Internet

The Lost World Castle, Primadona Wisata Baru di Jogja

The Lost World Castle adalah bangunan megah yang menyerupai benteng kerajaan yang berada di lereng Gunung Merapi dan bisa menjadi salah satu alternatif tujuan liburan Anda. Tempat ini dinamakan demikian karena lokasi ini termasuk dalam wilayah yang terkena semburan awan panas paling parah dari letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu.

Adanya dampak letusan dari gunung teraktif di dunia ini menyebabkan hilangnya tempat tinggal para penduduk sekitar dan menghancurkan pepohonan dan lainnya. Meski dampak dari bencana tersebut telah meluluh lantahkan semuanya, warga saat ini telah bangkit dan memberikan inspirasi untuk semua orang.

Dengan berdirinya benteng atau kastil yang mirip dengan benteng Takeshi ini menjadikan lereng Merapi semakin lama semakin ramai dikunjungi para traveler dari warga lokal ataupun dari luar kota. Bangunan ini juga hampir sama dengan Tembok Besar Cina (TBC) karena mempunyai jalan memanjang yang unik serta bentuk bangunan setiap sampingnya memiliki kemiripan.

Sebenarnya tempat ini belum resmi dibuka dan masih dalam tahap penyempurnaan bangunan. Akan tetapi, awal tahun 2017 banyak orang yang sudah tak sabar datang kesini untuk melihat langsung tempat hits ini. Tempat ini belum jadi sempurna sudah banyak pengunjung, apalagi besok kalau sudah jadi sempurna ya. Bisa jadi wisatawan manca juga akan datang kesini ikut meramaikan suasana tempat ini.

Baca juga : 30+ Tempat Wisata Jogja Terindah dan Keren yang paling Populer

Alamat dan Rute Menuju The Lost World Castle

Lokasi ini tak jauh dari wisata Kali Adem, hanya di sebelah selatannya saja dan tak jauh dari area Merapi Golf. Benteng ini berada di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Jogja kurang lebih 25 kilometer, waktu perjalanan sekitar 40-45 menit.

Bagi Anda yang ingin datang langsung atau bingung arah bisa buka Google Maps di smartphone. Atau Anda bisa langsung lewat petunjuk di bawah ini.

Loading...

Rute nya bisa lewat Jl. Kaliurang menuju ke arah Merapi golf atau wisata Kali Adem. Sampai di tempat retribusi wisata Kali Adem, Anda cukup membayar Rp 6.000,- per orang.

Setelah jalan lurus ke utara sekitar 2 kilometer, ada tugu atau gapura warna biru ambil kanan/timur. Lurus saja ikuti jalan, sampai melewati Kopi Merapi masih jalan lurus lagi sampai ada tugu besar. Tak jauh dari tugu nampak bangunan megah dari kejauhan dan sampailah di lokasi.

Sebaiknya mulai dari masuk gapura biru awal tadi sebaiknya Anda berhati-hati jika menggunakan kendaraan bermotor / pribadi karena jalanan masih belum bagus, banyak bebatuan dan debu.

Hari/jam Operasional, Tarif Parkir dan Harga Tiket Masuk The Lost World Castle

Hari Senin-Jum’at buka mulai jam 07.00 pagi sampai jam 18.30 sore. Hari Sabtu-Minggu (Weekend) buka jam 06.00 pagi sampai 18.30 sore. Jika Anda ingin datang ke tempat ini dengan nyaman, ada baiknya datang saat hari Sabtu atau hari biasa. Karena di hari libur / Minggu tentu akan banyak pengunjung.

Untuk tarif parkir cukup membayar Rp.2.000,- per unit kendaraan.
Untuk HTM (harga tiket masuk) sementara membayar Rp.15.000,- per orang. Sebenarnya harga tertera di tiket Rp.60.000,- per orang, tetapi karena pembangunan masih belum sempurna jadi dapat diskon 75%.

Harga ini cuma sampai pengerjaan bangunan selesai lo ya, jadi harga tiket masuknya bisa sewaktu-waktu berubah. Jika Anda ingin dapat harga masuk murah ini sebaiknya segera datang kesini saja ajak temen-temen rame-rame, mumpung masih diskon awal tahun.

Hal Yang Bisa Anda Lakukan Di The Lost World Castle

the lost world castle
Via google maps

Diatas tanah seluas 1,3 hektare ini Anda bisa melakukan banyak hal yang seru bersama teman, pasangan ataupun keluarga. Ada baiknya Anda memakai jaket atau baju tebal karena suhu di kawasan ini bisa dibilang cukup dingin karena berada di daerah lereng pegunungan.

Walaupun cuaca cerah, suhu bisa berubah menjadi dingin terutama menjelang sore hari / malam hari.
Dengan lokasi yang cukup strategis untuk menikmati pemandangan, Anda wajib mengabadikannya dengan ber foto.

Dari halaman masuk, Anda akan menemui beberapa burung hantu yang bisa Anda ajak ber foto bersama. Di sebelah barat ke dalam ada tempat duduk berbentuk unik seperti kursi untuk raja.

Bagi pecinta fotografi, tempat ini cocok untuk hunting foto. Selain adanya latar Gunung Merapi yang megah, di sisi selatan terlihat pemandangan indah kota Jogja dari atas. Bagi Anda yang doyan banget narsis juga cocok tempat ini dijadikan spot menarik.

The Lost World Castle jogja

Jangan lupa juga untuk update share di instagram atau sosial media yang lainnya, pasti temen yang lain bakalan iri karena lihat tempat yang baru hits ini.

Tak hanya itu, keindahan sunset dan sunrise pun terlihat dari benteng ini. Dan ada baiknya datang kesini saat cuaca cerah dan saat pengunjung belum terlalu ramai. Di lorong tengah benteng ini pun bisa Anda jadikan latar ber foto, hasilnya akan seperti berada di negeri lain dengan nuansa berbeda. Latar yang seperti ini akan jarang Anda temui di negara sendiri.

Yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan, Anda dapat naik ke tingkat atas benteng ini untuk melihat keindahan pemandangan sekitar kastil. pastinya Anda akan di suguhkan pemandangan yang keren dari atas kastil ini. Di sisi utara Anda akan berjalan menyusuri jalur yang cukup panjang bagaikan tembok besar di Cina untuk menuju ke sisi barat benteng ini.

Di sebelah barat ada jalan turunan, Anda bisa berseluncur bermain kereta mini di sini, dan masih gratis. Pastinya seru bisa bermain dengan teman dan keluarga, tapi tetap harus hati-hati menggunakan kereta ini. Jika dilihat dari sisi barat kastil, akan nampak jelas megahnya bangunan ini.

Fasilitas di Komplek The Lost World Castle

Bagi anda yang berencana datang ke tempat baru ini tak perlu khawatir. Untuk tempat parkirnya cukup luas, dan toilet disini sudah tersedia. Namun untuk fasilitas mushola belum ada. Dan sementara warung-warung yang permanen belum tersedia karena kondisi yang masih baru.

Tapi tak perlu cemas, di area parkir ada penjual jajanan yang bisa Anda cicipi seperti ice cream, bakso tusuk, siomay, dll. Bagi Anda yang ingin membawa bekal makanan/minuman dari rumah pun ada baiknya juga.

Nah, itu sedikit ulasan dari tempat wisata baru “The Lost World Castle” di Jogja yang saat ini menjadi primadona bagi para traveler terutama warga Jogja dan sekitarnya. Bagi Anda yang tertarik datang ke tempat ini jangan lewatkan untuk berwisata ke tempat lainnya seperti Kali Adem, Kaliurang, Kopi Merapi, Merapi Golf, Lava Tour,dll. Semoga liburan dan weekend Anda menyenangkan.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *