Dasar dasar Blog

Ternyata Membuat WordPress Self Hosting Mudah Dan Murah

Terus terang saja selama ini saya hanya tahu dan lebih familiar menggunakan blogspot untuk menulis blog, untuk masalah utak atik template ya sebatas biasa saja yang penting bisa lebih maksimal dan ringan untuk di akses. Pengalaman menggunakan wordpress self hosting tentu saja membuat kaget, karena flatform ini jauh berbeda dengan blogspot.

Fitur yang ada di dalamnya sempat membuat bingung, karena terlalu banyak dan tidak terbiasa.

Mungkin hal ini juga di rasakan oleh beberapa sobat yang masih pertama kali menggunakan flatform wordpress, terutama wordpress self hosting.

Apa itu wordpress self hosting?

WordPress self hosting adalah wordpress yang di hosting oleh pihak kita sendiri melalui jasa penyedia hosting yang bisa kita sewa, kita tinggal mengunduh CMS wordpress dari wordpress.org. Jadi berbeda jika menggunakan wordpress.com yang masih di hosting oleh pihak wordpress yang terikat oleh aturan tertentu.

Di antaranya adalah tidak bisa mengganti theme secara bebas, kecuali Theme yang di sediakan oleh pihak wordpress.com yang kebanyakan berbayar. Dengan menggunakan wordpress self hosting, kita bebas menggunakan theme gratis yang banyak terdapat di luar, dan kita bisa mengunduhnya secara gratis pula.

Membuat wordpress self hosting mudah dan murah

Membuat wordpress self hosting mudah dan murah karena sekarang ini banyak penyedia hosting yang bagus dan berkualitas yang memberikan paket hosting dengan harga yang terjangkau.

Loading...

Instalasi CMS WordPress pun terbilang mudah, karena setiap paket yang kita sewa di sediakan cPanel dengan fitur terbaru yang memudahkan instalasi wordpress.

Salah satunya tersedianya software Softaculous atau auto instaler yang membantu mengerjakan instalasi CMS WordPress di cPanel hanya dalam beberapa tahap saja.

wordpress self hosting murah

Seperti dalam gambar yang di ambil dari salah satu provider hosting dalam negri, kita bisa ambil paket sesuai dengan kebutuhan kita, dari yang termurah, menengah dan yang mahal.

Kita bisa upgrade sewaktu waktu jika suatu saat kebutuhan hosting yang kita ambil tidak mencukupi, atau fasilitas yang di sediakan tidak tersedia di paket yang murah.

Yang perlu di persiapkan untuk membuat wordpress self hosting

  • Untuk membuat blog wordpress yang di hosting sendiri, tentunya kita memerlukan domain dan hosting agar wordpress bisa di akses dan di tayangkan ke publik. Persiapan sebenarnya tidak terlalu istimewa, hanya perlu memilih nama domain yang bagus buat blog, dan menyewa jasa hosting. Setelah itu kita sudah bisa memiliki wordpress self hosting sendiri.

Baca : Perbedaan domain dan hosting

  • Biasanya domain dan hosting sekarang menjadi satu paket, dan sekarang banyak provider yang menyediakan fasilitas domain gratis apabila kita mengambil salah satu paket hosting yang di tawarkan. Jadi akan bertambah murah lagi, karena kita tidak perlu membeli domain alias gratis.
  • Biasanya selama kita tetap memperpanjang sewa hosting, domain itu selamanya akan tetap gratis. Sebagai panduan untuk memilih hosting yang bagus dan berkualitas, anda bisa baca artikel di bawah ini.

Baca : Tips Memilih Hosting Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Website Anda

  • Setelah domain dan hosting sudah aktif kita akan mendapatkan dashboard cPanel untuk login dan menginstal CMS WordPress. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa menginstal wordpress di cPanel itu sangat mudah. Di dalam cPanel sudah terdapat software yang membantu proses instalasi wordpress dalam beberapa langkah saja.
  • Jenis software ini biasanya sudah di sediakan dalam cPanel seperti auto instaler, Softaculous, Fantastico, WP Quick Install.

Jika kita ingin belajar cara menginstal wordpress self hosting, kita bisa juga menggunakan fasilitas yang gratis terlebih dahulu. Baik domain dan hosting bisa kita dapatkan secara gratis.

Tentang artikel ini sudah saya jelaskan sebelumnya tentang cara dan panduan lengkap instal wordpress self hosting secara gratis. Ada 2 bagian dalam posting tersebut

Baca : Panduan membuat wordpress self hosting 100% gratis

Masih banyak juga tutorial diluar sana yang menjelaskan bagaimana membuat wordpress self hosting secara mudah, dengan memahami dan belajar sesuatu yang tampak sulit akan terasa mudah, begitu pula dengan belajar membuat blog, pastinya tidak secara instan kita akan menguasai penataan blog secara keseluruhan.

Tetapi dengan kita mencoba, segala sesuatunya akan terasa mudah, walaupun harus tahap demi tahap. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

13 Comments

  1. Selama ini saya biasa pakai blogger, jadi masih kurang familier dengan WP.

    Kalau membaca uraian di artikel ini, yang dimaksud “wordpress self hosting” artinya kita buat situs yang menggunakan CMS WordPress, tapi menggunakan/menyewa hosting sendiri di luar WordPress. Gitu ya mas?

    Sebelum membaca artikel ini, saya sempat membuka https://id.wordpress.com/#plans dan di situ ada pilihan: Gratis, Pribadi, Premium, dan Bisnis, dengan harga masing-masing. Itu sebenarnya harga untuk apa mas? Karena semula saya pikir itu harga untuk hostingnya sekalian. Mohon pencerahannya. Trims.

    1. Untuk membuat WordPress Selfhosting (yaitu blog wordPress seperti blog ini atau blog wordpress temen yang lain) jangan memikirkan tentang link yang sudah Anda tuliskan 😀

      Cukup sewa penyedia layanan hosting, setelah hosting aktif maka tinggal instal WordPress yang sudah ada dalam cPanel hosting tersebut. Proses instalasi WordPress bisa dilakukan dalam satu langkah saja.

      Jadi jangan bingung yaa 😀

  2. Bahasan nya menarik dan mudah di cerna mas, jadi pengen pake wordpress self hosting nih. Awalnya cuma belajar bikin blog gratisan di blogspot, baru sebulan ini ganti domain ke TLD beli di Rumah Web tapi nggak sama hosting nya. Nah 2 hari ini baca baca tentang wordpress self hosting, baru tau kalo platform wordpress ternyata lebih unggul di banding blogger. Yang jadi pertanyaan nya gini mas, kalo menurut mas Gani , sebaiknya saya beli hosting nya di Rumah Web juga apa beli di hostinger lain ya mas..? kalo di tempat lain yang recomended menurut mas Gani apa ya mas.. makasih banyak mas, maaf udah nyampah di sini 🙂

  3. blog ini pakai WordPress Self host

    saya pengen tanya nih mas, waktu pertama kali belajarnya kan secara bertahap. kira-kira berapa hari ya, apa sampa berbulan-bulan hingga website blog ini online untuk dapat belajar awal pemakaian wordpress self host

    1. Tidak terlalu sulit untuk belajar WordPress Self hosting mas Afrid, hanya perlu sedikit waktu dan terbiasa saja 😀

  4. trims penjelasannya mas,kalo boleh tau si mas situnya pake blogger apa wordpress ya..?tempelatenya premium apa free mas,kalo ada yang free dimana bisa downloadnya,saya mau buat seperti mas uga…salam

    1. Saya pakai wordpress mas jali, theme bisa download di blog ini..cari di kotak search theme point.

      Jika mau yang pro saya bisa kasih harga murah.

  5. mas mau tanya lagi ni tentang website ni,apa bisa Satu Domain Menggunakan 2 WordPress Self host,maksudnya kalo udah jadi website seperti penjelasan mas diatas,apa bisa kita buat lagi mas dengan 1 domain dan hosting yang sama (membuat wordpress self hostingnya lebih dari 1,5,10,atau 100)

    1. Beginimas @jali. maksudnya 1 hosting mau di pakai beramai-ramai dengan banyak domain ya..Jadi ceritanya mas jali sudah sewa domain, lalu mau pasang blog lain dengan domain lain di hosting tersebut.

      Jawabannya adalah bisa mas…asalkan hosting tersebut support add domain atau parking domain, lihat dulu service dari domain tersebut apakah support untuk add on domain dan berapa jumlah add on domain yang bisa di pasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *