Internet

TikTok Luncurkan Fitur Family Pairing untuk Lindungi Anak-anak

TikTok saat ini telah menjelma menjadi aplikasi sejuta umat. Aplikasi buatan ByteDance itu sukses memikat hati para penggunanya, baik anak-anak, remaja, hingga orang tua. Fakta yang demikian itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di berbagai penjuru dunia.

Mengingat TikTok banyak digunakan oleh publik dunia, khususnya kalangan remaja, ByteDance selaku induk TikTok pun meluncurkan fitur baru yang bisa membuat orang tua para remaja tenang ketika anak-anaknya menggunakan platform TikTok.

Baca juga: TikTok Jalin Kerja Sama dengan WHO untuk Informasi COVID-19

TikTok Luncurkan Fitur Family Pairing

TikTok telah melaporkan bahwasanya mereka meluncurkan fitur terkait kontrol orang tua dalam penggunaan aplikasi yang bernama Family Pairing. Family pairing adalah fitur yang akan memungkinkan para orang tua untuk mengontrol penggunaan akun TikTok anak-anaknya.

“Hari ini, kami meningkatkan komitmen kami untuk membangun demi keamanan pengguna kami dengan memperkenalkan Family Pairing yang memungkinkan orang tua dan remaja untuk menyesuaikan pengaturan keselamatan mereka berdasarkan kebutuhan individu.”

“Family Pairing adalah bagian dari kerja kami yang berkelanjutan untuk memberikan kemampuan yang lebih baik kepada orang tua untuk memandu pengalaman online remaja mereka sambil memberikan waktu untuk mendidik tentang keamanan online dan kewarganegaraan digital,” ungkap pihak TikTok.

fitur family pairing

Seperti yang dapat Anda lihat dalam tangkapan layar di atas, Family Pairing akan memungkinkan para orang tua untuk menautkan akun TikTok anak mereka dengan akun TikTok mereka, yang kemudian memberikan mereka serangkaian kontrol baru atas aktivitas di platform anak-anak mereka.

Ketika menggunakan Family Pairing, para orang tua bisa melakukan tiga hal untuk akun anak-anaknya, yaitu screen time management, restricted mode, dan direct messages. Dengan screen time management, maka para orang tua bisa menetapkan berapa lama anak menghabiskan waktunya untuk bermain TikTok.

Adapun untuk restricted modeĀ atau mode terbatas, maka para orang tua bisa membatasi tampilan konten yang mungkin tidak sesuai atau tidak layak tonton. Dan yang terakhir adalah direct messages atau pesan masuk di mana para orang tua bisa membatasi siapa-siapa saja yang mengirimkan pesan ke akun anak.

Baca juga: Ingin Internet Positif, TikTok Luncurkan Panduan Lawan Cyber Bullying

Di laman resmi, pihak perusahaan mengatakan jika Family Pairing akan segera hadir dalam beberapa minggu mendatang. Mengingat pengguna TikTok didominasi oleh para remaja, memang sudah seharusnya mereka mengeluarkan fitur terkait kontrol orang tua, apalagi popularitas TikTok saat ini semakin meningkat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close