tempat wisata di Lombok

10 Tempat Wisata Di Lombok Paling Populer dan Menakjubkan

Tempat wisata di Lombok – Di negara kita ini selain memiliki pulau dewata atau Bali yang eksotis, ternyata Indonesia masih memiliki satu pulau lagi yang pesona alamnya tak kalah eksotisnya dengan Bali yaitu pulau Lombok.

Banyak sekali tempat wisata di lombok yang paling populer dan menakjubkan yang menanti kedatangan Anda semua. Hampir sama dengan Bali, pulau lombok juga memiliki banyak sekali pantai yang sangat eksotis, bahkan Lombok sudah menjadi pilihan destinasi wajib bagi para pelancong dunia.

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui Tempat Wisata Di Lombok hanyalah kepulauan Gili yang mana dianggap sebagai serpihan surga oleh para traveller. Mungkin juga kita perna mendengar gunung Rinjani yang memberikan kemegahannya.

Akan tetapi tahukah Anda di Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantia yang mririp dengan planet asing. Ada juga sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna pink. Beragam sekali tempat wisata disana.

Tempat Wisata di Lombok

Nah jika Anda ingin berlibur ke tempat – tempat yang unik dan tak terduga, maka pulau Lombok layak dijadikan destinasi liburan Anda.

Sebelum Anda berlibur ke pulau Lombok, alangkah baiknya jika Anda simak terlebih dahulu 10 Tempat Wisata Di Lombok Paling Pupuler dan Menakjubkan yang kami ulas di bawah ini:

1. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

gili trawangan

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air merupakan pulau – pulau kecil yang berada di tengah laut yang memiliki karakteristik berbeda. Semua gili tersebut menyajikan kejernihan air laut dan hamparan pasir putih yang bersih.

Loading...

Ketiga pulau mungil ini seakan dapat mewakili keindahan pantai – pantai yang ada di Lombok. Bahkan menjadi branding destinasi wisata di Indonesia.

Gili Air merupakan pulau kecil yang letaknya dekat dengan pulau utama Lombok dan lebih banyak di tempati oleh penduduk lokal. Suasana yang tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi di Gili air ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak – anak.

Sementara itu untuk Gili Meno merupakan pulau kecil yang terletak ditengah – tengah antara Gili air dan Gili Trawangan. Pada gili yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dan mencari suasana relaksasi.

Di Gili Meno ini Anda akan disuguhi nuansa alami pantai tropis yang sangat tenang dan banyaknya pepohonan di sepanjang pesisir pantainya.

Sedangkan untuk Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari pada gili Air dan Gili Meno. Selain itu Gili Trawangan juga merupakan yang paling ramai sekaligus pulau terjauh dari pulau Lombok.

Kebanyakan wisatawan yang berlibur ke Gili Trawangan ini terdiri dari orang – orang yang berjiwa muda dan penuh dengan semangat.

2. Gunung Rinjani

rinjani

Gunung Rinjani dapat dikatakan sebagi ikon wisata pulau Lombok yang paling terkenal bahkan sampai ke manca Negara. Gunung yang memiliki ketinggihan 3,700 meter dari permukaan laut ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Seperti kebanyakan gunung – gunung yang lainnya, wisata favorit bagi wisatawan di Gunung Rinjani ini adalah pendakian.

Gunung Rinjani telah mendapat pengakuan dunia, bahwa gunung ini memiliki pemandangan terindah di Asia. Maka dari itu tak heran jika banyak orang yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani ini mulai dari pendaki local hingga pendaki internasional.

Terlebih lagi trek pendakian di Gunung Rinjani ini merupakan trek yang mendapat nilai bintang lima. Selama pendakina di Gunung Rinjani, kita akan disuguhkan beragam pemandangan yang menakjubkan.

Memang untuk mencapai puncak Gunung Rinjani memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 3 – 4 hari. Namun setelah Anda emncapai puncak, Anda akan disuguhi dengan beberapa obyek yang menarik.

Anda dapat lihat staklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas, setelah itu Anda dapat berendam sumber di air panas alami. Nah pada puncaknya Anda adan disuguhi dengan pemandangan segara anakan yang Nampak memiliki nilai eksotisme tinggi.

3. Bukit Pergasingan

Tempat Wisata Di Lombok Paling yang menakjubkan selanjutnya adalah Bukit Pergasingan. Mungkin ini merupakan pemandangan paling spektakuler yang Anda temukan di pulau Lombok.

Di lokasi wisata ini Anda akan menyaksikan Keindahan panorama dari Gunung Rinjani dan juga hamparan sawah berpetak – petak dari atas bukit.

Sekarang ini lokasi wisata Bukit Pergasingan sudah digunakan sebagai tempat berbagai aktifitas yang memacu adrenalin, seperti kegiatan paralayang, sepeda gunung dan juga masih banyak yang lainnya.

Lebih menariknya lagi jika Anda bermalam di lokasi ini, Anda akan dapat melihat panorama sunrise yang indah, dimana matahari akan muncul dari balik Gunung Rinjani.

4. Taman Narmada

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang indah dan wajib untuk didatangai. Tempat wisata yang satu ini memiliki ciri khas yaitu keunikan bangunannya dan juga memiliki desain yang antik.

Desain bangunan dari Taman Narmada ini sangat unik yaitu seperti replika mini dari Gunung Rinjani. Selain itu, di dalam Taman Narmada juga terdapat sumber mata air yang dipercaya warga sekitar dapat membuat awet muda.

Awalnya Taman Narmada ini merupakan tempat yang digunakan untuk istirahat dan tempat upacara adat, namun sekarang Taman Narmada ini beralih fungsi sebagai tempat wisata.

Lokasi taman Narmada  ini terletak di Desa Lembuak yaitu 10 KM sebelah timur dari kota Mataram, kemudian Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar dan dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727.

5. Pantai Semeti (Pantai Krypton)

Pantai Semeti

Pada awal artikel ini saya telah menyinggung sebuah pantai yang mirip seperti planet asing, yaah pantai Pantai Semeti inilah yang saya maksud.

Pasalnya suasana di sekitar Pantai Semeti ini dapat dikatakan sekilas mirip dengan Planet Krypton yang ada di film Superman. Dimana formasi bebatuan dan juga karang di sekelilingnya berbentuk meruncing dan juga berlapis – lapis layaknya dinding kristal yang ada di Planet Krypton.

Bahkan di sekitar Pantai Semeti  terdapat beberapa formasi karang yang bentuknya mirip dengan piramida yang muncul dari permukaan air laut.

Nah itulah mengapa Pantai Semeti ini dijuluki Pantai Krypton oleh warga sekitar dan juga para wisatawan yang datang. Jalur untuk dapat menuju ke Pantai Semeti ini cukup terjal dan juga berliku.

Sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki anti selip, karena nantinya Anda juga harus melewati tebing karang yang memiliki tinggi 20 meter.

Lokasi wisata Pantai Semeti berada di Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Dan untuk melakukan perjalanan dari Kota Mataram sampai ke Pantai Semeti kurang lebih memakan waktu 2,5 jam.

6. Pantai Tebing

 Pantai Tebing

Selain Pantai Semeti ada lagi satu tempat wisata di Lombok yang menyerupai palnet lain, dan tempat wisata tersebut adalah Pantai Tebing.

Di lokasi wisata ini Anda akan menjumpai bukit tebing yang menjulang tinggi. Bukit ini berada di lokasi yang sama dengan sebuah pantai dengan pasirnya yang berwarna hitam.

 Sepintas Pantai Tebing ini mengingatkan kita dengansebuah ngarai Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat. Lokasi Pantai Tebing ini berada di dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kec Gangga, Lombok Utara.

Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor atau menggunakan angkutan umum.

7. Pink Beach (Pantai Tangsi)

Pink Beach

Sebelumnya Pink Beach ini dikenal oleh warga sekitar degan sebutan pantai Tangsi, kemudian disebut dengan pantai Pink seiring dengan bercampurnya pasir putih dan pasir merah.

Pasir merah disini diakibatkan oleh pecahan cangkan organism laut yang berwarna kemerahan dank oral yang juga berwarna merah.

Pink Beach ini merupakan satu dari 7 pantai di dunia yang berwana pink, hebatnya lagi di Negara kita ini terdapat dua pantai yang memiliki pasir berwarna pink satu di Lombok dan satunya lagi di NTT.

Waktu yang paling tepat jika Anda ingin berkunjung ke Pink Beach ini adalah antara pukul 8 pagi sampai 2 siang. Karena hanya pada waktu itulah sinar matahari memantulkan warna pink yang sangat cerah dan cantik.

Lokasi wisata Pink Beach ini berada di Desa Sekaroh, Kec Jerowaru, Lombok Timur. Lalu untuk akses menuju Pink Beach ini ada dua rute yaitu lewat darat yaitu melalui jalanan yang berlubang atau lewat jalur laut dari pelabuhan Tanjung Luar.

Karena lokasi wisata pantai pink belum dikembangkan secara optimal, maka jangan berharap ada fasilitas penunjangnya seperti warung, toilet, maupun penginapan.

Bila anda ingin menginap, maka bisa membuat kemah  sederhana di tepi pantai. yang penting jangan sampai mengotori ya.

8. Air Terjun Benang Kelambu

benang kelambu

Sesuai dengan namanya, lokasi wisata air terjun yang satu ini memang unik dan lain dari pada air terjun pada umumnya.

Keunikan tersebut adalah air yang jatuh tidak langsung menuju bawah, melainkan masih melewati celah – celah tanaman yang tumbuh lebat di tebing. Sehingga air yang jatuh tersebut akan Nampak seperti kelambu atau seperti tirai yang menggantung.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu berada di desa AikBukaq, Kec Batukliang Utara, Lombok Tengah. Di sekitar area Air Terjun Benang Kelambu, Anda juga dapat mengunjungi Air Terjun Benang Stokel yang jaraknya tak jauh hanya 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu Anda akan melalui jalan pedesaan yang berliku dan naik turun. ini bukan hambatan, justru sebuah keunikan tersendiri jika ingin meraih sebuah pengalaman.

9. Air Terjun Mangku Sakti

mangku sakti

Satu lagi lokasi wisata air yang ada di pulau Lombok yaitu Air Terjun Mangku Sakti. Wisata air terjun ini akan memberikan kesan yang berbeda bagia kalian yang mendatanginya. Lebih menariknya lagi Air Terjun Mangku Sakti ini sangat cocok jika dijadikan sebagai latar belakan foto selfie.

Hal tersebut lantaran struktur dan juga formasi bebatuan yang ada di air terjun Air Terjun Mangku Sakti ini sangat mengesankan.

Formasi bebatuan yang sangat unik seperti ngarai tersebut terbentuk secara alami yang diakibatkan oleh aliran air yang terus – menerus melewatinya.

Air yang berasal dari Danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani tersebut tampak sedikit keruh, karena air tersebut memiliki kandungan belerang yang mana air belerang diyakini dapat menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

10. Taman Patung Bawah Laut ( Nest )

nest

Jika Anda merupakan travelller yang hobi dengan aktifitas menyelam, maka tempat yang satu ini tak boleh dilewatkan.

Tempat wisata tersebut adalah Taman Patung Bawah Laut atau biasa disebut dengan  Nest. Taman bawah laut ini dirancang oleh seniman bernama Jason deCaires Taylor.

Dimana di dalam Nest ini telah terdapat 48 buah patung dengan karakter sosok manusia dengan berbagai pose seperti berbaring dan berdiri sambil berpelukan. Percaya atau tidak semua patung tersebut dibuat dengan menggunakan cetakan tubuh manusia asli!

Tempat wisata bawah air ini terletak di sisi barat Gili Meno dan menghadap ke Gili Trawangan. Untuk dapat mencapai patung bawah air ini silakan berjalanlah menuju laut dari Bask arah. Kemudian setelah Anda berenang sebentar dari bibir pantai, maka Anda akan dapat langsung Nest.

Pulau Lombok memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa yang dapat memikat para wisatawan lokal maupun asing. Maka dari itu sepatutnya kita untuk ikut melestarikan kekayaan alam yang ada di pulau Lombok tersebut.

Nah itulah sekilas ulasan kami tentang 10 Tempat Wisata Di Lombok Paling Populer dan Menakjubkan yang dapat kami sampaikan.

Sekiranya informasi di atas dapat memperluas serta menambah wawasan kita dan tentunya membuat kita semakin cinta dnegan Negara ini. Sekian dari kami dan selamat berlibur.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *