Tempat wisata terbaik di Indonesia

10 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia (Most Wanted)

Tempat wisata terbaik di Indonesia – Berbicara mengenai keindahan negeri penuh budaya yaitu Indonesia yang dikenal sebagai surganya wisata, baik wisata pantai, wisata alam, pegunungan ataupun wisata kuliner ini rasanya menjadi tidak lengkap apabila kita tidak menjadi turis lokal di negara kita sendiri. Ya betul, jika kita suka akan keindahan negara sendiri, pendapatan daerah dan negara juga ikut maju, jadi harus bangga deh jadi orang Indonesia, jangan justru biar terkesan wow maka wisatanya keluar negeri.

Ada berbagai macam tempat wisata terbaik di Indonesia yang memiliki keindahan yang bisa kita lihat dari sisi seperti panorama yang eksotis, alam yang menantang, hingga keindahan bangunan yang bernilai sejarah tinggi serta berbagai macam budaya yang sangat ramah untuk kita kenali. Maka dari itulah sebabnya mengapa mereka para wisatawan asing maupun domestik suka dengan keindahan alam Indonesia yang memiliki banyak pesona.

Berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia yang membentang dari Sabang, Aceh sampai Merauke, Papua memang tidak bisa kita hitung berapa banyaknya, karena setiap hari bisa saja kita menemukan tempat wisata yang belum pernah terjamah, tapi yakinlah bahwa negara kita Indonesia ini punya jutaan spot untuk kita manfaatkan sebagai tempat wisata.

Wisata Terbaik di Indonesia

Kalo kamu belum pernah merasakan tempat wisata yang dekat dengan daerah mu tapi kamu sudah menjelajah ke tempat wisata lain di luar negeri, maka dimanakah letak kecintaan kalian terhadap wisata Indonesia sendiri ?.

Maka dari itu kunjungilah berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia seperti yang dibahas dalam artikel di bawah ini. Setidaknya dapat menjadi referensi bagi para Traveller di Indonesia untuk bisa lebih tahu lagi mengenai tempat mana saja yang pantas untuk kalian kunjungi. Kalian bisa memanfaatkan waktu liburan kalian untuk melepas kepenatan dan beban pikiran selama dalam pekerjaan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia seperti dibawah ini.

Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

Dibawah ini saya akan menyajikan 10 macam tempat wisata yang menarik dan sering dikunjungi oleh banyak wisatawan asing maupun lokal. Tempat ini memang sudah terkenal dan menjadi banyak rujukan tempat wisata karena keindahannya. Apa saja ke 10 tempat wisata terbaik di Indonesia tersebut?. Mari cari tahu bersama sama!.

1. Pulau Komodo

Tempat wisata terbaik di Indonesia yang pertama dari saya yaitu Pulau Komodo. Hal ini karena pulau ini masuk ke nominasi penghargaan sebagai salah satu dari 7 pulau terbaik di dunia yang diberikan oleh UNESCO. Sehingga pulau yang berisikan sesuai namanya ini menjadi pulau yang harus dilestarikan terus-menerus dan dilindungi habitatnya yaitu Komodo dari kepunahan massal. Sebagai warisan dunia yang harus kita jaga, maka tempat ini layak kamu kunjungi saat liburan tiba.

Loading...

Komodo island via Google map location by Daniel kalling

Pulau dengan luas sekitar 390 km² ini terletak di kepulauan Sunda Kecil, Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, di sebelah timur pulau Sumbawa yang dipisahkan oleh selat yang dinamakan selat Sape. Pulau ini sampai saat ini sudah memiliki ratusan Komodo yang berbaur dengan masyarakat sekitar yang berjumlah sekitar sama. Ya pada tahun 2009 saja sudah ada 2500 Komodo yang hidup disana, da penduduknya berjumlah 2000an.

Bagi kalian yang ingin berlibur ke salah satu tempat wisata terbaik di Dunia ini, maka setidaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu biaya tour, biaya penyebrangan, dan biaya masuk disana. Jangan sampai malah repot kalo gak bikin persiapan yang matang dahulu. Salah satunya adalah Anda harus pandai pandai mengatur waktu terbaik untuk mengunjungi kesana, agar saat sepi pengunjung sehingga bisa mendapatkan banyak pengalaman yang lebih baik.

Selain fauna yang sangat khas, ada juga flora yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat pulau Komodo, yaitu berupa pohon sepang yang biasa digunakan sebagai bahan baku obat obatan alami yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi obat ampuh, selain itu kayu ini juga sering digunakan sebagai pewarna pakaian yang mereka tenun sendiri. Tak hanya itu, ada juga tanaman nitak yang juga dapat digunakan sebagai bahan baku obat, dan katanya bijinya seperti rasa kacang polong, rasanya pun asin gurih gitu. Bagi kalian yang penasaran seperti apa, silakan segera saja take out menuju Pulau Komodo.

2. Raja Ampat Papua

Raja Ampat di Papua juga menjadi salah satu dari 10 tempat wisata terbaik di Indonesia versi saya sendiri.Kepulauan Raja Ampat ini sebenarnya terdiri dari 4 gugusan pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan satunya lagi yaitu Pulau Batanta. Secara administratif, pulau ini terletak di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau ini menjadi salah satu tempat terbaik dari 10 tempat di dunia sebagai tempat untuk para penyelam. Jadi tak heran, berbagai ahli selam dari seluruh penjuru dunia termasuk dari Indonesia sendiri datang kesini demi mendapatkan sebuah foto pemandangan bawah laut yang eksotis.

Raja ampat papua via Google map location by Steven tandingan

Kalian suka menyelam? Jangan sampai Anda ngaku hobi diving atau menyelam apabila belum pernah mengunjungi tempat wisata bawah laut yaitu raja Ampat ini. Karena disini surganya para penyelam terhebat, kalian bisa bertemu dengan para penyelam dari seluruh penjuru dunia saat kalian datang kesana. Dan disekitar area itu pasti sudah banyak berjejer jasa penyewaan alat renang dan tabung gas, saya belum tahu harga sewanya, apakah mencapai jutaan rupiah atau tidak.

Selain itu, di bawah laut sana juga ada yang meneliti bahwa raja Ampat adalah kerajaan flora dan fauna bawah laut terlengkap di dunia. KIta sebagai warga negara Indonesia sendiri, juga harus turut bangga akan hal ini. Karena ini adalah kekayaan alam yang tidak bisa dibeli dengan apapun juga. Dengan kelengkapan berbagai habitat lautnya mulai dari berbagai jenis ikan, karang laut, siput laut dan sebagainya yang menambah keindahan dan eksotisme raja Ampat ini.

Ada lebih dari 2000 jenis spesies laut yang berupa karang laut disana. Dan dikatakan juga bahwa 75% spesies karang laut di seluruh dunia ada di bawah laut kepulauan raja Ampat ini. Amazing bukan?. Selain itu saat kalian mulai menyelam pada kedalaman yang tidak terlalu dalam, kalian akan menekan beragam ikan warna warni yang unik, ikan pari, kuda laut dan beragam Anemon laut yang sangat mempesona. Jadi kalau kamu menyelam disini, maka itu sudah mewakili dari menyelam di seluruh penjuru dunia. Jadi jangan ragu untuk mencobanya juga yah….

3. Pulau Bali

Tempat wisata terbaik di Indonesia selanjutnya yang ke-tiga yaitu Pulau Bali . Ada beberapa macam tempat wisata disana, seperti Ubud, Kuta, Badung, Denpasar, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Gianyar, Singaraja, Negara, Jembrana, Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Kuta Selatan, Badung, Istana Klungkung, Batur Natural Hot Spring. Dari situlah Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman saat berkunjung ke Bali ini. Karena Anda akan disambut dengan ramah dan sopan oleh warga pulau yang terletak di sebelah timur pulau Jawa di Provinsi Jawa timur ini.

Banyu mala waterfall via via Google map location by Ketut ardi wijaya

Ada beberapa tempat yang saya sarankan untuk Anda kunjungi saat berada di Bali. Yah mungkin kalian bingung mau kemana saja saat sudah berada di sana, karena saking banyaknya pilihan tempat. Jadi 3 tempat berikut ini bisa menjadi rekomendasi referensi wisata di Bali untuk Anda.

1. Pura tanah lot

Disana kalian bisa menemukan batuan karang besar yang diatasnya dibangun pura suci yang mengagumkan. Pada saat matahari terbenam, kamu bisa melihat keindahan alam yang luar biasa. Jadi jika kalian gak berkunjung ke sini kalian rugi. Disana juga Anda bisa menemui ular laut putih yang jinak yang katanya adalah adalah penjaga pura itu. Jadi silakan coba saja kalau kalian penasaran…

2. Pantai Kuta Bali

Ini adalah lokasi di Bali yang sangat sangat terkenal sejak zaman dulu, karena dulunya ini adalah pelabuhan besar yang memiliki fasilitas sangat lengkap. Dengan pasir putih yang membentang luas, langit biru yang membentang kalian bisa menemukan beragam keindahan langit yang sangat eksotis saat kalian menemui matahari terbenam. Jadi cobalah untuk datang kesini saat matahari mulai mau terbenam agar bisa menikmati sunset yang begitu memantulkan warna oranye pada air laut. Sungguh memukau…

3. Danau Beratan Bedugul Bali

Saat berkunjung kesini yang kalian temui adalah kedamaian hati asalkan gak sesak oleh pengunjung yang datang berdesakan. Jadi kalau memang kalian ingin kesini, mintalah cuti pada hari kerja agar bisa menemukan kedamaian. Di daratan yang terletak di pinggir danau ada pura yang dinamakan pura Ulun Danu. Kalian bisa menemukan pesona alam yang indah di pegunungan dari pura ini.

Wisata Terbaik di Indonesia
bratan lake via google by MrEdytoy

Itulah ketiga hal tentang tempat wisata terbaik di Indonesia tepatnya di Bali. Kalian bisa mencoba untuk pergi kesana saat ini juga jika memang ingin merefresh pikiran kalian yang jenuh akan pekerjaan pekerjaan dan pekerjaan.

4. Pulau Lombok

Salah satu tempat terbaik di Indonesia dari 10 tempat yang saya bahas disini yaitu Pulau Lombok. Tempat ini sudah terkenal ke segala penjuru dunia loh .. mulai negara tetangga hingga ke Eropa pun banyak yang datang kesini setiap tahunnya, karena ada kelebihan unik yang bisa kalian dapatkan yang tak bisa kalian temukan di tempat lainnya. Bahkan ada yang bilang bahwa wisata di Lombok lebih baik dan lebih indah daripada keindahan alam di Bali.

Lombok island Google map location by Yogi deva

Di pulau Lombok, saya akan membahas 3 tempat yang bisa jadi referensi bagi kalian. Sehingga tidak bingung lagi saat kalian mau kesana. Inilah ketiga tempat tersebut:

1. Gunung Rinjani

Gunung yang sering dijadikan tempat tantangan tersendiri bagi para hiking atau para pendaki gunung, karena gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Jadi apabila bisa sampai ke puncak gunung ini saat mendaki, maka ini adalah kebahagiaan yang penuh rasa bangga, selain pencapaian, berbagai pemandangan yang sangat memukau juga bisa kalia Gunung ini terletak dalam 3 kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung ini menjadi gunung berapi yang didaki favorit para pendaki dari berbagai dunia. Mereka bisa melihat Taman Nasional Gunung Rinjani yang masih sangat fresh dan nyaman untuk didaki. Berbagai pemandangan ke hamparan pulau Lombok juga menjadi bagian dari proses pendakian yang dapat kalian dapatkan. Bagi kalian pencinta hiking, maka jangan sampai melewatkan untuk tidak mendaki gunung satu ini.

2. Pantai Kuta

Sama seperti pantai Kuta di Bali, panta Kuta di Lombok juga gak kalah indahnya loh…. ada banyak sekali keindahan alam yang terpapar disana. Seperti hamparan pasir putih yang sangat luas, bentangan langit biru yang megah, kicauan burung-burung yang bersahutan, deburan ombak ringan yang menambah rasa penasaran Anda untuk berkunjung kesana. Bagi yang ingin kesana, pantai ini dekat dengan Bandara Internasional Lombok, terletak di desa Kuta. Jadi jangan takut untuk pergi kesini ya, karena rute yang ditempuh juga mudah kok.

3. Pantai Bangko Bangko Lombok

Pantai Bangko Bangko ini disebut juga dengan desert point. Merupakan pantai yang digunakan untuk berselancar ria bagi mereka yang sudah PRO dalam hal surfing. Karena menurut International surfing Association, pantai ini merupakan salah satu dari 10 pantai di dunia yang digunakan sebagai selancar dengan ombak terganas di dunia. Jadi bisa dibayangkan berapa meter gulungan gulungan ombak besar yang ada di pantai ini. Karen ombaknya yang besar pantai ini digunakan sebagai sarana melatih adrenalin para peselancar dunia. Dari berbagai ujung negeri pun rela datang kesini untuk menantang ganasnya ombak. Disini juga tersedia banyak penginapan bagi kalian yang ingin menginap disana. Dari Bali, kamu bisa naik ferry untuk bisa sampai kesana.

5. Taman Nasional Bunaken

Hayo siapa yang pernah kesini? Taman Nasional Laut Bunaken ini merupakan salah satu dari berbagai tempat wisata terbaik di Indonesia loh, jadi hukumnya agak wajib untuk kalian kunjungi kalau Anda ingin mencari refreshing dengan mencoba diving atau menyelam. Taman yang hampir 97% merupakan bagian yang berisikan habitat laut dan sisanya adalah daratan ini memang terkenal akan keindahan bawah lautnya, ya walaupun tidak setenar raja Ampat namun taman Nasional yang terletak di Sulawesi Utara ini patut kalian jadikan tempat menyelam yang lumayan lengkap habitat lautnya.

Wisata Terbaik di Indonesia
Taman laut bunaken via google by Ihsan fernando

Di taman Nasional ini, kalian bisa menemukan beberapa jenis habitat laut yang terdiri dari beberapa jenis, seperti 390 macam terumbu karang, mamalia laut, reptil, dan juga berbagai jenis spesies ikan yang berwarna warni. Sehingga hal ini menarik perhatian turis lokal maupun turis asing. Dan data tahun 2006, 10 tahun lalu saja ada setidaknya 40000 pengunjung tercatat datang kesana untuk menikmati keindahan bawah laut dari taman Laut Bunaken ini.

Jadi saya merekomendasikan kepada kalian semua untuk mencoba menjelajahi keindahan alam bawah laut di Bunaken ini, karena ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang memiliki banyak sekali keindahan yang tak ditemukan di tempat lain. Hal ini karena laut Bunaken ini menjadi suatu perwakilan dari ekosistem laut di perairan Indonesia, seperti terumbu karang, rumput laut dan juga berbagai ekosistem pantai.

Di daerah ini, dihuni oleh warga yang berasal dari 22 desa, dan jumlah mereka sekitar 40 ribuan penduduk. Dan kehidupan mereka kebanyakan adalah petani rumput laut, nelayan, dan ada juga yang bekerja sebagai pemandu wisata. Jika Anda berkunjung kesana, jangan sampai merusak ekosistem laut ya… apalagi sampai merusak terumbu karang, karena banyak orang yang menggunakan berbagai cara seperti pengeboman sehingga terumbu karang rusak. Dan jangan lupa agar selalu menjaga kebersihan taman Nasional Bunaken ini ya sob. Kasihan semua habitat laut akibat ekosistem laut yang mulai tercemar oleh manusia itu sendiri.

6. Candi Borobudur

Tujuan selanjutnya adalah ke Kota Magelang Jawa Tengah, yaitu mengunjungi salah satu bangunan dari 7 keajaiban dunia. Yaitu Borobudur yang megah sebagai bukti peninggalan sejarah yang panjang. Bila kalian suka akan sejarah, maka ini bisa jadi tujuan wisata sejarah kalian. Terutama bagi anak anak seperti anak sekolah untuk belajar tentang sejarah masa lampau. Candi Borobudur terletak di kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Borobudur via Google map location by Erich koeck

Candi Borobudur memiliki alas dengan lebar 123 meter kali 123 meter, ya benar bentuknya persegi, dan memiliki ketinggian hingga 42 meter. Borobudur ini merupakan kuil Budha yang paling besar sedunia. Jadi hanya di Indonesia saja ada Candi sebesar itu. Dulunya candi ini dibangun dengan membuatnya seperti Model alam semesta raya. Tujuan dibuatnya adala untuk membuat sebagai tempat pemujaan budha dan juga sebagai tempat ziarah, untuk menuntun manusia menuju hidup yang lebih tinggi.

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia, candi Borobudur juga bisa memberikan pengalaman yang berbeda dari pada Anda mengunjungi ke tempat tempat sebelumnya yang saya tulis dibagian atas, poin sebelumnya itu. Jadi silakan kalian jika ingin berwisata sejarah, kunjungi aja candi Borobudur ini, apalagi untuk kunjungan belajar siswa, maka ini bisa jadi alternatif liburan dan sebagai sarana pembelajaran.

Wisata yang terkenal murah ini juga pernah di kunjungi oleh bos Facebook yaitu Mark Zuckerberg saat berkunjung ke Indonesia pada beberapa tahun lalu. Jadi kenapa kamu belum mengunjungi keajaiban dunia di negara sendiri sebelum mengunjungi ke tempat lainnya?. Jadi segera kunjungi agar tidak hanya turis asing yang memenuhi candi ini.

7. Taman Nasional Wakatobi

Kayaknya sudah pada tahu deh mengenai taman Nasional Wakatobi ini yah… Yap benar, taman Nasional bawah laut yang terletak di kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memang bisa jadi tujuan tempat wisata terbaik di Indonesia.

Karena tempat ini menjadi tempat yang diprioritaskan tinggi dalam konservasi laut di Indonesia. Karena disini ada banyak sekali keanekaragaman Hayati bawah laut yang harus selalu dijaga dan dilestarikan oleh kita semua. Sehingga anak cucu kita nantinya juga masih bisa menikmati langsung keindahan alam ini.

Wisata Terbaik di Indonesia
Wakatobi National Park by www.triptrus.com

Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, bahwa di taman Nasional laut Wakatobi ini setidaknya ada 112 jenis terumbu karang laut. Inilah beberapa daftar diantaranya:
*.Acropora formosa
*.Hyacinthus
*.Psammocora profundasafla
*.Pavona cactus
*.Leptoseris yabei
*.Fungia molucensis
*.Lobophyllia robusta
*.Merulina ampliata
*.Platygyra versifora
*.Euphyllia glabrescens
*.Tubastraea frondes
*.Stylophora pistillata
*.Sarcophyton throchelliophorum
*.Sinularia spp.

Selain menawarkan keindahan bawah laut berupa gugusan karang yang begitu menakjubkan, ada juga beragam jenis ikan hias yang sangat unik untuk kita lihat. Jadi bagi kalian yang ingin kesini, gak usah takut rugi. Karena berbagai jenis ikan dan pemandangan bawah laut yang memukau dan eksotis bisa kalian dapatkan saat menyelam, snorkling, dan melihat dari perahu. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan dari melihat kebudayaan mereka yang unik.

Disana juga terdapat pulau seperti pulau Hoga, Binongko, Tamia yang mana itu menyediakan kepada para turis asing maupun lokal tempat tempat yang unik untuk kegiatan disana semacam menyelam/diving yang disertai tabung gas, snorkeling/hanya mengambang, berbagai jenis wisata bahari, berenang di tepian pantai, untuk kegiatan berkemah bersama teman dan keluarga, dan juga menampilkan beragam wisata budaya yang menarik untuk kalian lihat. Jadi bisa saya pastikan kalau kalian tidak mengunjungi tempat ini maka kalian akan menyesal loh… terutama yang hobi traveling ke laut seperti menyelam.

Baca juga : Pulau Anambas, Kepulauan Tropis Indonesia yang Terindah di Asia

8. Puncak Es Gunung Jaya Wijaya

Kalau kalian yang ingin tantangan dalam bentuk pendakian ke puncak puncak dunia, sebelum kalian mencapai puncak Himalaya atau everest, coba dulu capai target agar bisa mencapai puncak jaya Wijaya yang merupakan salah satu dari 7 puncak di dunia. Ketinggian gunung ini yaitu 4.884 yang dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Sehingga kalau sebelumnya saya membahas mengenai gunung Rinjani, jika kalian bisa mencapai gunung Rinjani dengan baik, maka cobalah untuk naik level ke gunung puncak jaya Wijaya Papua ini.

Puncak Jaya Wijaya via Google map location by Ihsan hakiem

Disini memang kalian bisa menemukan sensasi serasa di pengunungan Himalaya, karena degan adanya es pada puncaknya yang juga sangat dingin. Namun karena terletak di daerah garis katulistiwa, maka efek dingin yang dihasilkan kurang mantap. Dan bahkan es ini ketebalannya mulai berkurang karena adanya efek pemanasan global.

Jadi kalian para pendaki, sebelum Anda melakukan pendakian, persiapkan diri Anda minimal 3 bulan sebelum pendakian agar saat kalian mendaki tidak ada gangguan yang menyebabkan kalian sendiri yang kerepotan bahkan merepotkan orang lain. Jangan lupa bawa peralatan yang lengkap seperti untuk berkemah, baju tebal, perlengkapan P3K, oksigen, bekal makanan yang cukup. Ini akan membuatmu lebih merasa baik daripada membawa peralatan seadanya saja.

Dengan persiapan fisik yang telah dilakukan jauh hari sebelum mendaki gunung ini, maka kalian akan mendapatkan banyak hal positif, sehingga Anda disana akan bangga apabila bisa mencapai puncak dengan ketinggian 4 km lebih. Pasti merasakan sensasi yang luar biasa deh.

9. Danau Toba

Kalau bicara soal legenda, tempat ini adalah jagonya, dengan ceritanya yang semua orang sudah tahu ini tentang si Samosir, hal ini menjadikan tempat ini sebagai tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebagai salah satu dari 10 tempat wisata terbaik di Indonesia, danau Toba menjadi tempat yang saya rekomendasikan kepada kalian semua untuk dikunjungi.

Wisata Terbaik di Indonesia

Toba lake via google by Hans koetsier

Danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan danau terbesar di Indonesia loh… bahkan danau terbesar di Asia Tenggara. Hal ini karena danau ini memiliki ukuran panjang 100 km kali lebar 30 km. Namun pada bagian tengahnya ada pulau vulkanik bernama pulau Samosir.

Ada banyak objek yang bisa kalian kunjungi saat kalian berada di Danau Toba ini, diantaranya ke Pulau Samosir, Pulau Sibandang, Tongging, Bakara, Pantai Lumban Silintong Balige, Pusuk buhit, Parapat, Kampung Siallagan, Rumah tempat Pengasingan Presiden RI Soekarno, Desa Suhi Suhi, Tuk Tuk, Tomok, Pangururan, Simanindo, Ambarita, dan juga Sipinsur. Jadi Anda dapat berkunjung ke salah satu tempat yang kalian anggap menarik dan bisa memberikan refreshing yang baik bagi pikiran Anda. Sehingga kalian bisa segera mencoba mengunjunginya setelah tahu beberapa tempat di atas ya…

Disana Anda juga akan menemukan kebudayaan masyarakat Sumatera yang memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga kalian bisa belajar menanggapi berbagai perbedaan budaya dan menyikapinya dengan toleransi tinggi. Ini adalah kearifan lokal yang perlu di pertahankan.

10. Gunung Bromo

Tempat wisata terbaik di Indonesia yang terakhir yaitu Gunung Bromo. Gunung ini adalah gunung aktif dengan Puncaknya yang datar. Selain itu, permukaan pasir pada lereng gunung membuat para pendaki lebih lama mendaki. Karena pengalaman orang lain dulu kalo kita melangkah kan 3 langkah ke atas, kita akan turun 1 langkah, ya ini karena pasir itu tadi. Jadi butuh tenaga ekstra dan kaki yah kuat. Jadi sebelum kalian kesini kalia harus mempersiapkan diri Anda jauh hari agar kalian tetap aman.

Bromo mountain via Google map location by Saint-gerand

Kita bisa naik kesana saat sore hari atau pada saat Malam hari. Karena besoknya adalah hal yang paling ditunggu yaitu bisa menyaksikan matahari terbit atau sering disebut sebagai sunrise. Pemandangan yang sangat mengagumkan adalah kepuasan tersendiri sekaligus sebagai bayaran yang patut untuk sebuah perjuangan keras yang sangat capek dan lelah menuju ke puncak. Maka dari itu untuk kelancaran menuju ksana, beragam peralatan mendaki , p3k, oksigen dan bekal juga harus kalian bawa.

Oh ya… diatas sana itu dingin sekali…. jadi pastikan kalian menuju kesana dengan memakai pakaian yang tebal, sehingga tidak kaku kedinginan. Untuk kamu para wisatawan, agar dapat menikmati sunrise yang bagus, ada 5 spot view yang bisa kalian coba, yaitu:

*. Pananjakan 1
*. Sruni Point
*. Bukit Cinta
*. Bukit KingKong
*. Puncak B29

Dibawah sebelum keatas, ada masyarakat yang berasal dari suku Tengger yang kebanyakan menganut agama Hindu. Ini karena Gunung Bromo itu menurut kepercayaan adalah berasal dari kata Brahmana yang merupakan dewa. Jadi setiap beberapa waktu sekali atau saat sedang aktif, maka seringkali mereka membuang tumbal ke dalam kawah puncak gunung Bromo ini.

Bila kalian ingin kesini dengan mengambil jalur dari Malang, maka kalian bisa mengambil jalur menuju desa Bulak Klakah, lalu dilanjutkan menuju jalur Lumajang pada kawasan Jemplang, lalu diteruskan dengan menyusuri Padang savana Untuk menuju ke puncak gunung Bromo. Ya inilah salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia yang penuh tantangan, terutama bagi pendaki.

Demikianlah beberapa macam tempat wisata terbaik di Indonesia yang bisa kami persembahkan kepada kalian. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian untuk menjadi rujukan apabila kalian ingin pergi ke tempat wisata saat Anda liburan atau cuti. Kalian dapat mencari lebih lanjut mengenai informasi diatas satu persatu di referensi lainnya. Jika serasa bermanfaat, Jangan lupa share ya…


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *