Penipuan Online

Lakukan 5 Langkah ini Agar Terhindar dari Jebakan Phishing di Facebook

Semenjak keberadaanya mulai berkembang jenis kejahatan dengan Phishing sangat menjengkelkan kita semua. Bagaimana tidak dengan hanya klik tautan atau link yang orang lain bagikan kedalam postingan Facebook anda sudah terperangkap kedalamnya. Dan lebih parahnya lagi bisa jadi data identitas anda terekam oleh sistem jebakan phishing tersebut.

Phishing merupakan sebuah tindakan kejahatan cyber yang melakukan segala usaha untuk masuk kedalam data pribadi anda. Yaitu dengan cara meminta anda untuk melakukan proses masuk/ login ke dalam sebuah situs yang memang sengaja di rancang menyerupai situs aslinya.

Perlu anda ketahui, memang sulit untuk membedakan kejahatan jenis ini di internet. Di China sendiri kejahatan jenis jebakan phishing ini menduduki peringkat pertama untuk kawasan Asia pasific. Bahkan tidak terkecuali di Indonesia, dimana para pelaku phishing dengan bangga memposting hasil korban jebakannya di media sosial pribadinya.

Pishing

Situs-situs yang paling rentan terkena serangan atau di jadikan target program jebakan phishing kebanyakan situs yang berbau Reedem atau Claim. Biasa kita menyebutkan undian berhadiah yang dimana proses verifikasi nya harus melalui sistem Login/ masuk ke halaman profil pemiliknya agar anda bisa mengambil hadiah tersebut.

Contoh: Undian berhadiah dari Bank, Reedem code coupon belanja, Claim wallet kebutuhan game secara cuma-cuma dan masih banyak lagi.

Sudah banyak upaya dan cara yang dilakukan pelaku terhadap korban jebakan phishing seperti mengganti data diri, password akun. Bahkan ada juga yang menginstal ulang komputer atau perangkatnya.

Baca : Fitur Khusus Google Chrome Terbaru Mencegah Link Download Palsu

Loading...

Sebenarnya cara untuk terhindar dari serangan phishing ini sangat mudah. Namun untuk orang awam seperti teman-teman yang baru kenal kejahatan di internet akan terasa sulit karna kepanikan yang mereka alami. Sehingga justru malah akan mempersulit masalahnya dan ini sangat bisa di maklumi.

Oleh karena itu saya akan sedikit berbagi pengalaman saya tentang kehajatan jenis lawas ini. Sebenarnya saya bukan ahli di bidang IT atau tentang bahasa pemrograman. Karena kejahatan phishing tidak terlalu banyak menggunakan hal-hal tersebut.

Jebakan Phishing hanya mengecoh anda semua dengan informasi yang menarik atau bahkan membuat anda penasaran untuk meng-klik dan mengunjungi situ tersebut. Berikut ini saya akan jelaskan beberapa tips nya.

5 Langkah sederhana agar terhindar dari jebakan phishing

jebakan Phishing

1. Langkah yang pertama yang perlu anda perhatikan yaitu terletak pada ejaan kata, tata letak huruf yang tidak umum, dan bahkan jenis font hurufnya juga berantakan.

2. Hindari sebuah ajakan yang memaksa anda untuk mengclaim kata sandi akun facebook anda. Karena seperti yang sudah di jelaskan oleh pihak Facebook sendiri bahwa pihaknya tidak pernah meminta password penggunanya dengan alasan apapun.

3. Periksalah tautan yang akan anda tuju di browser anda apakah sama dengan tautan situs resmi yang sebelumnya anda kunjungi. Jika menemukan perbedaan yang signifikan segeralah meninggalkan halaman tersebut.

4. Belajarlah untuk lebih teliti membaca pesan, chat ajakan yang melibatkan data diri anda. Seperti harus memasukkan kode pin, rekening, pajak penghasilan dll.

5. Jangan pernah mencoba untuk klik atau mengikuti arahan atas pesan yang menyatakan bahwa “Akun Facebook anda telah terkunci, segeralah lakukan tindakan dengan mengisi data login anda”

Tips tambahan

Yang bisa saya katakan yaitu kembali lagi ke diri Anda sendiri bagaimana anda teliti sebelum melakukan sesuatu. Karena pelaku jebakan phishing tidak sepenuhnya bisa kita salahkan, memang merekalah tersangka di balik semua kerugian Anda. Akan tetapi budayakanlah untuk meluangkan waktu anda mengetik situs web resmi yang ingin anda kunjungi dengan benar.

Masalah ini tidak bisa di simpulkan kepada satu pihak saja. Kecerobohan Anda mungkin bisa menjadi penyebabnya, selama saya memantau perkembangan pelaku kejahatan ini memang mereka bertujuan untuk mencuri data diri anda entah itu untuk apa saya sendiri tidak mengetahui percisnya.

Ada kemungkinan mereka menjual data diri anda kalau akun Facebook bisa di manfaatkan untuk promosi dll. Bisa juga kalau untuk masalah korban nomor rekening atau kartu kredit, mungkin semua sudah tau yaitu memanfaatkan saldo Anda untuk kebutuhan mereka sendiri.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk postingan kali ini semoga dengan Tips sederhana di atas bisa membantu mengurangi korban-korban jebakan phishing yang sangat merugikan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis Sekaligus Gamer yang menyatukan kedua Hobi MElalui sebuah Blog www.hobikami.com

Artikel terkait

2 Comments

  1. kayaknya ini yang membuat banyak orang kena hack terus di pakai untuk sesuatu yang ga tanggung jawab ya mas.. kudu hati2 nih terimakasih tipsnya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *