Internet

Segarkan Pikiran! Berlibur ke 12 Tempat Wisata Alam di Jabodetabek Ini

Ada banyak sekali tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat berlibur melepas penat setelah seminggu bekerja. Akhir pekan bisa menjadi waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata alam di Jabodetabek ini.

Berlibur dengan suasana alam diyakini mampu menghilangkan penat dan stres menghadapi kemacetan di ibukota.

Baca juga : 11 Objek Wisata di Bogor Yang Hits dan Keren Untuk Liburan

12 tempat wisata alam di Jabodetabek

Kali ini kami akan membagikan kepada Anda semua wisata dengan nuansa Alam yang lokasinya tidak jauh – jauh dari ibu kota Jakarta. Salah satu tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat berlibur.

1. Warso Farm

Warso Farm Via wirasel.com
Warso Farm Via wirasel.com

Warso Farm terletak di Bogor dan menjadi lokasi yang sangat tepat bagi Anda yang menyukai buah durian. Warso Farm merupakan tempat agrowisata durian yang menampati lahan 8,5 Ha dan menjadi pelopor di Indonesia.

Dengan berwisata kesini, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan berkaitan dengan buah durian.

Hal yang tidak kalah menarik dan menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah menyantap berbagai hidangan durian yang disediakan.

Anda bisa mengonsumsi durian secara langsung atau bisa meminta petugas disana untuk menjadikanya jus.

Loading...

2. Pulau Tidung

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek dengan nuansa pantai adalah Pulau Tidung yang masih berada di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.

Agar bisa sampai kesini, Anda perlu menyewa ferry dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Pelabuhan Muara Angke.

Saat berwisata ke Pulau Tidung, maka Anda akan merasakan suasana yang tenang dan asri yang tidak akan Anda temukan di Jakarta. Pulau Tidung menjadi tempat penghilang penat bagi warga ibukota.

Hal yang menarik dari Pulau Tidung adalah adanya Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Ada sebuah mitos yang banyak dipercaya yaitu jika Anda melewati jembatan ini bersama dengan pasangan, maka hubungan Anda dan pasangan bisa awet.

Anda yang belum mendapatkan jodoh akan disegerakan berjodoh dan orang yang baru putus akan mendapatkan pengganti yang lebih baik.

Aktivitas lain yang sangat menyenangkan untuk dilakukan disini adalah menikmati matahari terbenam dan jernihnya air laut. Bukan cuma itu saja, Pulau Tidung juga memiliki banyak sekali pohon yang rindang sebagai tempat berteduh.

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih dan ingin menikmati fasilitas lain yang ada di Pulau Tidung, maka Anda bisa bermain berbagai wahana air disini. Beberapa permainan yang bisa Anda coba meliputi Banana Boat, Cano, Jetski, Diving, dan Snorkling.

Ingin menghabiskan liburan lebih dari 1 hari?

Tidak perlu khawatir, sebab Pulau Tidung telah menyediakan banyak penginapan yang bisa Anda sewa. Ada banyak penginapan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan dan Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan.

3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Taman Wisata Alam Angke Kapuk – Travel Kompas

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek ini berada di daerah Pantai Indah Kapuk dan disini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan hutan bakau yang ada di sepanjang bibir pantai.

Siapkan biaya masuk sekitar Rp 25.000 per orang jika Anda ingin berkunjung ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

Disini Anda bisa juga menyewa perahu untuk berkeliling tempat wisata dan menyewanya dengan tarif Rp 300.000 untuk satu kali perjalanan sekitar 20 menit.

Ada juga alternatif yang bisa dilakukan yaitu menyewa sampan dayung selama 40 menit dengan tarif sekitar Rp 100.000.

Jangan membawa kamera DSLR ke dalam tempat wisata, jika Anda tidak mau didenda sebesar Rp 1.000.000. Cukup menggunakan kamera handphone, jika ingin mengabadikan momen disini.

4. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika Via dakatour.com
Taman Bunga Wiladatika Via dakatour.com

Taman Wisata Bunga Wiladatika berlokasi di Cibubur, Depok. Berdiri pada lahan dengan luas 15 Ha dan tempat wisata ini sangat dekat dengan pintu Tol Cibubur.

Taman Bunga ini menjadi tempat wisata Alam di Jabodetabek sangat tepat untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Anda bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk duduk dibawah pohon yang rindang, sebab disini banyak sekali pohon hijau yang sangat rindang.

Meskipun Anda pergi saat siang hari, suasana di Taman Wisata Wiladatika tetap sejuk dan sangat nyaman.

Anda tidak akan merasa kepanasan karena udara di taman ini terasa sejuk. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas lainnya, seperti:

Siapkan uang sekitar Rp 4000 per orang jika Anda ingin masuk dan menikmati nyamannya pepohonan yang ada di Taman Bunga ini.

5. Setu Babakan

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Setu Babakan – Indonesiakaya.com

Setu Babakan merupakan tempat wisata alam di Jabodetabek yang berlokasi tepat di Jagakarsa, Jakarta Selatan.  Setu Babakan merupakan perkampungan Betawi yang saat ini sudah menjadi pusat pelestarian budaya Jakarta.

Disini ada sebuah danau yang luas dan sangat indah yang dinamakan dengan Setu Babakan. Saat tiba di tempat wisata ini, Anda akan merasakan kesegeran alam yang tidak akan didapatkan di perkotaan. Jika ingin berkeliling danau, Anda bisa menaiki perahu berbentuk angsa yang disediakan untuk para pengunujung disana.

Masih kurang?

Sembari menikmati kesegaran alam di Setu Babakan, jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khas Betawi yang ada disana.

6. Pantai Festival

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Pantai Festival Via viva.co.id

Warga Jakarta yang ingin menikmati suasana pantai di ibukota bisa mengunjungi Pantai Festival yang berada di kawasan Ancol. Tempat ini bisa menjadi tempat liburan yang sangat cocok bersama dengan keluarga besar.

Pantai Festival merupakan tempat wisata alam di Jabodetabek yang paling ramai. Tempat ini menawarkan suasana pantai yang sangat tenang dengan keunikan berupa kapal nelayan yang ada di sekitar pantai.

Anda bisa menghabiskan waktu disini dengan berenang, berjalan sore menikmati angin segar, bersepeda, dan berwisata kuliner bersama keluarga.

7. Taman Hutan Kota Bekasi

Suasana alam yang sangat nyaman bisa Anda dapatkan di Taman Hutan Kota Bekasi. Taman ini terletak di kawasan alun-alun Bekasi dan memiliki lebih dari 50 jenis pohon.

Selain itu ada juga area khusus penangkaran burung merpati dan kutilang. Anda bisa mengajak anak-anak bermain di kawasan ini. Ada banyak arena bermain dan kolam ikan yang bisa digunakan oleh anak Anda.

8. Penangkaran Rusa Cariu

Wisata alam yang digabungkan dengan interaksi langsung dengan binatang merupakan kombinasi wisata yang sangat tepat untuk dilakukan.

Penangkaran Rusa Cariu berada di perbatasan Bogor dan Cianjur. Disini Anda bisa merasakan bagaimana berinteraksi langsung dengan berbagai rusa cantik dan jinak tanpa adanya pagar pembatas.

Ajak keluarga dan anak-anak untuk bermain disini!

9. Pemandian Gunung Peyek

Pemandian Gunung Peyek
Pemandian Gunung Peyek Via cumilebay.com

Pemandian Gunung Peyek terletak di kawasan Gunung Kapur Ciseeng Bogor dan sudah lama terkenal sebagai tempat pemandian air panas alami. Lokasi pemandian air panas ini terletak di perbatasan Bogor dan Tangerang Selatan.

Di dalam pemandian aiar panas ini terdapat 3 lubang yang membentuk kolam alami air panas yang mengalir sepanjang tahun. Anda akan merasakan bau belerang yang sangat menyengat saat datang ke pemandian aiar panas ini.

10. Kebun Binatang Ragunan Menjadi Tempat Wisata Alam di Jabodetabek yang Terkenal

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek
Ragunan – Jakarta-tourism.go.id

Warga ibukota pasti sudah mengenali objek wisata yang satu ini, Kebun Binatang Ragunan merupakan Taman Margasatwa yang berdiri di lahan seluas 140 Ha di kawasan Jakarta Selatan.

Agar bisa masuk ke dalam Ragunan, para pengunjung harus membayar biaya tiket sekitar Rp 3.000- Rp 4.000 untuk satu kali masuk.

Ada banyak sekali hewan yang menjadi koleksi dari kebun binatang ini, setidaknya ada sekitar 300 spesies hewan yang berasal dari seluruh Indonesia.

Selain hewan yang berasal dari dalam negeri, Ragunan juga mendatangkan beberapa jenis hewan yang berasal dari luar negeri. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke luar negeri untuk melihat hewan tersebut.

Banyaknya jenis hewan yang menjadi koleksi Ragunan menjadikan Taman Margasatwa ini menjadi tempat yang sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Sembari berlibur, Anda bisa mengedukasi anak-anak Anda dengan pengetahuan berbagai jenis hewan yang ada. Tentu hal ini menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Jangan takut kepanasan saat berwisata ke Ragunan, sebab disini ada banyak sekali pohon tinggi yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berteduh. Udara segar yang berasal dari pepohonan sekitar akan menghilangkan penat selama beraktivitas kerja seminggu penuh.

Selain Taman Margasatwa, Ragunan juga memiliki banyak sekali fasilitas lain yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengunjung disana.

Pertama ada Pusat Primata Schmutzer yang didalamnya terdapat berbagai primataseperti lemur, orang utan, tarsius, monyet, dan gorilla.

Selanjutnya ada Taman Satwa Anak yang didalamnya terdapat burung kakatuam ikan arapaima, dan berbagai satwa yang lain.

Masih kurang puas?

Anda bisa menaiki Gajah atau Unta yang hanya tersedia pada hari Sabtu, Minggu, dan Libur saja dengan tarif yang sangat terjangkau.

Jika Anda lelah berjalan kaki, maka Anda bisa menggunakan fasilitas Kereta Keliling yang tersedia disana. Atau Anda bisa menyewa sepeda dengan tarif berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

11. Pantai Muara Beting

Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Pantai ini terletak di kawasan Jabodetabek tepatnya di Kecamatan Muara Gembing, Bekasi. Hal yang unik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna coklat terang.

Disini Anda bisa menikmati berbgai macam flora dan fauna yang ada di sekitar pantai. Selain itu, ada juga hutan bakau yang ada di sepanjang bibir pantai dengan luas sekitar 70 Ha.

Jika Anda berkunjung saat bulan September sampai Februari, maka Anda akan menemukan kawanan burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan menuju Pantai Muara Beting.

Sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan bukan?

Pantai Muara Beting termasuk pantai yang masih sangat jarang dikunjungi oleh banyak orang. Namun, jika Anda sudah berada di kawasan wisata ini, maka dijamin Anda akan merasakan suasana yang sangat nyaman untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja.

Fasilitas di pantai ini pun masih terbatas, sebab hanya ada tempat parkir, toilet, dan mushola untuk para pengunjung yang datang.

12. Danau Cibeureum

Danau Cibeureum
Danau Cibeureum Via sportourism.id

Masih satu kawasan dengan objek wisata di atas, Danau Cibeureum berlokasi di Desa Lambing, Bekasi. Danau ini mempunyai luas sekitar 2 Ha dan hal unik yang ada disana adalah sebuah pulau kecil yang ada ditengah danau.

Jika Anda tertarik untuk melihat pulau tersebut lebih dekat, maka Anda bisa membayar biaya sebesar Rp 15.000 per orang.

Danau Cibeureum memiliki banyak pondok atau saung yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang kesana. Jadi Anda tidak perlu takut akan kepanasan saat datang kesini bersama dengan keluarga.

Deretan pohon yang ada disekeliling danau menjadikan danau ini semakin sejuk dan nyaman untuk berlama-lama.

Jangan takut kelaparan, sebab di sekitar danau ada banyak penjual makanan dan minuman yang bisa Anda beli sebagai teman bersantai seperti ketoprak, mi ayam, batagor, tahu gejrot, dan cilok.

Lokasi yang tidak terlalu jauh dengan pusat kota menjadikan danau ini layaknya tempat yang tepat untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Aktivitas seperti mengobrol, saling bercanda, dan bermain di sekitar danau sangat tapat untuk Anda lakukan disini.

Selain itu para fotografer yang suka mengabadikan momen menarik, tempat ini merupakan pilihan yang bisa dipilih.

Suasana sore hari menjelang terbenamnya matahari merupakan waktu yang tepat untuk mengabadikan momen disini. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan kamera yang Anda miliki agar kualitas foto semakin baik.

Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan disini adalah pondokan bambu, berbagai warung makan, kios suvenir untuk dibawa pulang, area parkir, dan toilet umum untuk para pengunjung.Tidak ada biaya masuk untuk datang ke danau ini alias gratis.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari tempat wisata ini adalah adanya mitos tentang siluman buaya putih yang ada disana.

Banyak saksi mata yang mengakui pernah melihat sosok buaya putih di sekitar danau. Meskipun ada cerita mistis dibalik keindahan danau tersebut, tetap saja banyak masyarakat yang datang untuk melepaskan penat disini.

Tertarik Berkunjung???

Tempat wisata alam di Jabodetabek yang telah kami jelaskan di atas merupakan sebagian kecil dari tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Sebab ada banyak sekali tempat wisata alam di Jabodetabek yang bisa Anda datangi sebagai tempat berlibur bersama dengan keluarga.

Berlibur ke tempat wisata alam merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi Anda untuk mencari tempat liburan di kawasan ibukota.

Jika Anda memiliki tempat wisata lain yang Ada ketahui, silahkan menambahkannya di kolom komentar yang ada di bawah. Agar semakin banyak referensi yang bisa digunakan oleh para pembaca untuk pergi berwisata.

Selain itu, jika Anda memiliki pertanyaan berkaitan dengan pembahasan di atas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Jangan lupa! Bagikan tulisan ini melalui kanal media sosial Anda. Agar semakin banyak orang yang tahu dengan pilihan tempat wisata alam di Jabodetabek yang bernuansa alam.

Sudah ada rencana mau berlibur kemana akhir pekan ini?

Semoga informasi yang kami sampaikan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.



Loading...

Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *