cod cash on delivery

Tips Aman COD (Cash on Delivery) Saat Belanja Online

Tips Aman COD (Cash on Delivery) Saat Belanja Online – COD (Cash on Delivery) atau yang lebih dikenal dengan “Bayar ditempat” merupakan salah satu metode dalam proses transaksi jual beli online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Cara ini dianggap lebih aman dibandingkan dengan mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu ke rekening penjual.

Dengan metode COD ini, pembeli bisa memastikan secara real mengenai kondisi barang yang ditawarkan oleh penjual. Seperti mengecek kelengkapan, kualitas, dan aspek-aspek lainnya. Sehingga penjual tidak bisa berbohong mengenai kondisi yang sebenarnya dari barang yang ia tawarkan.

Meskipun dianggap efektif, metode COD ini juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan jika tidak mau terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Berikut adalah tips-tips seputar COD yang perlu kamu tahu sebelum melakukan COD-an.

Tentukan Tempat COD yang Tepat

Cash on Delivery

Sebelum melakukan COD, biasanya kita akan membuat janji terlebih dahulu mengenai tempat dimana kita akan ketemuan. Usahakan carilah tempat yang ramai, karena jika terjadi apa-apa kita tidak sendirian.

Kemudian, carilah tempat dengan lokasi yang strategis. Agar tidak terkesan memberatkan, carilah lokasi tengah-tengah dari jarak antara kita dan dirinya.. Aseeekkkk

Selanjutnya, carilah tempat yang tersedia fasilitas ATM. Ini untuk berjaga-jaga jika kamu atau si penjual membutuhkan dana untuk melakukan proses transaksi.

Jangan Sendirian

Cash on Delivery
Source Image: www.pixabay.com

Jangan pergi sendirian ketika kamu ingin melakukan COD, serius jangan.. Nanti ketahuan kalau kamu JOMBLO !!! Hahaha *ketawa jahat*

Loading...

Nggak saya becanda..

Alasan kenapa kamu nggak boleh sendirian adalah agar ada orang yang setidaknya bisa melindungi kamu ketika terjadi sesuatu selama proses transaksi. Misalnya kamu mau dibegal nih sama orang lain, nah teman kamu bisa dijadikan pelindung disini.

Kemudian, ajaklah teman yang sekiranya paham mengenai barang yang akan kamu beli. Misalnya kamu ingin beli iPhone second, minimal kamu atau temen kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang iPhone. Seperti apa itu iPhone Refurbished, iCloud, Passcode, Restrictions, Garansi, dan beberapa aspek lainnya agar tidak mudah dibohongi oleh penjual.

Waspada

cod
Source Image: www.pixabay.com

Kamu harus benar-benar menanamkan dalam dirimu kewaspadaan dan keberhati-hatian. Jangan mudah percaya dengan orang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya dan jangan mudah terbujuk dengan penampilan luar seseorang.

Tetaplah fokus selama proses COD berlangsung, dan jangan sampai lengah. Karena sedikit saja kita lengah, bisa-bisa kita malah kehilangan barang berharga.

Kenali Identitas Penjual

Source Image: www.pixabay.com

Pastikan kamu mengenali identitas penjual seperti mengetahui nama asli, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat yang jelas. Agar ketika kamu ingin komplain dengan barang yang kamu beli, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari alamat dari si penjual dan tentunya lebih mudah untuk mencari pertanggungjawaban.

Baca juga:

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika melakukan COD saat belanja online. Punya tips lain? Yuk bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *