Review ProdukTekno

Terbaru! Bocoran Lengkap iPhone 12 Series, Akan dirilis Pada Q2 2020

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series – Telah banyak rumor dan spekulasi seputar smartphone yang akan menjadi suksesor dari iPhone 11. Bahkan nama dari smartphone tersebut pun hingga kini masih belum diketahui.

Akan tetapi jika mengikuti penamaan yang Apple gunakan, smartphone tersebut kemungkinan besar akan diberi nama iPhone 12 yang kabarnya akan dirilis pada Q2 tahun depan.

Apple sendiri belum memberikan informasi mengenai tanggal rilis atau spesifikasi dan fitur smartphone tersebut. Namun bekat beberapa bocoran dan rumor yang beredar, kita bisa mengetahui sedikit fitur dan spesifikasi serta desain yang akan digunakan oleh iPhone 12.

Di artikel ini, kita akan bahas secara lengkap mengenai berbagai macam aspek yang mungkin/tidak menjadi bagian dari suksesor iPhone 11 Series tersebut.

Langsung saja kita bahas satu per satu.

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series

Desain iPhone 12

Bocoran penampakan telah di-unggah oleh PhoneArena pada bulan November lalu. Penampakan tersebut menunjukan desain render smartphone yang dipercaya sebagai iPhone 12.

Sumber: PhoneArena

Menurut bocoran tersebut, Sepertinya iPhone 12 masih akan menggunakan desain notch pada layarnya.

Tidak hanya itu, iPhone 12 juga kabarnya akan kembali menggunakan desain estetika kotak seperti iPhone 4 & iPhone 5.

Akan tetapi, bocoran lain melaporkan bahwa iPhone 12 Series akan menyingkirkan notch dengan cara memindahkan sensor dan kamera selfienya pada bezel bagian atas.

Sumber: https://twitter.com/BenGeskin/status/1177242732550610945

2020 iPhone juga kabarnya akan menggunakan rangka/chassis yang telah di-desain ulang untuk menyerupai estetika/gaya iPhone 4.

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series
Sumber: PhoneArena

Di era multiple camera yang sedang trending sekarang ini, sepertinya sudah waktunya bagi Apple untuk mulai mengikuti trend tersebut.

Terlihat bahwa bahwa iPhone 12 menggunakan Quad Camera yang disusun dengan desain kotak pada bagian belakang.

iPhone 12 SoC

Untuk performa, Suksesor dari iPhone 11 ini dilaporkan akan dipersenjatai dengan SoC terbaru Apple yang dibuat menggunakan fabrikasi 5nm milik TSMC.

SoC tersebut akan dinamakan Apple A14 Bionic dan tentunya akan menjadi suksesor dari A13 Bionic yang dibuat menggunakan fabrikasi 7nm process. Menurut spekulasi, A14 Bionic kabarnya akan 15% lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan A13.

Pastinya, SoC tersebut juga akan digunakan untuk perangkat milik Apple lain e.g iPad Pro untuk kedepanya.

Tidak hanya itu, TSMC juga kabarnya akan terus mengembangkan teknologi fabrikasi miliknya. TSMC sendiri merasa percaya diri, mereka mengatakan bahwa pada tahun 2020 mendatang, TSMC akan mulai memproduksi SoC menggunakan fabrikasi 3nm dan pada tahun 2024, mereka akan mulai untuk memproduksi SoC 2nm secara masal.

Selain itu, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max juga kabarnya akan menggunakan RAM berkapasitas 6GB dan dengan mulai di-implementasikanya teknologi 5G sekarang ini, Apple mungkin akan mulai melengkapi perangkat miliknya dengan dukungan jaringan 5G.

Belum lama, setelah berdamai dengan Qualcomm, Apple akhirnya telah menanda-tangani kontrak multi-year dan iPhone 12 kabarnya akan menggunakan modem 5G dari Qualcomm.

Apple sendiri juga sudah mulai untuk mengembangkan teknologi 5G miliknya. Untuk kedepanya, beberapa produk Apple seperti iPad dan iPhone akan mulai menggunakan modem 5G milik perusahaan itu sendiri.

iPhone 12 Series Display

Apple kabarnya sudah tidak akan menggunakan LCD panel untuk smartphone miliknya. Semua varian iPhone 12 bahkan yang termurah sekalipun akan menggunakan OLED display.

Varian termurah tersebut kabarnya akan menggunakan layar berukuran 5.42-inchi sedangkan iPhone Pro dan Max Pro akan memakai layar yang ukuranya lebih besar yaitu 6.06-inchi & 6.67-inchi.

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series
Sumber: https://twitter.com/UniverseIce/status/1152928927037308928

Sekarang juga sudah banyak smartphone yang menggunakan high-refresh rate display dan kabarnya, 2020 iPhone juga akan menggunakan layar 120Hz yang Apple namakan dengan “ProMotion” Display.

Laporan terbaru juga mengatakan bahwa semua varian iPhone 12 Series akan dilengkapi dengan dukungan 5G yang juga dilengkapi dengan teknologi 3D Sensing System & Motion Control.

iPhone 12 Touch ID

Apple akhirnya akan mulai menggunakan teknologi fingerprint scanner. Menurut rumor, iPhone 12 series akan memulai debutnya dengan in-display fingerprint scanner untuk fitur biometrics unlocking.

Sesuai namanya, sensor/scanner tersebut akan dipasang pada bagian bawah layar seperti layaknya smartphone Android pada umumnya.

Bocoran Lengkap iPhone 12 Series
Sumber: Qualcomm

Apple juga kabarnya akan menggunakan teknologi Ultrasonic Fingerprint Scanner terbaru Qualcomm untuk smartphone tersebut.

Selain itu, Apple dikabarkan sedang menggarap teknologi Face ID terbaru yang akan memanfaatkan lensa terbaru iPhone 12 Series.

Kamera iPhone 12

Kemungkinan besar, Apple akan melengkapi iPhone 12 dengan Quad Camera setup. Namun sayangya, untuk saat ini informasi lengkap mengenai hal tersebut masih belum diketahui.

Namun menurut informasi yang telah beredar, iPhone 12 akan dilengkapi dengan 3D ToF Sensor yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas foto dan juga akan digunakan untuk fitur Augmented Reality (AR).

Sumber: PhoneArena

Smartphone tersebut juga kabarnya akan dilengkapi dengan teknologi Image Stabilization yang canggih yaitu Sensor-Shift Stabilisation.

Sensor-Shift Stabilisation sendiri telah digunakan oleh berbagai macam kamera DSLR/Mirrorless kelas atas yang bertujuan untuk mencegah guncangan/blur untuk memberikan kualitas gambar yang lebih baik.

USB Type-C?

Apple juga mungkin akan mulai mengadopsi USB TYPE-C untuk menggantikan proprietary Lightning port yang selama ini mereka gunakan.

Salah satu produk dari Apple yang telah menggunakan USB TYPE-C adalah iPad Pro yang dirilis tahun lalu. Mengingat hal tersebut, mungkin Apple akan mulai untuk meninggalkan proprietary port dan menggantinya dengan solusi universal.

Harga dan Tanggal Rilis

Kabarnya, Harga iPhone 12 Series akan sedikit lebih mahal dari iPhone 11 Series.

Namun kenaikan harga tersebut masih terbilang wajar karena menurut Analsyt ternama Ming-Chi Kuo, harga iPhone 12 hanya akan $50 lebih mahal dari iPhone 11. Hal tersebut mungkin karena iPhone 12 Series akan dilengkapi dengan dukungan 5G.

Kabarnya iPhone 2020 akan dirilis pada kuarter kedua tahun 2020 mendatang. Seperti yang sudah-sudah, bocoran pasti akan terus bermunculan menjelang dirilisnya suksesor dari iPhone 11 Series tersebut.

Sumber|Sumber2|Sumber3|Sumber4|Sumber5|Sumber6|Sumber7|Sumber8|Sumber9|Sumber10|Sumber11|Sumber12|Sumber13


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close