Internet

10 Tempat untuk Melihat Aurora Borealis dan Aurora Australis

Ternyata, aurora ada dua macam: Pertama, aurora borealis atau cahaya utara (northern lights). Kedua, aurora australis atau cahaya selatan (southern lights). Hanya ada beberapa tempat untuk melihat aurora borealis dan aurora australis, yaitu di wilayah paling utara bumi dan wilayah paling selatan bumi.

Aurora borealis biasanya terlihat saat langit terlihat lebih gelap dan cerah tanpa awan, antara bulan September dan Oktober, serta bulan Maret dan April. Sedangkan aurora australis biasa terlihat sekitar bulan Maret.

10 Tempat untuk Melihat Aurora Borealis dan Aurora Australis

Kalau ingin melihat keindahan aurora secara langsung setidaknya sekali seumur hidup, anda perlu tahu daftar tempat untuk melihat aurora dan waktu terbaik untuk menyaksikannya:

  1. Alaska, Amerika Serikat

tempat untuk melihat aurora

Negara bagian Alaska di ujung utara Amerika Serikat merupakan tempat untuk melihat aurora terbaik. Ada tiga spot favorit untuk menyaksikan aurora borealis di Alaska, yaitu: Fairbanks, Anchorage, dan Denali. Tapi spot terbaik adalah Fairbanks.

Di kota Fairbanks terdapat University of Alaska yang biasa mengeluarkan laporan jadwal kemunculan aurora beserta kondisinya. Di Fairbanks juga terdapat sumber air panas (hot spring), yang jadi tempat terbaik untuk menghangatkan diri saat menyaksikan aurora borealis.

Waktu terbaik untuk menyaksikan aurora borealis di Alaska adalah antara bulan Desember hingga Maret. Semakin gelap semakin banyak kilauan aurora yang bisa dilihat, terutama antara jam 10 malam sampai jam 3 pagi.

  1. Kanada

tempat untuk melihat aurora

Loading...

Ujung paling utara dari negara Kanada menyambung ke Kutub Utara, sehingga menguntungkan penduduk Kanada karena bisa menyaksikan aurora borealis dengan mudah. Spot dan tempat untuk melihat aurora borealis di Kanada adalah Alberta, British Columbia, dan Yellowknife.

Di Yellowknife terdapat Aurora Village yang merupakan area perkemahan teepee (perkemahan khas suku Indian). Di perkemahan ini, pengunjung bisa mendapatkan tempat duduk terbaik untuk menonton aurora di malam hari. Aurora Village bisa dijangkau dengan 25 menit berkendara dari pusat kota Yellowknife.

  1. Greenland

tempat untuk melihat aurora

Greenland terletak di antara Samudra Atlantik bagian utara dan Samudra Arktik. Ini merupakan tempat di mana aurora borealis paling sering muncul. Aurora borealis bisa terlihat jelas di Greenland dari bulan September hingga akhir Maret.

Cuaca di Greenland memang dingin sepanjang tahun karena berlokasi di ujung utara bumi. Tapi di bulan April hingga Agustus, aurora tidak terlihat sama sekali dari Greenland.

Hal ini, karena adanya fenomena  “midnight sun”, di mana matahari terus bersinar cerah walaupun sudah tengah malam. Orang yang baru datang ke Greenland di musim panas mungkin akan bingung membedakan malam dan siang hari.

  1. Islandia

tempat untuk melihat aurora

Waktu terbaik untuk melihat aurora borealis di negara Islandia adalah dari bulan Nopember sampai Februari. Anda bisa melihat aurora borealis dari hampir semua tempat di Islandia.

Tapi tempat untuk melihat aurora paling favorit adalah: Landmannalaugar, Reykjavik, Vik I Myrdal, Taman Nasional Vatnajokul, Taman Nasional Thingvellir, dan Jokulsarlon.

Moyan Brenn, seorang fotografer yang pernah membuat proyek foto aurora borealis di Islandia, mengatakan bahwa spot terbaik atau tempat untuk melihat aurora adalah Jokulsarlon Glacier Lagoon, sekitar 250 kilometer dari Reykjavik.

Tempat ini dipenuhi oleh bongkahan es yang memantulkan cahaya aurora, sehingga terlihat lebih mengagumkan.

Moyan Brenn juga menyarankan untuk memeriksa laporan cuaca terlebih dulu. Karena hujan air dan huan salju yang sering turun di Islandia bisa merusak pengalaman menonton aurora borealis.

  1. Skotlandia

tempat untuk melihat aurora

Spot terbaik untuk melihat aurora borealis di negara Skolandia adalah Taman Nasional Cairngorms. Taman ini juga menawarkan kegiatan lain, seperti snowsports, hiking, golf, dan bungee jumping.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Taman Nasional Cairngorms membawa mobil karavan sendiri, karena bermalam dalam tenda saat musim dingin di Skotlandia bukan ide bagus.

Tapi anda bisa memesan akomodasi lengkap dari Taman Nasional Cairngorms kalau tidak mau berkemah atau tidak bisa membawa mobil karavan sendiri.

  1. Finlandia

tempat untuk melihat aurora

Finlandia merupakan salah satu negara dan tempat terbaik untuk melihat aurora borealis. Setiap tahunnya, Finlandia didatangi oleh ribuan turis yang sengaja datang untuk melihat kilauan cahaya aurora borealis. Dari akhir Agustus sampai April, aurora borealis bisa terlihat di Finlandia.

Dan tempat terbaik untuk melihat aurora di negara Finlandia adalah: Kakslauttanen, Ivalo, Nellim, Nuorgam, Luosto, dan Utsjoki.

Kakslauttanen Artic resort bahkan menyediakan igloo terbuat dari kaca, sehingga pengunjung bisa menyaksikan aurora borealis dari dalam igloo. Spot terbaik lainnya adalah Jembatan Paatsjoki di Nellim, dekat perbatasan Finlandia-Rusia.

  1. Norwegia

tempat untuk melihat aurora

Waktu terbaik untuk bisa melihat aurora borealis di negara Norwegia adalah antara akhir September hingga Maret.

Dan tempat untuk melihat aurora terbaik adalah Tromsø, Svalbard, Lofoten, Finnmark, dan Alta. Walaupun sebenarnya aurora borealis bisa terlihat di semua wilayah negara Norwegia.

  1. Swedia

tempat untuk melihat aurora

Aurora borealis bisa terlihat di negara Swedia dari akhir bulan September hingga April. Dengan yang paling intense terlihat antara jam 10 malam sampai jam 1:30 pagi, jika langit sedang cerah.

Tempat untuk melihat aurora borealis paling bagus di Swedia adalah: Abisko, Lembah Torne, Porjus, Laponia, Jokkmokk, dan Lulea.

Khusus di Abisko, pengunjung bisa menikmati pemandangan pegunungan di bawah langit Skandinavia utara yang terkenal paling cerah.

Pengunjung juga bisa tinggal di Ice Hotel, atau bermalam di Aurora Sky Station yang menawarkan akomodasi menarik, lebih dari sekadar menyaksikan aurora borealis.

  1. Denmark

tempat untuk melihat aurora

Aurora borealis sebenarnya jarang terlihat di negara Denmark. Tapi awal September 2017 lalu terjadi ledakan besar pada permukaan matahari, yang merupakan ledakan terbesar sejak sepuluh tahun terakhir. Fenomena ini membuat aurora bisa dilihat di lebih banyak tempat dari biasanya, termasuk Denmark.

Fenomena ledakan permukaan matahari seperti itu jarang terjadi, Tidak tahu apakah musim dingin 2018 di Denmark bisa terlihat aurora borealis lagi atau tidak.

  1. Antartika, Kutub Selatan

Aurora Australis Taken by Liu Yang on September 8, 2015 @ Chinese Antarctic Zhongshan Station, Antarctica. Via SpaceWeatherGallery.com
Aurora Australis, diambil oleh Liu Yang pada 8 September 2015 @ Chinese Antarctic Zhongshan Station, Antarctica. Foto via SpaceWeatherGallery.com

Tempat terbaik untuk melihat aurora australis adalah Antartika di Kutub Selatan. Anda tidak membutuhkan passport atau visa untuk ke sini, karena Antartika tidak masuk ke wilayah negara manapun.

Tapi Antartika sangat sulit diakses. Kecuali jika anda cukup kaya untuk menyewa kapal sendiri. Atau jika anda bergabung dengan rombongan ilmuwan yang akan melakukan ekspedisi penelitian, biasanya mereka mendapat dukungan dana besar  dari institusi tertentu.

Tempat lain untuk melihat aurora australis adalah Australia dan Selandia Baru. Aurora australis dikabarkan pernah terlihat tahun 2000 di Tasmania, Australia. Tapi selebihnya, aurora australis hanya terlihat tiap 11 tahun aktivitas titik matahari.

Alasan lain aurora australis jarang terlihat adalah karena warnanya lebih terang, dan muncul di daerah yang jarang penduduknya.

Karena tempat untuk melihat aurora australis sulit diakses, maka traveler lebih memilih pergi ke arah utara bumi untuk melihat aurora borealis.

Baca juga : 5 Tempat Bermain Sky di Jepang Paling Populer yang Banyak dikunjungi Traveler Indonesia

Bagaimana dengan anda? Kalau anda dapat kesempatan untuk melihat aurora, anda akan pergi ke tempat nyaman di arah utara, atau mau menantang diri sendiri dengan pergi ke arah selatan?



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *