Peluang usaha

Tips Bisnis Es Lilin Ditengah Era Bisnis Es Kepal Milo

Bisnis es lilin – Anda sedang merasa bosan di rumah? Atau sedang bingung ingin membuat usaha apa dengan modal 100 ribu rupiah? Kenapa tidak mencoba membuat es lilin saja?

Es lilin merupakan salah satu jajanan yang melegenda. Bahkan kepopulerannya bisa mengalahkan es kepal Milo yang saat ini sedang populer.

Hal ini bisa kita buktikan dari sejarahnya. Mengingat es lilin sudah ada sejak jaman saya belum lahir, atau mungkin sejak masih jaman Belanda?

Namun sayang, akibat jaman yang terus berubah dan berkembang, inovasi penjualan minuman dingin pun terus berevolusi. Sehingga membuat kepopuleran es lilin mulai meredup. Seperti es kepal Milo tadi misalnya.

Orang-orang jadi berbondong-bondong untuk berbisnis es kepal Milo.

Padahal sebenarnya, bisnis es lilin jauh lebih mudah dan murah dibanding es kepal Milo. Terlebih es lilin sudah mempunyai brand tersendiri yang sudah berabad-abad.

Es lilin juga tak perlu memperkenalkan kepada konsumen, karena mereka sudah tahu bahwa itu adalah es lilin.

Lalu, kenapa orang-orang lebih memilih es kepal Milo? Berikut asumsi saya:

1. Trend
2. Mengikuti arus
3. Lebih menarik perhatian
4. Dan lain-lain

Sebagai mahluk sosial yang mengikuti jaman, kita tentu tidak mau ketinggalan dengan sesuatu yang sedang populer, kan?

Sebagai misalnya ketika teh Thai mendarat di Indonesia. Banyak pebisnis dadakan yang ikut berbisnis teh Thai.

Hal ini dikarenakan mereka melihat adanya sebuah kesempatan dari sesuatu yang masih langka. Sehingga dari satu daerah ke daerah lainnya, teh Thai terasa begitu populer.

Sedangkan orang Indonesia, jika ada hal yang populer, kita umumnya akan penasaran. Dari rasa penasaran itu, kita akan mencoba.

Dan dari mencoba itu, kita akan berbicara kepada teman kita ataupun di posting di media sosial. Sehingga dengan adanya berita dari kita, maka akan banyak orang-orang yang tertarik dengan teh Thai.

Bila sudah seperti itu, trend teh Thai tidak akan terbendung lagi. Jadinya, banyak orang yang mengikuti trend teh Thai. Begitu juga dengan es kepal Milo. Orang-orang melihat itu sesuatu yang langka.

Jadi mereka akan mudah tertarik dan mencobanya, serta secara tidak langsung merekomendasikan ke teman-temannya.

Lalu, apakah masih ada kesempatan untuk sukses dengan bisnis es lilin di tengah populernya es kepal Milo?

Baca jugaTips Bisnis Jualan Kelapa Muda

Es lilin Versus Es kepal Milo

Bisnis es lilin

Jika Anda bertanya mengenai kesuksesan bisnis es lilin diantara trending nya es kepal Milo, maka saya katakan ‘bisa!’. Karena setiap bisnis itu memiiki target pasarnya masing-masing.

Sebagai contohnya handphone Nokia jadul. Hingga saat ini ponsel tersebut masih di cari banyak orang, walaupun sekarang jamannya smartphone. Itu semua sebagai bukti bahwa bisnis apapun akan berpotensi menghasilkan.

Lalu, apakah bisa sukses dengan bisnis es lilin? Itu semua tergantung bagaimana inovasi yang kita berikan untuk es lilin?

Jika kita menjual es lilin biasa saja tanpa adanya inovasi, maka itu mungkin akan sulit mengalahkan kepopuleran es kepal Milo.

Saya contohkan lagi dengan mie Indomie. Kebanyakan orang menjual mie Indomie kalau tidak mentahan, ya di masak biasa saja.

Tapi bagi orang yang tahu terobosan dan paham pentingnya inovasi, maka mereka membuat mie Indomie menjadi donat. Bukankah itu juga pernah populer?

Dengan kata lain, jika Anda ingin memutuskan untuk bisnis es lilin ditengah populernya es kepal Milo, maka yang perlu Anda siapkan adalah inovasi.

Terserah anda mau inovasi apa? Kerahkan semua kreativitas Anda di bisnis yang akan Anda jalani itu!

Dengan melakukan berbagai macam eksperimen membuat rasa yang unik, atau tampilan yang menarik, maka Anda akan menemukan sebuah inovasi yang baru untuk es lilin.

Dan jika itu sudah ketemu, bersiaplah untuk mendapatkan trending dari es lilin yang Anda bisniskan itu.

Cara memasarkan es lilin

Peluang bisnis Es LilinUntuk memasarkan es lilin sebetulnya tidak perlu cara khusus. Kita tinggal melakukan trik-trik jaman dulu untuk memasarkannya.

Seperti di jual di rumah dengan targetnya anak-anak yang sedang bermain, di sekolahan TK atau SD, atau mungkin di area persawahan atau perkebunan di saat sedang panen.

Cara-cara itu terbukti ampuh untuk mendatangkan konsumen.

Mungkin yang jadi masalah Anda adalah, Anda tidak mau repot untuk menjajakannya, kan?

Kalau masalahnya seperti itu, maka Anda bisa meminta pemilik warung atau toko untuk bekerja sama dengan Anda.

Anda bisa menitipkan es lilin buatan Anda dengan harga yang di sepakati dengan pemilik warung atau toko tersebut.

Sebagai contoh Anda menjual es lilin Anda seharga 500 perak perbatangnya. Namun Anda katakan bahwa pemilik warung bisa menjual dengan harga 1000 rupiah.

Dengan kata lain, hasil penjualan dibagi 50:50. Anda dapat 500 perbatang, pemilik warung pun dapat 500. Bukalah itu cukup adil? Atau Anda punya trik yang lebih hebat?

Manfaatkan media sosial sebagai promosi atau iklan

Seperti yang kita tahu, media sosial itu tempatnya banyak orang yang berkumpul, walaupun tidak di dunia nyata. Tapi dengan adanya itu, maka Anda bisa menggunakannya untuk ajang promosi atau iklan bisinis es lilin Anda.

Namun bila anda ingin mempromosikannya di media sosial, harus Anda pastikan bahwa es lilin yang Anda ciptakan benar-benar berbeda dari es lilin yang biasa.

Karena percuma saja jika itu biasa saja. Walaupun banyak yang melihat, belum tentu akan banyak yang tertarik.

Tapi akan beda ceritanya kalau itu menarik. Maka semakin banyak yang melihat, maka akan semakin banyak yang tertarik.

Kalau sudah termasuk unik, orang yang jauh pun tidak akan ragu untuk pesan. Dan mungkin saja akan ada yang membooking es lilin Anda untuk resepsi pernikahan atau acara resmi lainnya.

Selain daripada itu, mempromosikan bisnis kita di media sosial tidak perlu bayar alias gratis.

Memang akan lebih mudah menjangkau orang luas untuk mengetahui es lilin yang sedang Anda pasarkan dengan cara yang berbayar. Tapi, apakah uang Anda cukup untuk memasang iklan berbayar?

Saran saya, sebaiknya Anda kenalkan saja dulu es lilin Anda di media sosial Anda yang sudah punya banyak teman.

Maka dengan begitu, Anda tidak perlu memasang iklan berbayar. Kecuali jika bisnis Anda sudah dikenal banyak orang dan Anda sudah siap pasang iklan berbayar, maka hal itu silahkan dilakukan.

Jadi kesimpulannya adalah, jika Anda berniat untuk bisnis es lilin di era es kepal Milo, maka yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Inovasi
2. Brand
3. Target konsumen
4. Trik pemasaran
5. Konsistensi
6. Pantang menyerah

Dengan 6 pondasi itu, maka di harapkan bisnis es lilin yang Anda jalankan akan berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis.

Dan tentu saja, bisa mengalahkan es kepal Milo yang sedang populer dikalangan masyarakat Indonesia kita tercinta ini. Sehingga kejayaan es lilin bisa kembali lagi. Semoga sukses!


Loading...
Baca selengkapnya

Hanya seorang blogger yang memulai ngeblog pake hp.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close