BloggingDasar dasar Blog

Tidak Semua Hal Yang Ditulis Blogger Itu Selamanya Benar

Sepertinya ada dilema tersendiri jika harus mengatakan “semua itu benar”, apa yang ditulis dan apa yang dijabarkan seakan-akan memberikan nilai informatif positif dan kredibel, tetapi ketika balik ditanya tidak bisa memberikan jawaban apa-apa bahkan kesannya melenceng dari jalur pertanyaan.

Saya sendiri sangat menyayangkan hal itu, infomasi yang terkesan dibuat secara “Ngawur” tidak ada dasar dan pedoman dan asal tulis. Memang betul, kita bukanlah seorang jurnalis profesioanal…namun alangkah baiknya semua informasi yang kita dapat atau ditulis ulang bisa dipertanggung jawabkan.

Ini banyak terjadi bagi orang yang asal “jiplak tutorial” orang lain tanpa melakukan riset atau ujicoba sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan pengunjung. Dan yang paling menyedihkan lagi jawaban yang diberikan melenceng dari pertanyaan pokok.

Ini yang saya maksud “Tidak Semua Hal Yang Ditulis Blogger Itu Selamanya Benar”, walaupun secara kasat mata tulisan dan materi konten sama, tetapi tidak bisa menjelaskan pertanyaan secara terperinci.

 

Dilema Blogger Copas

Bukanlah hal baru jika budaya copas memang sudah ada sejak jaman koloni blogger, ini sangat menyedihkan. Sebab sudah banyak sekali sampah di internet yang di isi dengan hal-hal yang kurang berguna, malah ditambah kehadiran “copaser” yang hanya mencoba unjuk gigi.

Kalau mau latihan menulis ya tulislah hal sekiranya membuat diri Anda menjadi Style bagi blog Anda sendiri, bukan menulis ulang karya orang lain tanpa mengerti maksud dan tujuannya. Itu sama saja membohongi diri sendiri dan tidak punya etika.

Banyak hal yang sebetulnya membuat Anda menjadi lebih maju dengan cara “tidak menjadi malas”, dan sebetulnya Anda tidak menambah nilai plus bagi diri sendiri jika mengulang-ulang perbuatan yang sama.

Loading...

Anda tidak akan menjadi seorang penulis yang punya karakter kuat, dan Anda akan selamanya akan tetap begitu jika Anda sendiri tidak segera merubahnya.

blogger

Marilah Saling Menghargai

Tulisan ini memang saya tujukan pada seseorang, mudah-mudahan bisa memahami arti kata “Menghargai”. Secara kontekstual memang tidak ada larangan tertentu untuk memperbanyak artikel dan menulis ulang (Rewrite) dengan gaya tulisan masing-masing.

Namun satu hal, jika Anda kurang begitu paham secara menyeluruh ada baiknya mencantumkan sumber artikel sebagai referensi. Nah, sederhana sekali kan.

Akan ada point tertentu jika Anda melakukan hal ini, sebab kredibilitas Anda sendiri yang akan terlihat dimata pembaca. Dan dengan menghargai Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya kok. Setidaknya bisa merasakan “jerih payah” seorang penulis dalam membuat Artikel.

By the Way, sekian curhatan saya.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

22 Comments

  1. izin gabung nanya mas.. Masalah saya alamat rumah… Sekarang saya sudah mendapatkan pemberitahuan GA akan mengirimkan PIN saya ke kantor POS sejak 11 Apr 2016, tapi saya pikir alamat rumah GA saya akan menyulitkan pihak POS menemukan rumah saya. Selanjutnya saya berniat untuk melengkapi (mengedit) alamat rumah apa masih bisa? dan apa PIN saya akan tetap sampai ke rumah? karena saya khawatir GA akan mengirimkan dua PIN nantinya? dan saya pernah baca kasus seperti ini bahwa PINnya tiba dua kali ke rumah tapi katanya baik itu PIN pertama dan kedua akan tetap sama? mohon pencerahan… pertama saya harus melangkah bagaimana… (hehe

  2. izin gabung nanya mas.. Sekarang saya sudah mendapatkan pemberitahuan GA akan mengirimkan PIN saya ke kantor POS sejak 11 Apr 2016, tapi saya pikir alamat rumah GA saya akan menyulitkan pihak POS menemukan rumah saya. Selanjutnya saya berniat untuk melengkapi (mengedit) alamat rumah apa masih bisa? dan apa PIN saya akan tetap sampai ke rumah? karena saya khawatir GA akan mengirimkan dua PIN nantinya? dan saya pernah baca kasus seperti ini bahwa PINnya tiba dua kali ke rumah tapi katanya baik itu PIN pertama dan kedua akan tetap sama? mohon pencerahan… pertama saya harus melangkah bagaimana… (hehe

  3. yang saya ingin tahu itu apa rahasia supaya hanya satu klik bisa dapat 0.75 dollah hahahaha

  4. Kita memang harus menghargai karya orang mas
    Dan ane rasa yang copas tuh ga bakal sukses gann..

  5. Betul itu mas Gani, menghargai karya orang lain itu adalah bentuk apresiasi kita kepadanya
    curhatan yang mencerahkan mas gani.
    Salam {RN}

  6. Dulu pernah saya pernah buat artikel yang meng-copas blog lain karena bagus dan menarik sekaligus akan meminta ijin admin-nya. Setelah saya terbit dan mencoba search di google, ternyata oh ternyata artikel tersebut copas 100% dari sumber tanpa disebutkan. Untunglah ijin belum saya buat dan artikel tersebut akhirnya saya delete. Selain dia banyak juga artikel yang sama entah siapa yang membuat pertama kalinya.

    Kalau sudah begini, bagaimana akan menulis sumber? Akhirnya saya tulis ulang dengan gaya saya sendiri. Salahkah saya jika tidak menyebutkan sumber?

    Terima Kasih

    1. Wah repot juga kalau begitu ya mas, 😀
      Ribuan artikel bahkan tidak tau sumber secara pasti, memang tidak bisa disangkal mas, saya juga tidak bisa memastikan bahwa konten saya original, namun yang pasti saya tulis dengan pemahaman sebelumnya.
      Thanks buat Atensinya..

  7. salam kenal mas gani..
    bolehkah saya bertanya?
    saya punya pertanyaan yang sampai saat ini masih belum menemukan jawaban pasti.
    Apakah benar akun adsense youtube tidak bisa menayangkan iklan di blog walaupun sudah memakai hosting dan domain LTD? soalnya saya dapat info dari temen katanya ads youtube tidak bisa dipasang di blog.setelah saya cari di gugel ternyata katanya bisa tapi dengan syarat blog nya harus sudah LTD.yang mana yang benar?
    Mohon dijawab.
    terimkasih sebelumnya….

    1. Betul mas..Akun adsense youtube bisa dipasang ke blog, tapi harus dengan syarat, yaitu :
      1. Menggunakan domain TLD, bisa dilakukan dengan custom domain saja tanpa webhosting.

      2. Harus mendaftarkan URL blog untuk direview pihak Adsense.

      3. BLog Harus mendapatkan persetujuan (Full approved) dari pihak Adsense yang akan dikirimkan melalui email.

      Dalam masa ini kita hanya bisa menunggu sampai Tim Adsense menyetujui blog sepenuhnya.

      1. ohh..betu ya mas..
        ini sudah anda coba sendiri?
        maaf mas saya agak ngeyel karena saya butuh sumber yang pasti untuk meyakinkan temen saya..

  8. salam kenal mas gani..
    bolehkah saya bertanya?
    asaya punya pertanyaan yang sampai saat ini masih belum menemukan jawaban pasti.
    Apakah benar akun adsense youtube tidak bisa menayangkan iklan di blog walaupun sudah memakai hosting dan domain LTD? soalnya saya dapat info dari temen katanya ads youtube tidak bisa dipasang di blog.setelah saya cari di gugel ternyata katanya bisa tapi dengan syarat blog nya harus sudah LTD.yang mana yang benar?
    Mohon dijawab.
    terimkasih sebelumnya….

  9. memang kadang kita sering kehilangan ide untuk menulis. dan yang paling mudah adalah copas mentah atau rewrite.

    tapi jika kita mau menghargai diri sendiri sebaiknya rewritu pun di sertai sumber tulisan walaupun bukan link aktif.
    tetap semangat mas gani.salam untuk para onta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *