Dunia Internet

Tips Aman Berkendara Agar Selamat Sampai Tujuan

Tips Aman Berkendara Agar Selamat Sampai Tujuan – Saat berkendara, pastilah setiap pengemudi menginginkan agar selalu selamat hingga sampai ke tujuannya. Namun, tidak jarang kecelakaan lalu lintas tidak bisa kita hindari, baik karena kelalaian pengemudi lain, kondisi kendaraan, maupun terjadi karena kelalaian diri sendiri.

Seiring dengan menambahnya para pengguna kendaraan, angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi pun semakin meningkat.

Oleh karena itu, sebagai pengguna jalan, tentunya setiap pengendara wajib memiliki tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Hal utama yang harus Anda perhatikan ketika berkendara adalah safety driving baik itu menggunakan perlengkapan berkendara yang tepat, mematuhi peraturan lalu lintas, hingga memiliki surat izin mengemudi.

Namun, sayangnya masih banyak pengendara yang belum sadar akan hal itu. Padahal, hal tersebut merupakan bagian terpenting ketika berkendara dan dapat mencegah dari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, simak beberapa tips berikut ini agar Anda tetap aman berkendara hingga sampai ke tujuan:

Menggunakan Helm atau Sabuk Pengaman

Bagi Anda pengendara motor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang. Namun, tidak jarang masih banyak pengendara sepeda motor yang menyepelekannya.

Demi meningkatkan keselamatan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu menggunakan helm saat berkendara sepeda motor sedekat apapun jaraknya.

Sama seperti helm bagi pengendara motor, menggunakan sabuk pengaman bagi pengendera mobil sangatlah penting.

Jika terlanjur terjadi tabrakan atau kecelakaan, Anda akan terlindungi dari benturan terhadap stir karena akan terlebih dahulu tertahan oleh sabuk pengaman yang terikat di badan.

Gunakan sabuk pengaman dengan posisi yang benar saat berkendara untuk melindungi tubuh Anda sepenuhnya.

Jangan Menggunakan Telepon Genggam

Saat berkendara, Anda diharuskan untuk berkonsentrasi penuh untuk agar selamat sampai tujuan. hHindari untuk menggunakan telepon genggam baik untuk berkomunikasi ataupun hanya sekedar melihat notifikasi.

Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara meskipun hanya sebentar saja. Hingga kini, masih banyak kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengemudi terlalu asik menggunakan telepon genggamnya.

Oleh karena itu, jangan menggunakan telepon genggam sama sekali ketika berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jaga Jarak Aman Kendaraan

Meskipun kondisi lalu lintas terlihat lancar, selalu jagalah jarak aman kendaraan Anda dengan kendaraan di depan untuk mengantisipasi kejadian rem mendadak.

Berilah jarak kira-kira sekitar tiga detik waktu tempuh antara kendaraan di depan dengan kendaraan Anda untuk terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Baca jugaCara Melihat Kondisi Lalu Lintas Menggunakan Google Maps

Perhatikan Kondisi Kendaraan

Layaknya tubuh manusia, kendaraan juga perlu diperhatikan kondisinya dan dilakukan perawatan agar tetap prima.

Lakukan pemeriksaan kendaraan Anda secara berkala di bengkel, apakah ada masalah pada mesin, ban, rem, dan sebagainya. Jangan menunggu sampai kendaraan terlebih dahulu mengalami masalah karena akan merepotkan Anda.

Demikianlah beberapa tips aman berkendara yang bisa Anda terapkan agar selamat sampai tujuan. Semoga tips berikut dapat memberikan keamanan dan keselematan bagi Anda, keluarga, teman, pengguna jalan lain serta orang lain yang berada di sekitar.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close