InternetTekno

Terobosan Baru Google di Google I/O: Dari Android P Hingga Google Lens

Terobosan Baru Google – Google I/O 2018 sudah selesai dilaksanakan, dan event tahunan yang dibuat oleh Google itu, sukses menarik minat para pengembang, fans, hingga antusias teknologi dari berbagai belahan dunia.

Dalam acara tersebut, CEO Google (Sundar Pichai) mengatakan, bahwa semua produk yang dibuat oleh Google akan menggunakan kecerdasan buatan.

Terobosan Baru Google di Google I/O

Berikut ini beberapa produk Google yang sudah dan akan menggunakan kecerdasan buatan atau yang biasa kita sebut dengan nama Artificial Intelligence (AI):

1. Android P

Android P untuk saat ini hanya tersedia dalam versi beta. Namun, beberapa merek smartphone berkesempatan menjajal Android P, seperti:

1. Essential Phone

2. Google Pixel 2

3. Google Pixel 2 XL

4. Google Pixel

5. Google Pixel XL

6. Nokia 7 plus

7. Oppo R15 Pro

8. Sony Xperia XZ2

9. Vivo X21UD

10. Vivo X21

11. Xiaomi Mi Mix 2S

Lantas, apa keunggulan Android P?

Dilansir dari The Verge, ada beberapa keunggulan dari Android P, di antaranya adalah memberikan batas waktu penggunaan terhadap aplikasi yang ada di smartphone, menghilangkan navigasi tiga tombol, serta sistem notifikasi yang lebih pintar.

Selengkapnya:

2. Google Assistant

Google Assistant terbaru dipastikan memiliki banyak variasi suara. Kurang lebih ada enam suara tambahan baru, dan para pengguna bisa memilihnya dengan bebas.

Salah satu suara yang bisa dipilih para pengguna adalah suara John Legend. Ya, John Legend dikabarkan setuju menyumbangkan suaranya di Google Assistant, dan suara penyanyi 39 tahun itu sudah bisa digunakan sebelum akhir tahun.

Selain menambahkan enam suara baru, Google juga tengah menyiapkan dukungan 30 bahasa agar Google Assistant bisa dinikmati oleh orang-orang yang ada di berbagai belahan dunia.

BacaBegini Cara Menggunakan Google Assistant Berbahasa Indonesia

3. Google Photos

Google Photos adalah salah satu terobosan baru Google yang cukup mengejutkan. Mengapa mengejutkan? Karena Google Photos yang baru bukan hanya galeri foto biasa.

Di Google I/O, Sundar Pichai menyebutkan, bahwa Google Photos yang baru bisa membuat foto hitam putih menjadi berwarna dan merubah file foto menjadi file PDF.

Terobosan ini pun mendapatkan sambutan meriah dari para audiens yang hadir di acara Google I/O, karena terobosan ini memang sangat luar biasa dan keren.

Selengkapnya:

4. Gmail

Gmail saat ini sedang dirombak, dan salah fitur yang ditawarkan di acara Google I/O adalah fitur Smart Compose.

Apa itu fitur Smart Compose? Adalah fitur yang dapat memunculkan kalimat, ketika seseorang ingin menulis sebuah pesan. Fitur ini memang sengaja dibuat oleh Google untuk memudahkan dan menghemat waktu para penggunanya.

Lihat:

terobosan baru google
GIF: Google

Google mengatakan, Smart Compose dapat membantu para pengguna untuk mengurangi risiko kesalahan yang berkaitan dengan pengejaan atau tata bahasa (grammar).

Jadi, dengan menggunakan Smart Compose ini, para pengguna tidak perlu khawatir lagi akan terjadinya typo.

Baca jugaPenjelasan Lengkap Fitur Gmail Baru yang Membuatmu Makin Takjub

5. Google Lens

Google Lens adalah Google Search versi visual. Mengapa demikian? Karena Google Lens bisa menggali informasi tentang suatu objek tanpa harus mengetikkan tulisan di kolom pencarian.

Contoh:

Anda sedang berada di dalam butik, dan saat itu tertarik dengan produk-produk (baju, tas) yang ada di dalamnya.

Untuk mengetahui tentang informasi-informasi produk yang ada di dalam butik, Anda tidak perlu browsing ke sana kemari, karena Anda cukup membuka Google Lens dan informasi mengenai produk yang Anda cari sudah bisa ditemukan.

Selengkapnya:

Sayangnya, untuk dapat merasakan kehebatan Google Lens ini, Anda harus memiliki sarana untuk mengaksesnya. Dan sarana untuk mengakses Google Lens adalah merek-merek smartphone yang diproduksi oleh LG, Motorola, Sony, Nokia, Xiaomi, OnePlus, dan Asus.

Lainnya

Selain kelima produk yang sudah disebutkan tadi, masih ada tiga produk lagi yang juga menggunakan kecerdasan buatan, yaitu:

1. Google Maps

Fungsi dari Google Maps, tentu Anda semua sudah mengetahuinya. Adapun untuk Google Maps yang baru ini, Google lebih mengutamakan kurasi, sehingga kita bisa lebih mudah mencari lokasi baru yang menarik untuk dikunjungi.

BacaIndonesia Sudah Bisa Menggunakan Google Maps Offline Mode Tanpa koneksi Internet

2. Google News

Google mengatakan, Google News siap meluncur minggu depan ke 127 negara. Ya, Google News adalah terobosan baru dari Google yang memungkinkan para pengguna menemukan artikel terbaik, karena memanfaatkan kecerdasan buatan.

3. Google Duplex

Google Duplex adalah robot yang dapat memahami nuansa percakapan. Dalam acara Google I/O, Sundar Pichai menjalankan demo bagaimana Google Duplex bekerja yang kemudian membuat audiens terkagum-kagum.

Lihat:

Sundar Pichai mengatakan, ketika percakapan tidak berjalan seperti yang diharapkan, Google Duplex dapat membelokkan arah pembicaraan.

Pichai juga mengatakan, Google masih mengembangkan teknologi ini (duplex), dan Google akan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Kesimpulan

Itulah produk-produk baru dari Google yang ditawarkan di acara Google I/O 2018. Produk yang ditawarkan di acara Google I/O kemarin, bukanlah produk yang sudah 100% jadi, karena produk tersebut masih harus disempurnakan lagi agar penggunaannya berjalan dengan baik.

Dan yang harus diingat adalah terobosan baru Google ini, tidak serta merta bisa langsung digunakan, karena untuk menggunakannya, kita harus menggunakan merek-merek tertentu dan yang pasti harus menunggu waktu yang cukup lama.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close