Dunia Internet

2 Cara Agar Kamu Terhindar Dari Isu Berita Hoax

Cara Agar Kamu Terhindar isu berita hoax – Bagi sebagian orang membaca berita telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Mereka percaya bahwa dengan membaca berita yang dipublikasikan baik melalui media cetak maupun media online akan memberikan banyak manfaat. Selain membuat mereka tetap up to date, mereka juga dapat menambah wawasan berkat informasi yang terkandung dalam berita yang telah dibaca.

Namun belakangan hadirnya berita-berita hoax di internet membuat dunia media dan publikasi menjadi perbincangan, khususnya media berita online. Tidak hanya media online baru, media online main stream pun ikut merasakan imbas berita hoax. Isu berita hoax menyebabkan sebagian penikmat berita mulai malas membaca karena khawatir mengalami dampak buruk.

Hadirnya berita hoax memang cukup meresahkan, terutama bagi bagi para pembaca berita itu sendiri. Informasi palsu yang ditulis dalam berita hoax dapat membuat pembaca terjebak dalam kepentingan materi si pembuat berita. Bahkan yang paling buruk adalah pembaca dapat terprovokasi oleh isu berita hoax tersebut.

Mulai dari terprovokasi untuk membaca berita hoax, hingga tanpa sadar membantu penyebaran berita hoax tersebut dengan cara membagikan berita hoax melalui media sosial populer yang ada.

isu berita hoax
Sumber Foto : Liputan6.com

Tidak ingin berita hoax memprovokasimu dan menghentikan langkahmu dalam menambah wawasan, mungkin menjadi alasan mengapa saat ini kamu membaca postingan ini. Kalau begitu, pastikan kamu dalam posisi santai untuk membaca postingan ini hingga selesai untuk mengetahui dua cara jitu agar kamu terhindar dari berita hoax.

#1 Cara Manual Menghindari Hoax

Kroscek ke Beberapa Sumber Media Berita

Bagi para pembaca berita online berpengalaman tentu sangat mudah untuk terhindar dari berita hoax. Namun bagi pembaca berita pemula sebagai pengguna internet amatir, mereka sangat rentan. Dan bisa jadi merekalah yang menjadi target dari pembuat isu berita hoax.

Cara manual yang cukup efektif untuk terhindar dari dampak buruk isu berita hoax adalah dengan cara mencari dan membaca berita yang sama kembali pada beberapa sumber berita lainnya. Cara ini memungkinkan kamu mengetahui kesamaan informasi yang terkandung dalam berita tersebut dengan jelas.

Informasi-informasi penting yang perlu kembali dikroscek adalah beberapa informasi seperti waktu dan tanggal kejadian, kapan, dimana dan bagaimana, hingga keterangan narasumber.

Hindari Group Tanpa Admin Rule Ketat

Kamu mungkin pernah mendengar berita heboh yang mengangkat tema atau isu dunia penerbangan dan menjadi pramugari sebagai topik beritanya. Jika belum silahkan baca : (Waspada Hoax Bertema Esek-esek di Internet) dan baca juga : (Awas! Jebakan ‘Pramugari Cantik Diculik dan Diperkosa’)

Setelah membaca berita tersebut kamu tentu dapat mengetahui bahwa pembuat isu berita hoax memiliki cara yang sangat sistematis dalam mendistribusikan konten hoax yang telah mereka buat. Salah satu cara yang telah mereka lakukan adalah mempublikasikan berita ke dalam group-group yang memiliki anggota dalam jumlah yang banyak dan peraturan admin yang tidak ketat.

Sebaiknya kamu selektif dalam memilih group sebelum akhirnya benar-benar untuk memutuskan tergabung sebagai anggota group. Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah, seperti apa standarisasi aturan yang diterapkan admin pengelola, seperti apa konten yang ada dalam group tersebut, dari mana sumber-sumber konten yang dipublikasikan dalam group tersebut.

Jangan Hanya Tertarik Oleh Foto atau Gambar

Dalam dunia publikasi, termasuk publikasi berita foto atau gambar menjadi salah satu elemen penting. Media online kredibel, biasanya menyertakan foto real yang berkaitan dengan isi berita, bukan menampilkan foto yang bertujuan sekedar untuk menarik perhatian pembaca saja.

Selain memperhatikan kualitas foto atau gambar dalam berita yang akan kamu baca, sebelum benar-benar membaca, maka pastikan kamu memperhatikan judul berita. Apakah judul berita yang dibuat sudah benar yaitu mengandung unsur subyek dan predikat. Sebaiknya kamu juga bersifat skeptis ketika membaca berita dengan judul yang mengandung “clickbait“.

#2 Hindari isu berita hoax dengan Aplikasi

Menggunakan bantuan aplikasi untuk terhindar dari isu berita hoax adalah salah satu cara praktis yang cukup efektif untuk kamu pilih. Berkat kecanggihan yang dirancang dan dipasang dalam aplikasi anti hoax, berita hoax dapat diminimalisir. Di Indonesia sendiri saat ini ada beberapa aplikasi anti hoax yang telah diciptakan dan dapat digunakan.

Aplikasi Turn Back Hoax

Turn Back Hoax merupakan aplikasi anti hoax yang diciptakan oleh komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia. Tidak hanya dapat digunakan oleh pengguna desktop dengan cara menyematkan aplikasi pada browser untuk menjelajah internet. Aplikasi Turn Back Hoax juga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone berbasis Android dan iOS dengan cara mengunduh aplikasi melalui Playstore Google.

Turn Back Hoax adalah aplikasi gratis berbasis crowdsourcing yang dirancang untuk mengumpulkan berbagai informasi fitnah dan hoax yang beredar di internet. Informasi fitnah atau hoax tersebut berupa konten dari sebuah halaman situs, pesan berantai, dan gambar, termasuk yang beredar di media sosial.

Aplikasi Hoax Analyzer

Hoax Analyzer merupakan aplikasi yang dirancang oleh Mahasiswa dan Mahasiswi ITB yang tergabung dalam Tim CIMOL. Hoax Analyzer merupakan aplikasi anti hoax baru yang saat ini dipastikan lolos menuju ke babak final ajang Microsoft Imagine 2017.

Setelah dipastikan keluar sebagai pemenang dengan mengungguli 521 mahasiswa lainnya yang berasal dari bebergai daerah di Indonesia. Tim CIMOL selanjutnya akan membawa Aplikasi Hoax Anlyzer ini ke Manila, Filipina, ada 23–26 April 2017. Tim CIMOL akan  kembali berkompetisi dalam babak final yang melibatkan para pemenang yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Menurut Adinda Budi Kusuma, ketua TIM CIMOL, Aplikasi Hoax Anlyzer diciptakan untuk mengurangi jumlah hoax yang beredar di masyarakat.

Baca : 7 Tips Menghindari Penipuan Online yang Wajib di Waspadai

Penutup

Isu berita hoax tidak hanya meresahkan tapi juga merugikan bagi para pembacanya. Teliti dan jeli sebelum membaca, serta menerapkan dua cara baik manual ataupun menggunakan aplikasi anti hoax, adalah langkah yang bijak agar terhindar dari berita hoax di Internet.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close