Internet

9 Tempat Wisata di Kaliurang, Primadona Tempat Wisata Di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan sebutan kota budaya, kota pelajar dan kota wisata. Hal ini tentu saja tidak hanya di kota Yogyakarta saja, namun juga karena kawasan kawasan pendukung diluar kota yang masih dalam Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan Wisata di Kaliurang merupakan ikon wisata Yogyakarta yang sudah sangat populer sejak lama.

Tempat wisata di Kaliurang terdiri dari berbagai tempat wisata yang juga sering menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal Yogyakarta, wisatawan Nusantara maupun wisatawan manca negara.

Berbagai pilihan tempat wisata di Kaliurang yang sejuk ini membuat wisatawan tidak bosan bosannya untuk datang kembali ke tempat wisata yang berada di kaki gunung merapi ini. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, museum, ikon ikon dunia dan wisata yang memicu adrenalin.

Baca juga: Tempat Wisata Baru di Sleman Yogyakarta yang Instagramable

Tempat wisata di Kaliurang memang tidak seluruhnya berada di Kaliurang, namun juga tersebar di daerah daerah sekitarnya. Meskipun begitu, tempat wisata di Kaliurang dan di daerah sekitarnya tidak memiliki jarak yang terlalu jauh, sehingga anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus di daerah Kaliurang untuk menghabiskan akhir pekan atau waktu liburan anda.

Berikut ini 9 tempat wisata di Kaliurang yang bisa anda kunjungi semuanya bahkan hanya dalam satu hari.

1.     Tlogo Putri Kaliurang

wisata di kaliurang
via eksotisjogja.com

Objek wisata utama yang berada di Kaliurang adalah tlogo putri. Tlogo putri berada dalam kawasan taman nasional gunung merapi yang dilindungi oleh pemerintah. Dulu di tlogo putri terdapat air terjun yang menjadi ikon dari Tlogo Putri Kaliurang. Namun sekarang air terjun ini tidak lagi menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan, apalagi air terjun ini sekarang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber air untuk kehidupannya.

Di area wisata Tlogo Putri terdapat taman bermain untuk anak anak. Namun yang menjadi keunikan dari tempat ini adalah ada banyak sekali kera yang berkeliaran di taman bermain. Mulai dari kera dewasa hingga yang masih kecil kecil. Sayangnya beberapa ekor kera memiliki sifat nakal, yaitu suka merebut makanan yang dibawa oleh pengunjung.

Loading...

Objek wisata Tlogo Putri Kaliurang juga berada dalam satu kawasan dengan bukit plawangan. Anda bisa berjalan menaiki bukit melalui jalan setapak di Tlogo Putri Kaliurang untuk bisa sampai di bukit plawangan. Dari bukit ini anda bisa melihat keindahan gunung merapi dalam jarak yang terasa sangat dekat.

Baca juga: Menikmati secangkir Kopi Merapi bersama Indahnya Merapi

Harga tiket masuk ke Tlogo Putri Kaliurang berbeda dengan harga tiket masuk ke Kaliurang. Sehingga anda harus membayar dua kali, yaitu tiket masuk ke kawasan wisata Kaliurang dan tiket masuk ke Tlogo Putri Kaliurang.

2.     Gardu Pandang Wisata di Kaliurang

Gardu pandang merapi Kaliurang merupakan salah satu lokasi wisata yang masih berada dalam kawasan wisata Kaliurang. Tempat wisata ini berupa gardu pandang untuk melihat gunung merapi dan bukit turgo dengan sangat jelas. Lokasi Gardu Pandang Merapi ini tidak terlalu jauh dari tlogo putri. Bahkan jika anda menaiki kereta kelinci dari Kaliurang anda akan diajak berkeliling sampai di gardu pandang merapi Kaliurang.

wisata di kaliurang
via spotunik.com

Gardu pandang Merapi Kaliurang berada dalam lahan yang cukup luas. Namun Gardu pandang ini tidak memiliki banyak wahana bermain. Oleh karena itu, pihak pengelola sering mengadakan berbagai acara dan membuat wahana bermain di area ini. Salah satu wahana bermain yang sering diadakan adalah taman lampion.

Taman lampion yang ada di gardu pandang Kaliurang sering menampilkan berbagai tema yang menarik, mulai dari dinosaurus, bunga, superhero hingga bangunan bangunan bersejarah. Selain itu dipadukan dengan berbagai wahana bermain dan konser musik. Sehingga Gardu Pandang Merapi Kaliurang menjadi area wisata yang ramai pengunjung terutama pada sore hari.

Sama halnya dengan area wisata Tlogo Putri, Gardu Pandang Merapi Kaliurang juga menerapkan tiket masuk bagi pengunjung. Harga tiket masuk ke Gardu Pandang Merapi Kaliurang tidak sama, tergantung pada acara yang sedang digelar

3.     Taman Bermain Kaliurang

Taman Bermain Kaliurang merupakan wahana bermain terutama untuk anak anak dan juga keluarga. Di taman bermain ini terdapat berbagai wahana bermain anak, mulai dari berbagai ayunan, perosotan dan berbagai permainan lainnya dalam jumlah yang banyak. Anda bahkan bisa menggelar tikar dan makan bersama dibawah pohon pohon besar yang sangat rindang di tempat ini.

wisata di kaliurang
via ceritapiknik.com

Oleh karena itu jika anda berniat untuk mampir ke tempat ini, sebaiknya anda menyiapkan bekal makanan atau membeli makanan di area taman bermain. Karena anda dapat menikmati makanan dengan santai dan udara sejuk di tempat wisata ini.

Lokasi taman bermain ini sangat dekat dengan Kaliurang dan gardu pandang merapi. Anda akan melewati  Taman Bermain ini ketika perjalanan menuju Kaliurang maupun ketika akan keluar dari area wisata Kaliurang. Anda bisa mampir sejenak untuk melepaskan penat setelah perjalanan panjang anda menuju kawasan wisata Kaliurang.

4.     Museum Ullen Sentalu

Musem ullen sentalu adalah museum yang berisi benda benda kuno dan berhubungan dengan kebudayaan jawa pada masa lalu. Museum ini bukanlah museum yang menjadi cagar budaya, museum ini adalah bangunan yang memang ditujukan untuk mengoleksi benda benda berhubungan dengan jawa kuno.

wisata di kaliurang
via njogja.co.id

Meskipun sering kali museum terkenal dengan benda benda yang membosankan, namun tidak dengan Museum Ullen Sentalu. Museum ini selalu diperbaharui mulai dari penataan ruang hingga pelayanannya. Seperti benda benda yang tidak diberikan label, sehingga pengunjung akan lebih mengerti benda benda tersebut dari tour guide.

Jika anda berkunjung kesini, anda bisa melihat berbagai benda benda kebudayaan jawa kuno, seperti gamelan, syair, karya lukis jaman mataram, koleksi batik, dan berbagai macam benda kebudayaan jawa lainnya. Di museum ulen sentalu, benda benda dikelompokkan berdasarkan jenisnya dan dan pada ruangan ruangan yang berbeda.

5.     Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Api Merapi (MGM) adalah museum yang berisi informasi dan benda benda yang berhubungan dengan kegunung apian. Museum Gunung Api Merapi menyimpan banyak benda benda yang pernah digunakan untuk pemantauan Gunung Merapi serta benda benda yang pernah terkena erupsi merapi.

Museum ini sangat pas bagi anda yang ingin mengetahui  sejarah gunung merapi dari masa ke masa. Anda dapat melihat gambaran bentuk gunung merapi tertua hingga kenampakan gunung merapi yang sekarang ini. Selain itu anda juga dapat melihat gambaran kondisi ketika gunung Merapi meletus serta bagaimana masyarakat harus mengungsi.

wisata di kaliurang
via triptrus.com

Bahkan saat ini sudah ada satu wahana khusus untuk menonton film tentang gunung Merapi. Hal ini tentu saja menjadi menarik bagi para wisatawan dari luar daerah untuk belajar lebih banyak mengenai gunung paling aktif di dunia yaitu gunung Merapi.

Lokasi Museum Gunung Api Merapi tidak berada dalam kawasan wisata Kaliurang, namun anda justru akan melewati daerah museum ini karena masih berada dalam satu kecamatan dengan Kaliurang.

6.     The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta

Jika anda ingin berfoto dengan berbagai macam ikon dunia, anda harus mengunjungi The World Landmarks Yogyakarta. Di tempat ini anda akan menemukan miniatur ikon ikon dunia yang terkenal dan pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Ikon tersebut diantaranya menara Pisa Italia, menara Eifel Perancis, kincir angin Belanda, Big Ben London, Telepon Box inggris dan ikon dunia lainnya.Selain ikon ikon dunia yang terkenal, tempat wisata wisata ini juga dilengkapi dengan taman bunga yang sangat indah.

Anda bisa mengabadikan momen wisata anda di The World Landmarks Merapi Park sekaligus dengan bunga bunga yang mengelilingi setiap ikon dunia. Tentu saja ini akan menjadi foto yang sangat instagramable atau sangat pas untuk diunggah di media sosial anda.

merapi park
via dakatour.com

Lokasi The World Landmarks Merapi Park berada dalam satu lokasi dengan Museum Gunung Api Merapi Jogja, lebih tepatnya berada di jalan sebelum masuk area Museum.

Museum ini tergolong baru sebagai tempat wisata di Kaliurang, karena baru dibuka pada bulan Juni 2017 lalu. Namun wahana dan fasilitas umum yang disediakan sudah cukup lengkap. Mulai dari Gazebo, cafe, mushola, restoran dan toilet.

7.     Merapi Lava Tour

Merapi Lava Tour adalah sebuah paket perjalanan wisata untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di lereng merapi, terutama di daerah yang terkena erupsi merapi tahun 2010. Paket Wisata ini bisa anda dapatkan di kawasan wisata Kaliurang (Tlogo Putri, Gardu Pandang, Museum Gunung Api Merapi) serta di kawasan Kinahrejo yang merupakan kawasan Merapi Lava Tour itu sendiri.

Paket Wisata Merapi Lava Tour dari Kawasan Kaliurang menawarkan jasa wisata menggunakan kendaraan berupa Jeep lawas yang rata rata adalah Jeep Willys. Jeep wisata merapi ini bisa digunakan hingga empat atau lima orang dalam satu perjalanan.

Dengan menggunakan jasa wisata ini anda bisa mengunjungi berbagai tepat wisata di lereng merapi bagian selatan yang terkena dampak erupsi merapi. Pilihan tempat ini disesuaikan dengan selera anda dan tentu saja dengan harga yang berbeda beda.

Tempat wisata yang  bisa dikunjungi diantaranya adalah menceburkan jeep ke kali kuning (sungai), melewati sungai opak, mengunjungi museum sisa harta warga yang terkena erupsi merapi, Bunker Kaliadem, Batu Alien (Alien Stone), makam juru kunci merapi dan Bukit Glagahsari.

Selain itu anda juga bisa memilih paket untuk mengunjungi tempat wisata terbaru dan terpopuler di Yogyakarta yang termasuk tempat wisata di Kaliurang terpopuler yaitu The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi.

8.     The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan tempat wisata populer di Yogyakarta yang masih sangat baru.  The Lost World Castle merupakan sebuah bangunan baru, akan tetapi memiliki desain yang sangat unik dan klasik, yaitu memiliki gaya aritektur seperti sebuah benteng kerajaan atau kastil.

Seluruh bangunan The Lost World Castle terbuat dari batu kali atau batu alam yang merupakan hasil dari erupsi Gunung Merapi, sehingga sangat khas sekali. Tempat wisata populer di Yogyakarta ini berada di kawasan rawan bencana tiga, karena berada di daerah yang terkena erupsi merapi tahun 2010.

Pada awal dibukanya tempat ini sebagai tempat wisata sempat ditutup beberapa saat oleh pemerintah daerah karena tidak memiliki izin. Namun begitu, tempat wisata ini akhirnya dibuka kembali dan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

wisata di kaliurang
via vebma.com

Keunikan The Lost World Castle bukan hanya dari bentuk bangunannya saja. Namun juga dari berbagai macam fasilitas fasilitas pendukung yang sangat Instagramable. Hal ini menjadi salah satu faktor penting karena banyak masyarakat yang senang mengabadikan momen wisata mereka dan mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram.

The Lost World Castle berada di Dusun Petung Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, bersebelahan dengan Kaliurang yang berada di Kecamatan Pakem. Lokasinya memang tidak berada di kawasan wisata Kaliurang, tetapi jika anda menggunakan jasa wisata Jeep Merapi Lava Tour dari Kaliurang, anda akan dibawa ke tempat wisata ini. Selain itu anda juga bisa mampir ke The Lost World Castle jika anda dari Kaliurang, karena lokasinya cukup berdekatan.

9.     Stonehenge Merapi

Masih berada di daerah yang sama dengan The Lost World Castle, Stone Henge Merapi adalah tempat wisata terbaru dan populer di Yogyakarta. Meskipun begitu banyak orang yang berkunjung ke The Lost World Castle. Namun sering kali tidak mengetahui bahwa ada tempat wisata unik yang berada di dekatnya.

Stonehenge Merapi merupakan tempat wisata yang nyaris mirip dengan tempat wisata Stonehenge di Negara Inggris. Stonehenge di Negara Inggris merupakan sebuah situs peninggalan zaman prasejarah yang sangat unik. Sedangkan Stonehenge Merapi merupakan bangunan buatan yang dibuat mirip dengan situs prasejarah itu.

Stonehenge Merapi masih dalam masa pengembangan, sehingga sekarang belum banyak fasilitas yang disediakan. Namun kedepannya Stonehenge Merapi ini tentu akan menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta terutama ikon tempat wisata di Kaliurang.

wisata di kaliurang
via youtube.com

Untuk menuju ke tempat wisata Stonehenge Merapi anda bisa mengikuti GPS atau Google Maps, karena lokasi ini sudah ditandai di Google Maps. Anda dapat menjangkaunya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa perjalanan wisata dari Kaliurang dan dari Lava Tour Kinahrejo.

Sekian tadi sembilan tempat wisata di Kaliurang yang merupakan tempat tempat wisata baru dan terpopuler di Jogja Yogyakarta. Jika anda datang ke daerah Kaliurang, tentu saja anda harus mampir ke tempat tempat wisata populer tersebut. Anda dapat memilih untuk wisata alam, kebudayaan, adventure, landmark berbagai negara maupun sekedar ke taman bermain.

Harga tiket masuk ke Kaliurang dan berbagai tempat wisata lainnya yang tergolong murah, tentu tidak akan membuat kantong menjadi tipis. Apalagi dengan harga makanan di daerah Kaliurang yang tidak terlalu mahal. Selain itu, karena lokasinya saling berdekatan, maka Wisata di Kaliurang bisa menjadi pilihan pertama anda untuk wisata di Jogja.

Selamat berwisata 🙂



Loading...

Baca selengkapnya

Tristianto Nugroho

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *