Seoul Travel Guide: 10 Tempat yang Perlu Dikunjungi di Seoul

Seoul, sebagai ibu kota Korea Selatan, adalah tempat di mana modernitas, budaya dan sejarah hidup berdampingan di setiap sudut kota. Untuk melihatnya, saya rekomendasikan 10 tempat yang perlu dikunjungi saat traveling di Seoul.

Seoul menawarkan pengalaman tak biasa bagi wisatawan mancanegara. Di satu sisi terlihat tata kota modern yang rapi dan bersih, dan sisi lain terdapat tempat-tempat bersejarah yang menyimpan kebudayaan Korea dengan baik.

Baca juga10 Tantangan Traveling di Tiongkok, Ternyata Menjelajah Tiongkok Tidak Mudah

10 Tempat yang Harus Dikunjungi Saat Traveling ke Seoul

Kalau tidak mengunjungi tempat-tempat ini, anda akan merasa seperti tidak pernah traveling ke Seoul.

1. Pasar Gwangjang

Seoul Travel Guide
Image : thisiskoreatours.com

Sebelum mulai berkeliling kota, sebaiknya anda mengisi perut dulu. Dan tempat terbaik di Seoul untuk mencari makanan khas Korea adalah Pasar Gwangjang yang dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner. Ada ratusan lapak kuliner di Pasar Gwangjang.

Muslim traveller tak perlu takut kelaparan di sini, karena ada pedagang yang menjual makanan versi halal untuk pembeli beragama Islam. Atau anda bisa memilih makanan yang muslim-friendly seperti kimbap, bibimbap, atau makanan vegetarian.

Kalau ingin lebih yakin halal, anda bisa melihat sendiri bahan-bahan dan cara pembuatannya. Karena makanan biasanya dimasak mendadak di depan pembeli. Soal kebersihan, tak perlu diragukan.

Jam buka: Sekitar jam 11 pagi sampai jam 4 sore.

Loading...

2. Museum Kimchikan

Seoul Travel Guide
Image: theseoulguide.com

Kalau anda ingin tahu lebih banyak tentang kimchi khas Korea, maka datanglah ke Museum Kimchikan. Anda tahu? Kimchi sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda di Korea oleh  UNESCO.

Di Museum Kimchikan pengunjung bisa melihat display puluhan jenis kimchi yang berasal dari seluruh Korea, mengetahui sejarah kimchi, mencicipi kimchi, dan belajar cara membuat kimchi. Jadi saat kembali ke tanah air, anda bisa membuat kimchi sendiri.

Jam buka: jam 10 pagi sampai jam 6 sore, hari Selasa sampai Minggu. Hari Senin tutup.

Harga tiket: 5.000 won untuk dewasa,  3.000 won untuk remaja, 2.000 won untuk anak-anak. Biaya kursus memasak dari 6.000 won hingga 20.000 won.

3. Istana Gyeongbokgung

Seoul Travel Guide
Image : travelhabeat.com

Istana Gyeongbokgung yang pertama dibangun tahun 1395 ini adalah karya menakjubkan dari arsitektur Dinasti Joseon.

Istana Gyeongbokgung adalah landmark penting bagi Korea Selatan dan kini menjadi spot pariwisata andalan, serta sering dijadikan lokasi syuting film sejarah Korea.

Tips: Luangkan waktu seharian untuk mengunjungi Istana Gyeongbokgung, Museum Nasional Korea, serta Museum Nasional Rakyat Korea. Dan jangan lewatkan Upacara Pergantian Penjaga Istana yang berlangsung tiap jam, antara jam 10 pagi dan jam 3 sore.

Harga tiket: 3.000 won.

Jam buka: jam 9 pagi sampai jam 6 sore, hari Rabu sampai Senin. Hari Selasa tutup.

4. Kampung Hanok Bukchon

Seoul Travel Guide
Image : thisgirlabroad.com

Kampung Hanok Bukchon terletak di antara Istana Gyeongbokgung dan Istana Changdeokgung. Kampung Hanok Bukchon sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Kompleks perumahan ini dipenuhi oleh rumah tradisional Korea yang disebut hanok, dibangun pada masa Dinasti Joseon. Warga Kampung Hanok Bukchon bangga memiliki rumah bersejarah yang sudah menjadi tempat tinggal keluarga dan leluhur mereka selama beberapa generasi.

Harga tiket: Gratis

Waktu kunjungan terbaik: antara jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

5. Museum Sejarah Seoul

Seoul Travel Guide

Aula Museum Sejarah Seoul memiliki luas 7.034m². Di sini pengunjung bisa belajar sejarah Seoul dari zaman pra sejarah hingga zaman modern. Terdapat pula pameran interaktif yang menampilkan banyak artefak dari zaman Dinasti Joseon.

Tidak kalah menarik, terdapat pameran yang menampilkan cuplikan dari garis besar kehidupan sehari-hari di kota Seoul.

Karena itu, Museum Sejarah Seoul adalah tempat yang tepat untuk lebih mengenal kehidupan Seoul: sejarahnya, budayanya, dan gaya hidupnya.

Harga tiket: Gratis (Tapi beberapa pameran khusus menarik biaya 700 won)

Jam buka: jam 9 pagi sampai jam 9 malam, hari Senin sampai Jum’at. Dan jam 9 pagi sampai jam 7 malam, hari Sabtu-Minggu.

6. War Memorial of Korea

Seoul Travel Guide

War Memorial of Korea memiliki lebih dari 84.000m² luas lantai, dan lebih dari 33.000 artefak. Saat mengunjunginya, anda akan merasa seolah menjelajahi waktu ke masa perang Korea.

Museumnya sendiri menampilkan lebih dari 10.000 artefak yang terbagi ke dalam enam tema. Semuanya bervariasi dari model benteng zaman dulu, Kapal Kura-kura dari Dinasti Joseon, hingga persenjataan besar seperti tank, misil, helikopter, dan pesawat tempur.

Harga tiket: Gratis

Jam buka: jam 9 pagi sampai jam 6 sore, hari Selasa sampai Minggu. Hari Senin tutup.

7. Menara Seoul N

Seoul Travel Guide
Image : trazy.com

Menara Seoul N berada di atas Gunung Namsan, dan merupakan salah satu struktur tertinggi di Korea. Menara Seoul N dinamai juga Menara Namsan, sering dijadikan tempat syuting film dan variety show Korea.

Anda bisa mendaki Gunung Namsan seperti biasa, atau naik kereta gantung langsung menuju menara. Di sana ada observatorium untuk melihat panorama spektakuler dari kota Seoul.

Pagar besi di bawah menara dipenuhi oleh gembok. Katanya, pasangan yang memasang gembok di sana akan membuat cinta mereka abadi. Kok banyak yang percaya cerita ngawur seperti itu?

Harga tiket: 10.000 won untuk masuk observatorium. 14.500 won untuk naik kereta gantung.

Jam buka: jam 10 pagi sampai jam 10:30 malam, setiap hari. Tidak ada hari libur.

8. Museum Gahoe

Seoul Travel Guide
Image : globalblue.com

Museum Gahoe adalah cara yang tepat untuk melihat masa lalu Korea Selatan lewat lensa seniman tradisional. Karena Museum Gahoe  adalah museum kelas dunia yang menampilkan karya seni dan kerajinan khas Korea.

Begitu masuk ke dalam rumah hanok di dalam area Museum Gahoe, anda bisa melihat 2.000 artefak, dari lukisan rakyat, hingga benda-benda religius.

Harga tiket: 2.000 won untuk masuk ke museum.

Jam buka: jam 10 pagi sampai jam 6 sore, hari Selasa sampai Minggu. Hari Senin tutup.

9. Taman Hiburan Lotte World

Seoul Travel Guide
Image : chopstickswide.com

Lotte World adalah taman hiburan indoor terbesar di dunia, dengan luas area 7 hektare. Entah anda traveling dengan keluarga atau traveling sendirian, Lotte World akan membuat perjalanan anda di Seoul lebih berkesan.

Tip: Cek website resmi Lotte World untuk mendapatkan kupon diskon.

Harga tiket: All-day pass 52.000 won untuk dewasa, 45.000 won untuk remaja, 41.000 won untuk anak-anak. Tiket masuk saja 36.000 won untuk dewasa, 32.000 won untuk remaja, 29.000 won untuk anak-anak.

Jam buka: jam 9:30 pagi sampai jam 10 malam, hari Senin sampai Kamis. Jam 9:30 pagi sampai jam 11:00 malam, hari Jum’at sampai Minggu.

10. Pasar Terbuka di Jalan Insadong

Seoul Travel Guide
Image : theseoulguide.com

Sebelum pulang ke tanah air, ada baiknya anda mengunjungi pasar di Jalan  Insadong untuk membeli oleh-oleh. Atau sekadar melihat-lihat.

Di pasar Insadong anda bisa melihat ribuan jenis souvenir tradisional yang dijual di pasar terbuka. Dari baju hanbok tradisional, tembikar, kaligrafi, bahkan funiture pun  dijual di pasar Insadong.

Tip: Anda bisa menyewa baju hanbok tradisional dan memakainya selama jalan-jalan di pasar Insadong.

Jam buka: jam 10 pagi sampai jam 6 sore, setiap hari.

Travel guide ini memang tidak lengkap, karena banyak sekali tempat menarik di Seoul. Tapi tetap bisa jadi starting point yang bagus, terutama bagi anda yang baru pertama kali ke Seoul.

*Catatan: Harga yang ditampilkan per bulan Agustus 2018. Harga bisa berubah sewaktu-waktu


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *