Internet

5 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi Terbaik Di Indonesia

Apakah kamu pernah berpergian ke tempat wisata edukasi? Ketika berbicara soal tempat wisata yang kekinian banyak yang merekomendasikan pantai, tempat selfie di bukit, lokasi dengan aktivitas yang seru. Contohnya seperti snorkeling, diving, berbagai macam olahraga lain, dan tempat wisata menyenangkan lainnya.

Untuk yang ingin punya pengalaman liburan lebih unik, Anda bisa sedikit anti-mainstream dengan main ke objek wisata edukasi.

Hal ini dikarenakan Indonesia punya banyak tempat wisata edukasi yang tidak kalah menyenangkannya dibandingkan pantai maupun gunung. Berikut rekomendasinya.

Tempat Wisata Edukasi Terbaik di Indonesia

Wisata edukasi adalah gabungan dari kegiatan wisata dengan muatan pendidikan di dalamnya. Jadi siapapun yang datang bukan sekedar mendapatkan kesenangan dan kepuasan saja, tetapi juga mendapatkan banyak ilmu dari tempat wisata edukasi yang dikunjungi.

Di Indonesia, ada banyak sekali pilihan bagi Anda yang ingin mencoba membawa anak berwisata di tempat-tempat yang bisa memberikan pelajaran dan pengetahuan bagi mereka. Dimana sajakah itu?

1. Tempat Wisata Edukasi Kota Tua – Jakarta

Kota Tua Jakarta
Foto via detikNews

Kota Tua merupakan sebuah kawasan di Jakarta dengan bangunan-bangunan yang masih dijaga keasliannya sejak jaman pra-kemerdekaan.

Kawasan ini ramai dengan pengunjung yang berfoto dengan latar belakang bangunan tua atau dengan berbagai macam atraksi yang tersedia.

Berkunjung ke Kota Tua jangan lupa mampir ke museum menarik yang ada di sana seperti misalnya Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia, dan Museum Wayang.

Loading...

Wisata Bunaken : Pasir Timbul Pulau Nain

2. Objek Wisata Jatim Park 2 – Malang

Jatim Park 2 Malang

Tempat wisata edukasi nan hits di kota Batu, Malang ini terdiri dari 3 tempat wisata yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Batu Secret Zoo adalah kebun binatang dengan berbagai macam koleksi satwa ditata dalam lingkungan yang nyaman untuk dikunjungi sambil jalan-jalan.

Lanjut ke Museum Satwa, Anda bisa melihat berbagai macam jenis satwa yang diawetkan dalam diorama yang dibuat mirip dengan habitat aslinya.

Jika masih kuat, Anda bisa lanjut ke Eco Green Park di mana di dalamnya terdapat edukasi mengenai pemanfaatan bahan-bahan alami untuk produk bernilai tinggi plus kebun yang sejuk dan koleksi burung yang cantik.

3. Destinasi Wisata Museum Purbakala Sangiran – Sragen

Museum Purbakala Sangiran Sragen
Gambar via DetikTravel

Masuk ke mesin waktu di mana Anda akan dibawa ke dunia sebelum masa manusia modern di museum ini.

Museum Purbakala Sangiran terletak di kawasan yang menjadi situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO karena di lokasi inilah ditemukan fosil manusia purba yang menjadi materi penting untuk mempelajari evolusi manusia dan bumi.

Anda yang tertarik dengan dunia arkeologi wajib untuk datang ke sini.

Destinasi Wisata Keluarga : Taman Kelinci

4. Objek Wisata Edukasi Museum Tubuh Bagong – Batu

Sumber gambar : TripAdvisor

Tempat wisata edukasi selanjutnya berlokasi di kota Batu, Jawa Timur. Namanya adalah Museum Tubuh Bagong, dengan berkunjung ke salah satu wisata edukasi Jawa timur ini

Anda bisa mempelajari berbagai anatomi tubuh dan sistem kerjanya. Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini, kamu bisa melihat patung kepala Bagong dari depan.

Dan untuk bisa masuk ke dalamnya, anda hanya perlu menyiapkan dana 70 ribu di saat weekend dan 50 ribu di saat hari-hari biasa untuk tiketnya. Cukup terjangkau bukan?

5. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail – Tanah Datar

Destinasi wisata edukasi rumah puisi Taufik Ismail
Image source : Wikipedia

Wisata edukatif yang berlokasi di Tanah Datar, Sumatra Barat ini menjadi tempat yang cocok bagi guru dan juga siswa untuk mempelajari puisi karya sastrawan terkemuka, Taufik Ismail.

Di Rumah puisi tersebut, terdapat koleksi 7000-an judul buku yang bisa anda baca bilamana berdarmawisata ke sana.

Tempatnya juga begitu indah karena berada di kawasan pegunungan Merapi dan Singgalang serta sawah yang masih asri. Jadi selain bisa membaca, Anda pun juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang begitu mempesona.

Lainnya : Obyek Wisata di Palangkaraya

Itulah beberapa daftar rekomendasi tempat wisata edukasi terbaik yang ada di negara kita, yuk berlibur sambil berwisata agar banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang anak muda yang gemar menulis dan bercita-cita menjadi penulis profesional

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *