Peluang usahaUlasan Bisnis

Wajib Baca! 10 Tips Berdagang Agar Cepat Mendatangkan Kesuksesan

Jika kamu merupakan seorang pedagang, baik itu dalam skala besar maupun rumahan. Sepertinya mencari keyword tentang tips berdagang yang baik adalah hal yang wajib dan sangat tepat untuk kamu lakukan.

Mencari tips berdagang di Internet, dapat dijadikan sebagai inspirasi dan juga strategi agar kamu mulai menjual produkmu dengan cara yang tepat dan tertarget. Bahkan, tak jarang jika tips-tips yang tersedia di Internet (Seperti yang akan kita bahas di KlikMania ini). Boleh jadi mendatangkan kesuksesan yang lebih cepat dalam pemasaran produkmu, jika tips tersebut kamu lakukan dengan benar dan tepat.

Seberapa pentingkah mencari tips berdagang di Internet?

Buat kamu yang merasa jika tips seputar dunia perdagangan yang tersebar di Internet adalah informasi yang kurang penting untuk dipahami, sebaiknya kamu berpikir ulang!

Di jaman yang semakin modern ini, kebutuhan masyarakat akan produk dagangan semakin meningkat. Tidak hanya itu, kamupun sebagai pedagang juga akan menemui lebih banyak lagi. Pesaing-pesaing yang siap melawan ekstitensi merek dagangmu.

Tips Berdagang

Maka dari itu guys, kamu juga harus sedini mungkin mensiasati hal-hal tersebut dengan strategi-strategi pemasaran. Agar produk dan jasamu layak untuk bersaing dengan pedagang, maupun menyedia jasa lainnya.

Seperti pada artikel ini, di mana kita akan membahas sebuah strategi dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa. Agar nantinya calon konsumen melihat seakan-akan produk/jasamu berbeda dari produk maupun jasa sejenis, sehingga mereka akan tertarik untuk membeli produk, maupun menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga : 12 Cara Ampuh Menghasilkan Uang dari Blog

Oke. Kalau kamu sudah menyadari bahwa tips dan strategi dagang memiliki peranan yang cukup penting. Maka marilah kita simak tips-tips berdagang yang terangkum di sini, dan jangan lupa juga untuk mempraktekkannya degan sungguh-sungguh.

10 Tips Berdagang Agar Cepat Mendatangkan Kesuksesan

Tips Berdagang

1. Utamakan kejujuran dalam berdagang

Tidak hanya dalam urusan berdagang, kejujuran seharusnya diterapkan dalam setiap keadaan dalam hidup manusia. Dengan bertindak jujur, maka orang lain menjadi lebih mudah menaruh kepercayaan kepada kita, selain itu setiap kegiatan yang dilakukan dengan dasar kejujuran, pastinya akan membuahkan hasil yang baik buat kedepannya.

Dalam urusan berdagang, kamu dapat menerapkan kejujuran tersebut dengan tidak menipu calon pembeli kamu. Misalkan kamu adalah seorang pedagang elektronik, maka sebisa mungkin kamu jelaskan dengan sejujur-jujurnya terkait barang yang kamu jual kepada mereka yang tertarik untuk membeli. Terutama bagi mereka yang awam dalam bidang elektronik dan teknologi.  Kalau kamu sudah memulai bisnismu dengan kejujuran, dijamin deh kesuksesanmu akan semakin dekat di depan mata.

2. Persaingan semakin ketat! Coba kamu jual produk yang lebih bermanfaat

Tips Berdagang

Kamu tidak berdagang sendirian! Ada jutaan orang lain yang menjalankan bisnis dangan, termasuk barang yang sama seperti yang kamu dagangkan. Jika kamu merasa persaingan tersebut semakin berat, tidak ada salahnya untuk mencoba “Memutar haluan” dengan menyediakan produk dan jasa yang lebih bermanfaat dari sebelumnya.

Coba deh, kamu pikir-pikir mengenai barang-barang di kiosmu yang sebenarnya tidak pernah ada peminatnya. Jika barang-barang yang tidak diminati konsumen terus ada di kiosmu, mana mungkin kiosmu bisa ramai.

Yah, kamu bisa menimbang-nimbang dulu untuk keputusan “Pindah haluan”, karena di awal kamu pastinya akan mengeluarkan modal yang cukup besar untuk menyediakan produk baru.

Tapi perlu diingat, usahakan kamu menyediakan produk atau jasa yang sekiranya bermanfaat untuk warga di sekitar tempatmu membangun usaha. Dengan begitu kamu akan cepat kembali modal, serta kiosmu diprediksi akan selalu ramai, karena apa yang kamu sediakan bermanfaat dan dibutuhkan oleh calon konsumenmu.

3. Ramaikan rumah makanmu dengan menu yang unik dan spesial

Tips Berdagang

Sekarang itu lagi jamannya sambal hantu, pizza gulali, dan makanan-makanan unik lain yang menjadi menu andalan dari sebuah restoran, maupun rumah makan.

Terkadang ada saja beberapa orang yang mengunjungi rumah makan bukan karena menunya yang enak. Tetapi karena menu tersebut sangat unik dan membuat penasaran untuk dicoba. Sehingga ide penciptaan makanan unik tersebut bisa kamu terapkan pada kedai, kafe, maupun rumah makan milikmu untuk menarik minat konsumen yang lebih banyak lagi.

Tapi pada saat kamu memutuskan untuk menyediakan menu unik, pastikan juga rasa dari menu tersebut sudah unik sesuai namanya. Karena jika pengunjung suka dengan menu unik andalan rumah makanmu, mereka tidak segan untuk menceritakan kepada saudara, maupun teman mereka mengenai menu andalah yang kamu sediakan tersebut. Lumayan bisa dapat promosi cuma-cuma.

4. Jangan cuma menu, dekorasi juga perlu kamu pertimbangkan

Jika usaha dangangmu adalah kedai, kafe, rumah makan atau sejenisnya, menyediakan makanan dan menu-menu spesial saja tidaklah cukup. Kamu harus memperhatikan juga sisi dekorasi dari kedaimu.

Tips Berdagang

Lha kok dekorasi aja dipermasalahin sih?

Jika kamu merasa dekorasi tempat, adalah sesuatu yang tidak penting selama menu kamu spesial. Maka cobalah untuk berpikir mengenai seseorang yang mendatangi sebuah kedai/kafe dikarenakan ia ingin mencari tempat di mana ia bisa merasa tenang dan nyaman.

Orang-orang sekarang lebih mudah tertarik mendatangi sebuah kedai/kafe hanya karena melihat dekorasinya yang unik, serta terkesan memberikan rasa nyaman pada setiap pengunjungnya. Jika seperti itu, maka menu spesial yang kamu tawarkan akan percuma. Apabila dekorasi tempatmu sungguh buruk dan memunculkan kesan tidak nyaman pada calon pengunjung kedaimu.

Kalau boleh saya sarankan, sepertinya kamu harus lebih serius lagi dalam mendekor tempat makanmu dengan menyewa seorang designer interior, yang mampu menyulap tempatmu menjadi sesuatu yang baru dan ajaib. Modal awal jangan terlalu kamu pikirkan, karena saya yakin sekali bahwa kedaimu akan dikunjungi mereka-mereka yang sedang mencari tempat makan dengan nuansa yang berbeda.

5. Jangan mengambil untung terlalu banyak! Bayangkan jika kamu berada di posisi konsumen

Ini nih yang sering dilakukan oleh mereka-mereka yang ingin cepat untung, tapi malah buntung. Kalau kamu pikir bisa lebih cepat untung dengan menaikkan harga produk, sepertinya kamu salah kaprah.

Bayangin deh, jika kamu adalah seorang konsumen yang ingin membeli produk impian tapi kaget bukan main karena harganya 2x lebih mahal dari yang kamu lihat di majalah. Gak cuma kaget, mungkin kamu bisa pingsan karena ngga bawa duit lebih. Haha

Maka dari itu, coba kamu pikir-pikir dulu mengenai reaksi konsumen sebelum kamu menaikkan harga guna mendapatkan keuntungan. Atau jika lokasi dagangmu berada di lokasi yang didominasi oleh wisatawan asing, kamu boleh kok menerapkan harga bule. Tapi mbok yo jangan diterapkan juga untuk orang lokal. Jualan yang memang cari untung, tapi jangan sampai malah jadi boomerang dan buat kamu buntung.

6. Pelayanan dan kepuasan konsumen harus jadi nomor satu

Tips berdagang yang satu ini sangat penting buat kamu-kamu yang ingin dagangan kamu laris, serta mendapatkan pelanggan setia. Kalau kamu menjadi seorang konsumen, pasti memilih pedagang yang ramah kan?

Tidak perlu banyak basa-basi mengenai keunikan dan kecanggihan produkmu, kamu sebagai pedagang harus mementingkan pelayanan terbaik kepada konsumen. Agar mereka nyaman dan senang berbelanja di tempatmu.

Tips Berdagang

Gimana caranya?

Kalau kamu bingung dengan bagaimana cara membuat pelangganmu puas, berdiri dan memberikan senyum sesaat setelah konsumenmu masuk adalah cara yang sangat jitu untuk membuat mereka nyaman berada di tempatmu. Selain menebar senyum, pastikan kamu menjelaskan secara rinci mengenai apa yang mereka inginkan, dan apa yang membuat mereka kebingungan.

Seperti contoh kasus yang menimpa teman saya, dia ini pernah berbelanja gadget di sebuah toko dan menjelaskan kepada saya bahwa pelayanan yang diberikan kepadanya sangat buruk. Tidak hanya itu teman saya yang buta teknologi ini juga merasa di tipu, karena spesifikasi gadgetnya tidak sesuai yang dijelaskan oleh si empunya toko.

Lalu apa yang terjadi?

Dia tidak hanya menceritakan hal tersebut kepada saya, tetapi kepada semua orang, yang seakan menjadi ajakan untuk tidak berbelanja di toko gadget yang dimaksud. Wadaw, bisa gawat nih kalau kamu galak-galak dan tipu-tipu saat menjalankan bisnis dagang.

Dengan adanya kejadian di atas, maka seharusnya kamu mulai membenah diri dan melihat apakah cara dagangmu sudah tepat. Apakah pelanggan sudah puas, dan apakah pelanggan akan menceritakan hal baik kepada orang lain mengenai tokomu.

Jika pelayanan kamu sudah sangat memuaskan, maka pelanggan akan membeberkan mengenai kebaikan dan kenyamanan yang dirasakannya saat berada di toko/tempat usahamu, agar orang lain dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan yang sama seperti yang dia rasakan. Selain mendapatkan promosi secara cuma-cuma, mereka juga berkesempatan untuk menjadi pelangganmu yang paling setia.

7. Tidak hanya mencari tips dan strategi, Internet juga mampu digunakan sebagai tempat mempromosikan produk dan jasa milikmu

Pada tips berdagang yang ke-7 ini, kita akan membahas mengenai strategi dan tips mengenai salah satu teknik promosi. Internet itu sangat luas guys, kalo kamu sudah bisa memanfaatkan Internet untuk mencari tips, strategi, dan ide bisnis. Mengapa tidak kamu lanjutkan dengna menggunakan Internet sebagai sarana mempromosikan produk, maupun jasa yang kamu tawarkan.

Baca : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

Bisnis yang menggunakan Internet sekarang sangat menjamur, di Televisi saja kita bisa melihat banyaknya iklan-iklan mengenai perusahaan yang menyediakan berbagai layanan denga Internet. Mereka adalah perusahaan besar yang pastinya memutuskan strategi dengan sangat jeli, jitu dan tepat. Sehingga sudah cukup bukti bahwa Internet merupakan salah-satu bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Tips Berdagang

Buat kamu yang memiliki produk atau jasa yang masih memasarkan produk secara offline (Buka toko fisik), menggunakan Internet bisa jadi merupakan ide cemerlang untuk memperkenalkan produkmu hingga pelosok Indonesia, bahkan penjuru dunia.

Hal tersebut bukan tidak mungkin, dikarenakan cakupan Internet yang sangat luas (Hingga seluruh dunia) dan iklan yang kamu pasang di Internet. Mempunyai kesempatan untuk disaksikan oleh seluruh pengguna Internet di berbagai penjuru dunia.

Kalau kamu bingung mau mulai dari mana, sosial media adalah yang paling mudah untuk kamu gunakan sebagai sarana promosi produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk lebih serius dengan website toko onlinemu.

Facebook, Instagram, bahkan aplikasi chatting seperti Line dapat kamu pergunakan untuk mempromosikan produk maupun jasamu. Oh ya, tips buat kamu yang hendak mempromosikan barang di Internet, sebisa mungkin pasang harga yang miring ya (Memberikan diskon). Karena pengguna Internet rata-rata suka hal yang berbau diskon.

8. Sesekali buatlah diskon atau undian berhadiah untuk menarik minat konsumen

Tidak ada yang tahan bila mendengar kata diskon, atau undian berhadiah. Hal itu dapat kamu gunakan sebagai strategi yang sangat ampuh dalam menarik minat konsumen yang ada di kotamu.

Barang yang akan kamu diskonkan, sebisa mungkin di ambil dari barang-barang yang tidak laku terjual atau yang stoknya sudah menipis di kiosmu (Diskon cuci gudang). Atau kamu juga bisa membuat kupon undian yang hadiahnya masih merupakan produkmu yang lama tidak laku (Perhatikan kelayakan produk juga ya guys).

Dengan strategi membuat diskon seperti itu, maka kamu tidak akan rugi terlalu banyak. Sedangkan masyarakat yang akan senang saat mengetahui bahwa kamu mengadakan sebuah diskon dan undian, mereka tentu akan mengajak serta keluarga serta kerabat mereka. Untuk ikut berpartisipasi dalam meludeskan produk yang kamu diskonkan.

9. Jual produk anti basi kalau kamu mau menghemat modal pengeluaran

Tips berdagang yang ini, sangat cocok buat kamu yang merasa tidak memiliki cukup uang untuk terus membeli bahan baku pembuatan sebuah produk. Maka tidak ada salahnya kalau kamu bergelut sebagai pedagang produk anti basi.

Tips Berdagang

Produk anti basi, apaan tuh?

Produk anti basi yang saya maksud, mungkin meliputi benda-benda yang mungkin basi seperti elektronik,gadget, dan sebagainya. Tapi, karena gadged dan produk elektronik terus bermunculan setiap harinya, maka kamu perlu memilah dengan bijak. Manakah produk yang menurutmu tidak usang dimakan waktu, atau setidaknya memiliki harga jual yang cukup stabil.

Dengan menjual produk seperti itu, kamu bisa meraih keuntungan dengan modal yang tidak perlu di keluarkan setiap hari. Yaa mungkin jika stoknya kosong saja barulah kamu mengeluarkan modal untuk menyediakan lagi produk tersebut.

Selain itu, modalmu akan lebih murah jika kamu bergelut di bidang jasa yang lebih mementingkan skilll dan kemampuan, ketimbang canggihnya peralatan.

10. Ciptakan persaingan yang sehat antar sesama pedagang

Tips Berdagang

Dalam hal bersaing untuk mendapatkan konsumen, ada baiknya dan sangat dianjurkan agar kamu bersaing dengan cara yang sehat dan tidak saling merugikan antara satu dan yang lainnya.

Yakinlah bahwa rejekimu sudah diatur, dan rejeki orang lain juga sudah ada yang mengaturnya. Sehingga kalau kamu mulai melancarkan persaingan yang tidak sehat, justru hal tersebut tidak ada pengaruhnya untuk lawan bisnismu, atau mungkin kamu sendirilah yang akan merasakan hal buruknya.

Jadi, fokuslah terhadap bisnimu dan promosimu, kamu tetap dapat bersaing dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik agar nantinya daganganmulah yang menjadi primadona dimata konsumen.

11. Jangan mudah berpuas diri

Tips Berdagang

Tidak ada yang melarang jika kamu ingin hidup sedikit mewah-mewahan dengan hasil yang kamu dapatkan dari berdagang. Tapi jangan sampai kamu justru dibutakan oleh harta yang kamu miliki saat itu, sehingga kamu mengira bahwa kamu sudah berada di puncak paling atas.

Ngga ada yang melarang sih, tapi kalau keterusan sampai duitnya habis gimana?

Untuk mensiasati agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari, kamu bisa menabung hasil yang kamu dapatkan saat ini agar dipergunakan sebagai modal di masa depan. Walaupun tidak bisa berfoya-foya, tapi apalah gunanya foya-foya sekarang, kalau di kemudian hari kamu bakalan menyesal.

12. Fokus dan jangan pernah putus asa

Tips Berdagang

Karena persaingan semakin ketat, serta produk-produk yang ada sekarang ini semakin bervariasi. Ada baiknya kamu terus fokus dalam mempromosikan apa yang kamu miliki (Produk/jasa) dengan benar-benar mengutamakan kepuasan dari para pelanggan.

Meskipun suatu saat nanti kamu akan dihadapkan dengan kondisi yang menurutmu sangat berat, dan bahkan sudah nyaris bangkrut. Tetaplah percaya dan jangan putus asa dalam memperbaiki kesalahan agar nantinya kamu bisa sukses dengan bisnis dagangmu.

Baca Juga : Melirik Peluang Sukses Melalui Internet

Itu dia beberapa tips berdagang yang dapat kamu praktekkan, agar bisnis daganganmu semakin lancar dan cepat membawa kesuksesan buatmu. Namun jangan hanya berusaha dengan menjalankan tips berdagang ini, tetapi ingatlah selalu untuk berdoa dan meminta kepada Tuhan agar bisnis daganganmu diberikan kelancaran dan kemudahan, serta keuntungan yang melimpah.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close