Internet

Tertarik Menjadi Podcaster? Mari Mengenal Podcast Terlebih Dahulu

Kenali Lebih Dulu Sebelum Terjun ke Lapangan

Sebagian pengguna internet Indonesia mengenal Podcast dari Raditya Dika karena sebelum-sebelumnya memang belum ada konten kreator lain yang memperkenalkan nama Podcast kepada publik. Bukan memperkenalkan, bahasa yang lebih tepat adalah mencoba masuk ke dunia Podcast dengan menjadi seorang Podcaster.

Saat ini, ada beberapa konten kreator yang mulai merambah dunia Podcast dengan alasan yang berbeda satu sama lain. Apakah Anda juga tertarik untuk menjadi seorang Podcaster? Jika Anda tertarik menjadi seorang Podcaster, maka langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenal Podcast terlebih dahulu agar ke depannya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Apa Itu Podcast?

Podcast adalah kumpulan audio yang bisa dinikmati kapan saja, di mana saja, dan tanpa harus mengikuti jadwal atau terikat waktu. Biasanya, Podcast ini berseri sebagaimana penjelasan dari Wikipedia. Namun hal yang demikian itu bukanlah suatu keharusan karena itu bukanlah aturan baku.

Podcast berasal dari kata iPod dan Broadcast.

Itulah penjelasan ringkas tentang apa itu Podcast. Sekarang, mari mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Podcast sehingga Anda bisa mempertimbangkan lagi keputusan Anda sebelum terjun menjadi seorang Podcaster.

Kelebihan Podcast

  • Semua topik bisa dibahas.
  • Bisa diputar kapan saja dan diulang-ulang.
  • Pembuatannya mudah.
  • Gratis.

Jika berbicara tentang masalah topik, yang jelas tidak ada aturan baku terkait topik yang dibahas. Jadi ketika Anda ingin membuat pembahasan seputar politik, bisnis, olahraga, atau topik-topik yang lain, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Adapun untuk poin kedua, tentu tidak ada yang harus dibahas karena Podcast memang bisa diunduh dan didengarkan secara online

. Untuk poin ketiga, yaitu pembuatannya yang mudah, Anda tidak diharuskan memiliki studio yang megah karena dengan ponsel pun, Anda sudah bisa menjadi Podcaster.

Kekurangan Podcast

Usai mengetahui kelebihan Podcast, sekarang saatnya Anda untuk mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh Podcast. Berikut ini kekurangannya:

  • Banyak saluran yang pembahasannya tidak penting.
  • Belum memiliki filter.

Untuk poin pertama, itu adalah sesuatu yang lumrah karena ketika semua topik bisa dibahas, maka yang namanya pembahasan tidak penting pasti akan muncul, seperti pembahasan horor. Padahal, semua orang pasti tahu jika yang namanya horor itu akan menakut-nakuti mereka saja atau membuat mental seseorang menjadi lemah.

Adapun untuk masalah filter, ini adalah masalah serius karena ketika sebuah file audio membahas segala sesuatu secara terbuka, maka dampaknya bisa mempengaruhi orang lain, apalagi Podcast bisa diakses kapan pun waktunya. Jadi, sebagai pengguna kita harus berhati-hati.

Baca juga: 10 Aplikasi Baca Manga Terbaik untuk Android, Bisa juga Baca Offline

Itulah pembahasan yang bisa disampaikan seputar Podcast. Intinya, sebelum memutuskan segala sesuatu harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Pembahasan mengenai Podcast sendiri masih cukup panjang dan harus digali lebih dalam. Ke depan, kita akan mengulas kembali pembahasan seputar Podcast. Namun untuk kesempatan kali ini, kita cukupkan dahulu, dan semoga pembahasan kali ini bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close