Internet

10 Tempat Wisata Air Terindah Di Indonesia yang Membuat Ngiler Para Traveler

Hallo sobat klik mania, Berbicara mengenai Indonesia yang merupakan surga untuk parawisatawan, baik wisata tentang alam, pegunungan dan wisata kuliner. Kali ini saya akan menulis mengenai tempat wisata air terindah yang berada di Indonesia pasti akan sangat menyenangkan, bagi kalian para traveller baik dalam negri maupun mancanegara.

Indonesia memiliki berbagai tempat wisata terindah dan terbaik karena keindahan yang bisa kita lihat dari sisi seperti panorama yang eksotis. Selain itu juga terdapat wisata alam yang menantang, hingga keindahan struktur bangunan yang bernilai sejarah tinggi serta berbagai macam budaya yang sangat ramah untuk kita kenali dan pelajari.

Maka dari itulah para wisatawan atau traveller asing maupun domestik suka dengan keindahan alam Indonesia yang memiliki banyak pesona yang membuatnya menarik untuk di kunjungi.

Berikut tempat wisata air yang menjadi incaran turis asing karena pemandangan alam yang indah dan biayanya yang lebih murah

1. Raja Ampat

raja ampat

Tempat Wisata Air Pertama adalah Raja Ampat atau ‘Empat Raja’merupakan sebuah nama yang diberikan untuk pulau-pulau ini. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu antara lain Waigeo, Batanta, Salawati, Misool yang merupakan pulau penghasil lukisan batu kuno.

Raja Ampat di Papua yang terkenal karena mempunyai wisata alam Pemandangan Bawah Laut ( Diving ) yang sangat luar biasa Indahnya. Sehingga membuat wisatawan domestik & manca negara harus rela mengantri agar dapat menyelam di Raja Ampat, dan untuk menikmati pemandangan laut terbaik di dunia tersebut.

Wilayah pulau-pulau di Raja Ampat sangat luas, kira-kira mencakup 4,6 juta hektar tanah dan laut. Dan di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan 700 jenis moluska yang dapat kita lihat pada saat diving.

Kekayaan biota alam ini telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup yang dimiliki Papua dan juga memili koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

Menurut laporan dari The Nature Conservancy dan Conservation International, kira-kira ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di Raja ampat yang menakjubkan ini. Salah satu yang spesies sangat fenomenal adalah Ikan Pari, di sini ia sangat bersahabat. Ikan pari ini mengelilingi para penyelam bukan untuk menyerang mereka namun seperti mengajak bermain dengan gerakan seperti tarian.

Loading...

Baca : Panduan Berkunjung ke Tempat Wisata Raja Ampat untuk Pemula

2. Danau Sentani

Kepulauan Papua sangat identik dengan pemandangannya yang super menakjubkan, Anda pernah melihat sanctum? Di fil itu merupakan salah satu keindahan dari bagian kepulauan Papua yang sayangnya lokasinya sudah termasuk di wilayah Papua Nugini.

Saat sobat berkunjung ke Papua, selain untuk menikmati keindahan pantai dan gunung saljunya cobalah anda berkunjung ke Danau Sentani. Danau ini memiliki pemandangan yang indah di atas kilauan air dan terik matahari.

Keheningan air akan membuat sobat merasa damai dan tenang seperti berada di surga. Dengan merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah, menghiasi dan melindungi 24 desa yang betengger sekitar danau. Menjadikan danau ini sangat indah dan unik dan menjadi tempat wisata air yang wajib di kunjungi.

3. Pantai Liang

Tempat wisata air berikutnya adalah Pantai Liang yang terletak di desa liang kabupaten maluku tengah. Pantai ini terkenal karena pasir putihnya yang sangat halus bagaikan tepung terigu berpadu dengan semilir angin dan air laut yang nyaris tak berombak.

Warna laut yang bergradasikan toska, biru dan hijau kebeningan pantai ini menjadi salah satu daya tarik bagi para traveller dan wisatawan yang sangat menggiurkan.

Pantai Hunimua atau yang lebih dingenal dengan nama pantai Liang merupakan pantai berpasir putih yang mendapatkan predikat sebagai pantai terindah di Indonesia, berdasarkan hasil dari penelitian badan asosiasi PBB yang mengurusi bagian pembangunan global tahun 1990. Predikat tersebut membuat pantai liang unggul dari pantai bunaken yang mendapatkan peringkat ketiga dari penelitian yang sama.

4. Pantai Ngurtafur

tempat wisata air

Pantai Ngurtafur yang terletak di Kabupaten Maluku Tenggara merupakan pantai yang cukup unik. Karena pantainya sangat berbeda dengan pantai yang memiliki pasir putih pada umumnya yang terletak memanjang di tepian pulau. Pantai Ngurtafur ini memanjang dari tepi Pulau Warbal ke arah laut sepanjang dua kilo meter dengan kurang lebih meter.

Selain itu di daerah perairan sekitar pulau Warbal merupakan tempat Tabob atau tempat penyu Blimbing mencari makan dan hidup. Tabob merupakan salah satu hewan purba yang dilindungi hingga saat ini karena langka nya hewan tersebut, jadi disini merupakan wilayah yang dilindungi konservasi Tabob yang dikelola WWF. Pulau Warbal terletak disebelah selatan pulau Kei kecil.

5. Pantai Ngurbloat

Selain pantai Ngurtafur, dikabupaten maluku tenggara juga terdapat pantai yang sangat indah yaitu pantai ngurbloat. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara, Ngurbloat yang artinya Pantai Pasir Panjang. Pantai Ngurbloat berada di desa Ngilngof di bagian barat pulau kei kecil. Sesuai dengan sebutannya pantai berpasir putih ini membentang sepanjang 5 kilometer.

Pantai Ngurbloat ini merupakan tempat wisata andalan yang berada Maluku Tenggara. Bahkan saat ini sudah terkenal sampai ke mancanegara karena kehalusan dari pasirnya yang hanya bisa ditandingi dengan tepung.

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar dan tidak berbahaya, arusnya tidak terlalu kuat dan pantainya pun landai. Sehingga aman jika kamu ingin berenang dan bersantai di pantai dengan air lautnya yang jernih dan biru serta pasirnya yang sangat berkilau jika diterpa oleh sinar matahari.

Sobat juga bisa bermain di atas pasirnya yang halus atau pun hanya sekedar untuk menikmati suasana pemandangan Pantai Ngurbloat sambil menanti sunset.

6. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan sebuah tempat wisata air yang terletak di kawasan taman kerinci seblat, danau kaldera yang terbentuk akibat letusan gunung berapi di masa lampau. Terletak pada ketinggian 1.996 m dpl, danau ini merupakan danau tertinggi yang terdapat Asia Tenggara.

Danau ini sangat sering ditutupi kabut dengan suhu rata-rata 17 0C. Luas Danau kurang lebih 960 ha dengan panjang berkisar antara 4,5 km dan lebar 3 km.

Kenapa Danau ini di berinama Gunung Tujuh? Karena Danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).

Danau Gunung Tujuh dikenal oleh penduduk sekitar sebagai Danau Sakti. Air danau selalu terlihat bersih bahkan sampah atapun daun-daun pun tidak ditemukan walaupun terdapat banyak pohon tumbang dipinggir danau ini.

7. Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar di asia tenggara merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Di tengah danau Toba ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sudah sejak lama menjadi daerah tujuan tempat wisata air penting di Sumatera Utara.

Danau ini Jikat kita melihatnya secara langsung lebih mirip lautan dibandingkan danau. Suasana yang adem dan menyegarkan membuat kita melupakan beban pikiran. Pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang mengelilingi daerah danau ini akan membuat Anda betah untuk berlama-lama.

Pulau Samosir terletak dengan megahnya di tengah-tengah pulau Danau Toba. Di tengah-tengah Samosir, masih ada danau lagi, yang menambah keunikan dari tempat wisata ini.

Bagi masyarakat Batak yang tinggal di sekitar lokasi danau ini, bagi mereka danau tidak hanya tempat wisata air yang memiliki keindahan luar biasa. Namun masyrakat batak percaya bahwa Danau Toba menjadi tempat bersemayamnya tujuh dewi suku Batak atau yang biasa dikenal sebagai Namborru.

Setiap kali mereka akan melakukan kegiatan di sekitar danau, masyarakat akan berdoa dan meminta izin terlebih dahulu. Agar acara tersebut mendapat berkah dan dapat berjalan dengan lancar.

8. Pulau Weh

tempat wisata air
https://www.pesonaindo.com

Tempat wisata air berikutnya adalah Pulau Weh yang merupakan pulau terbesar dari gugusan kepulauan, dan menjadi jantung ibu kota Sabang (Aceh). Di sekitarnya terdapat empat pulau kecil yang mengelilinginya yakni Pulau Klah, Rubiah, Rondo, dan Selako.

Gugusan pulau-pulau itu juga menyimpan pesona wisata air yang memili keragaman terumbu karang yang terbesar di kawasan Taman Laut Iboih, Gapang , dan Pulau Rubiah. Ada kurang lebih sekitar 360 tipe terumbu karang yang keindahannya membuat pemerintah kota Sabang berkeinginan untuk menjadikan Pulau Weh sebagai tempat pariwisata berbasis ekologi.

Kenyataannya memang banyak wisatawan domestik ataupun nondomestik yang berukunjung ke Aceh hanya untuk datang ke Pulau Weh. Mereka hanya ingin menikmati indahnya pemandangan, birunya laut, pohon-pohon rindang, dan beragam jenis terumbu karang.

9. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur, kabupaten berau. Di kepulauan ini terdapat banyak objek wisata bahari menawan salah satunya adalah taman bawah laut yang sangat diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Menurut Dr. Carden Wallace dari Museum Tropis Queensland, Australia. terdapat kurang lebih dari 50 jenis hewan laut (Arcropora) dalam satu terumbu karang terdapat di selat perbatasan Indonesia dengan Malaysia itu. Tempat wisata air di Pulau Derawan yang masih perawan ini sepertinya akan menjadi primadona baru bagi penggila wisata bahari.

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter anda akan menjumpai pemandangan bawah laut “Blue Trigger Wall”. Batu karang dengan panjang 18 meter tersebut tempat mangkalnya ikan trigger kususnya, dan ikan merah, ikan kurisi, teripang, barracuda juga sering berkeliaran dan akan terlihat jelas diperairan jenih disekitar “Blue Trigger Wall” tersebut.

Kepulauan Derawan telah dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu tempat wisata andalan yang akan banyak menarik para wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Selain untuk menyelam, mereka ingin melihat proses bagaimana bertelurnya penyu.

Fasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan sudah baik, sebagai contohnya adalah sudah terjangkau dengan sinyal 3G yang akan memudahkan sobat untuk mengabadikan momen dengan teman atau kerabat lewat internet.

10. Danau Linow

tempat wisata air
http://kawanuamanadoo.blogspot.co.id

Danau Linow merupakan tempat wisata terpopuler di Sulawesi utara. Danau ini sangat unik karena memiliki 3 warna berbeda dalam 1 danau. Hal ini dikarenakan kadar belerang yang dimiliki danau linow sangat tinggi dan menyebabkan warna danau yang selalu berubah. Tergantung pada sudut pandang dan pencahayaan yang terjadi pada danau tersebut. Di sekitar danau ini terdapat satwa endemik seperti burung blibis dan serangga yang oleh penduduk setempat dinamakan “sayok” atau “komo”.

Demikianlah artikel tempat wisata air terindah untuk wisatawan yang wajib dikunjungi di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi orang yang membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel saya.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mangky

Bukan seorang penulis.. tapi ingin belajar menjadi penulis yang baik .. untuk tulisan saya yang lain bisa di baca di : www.blogorang.xyz

Artikel terkait

2 Comments

  1. klo wisata keindahan alam indonesia kayanya gak ada lawannya, hehehehe sayang kemarin di Raja Ampat karanyanya di tabrak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *