Artikel Adsense

Apakah Indonesia Sudah Tidak Bisa Daftar Adsense Lagi?

Apakah Indonesia termasuk negara yang sudah tidak bisa daftar adsense lagi? Pertanyaan ini kemarin sempat di tayangkan pada thread Indonesian Adsense Publhiser Discussion (IAPD) yaitu forum diskusi adsense terbesar di Indonesia yang menggunakan fasilitas Gplus dengan jumlah member lebih dari 25.000. Salah satu anggota forum IAPD tersebut yang membawa info yang disertai sumber resmi dari pihak google (link di halaman bantuan Adsense). Karuan saja info ini membuat kaget hampir seluruh anggota forum.

Benarkah indonesia termasuk dalam daftar negara yang tidak bisa daftar adsense melalui blog? Coba simak baik baik link ini Countries where the new AdSense application process is available . Dalam link bantuan adsense tersebut nama Indonesia tidak tercantum dalam daftar.

daftar negara adsense
negara pendaftar adsense

Dalam gambar di samping ini di urutkan nama negara berdasarkan huruf A-Z dan dalam urutan huruf “i”, nama indonesia tidak masuk dalam daftar. Nah inilah yang sempat diperdebatkan dalam forum tersebut.

Penjelasan dari link serta gambar ini yang banyak di salah artikan oleh sebagian Forum IAPD karena memang terbukti dalam gambar bahwa indonesia tidak tercantum dalam daftar tersebut.

Negara tempat tersedianya proses permohonan AdSense baru

Di dalam link bantuan adsense tersebut menjelaskan tentang proses permohonan Adsense baru untuk negara yang sudah tercantum didalam daftar, isi dalam kalimat itu kalau di terjemahkan adalah sebagai berikut :

Kami mempercepat dan mempermudah pengajuan permohonan AdSense dan membuat akun Anda disetujui. Kini saat mendaftar, Anda akan memiliki akses langsung ke akun AdSense.

Jadi ini hanya salah paham saja dalam mengartikan kalimat yang terdapat di halaman bantuan adsense, yang di jelaskan di situ adalah “cara baru” untuk mendaftar akun adsense yang akan di percepat prosesnya, dan negara negara tersebut termasuk dalam “cara baru” yang disebutkan. Sedangkan indonesia masih menggunakan cara yang lama dan tidak bisa dipercepat. Hal ini juga sudah dijelaskan langsung oleh mbak indri (juragan cipir), pemilik forum IAPD. Dan jawabannya adalah “MASIH BISA” mendaftar adsense.

Loading...

Mengapa pendaftaran Adsense untuk Indonesia tidak bisa dipercepat?

Banyak sekali faktor dan pertimbangan yang dilakukan oleh pihak google, terkait negara Indonesia masih menggunakan cara lama dalam mendaftar Adsense, salah satunya mungkin negara kita sudah terlalu banyak publisher adsense, itu terjadi sekitar 2 tahun terakhir ini.

Mungkin ini yang menyebabkan proses mendaftar akun adsense menjadi lebih sulit, terutama akun Adsense non hosted. karena peminat calon publisher Indonesia melimpah ruah, sedangkan di dalam daftar negara yang di sebutkan di atas masih jarang peminatnya, masih sedikit jumlah publisher Adsense. (kira kira begitu)

negara pendaftar adsense
Gambar dari IAPD

Tombol Adsense tidak bisa di klik di dashboard Blogger

Mengenai masalah tombol Adsense yang belum muncul atau tidak bisa di klik dalam dashboard blogger di karenakan umur blog belum mencukupi untuk melakukan pendaftaran adsense. Setidaknya kita harus menunggu waktu dalam kisaran 3 – 4 bulan, selama waktu itu kita bisa mengisi blog dengan posting yang memadai.

Cara lain untuk mempercepat pendaftaran adsense.

Jika kita menggunakan blogger untuk mendaftar adsense, ya harus sesuai dengan ketentuan yang saya sebut di atas, tetapi untuk mempercepat pendaftaran adsense, kita bisa menggunakan blog dengan domain tingkat atas (TLD domain), Pihak google biasanya memberikan prioritas untuk tingkat domain.

Keuntungan menggunakan TLD domain

Jika kita mendaftar adsense melalui TLD domain, kita akan mendapatkan akun adsense jenis non hosted (reguler) Jenis akun ini, iklannya bisa di pasang di blog manapun selain blogspot, dan kita bebas memasang iklan dari adsense dalam jumlah yang banyak (di Banyak blog) tanpa persetujuan dari pihak adsense lagi.

Baca : Berapa lama review pendaftaran adsense yang ke 2

Nah, demikian penjelasan mengenai negara indonesia yang masih menggunakan cara lama untuk mendaftar adsense. Prosesnya memang sulit dan harus bersabar. Kuncinya hanya satu, mematuhi TOS dari google adsense, dan membuat artikel yang original tulisan tangan sendiri. Jika anda lebih bersabar, pasti di terima. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

32 Comments

  1. Mas kok saya mau daftar adsen youtube cuma bufring doang ya ? Untuk koneksi stabil. Tapi pas masuk daftar adsen cuma bufring itu knpa ya?

  2. Kok saya ga bisa lanjut daftar adsen ya. Masalahnya karena domain gbisa conect sm adsen. Ada yg bisa bantu.

    1. Domain tidak bisa terkoneksi ke akun Adsense penyebabnya adalah, akun Adsense sudah terdaftar pada domain lain sebelumnya, atau sudah terdaftar sebagai Adsense Youtube dan masih menunggu masa persetujuan.

  3. punya blog udah lama sejak awal kuliah, sekarang udah semester 8. pas mau daftar adsense gak bisa karena nama blog udah terlanjur diubah. nyari info katanya kalau ganti nama blog jadi sama aja ngulang dari awal. hemm jadi nyesel 🙁

  4. tidak selamanya domain TLD mempermudah dalam pendaftaran adsense,, sebagai bukti saya punya blog yang sudah TLD dan aged domain pula dari tahun 2015,,untuk konten sudah dibilang lumayan banyak,,tapi tetap ditolak sampai 15x lebih,,

  5. jadi kalau mau daftar adsense sekarang umur blog harus 6 bulan ya mas ?
    atau bisa 1 bulan ?

  6. Pantas saja saya daftar di jepang sehari langsung di approve. Kalau cara mendapat pin verifikasi bagaimana ya?apa akan dikirim beberapa hari kemudian?terima kasih.

    1. Lha saya juga di arab 😀
      PIN akan dikirimkan secara otomatis mas, ke alamat yang tertera dalam profil.
      BIasanya setlah akun Adsense berumur 3 bulan atau sudah mendpatkan saldo 10$

  7. saat saya login ke adsense ada keterangan: “Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi kami tidak dapat memproses permohonan Anda saat ini. Teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya” selain itu di kanan atas juga ada keterangan “Terakhir masuk tertanggal: Des 31 1969 ” bagaimana mengatasinya mas? riwayat penelusuran, koki, ganti brower udah di terapkan masih eror aja mas? maaf merepotkan ^_^

    1. Kemungkinan terjadi gannguan server pada layanan google, silahkan clear history browser, Restart PC dan bisa dicoba lagi.

      1. clear history browser, Restart PC udah saya coba tapi belum berhasil.. iya mungkin gangguan server kali ya Mas

  8. Syarat 6 bulan juga berlaku di indonesia saat ini, setelah blog 6 bulan baru deh di aprove oleh adsense, seperti pengalaman blog saya gan

    1. Jika blog sesuai dengan kelayakan dan tidak melanggar pedoman komunitas Adsense bisa kurang dari 6 bulan sudah diterima mas Uhendrayana. 😀

  9. Gan mksih infonya. Saya punya blog umur 1 bulan dan daftar klik adsense tahap 1,2 dan 3, kok tahap 2 lost conect trus padahal sy buka adsense yg lain bisa, knp ya mas?

    1. Lost connect bagaimana ya?
      Apa yang dimaksud adalah diterima apa nggak? atau gimana gan?

      Daftar adsense yang baru sekarang langung bisa buka dasboard adsense, setelah itu menerapkan kode iklan diblog untuk di review pihak adsense.

  10. mas, mu tanya ni. kalau di dasbor blogger kita belum bisa (aktif) diklik untuk daftar adsensenya, apa bisa langsung kita daftar ke website resminya g adsense untuk daftarnya?

    1. Bisa saja mas @Razi langsung ke dashboard adsense.
      Tapi Perlu diperhatikan bahwa Dashboard earning / penghasilansudah menyala, itu menandakan blog anda sudah siap untuk segala kelayakan mendaftar adsense, terutama menyangkut umur blog itu sendiri.

      Dashboard adsense belum menyala dikarenakan umur blog masih terlalu baru, jadi penilaian google berdasarkan hal itu. menurut saya mending diperbaiki dan tambah artikelnya saja mas.

      Mendaftar adsense tidak perlu tergesa-gesa kok 😀