Wisata Kuliner Balikpapan

9 Tempat Wisata Kuliner Balikpapan yang Memanjakan Lidah

Aktivitas sangat menarik untuk dilakukan ketika kamu berkeliling wisata kuliner balikpapan.

Salah satu kota terbesar dan biaya hidup termahal di Indonesia yang berada di provinsi Kalimantan Timur, Kota Balikpapan akan memanjakan lidah kamu dengan makanan khas. Apalagi jika kamu pecinta Seafood.

Tidak hanya di akui wisatawan lokal, para bule yang selalu mengunjungi Kota Balikpapan mengakui kelezatan kuliner yang berada di kota tersebut.

Banyak tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati makanan yang enak dan lezat. Berikut, di bawah ini kami rangkum 9 tempat wisata kuliner balikpapan yang siap memanjakan lidah.!

1. Kepiting Kenari Balikpapan: wisata kuliner balikpapan

Kepiting Kenari Balikpapan
Image: dutawisataindonesia.wordpress.com

Memiliki reputasi yang baik, Dandito dan kepiting kenari menjadi dua restoran yang khas dengan menu kepitingnya. Selain itu, mereka akan memanjakan lidah kamu dengan sajian yang khas wisata kuliner Balikpapan.

Tidak hanya kepiting, mereka juga menyajikan menu Seafood lainnya yang beralamatkan Jl. Marsma R. Iswahyudi.

2. Kedai Kopi Nam Min

Kedai Kopi Nam Min
Image: kaltim.tribunnews.com

Kedai Kopi Nam Min telah berdiri pada tahun 1958 adalah salah satu tempat wisata kuliner Balikpapan. Kedai kopi Nam Min sangat legendaris dan juga sudah berumur sekitar 59 Tahun.

Untuk mengenai lokasinya, Kedai Kopi Nam Min berada di daerah Pasar Pandan Sari kota Balikpapan. Dengan berjalannya waktu, kedai tersebut memiliki cabang yang terletak di kawasan Kebun Sayur.

Loading...

Walaupun memiliki tempat yang berbeda, khas dan rasa kopinya tidak berbeda. Mengenai masalah harga, untuk secangkir Kedai Kopi Nam Min hanya IDR 7000 saja.

Untuk Lebih menikmati kopi tersebut, kamu bisa memesan Kue Pia rasa kacang hijau atau Roti Srikaya agar kopi yang kamu seduh menjadi lebih nikmat.

3. Soto Banjar Kuin Abdhu

Soto Banjar Kuin Abdhu
Image: tripadvisor.co.id

Warung Soto Banjar Kuin Abdhu adalah salah satu kuliner yang lumayan ramai dikunjungi. Warung Soto ini terletak di Jl. A. Yani kota Balikpapan.

Dibandingkan dengan yang lainnya, kuliner yang satu ini tidak kalah lezat dan mereka menyajikannya dengan hidangan ala Restoran.

4. Bandeng Mania

Bandeng Mania
Image: facebook.com

Bandeng mania yang berada di Jl. Praja Bhakti kota Balikpapan dimana Bandeng Mania memiliki ke istimewaan tersendiri dan tentunya sangat enak untuk di santap.

Bagaimana tidak, Bandeng Mania yang di padukan dengan sambal ulekan kemangi yang dipanaskan di atas cobek yang sangat panas hingga bunyinya meletup.

5. Buras

Buras
Image: masakandapurku.com

Buras merupakan salah satu makanan khas lokal kota Balikpapan dan berasal dari suku Banjar. Makanan lezat yang satu ini di olah dengan lontong yang sangat padat dan di campur dengan kuah santan.

Jika kamu berda di Balikpapan, kamu bisa mengunjungi daerah Kebun Sayur yaitu di sekitar sentral kerajinan lokal khas kalimantan.

6. Kepiting Dandito

Kepiting Dandito
Image: Travelerien.com

Kepiting Dandito adalah tempat Favorit untuk mencicipi khas keptingnya. Tempat ini banyak dikunjungi Pejabat Pemerintahan, para Artis, hingga toko-tokoh Nasional.

Kepiting Dandito juga sudah Regional dimana kamu juga bisa menemukan restoran ini kota besar seperti: Surabaya, Yogyakarta, Jakarta hingga di negara Arab Saudi.

7. Bubur Ayam Samarinda

Bubur Ayam Samarinda Image: youtube.com

Bubur Ayam Samarinda ini sangat berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Karena bubur ayam Samarinda ini memiliki isian seperti: Irisan telur rebus, Tomat, Suir ayam, Ati Ampela, dll. Selain itu, bubur ini kuahnya sangat banyak dan melimpah.

Bubur Ayam Samarinda sangat nikmat untuk disantap di saat waktu hujan. Untuk alamatnya kamu bisa datang di Jl. Jendral A. Yani Gunung Sari Ilir kota Balikpapan.

Memiliki cabang yang banyak, tapi inilah pusatnya Bubur Ayam Samarinda.

8. Sop Konro BCA

Sop Konro BCA
Image: TripAdvisor.co.id

Sop Konro BCA adalah makanan khas Nusantara. Memiliki tempat yang tidak strategis dimana tempanya berada di Gang sempit. Siapa sangka Sop Konro BCA selalu ramai di kunjungi bahkan belum jam 12 Sop tersebut sudah habis.

Maka dari itu, kamu harus datang sebelum jam 9 pagi. Untuk alamanya, kamu bisa datang di alamat Gg. BCA, Pasar Baru.

9. Mantau

Mantau
Image: KSMTour.com

 Mantau adalah makanan khas Tionghoa kota Balikpapan di mana Mantau juga telah di campur dengan makanan khas kota Balikpapan. Mantau sangat mirip dengan Bakpao dan Mantau sejenis roti.

Perbedaan Bakpao yaitu berisi daging, coklat dan lainnya. Untuk Mantau itu sendiri asli roti dan juga memiliki citarasa tersendiri apabila saat disajikan.

Selain itu, Mantau mamiliki tekstur yang sangat lembut dimana memiliki aroma yang sangat menggoda dan rasa yang lezat ketika kamu mencicipinya.

Referensi lainHilangkan Stress: 7 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi



Loading...

Bagikan

Penulis

Syarif Sabirin
Syarif Sabirin
Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Article Seo Highquality & UX

Profil; https://bit.ly/2tRplRX
Syarif Sabirin

Penulis

Seorang Article Creator dan Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.Article Seo Highquality & UXProfil; https://bit.ly/2tRplRX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *