tempat wisata di Purwakarta

7 Tempat Wisata di Purwakarta yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Purwakarta – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi. Kita mungkin telah mengenal Bandung, Bogor, atau Garut sebagai beberapa kota di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk ke daerah-daerah lainnya.

Salah satu kota Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi adalah Purwakarta. Kota ini berada di antara Jakarta dan Bandung. Jadi bagi kamu yang berdomisili di daerah Jabodetabek, menghabiskan liburan di kota ini menjadi pilihan yang menarik.

Baca juga5 Tempat Wisata di Jawa Barat ini Bisa Jadi Destinasi yang Menyenangkan

Tempat Wisata di Purwakarta yang Harus Kamu Kunjungi

Di Purwakarta ada banyak pilihan objek wisata alam mulai dari pantai, waduk, hingga pegunungan. Ingin tahu lebih banyak apa saja tempat wisata di Purwakarta? Berikut kami rekomendasikan tujuh di antaranya.

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Sumber: @dsatriamandiri

Waduk Jatiluhur adalah danau buatan pertama di Indonesia yang dbuat sejak tahun 1957. Tujuan pembangunan waduk pada awalnya adalah sebagai pembangkit, area itigasi, udidaya ikan, dan bahan baku air minum. Namun, seiring waktu waduk ini kemudian menjadi salah satu objek wisata populer di Purwakarta.

Ada beberapa spot foto menarik dalam danau ini, seperti tangga berputar yang menuju ke rumah pohon dan balkon menyerupai ujung kapal. Pemandangan juga semakin indah dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

2. Taman Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga
Sumber: waktuku.com

Tidak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk menyaksikan atraksi air mancur yang indah dan megah.Setiap hari Sabtu dari jam 19:30 hingga 21:00, kamu bisa menikmati atraksi air mancur yang megah dengan efek cahaya warna-warni di aman Sri Baduga, Purwakarta.

Selain itu, kamu juga tidak diharuskan membayar tarif untuk bisa menikmati keindahan atraksi air mancur tersebut.

Loading...

3. The Colorville

Tempat Wisata di Purwakarta
Sumber: @enyeng_luffy16

Kalau kamu mencari tempat wisata untuk liburan keluarga, The Colorville bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Di dalam tempat ini ada berbagai wahana seperti fasilitas outbound, yaitu menyeberang di atas seutas tali dan ATV.

Selain itu ada pula Upside Down Room yang berisi perabotan unik yang membuat kamu seolah berada pada posisi terbalik (melawan gravitasi). Di The Colorville juga ada beberapa spot foto yang instagrammable, seperti tulisan “I love you”, rumah, pohon, hingga ayunan di atas ketinggian.

4. Gunung Bongkok

tempat wisata di Purwakarta
Sumber: @habib_farindra

Gunung Bongkok merupakan gunung yang dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik yang berada di Purwakarta. Dengan hanya berada di ketinggian kurang dari 1.000 mdpl, gunung ini relatif mudah untuk didaki oleh orang yang baru pertama kali mendaki gunung.

Di puncak gunung ini, ada dua spot menarik yang bisa kamu singgahi, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Dari kedua spot ini, kamu bisa melihat lanskap Kota Purwakarta, Gunung Parang, dan Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

5. Curug Cipurut

Curug Cipurut
Sumber: @reza_almalik07

Curug yang berada di kaki Gunung Burangrang ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan dikelilingi oleh banyak pohon pinus.

Curug Cipurut juga memiliki debit air yang tidak terlalu deras, sehingga relatif aman bagi para pengunjung. Area wisata ini berjarak sekitar satu jam dari Terminal Wanayasa.

6. Kolam Mata Air Cijanun

tempat wisata di Purwakarta
Sumber: weekendescape.com

Selain curug, di Purwakarta juga ada wisata air lain seperti di Kolam Mata Air Cijanun yang terletak di Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong. Tempat ini mungkin hanya kolam pemandian air alami biasa, yang menjadikannya luar biasa justru pemandangan yang berada di baliknya.

Area kolam pemandian ini dikelilingi oleh perbukitan dan bebatuan, jadi kamu bisa berendam sambil menikmati pemandangan indah itu. Untuk memasuki tempat ini, kamu tidal perlu mengeluarkan biasa, hanya saja para pengunjung memberi sumbangan untuk pengelolaan mata air.

7. Gua Jepang dan Gua Belanda

Gua Jepang dan Gua Belanda
Sumber: majalahteras.com

Di Purwakarta juga ada destinasi wisata yang memiliki nilai sejarang, yakni Gua Jepang dan Gua Belanda. Gua Jepang itu konon dibangun pada tahun 1942 dengan sistem romusha atau kerja paksa.

Pada saat itu, gua ini digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai senjata perang dan tempat radio komunikasi tentara Jepang.

Bila kamu masuk lebih dalam lagi, kamu akan menemukan Gua Belanda yang dibangun sekita tahun 1941. Dahulu, gua ini pernah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda.

Itulah 7 Tempat Wisata di Purwakarta yang bisa Kamu kunjungi,apabila Anda berencana rekreasi atau sekedar berweekend bersama keluarga.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *