysia.

Di area Batu Caves terdapat tiga gua utama yang merupakan kompleks kuil Hindu. Satu gua adalah kuil Hindu, sedangkan dua gua lainnya adalah museum dan galeri yang menyimpan patung-patung dan lukisan.

Waktu kunjungan terbaik: buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam. Datanglah pagi hari karena cuaca pagi lebih adem.

Tips: naik KTM Komuter dari KL Sentral yang langsung menuju Batu Caves.

*Catatan: harga yang tercantum per 2018. Tahun baru mungkin ada perubahan harga.



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *