tips berbelanja saat harbolnas

Tips berbelanja saat Harbolnas Beserta Persiapan yang Harus Dilakukan

Tips berbelanja saat Harbolnas. – Hai sobat klimania, tahu gak, kita ini sudah dipenghujung tahun 2016 dan sebentar lagi menyambut tahun baru 2017. Semoga ditahun baru 2017 kita memiliki semangat baru dan bisa berubah ke arah lebih baik. Atau yang setidaknya ada pengingkatan dalam hal positif dari tahun ini. Karena orang yang beruntung adalah orang yang besok lebih baik daripada hari ini.

Nah sebelum merayakan tahun baru, pada tanggal 12-14 Desember setiap tahun itu ada peringatan Harbolnas atau hari belanja online nasional. Nah pada kesempatan ini saya ingin memberikan banyak hal mengenai tips berbelanja saat Harbolnas.

Saya kira sekarang ini masih ada waktu seminggu untuk mempersiapkan menghadapinya. Karena akan ada banyak kejutan menarik yang diberikan oleh toko online maupun marketplace online yang memberikan diskon besar besaran. Bahkan ada yang memberikan diskon sampai 90% lebih. Jadi dengan tulisan ini, saya harap anda akan lebih matang dalam menyambut Harbolnas ini.

Hal ini tentu akan sangat menghemat pengeluaran belanja anda, mulai dari belanja kebutuhan kosmetik, kebutuhan dapur, tiket, pulsa, gadget, pernak pernik dan tentunya yang paling laris itu pada jenis fashion, mulai dari baju hingga topi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bila anda membelinya selama 3 hari itu karena kabarnya Harbolnas kali ini banyak e commerce yang memberikan diskon super gila.

tips berbelanja saat harbolnas

Sebenarnya progam Harbolnas ini adalah progam yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendorong masyarakat agar mau berbelanja online. Karena walau netizen Indonesia sudah sangat banyak, namun karena kebanyakan takut berbelanja secara online baik di toko online atau di tempat lain.

Nah dengan adanya peringatan ini yang diikuti oleh banyak toko online, maka anda tak perlu khawatir lagi akan terjadi hal berbahaya seperti halnya penipuan dan sebagainya. Selain itu, tujuan lain adalah untuk mengedukasi kepada masyarakat banyak melalui belanja secara online.

Kabarnya ditahun 2016 ini, para peserta e commerce yang mengikuti hal ini naik sekitar 35% daripada tahun 2015 lalu. Kabarnya tahun ini diikuti lebih dari 200 ecommerce di Indonesia. Yang mana itu telah tergabung dalam asosiasi e commerce indonesia atau idea.

Loading...

Diantaranya adalah matahari mall, blibi, elevenia, lazada, bukalapak, zalora, tokopedia, asmaraku, fabelio. Orami, blanja. Alfacart, shopback, berrybenka, doku, popbox, shopee, SALON by Houzcal, dan tentunya masih banyak lagi.

Baca : 12 situs Toko Online Terbaik dan Populer di Tahun 2016

Kali ini BCA dan midtrans menjadi sponsor dalam kegiatan tahunan ini. Dan bisa dipastikan akan begitu meriah. Aulia E Marinto juga menegaskan kepada semua ecommerce untuk tidak melakukan penipuan kepada masyarakat. Karena pada tahun lalu, banyak pembeli yang kecewa karena tidak bisa mendapatkan diskon seperti yang sedang digembor gemborkan. Bahkan mendapatkan hal yang kurang baik.

Tips berbelanja saat Harbolnas yang dapat anda lakukan

tips berbelanja saat harbolnas

Tips berbelanja saat Harbolnas atau hari belanja online nasional ini bisa anda persiapkan mulai dari sekarang. Karena untuk menyiapkannya tentu membutuhkan waktu bukan? Pada dasarnya saat Harbolnas itu tidak cuma tentang diskon saja. Tapi ada hal lain seperti cashback, undian berhadiah,atau juga ada berbagai voucher gratis, baik voucher untuk pulsa atau voucher belanja.

Nah bagi anda yang memang benar benar ingin membelanjakan uang untuk membeli suatu barang, silakan simak saja tips berikut ini. Semoga membantu anda.

1. Punya rencana pembelian barang

Masa iya ingin beli tapi tidak tahu barang apa yang ingin dibeli. Jika anda tidak punya rencana untuk membeli suatu barang, mulai saat ini cobalah untuk mencatat daftar barang apa saja yang mungkin sangat anda butuhkan, atau bisa juga barang yang sudah diimpi impikan namun belum pernah kesampaian untuk membelinya.

Pilihlah barang yang benar benar anda butuhkan, jangan menjadikan hal event ini sebagai ajang untuk menampilkan sikap komsumtif dalam diri anda sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk membuat catatan untuk belanja atau disebut juga shoping list. Hal ini akan memberikan manfaat bagi diri anda dalam mengeluarkan uang untuk pembelanjaan.

Selain itu, dengan anda merencanakan jauh hari sebelum hari H nya, anda akan mendapatkan memiliki kemudahan untuk mengatur ulang list yang telah disusun. Jadi misal ada barang lain yang lebih dibutuhkan, maka itu akan bisa diganti dengan barang sebelumnya yang dirasa kurang penting.

Jika anda tidak memikirkan jauh hari sebelum Harbolnas, maka saat sedang hari H nya, malahan akan kesusahan memilih barang. Ujung ujungnya karena ngejar diskon malah membeli barang yang tak begitu dibutuhkan. Kan sayang kalau barang itu malah gak berguna nantinya.

Perlu anda tahu, bahwa di toko online itu kita bisa membandingkan antara 1 harga dengan harga di tempat lain. Jadi kita juga bisa memilih harga yang paling pas dikantong kita.

Jadi apakah saat ini anda sudah punya daftar barang belanja yang ingin dibelanjakan saat Harbolnas nantinya? Jika belum coba pikirkan dan rencanakan dengan baik untuk membeli barang apa saja yang benar benar penting untuk dilakukan.

2. Perhatikan harga dan spesifikasi barang

tips berbelanja saat harbolnas

Selain merencanakan barang yang ingin dibeli, alangkah baiknya untuk memperhatikan harga dari barang dan spesifikasi yang ada. Bisa saja barang yang dijual palsu, kw atau sejenisnya. Hal ini sangat disayangkan bukan bila terjadi kepada anda. Misalnya membeli iphone 7, nah setelah dikirim ternyata itu supercopy. Kan sungguh sangat mengecewakan.

Mungkin ada ecommerce yang menggunakan cara ini untuk menarik perhatian banyak orang tanpa perlu rugi dengan diskon yang dilakukan. Jadi anda harus benar benar memperhatikan barang yang mereka jual. Mungkin sih kalau mereka sudah menjadi perusahaan besar seperti zalora, lazada dan sebagainya, itu pasti kualitas barang tidak diragukan. Namun untuk marketplace seperti halnya bukalapak dan tokopedia ini benar benar harus anda perhatikan, karena bisa saja seller menjualnya dengan tidak memperhatikan kualitas.

Selain itu bagi yang suka membeli barang branded impor, seperti sepatu, tas, jas dan sebagainya ini juga perlu anda perhatikan. Lihat dulu harga sebelum diskon berapa dan harga setelah diskon berapa. Setelah itu baca dengan baik deskripsinya mengenai spesifikasi barang yang ada. Jangan sampai menggunakan barang yang KW juga.

Selain itu entah itu barang impor atau ekspor pasti sering terjadi banyak kendala, mulai dari tempat garansi yang sulit ditemukan, kebijakan barang dan sebagainya. Jadi anda harus benar benar bisa mengetahui hal ini dengan detail agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan suatu hari nanti terhadap barang yang telah dibeli.

Dengan membeli di barang di era digital ini, seharusnya anda lebih dapat merasakan kemudahan, bukannya kesulitan. Namun dengan ini banyak pihak yang menyalahgunakan untuk berbagai macam hal yang tidak baik. Jadi anda perlu waspada saat belanja online. Jadilah pembeli yang smart. Be smart buyer.

3. Siapkan daftar barang alternatif

Ini merupakan hal lanjutan dari poin nomor 1 diatas. Barang alternatif ini adalah barang yang anda beli jika barang utama tidak tersedia atau stok habis. Jadi misal anda ingin membeli samsung galaxy s7, namun karena barang yang dijual di toko X habis maka anda bisa menyiapkan barang penggantinya seperti halnya google pixel atau iphone 7. Dengan ini maka anda tidak akan kecewa karena tidak bisa memanfaatkan Harbolnas dengan semaksimal mungkin.

Tips berbelanja saat Harbolnas ini juga benar benar diperhatikan. Karena hanya memakan waktu selama 3 hari saja pasti membuat seluruh barang yang menjadi incaran dan idaman seseorang menjadi ludes terjual.

Hal yang perlu anda perhatikan dalam menyiapkan kategori barang alternatif ini seharusnya menyamakan dengan fungsi barang utama yang dijual. Atau setidaknya harganya juga tak jauh beda dengan barang yang menjadi tujuan barang utama anda. Hal ini memungkinkan bagi anda untuk tidak kecewa disaat barang utama telah out of stock.

Namun membeli barang prioritas (utama) itu hal yang diutamakan, hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan berbagai cara seperti mengechek barang terkait di toko lain. Jadi tidak semata mata mengandalkan toko satu saja, mengingat toko yang mengikuti Harbolnas ini begitu banyak. Jadi kalau itu bukan barang yang benar benar spesial, maka bisa dipastikan kalau barang disatu tempat habis maka ditempat lain pasti masih ada.

4. Perhatikan syarat dan ketentuan masing-masing situs

Sebelum anda berbelanja di situs e commerce, pasti anda membutuhkan suatu ritual tertentu. Yaitu harus mendaftarkan terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk karena dengan mandaftar di situs tersebut, maka kondisi barang akan mudah kita terima informasinya. Namun yang sering dilakukan saat seseorang mendaftar di situs online, mereka tidak memperhatikan syarat dan kebijakannya. Padahal kita biasa melihat form untuk dicentang tentang sudah membaca syarat layanan bukan?

Ini adalah tips berbelanja saat Harbolnas yang tak boleh untuk dilewatkan. Termasuk oleh anda sendiri. Demi kenyamanan anda selanjutnya, maka patuhi terus kebijakan situs, baik kebijakan umum, maupun kebijakan saat event itu. Karena biasanya masing masing situs memberi ketentuan tidak boleh membeli barang lebih dari sekian atau tidak boleh menggunakan 2 akun dan sebagainya.

Dengan anda memperhatikan serta mematuhi ketentuan masing-masing situs, maka anda tidak terjadi penyesalan suatu saat nanti. Yap betul, tips berbelanja saat Harbolnas ini bertujuan untuk membuat kita sendiri measa nyaman sebenarnya.

Banyak sekali orang tidak memperhatikan hal tersebut saat mendaftar di situs apapun. Hal ini karena membuang banyak waktu. Namun ini adalah kebiasaan buruk yang perlu anda jauhi, karena bisa berdampak buruk terhadap diri anda sendiri.

Misalnya tiba tiba mendapatkan masalah, misalnya terjadi kesalahan pengiriman barang. Dan jikalau hal itu sudah diatur dalam ketentuan situs bahwa barang tidak bisa ditukar atau dikembalikan, kita tentunya tidak bisa berbuat apapun bukan?

Event Harbolnas ini berlansung sangat singkat, yang mana membuat toko tersebut mungkin kewalahan dalam menanggapi pesanan. Bisa saja terjadi suatu hal yang salah, seperti kesalahan pengiriman barang atau sampai tidak terkirim ke tujuan rumah anda. Pelajari ketentuan situs e commerce tersebut mengenai hal ini.

5. Pastikan memiliki alat pendukung yang memadai

Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan? Siapkan aja gadget dan koneksi internet yang wusss. Dengan ini anda bisa melihat banyak barang yang mendapatkan diskon gede dimana saja. Selain itu, sebaiknya anda memiliki internet banking atau jika perlu memiliki kartu kredit.

Jadi tidak perlu lagi setiap ingin belanja kita harus pergi ke ATM terdekat. Ini bisa bisa sangat merepotkan dan membuang banyak waktu. Apalagi jika lokasi ATM nya jauh dari rumah, kan sangat tidak mengenakan. Akan lebih mudah jika menggunakan kartu kredit, namun jika merasa takut kalau memiliki kartu kredit, maka anda bisa menggunakan internet banking.

Pastikan memiliki kuota yang cukup dan jika anda menggunakan internet banking BCA, maka jangan membeli barang di hari sabtu atau minggu, karena saat itu tidak terjadi pengiriman transaksi. Jadi lakukan hari senin pada tanggal 13 desember nanti. Jangan hiraukan tips berbelanja saat Harbolnas ini, karena begitu penting untuk dilakukan.

6. Pilih fitur COD jika ada

Fitur COD atau cash on delivery adalah fitur yang memunginkan bagi anda untuk bisa membeli barang dengan langsung dikirimkan ke rumah dan pembayarannya juga saat barang sudah sampai. Biasanya ini hanya tersedia untuk 1 area saja, misalnya area jabodetabek. Namun tidak semua barang dan tidak semua toko online menggunakan sistem ini. Jadi anda perlu memilih mana toko online yang menyediakan pilihan COD ini.

Menggunakan fitur COD selain aman, juga mudah dan nyaman. Karena jika anda menerima barangnya tidak sesuai dengan pesanan, maka anda bisa mengembalikannya langsung untuk hal ini. Dan tentunya pengembalian barang karena masalah seperti ini tidak akan membutuhkan biaya tambahan, karena ini kesalahan si penjual bukan kesalahan anda.

7. Sesuaikan keuangan anda jangan kalap apa-apa dibeli

Ini merupakan tips berbelanja saat Harbolnas yang harus anda perhatikan. Hal ini karena jika anda tidak bisa mengatur keuangan sebaik mungkin akibat iming iming diskon yang begitu besar, anda akan kewalahan dalam menghadapi hal ini.

Bisa saja saat anda searching di toko online, anda menemukan barang yang memiliki diskon super fantastis. Namun anda harus bijak dalam membeli, misalnya dengan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Karena jika uang anda habis untuk membeli hal ini, maka dilain waktu akan kesulitan.

8. Perhatikan reputasi toko

Pastikan situs online yang dikunjungi itu adalah situs terpecaya yang sudah lama online. Atau kalau anda merasa situs itu belum terkenal, maka anda bisa mengechek situs tersebut mulai testimoni, riwayat, tampilan situs, penggunaan https dan sebagainya.

Jika anda menginginkan untuk membeli di marketplace seperti halnya tokopedia dan bukalapak, pastikan pelapak tersebut telah memiliki reputasi yang baik. Usahakan yang telah terjadi lebih dari 100 penjualan dan memiliki feedback positif lebih dari 90%.

Tips berbelanja saat Harbolnas ini memang harus benar-benar diperhatikan, ini dimaksudkan untuk menghindari penipuan dan sebagainya.

Baca : 3 Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

9. Selalu simpan segala bentuk transaksi

Ini dia tips berbelanja saat Harbolnas yang perlu anda lakukan. Yaitu menyimpan segala bentuk kegiatan transaksi. Mulai dari chat, transfer rekening bank, hingga nota pembayaran hingga catatan barang yang diterima. Hal ini dimungkinkan untuk bisa menangani dengan segera mungkin terhadap berbagai masalah yang ada kedepannya.

Misalnya barang yang sampai tidak sesuai dengan pesanan, barang rusak, barang tidak sampai dan sebagainya. Hal ini memungkinkan anda untuk mengajukan bukti bukti itu jika memang terjadi masalah suatu saat nanti.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips berbelanja saat Harbolnas kali ini. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Manfaatkan hari belanja online nasional nanti pada tanggal 12 13 14 desember dengan berbelanja berbagai kebutuhan barang yang anda butuhkan.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar yang lain tidak kena tipu Harbolnas dan lainnya. Terima kasih…


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *