Dasar dasar Blog

Tips Blogging untuk Blog Baru bagi Pemula Agar Lebih Optimal

Disini saya hanya sharing tentang apa yang sudah saya pelajari dari berbagai blog yang telah saya baca. Yang mana isi dari artikel tersebut mengenai seputar blogging. Dan saya akhirnya membuat judul tentang tips blogging untuk blog baru bagi pemula.

Telah banyak diketahui bagi para master blogging bahwa blog baru memang sulit untuk mendapatkan rangking search engine google, apalagi blog tersebut baru dibuat dalam kisaran 2 atau 3 bulan. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa blog baru pun dapat merangking di search engine dengan usaha keras.

Seorang blogger pemula seperti saya ini pasti akan kesulitan untuk mendapatkan rangking di google apalagi untuk blog baru. Usaha begitu keras harus dikucurkan sehingga dapat memeras otak para blogger pemula. Apalagi dalam membuat artikel di blog baru harus memikirkan mengenai SEO.

Search Engine Optimation (SEO) bila diterapkan oleh pemula dapat membingungkan dan memusingkan sehingga mereka blogger pemula dapat menyerah ditengah jalan. Mereka yang berhenti ditengah jalan mungkin memiliki tujuan menghasilkan uang dari blog. Padahal mendapatkan uang dari blog tidak semudah itu.

Membutuhkan kerja keras, ketekunan, serta menghilangkan rasa malas, saat penyakit malas ini melanda maka dapat berdampak buruk. Untuk itu saya akan membagikan beberapa tips blogging untuk blog baru bagi pemula.

1. Membuat Blog Baru

Pertama, kita siapkan terlebih dahulu blog tersebut. Sobat bisa memilih flatform blog apa saja seperti wordpress.org ; Blogger.com ; Joomla ; atau penyedia lainnya.

Kalau ingin yang mudah dalam pengaturannya kita dapat memiliki Blogger.com sebab kita hanya perlu membuatnya tanpa perlu sewa hosting di penyedia hosting. Apalagi kita tak perlu membayar sepersenpun untuk membuatnya.

Baca disini selengkapnya : Jenis-jenis CMS Blog, Review Kelebihan dan Kekurangannya

2. Menyiapkan Template SEO Friendly dan Responsive

Yang kedua, menyiapkan template yang seo friendly dan responsive. Mengapa ini dilakukan? Karena pada dasarnya template bawaan dari blogger kurang seo friendly dan responsive. Namun untuk mendapatkannya sobat tidak perlu pusing pusing memikirkan masalah coding atau hal lainnya.

Sebab sudah banyak sekali blog blog yang membagikan tempalate SEO yang dibagikan secara gratis. Dengan memilih template yang seo friendly dan responsive dapat membuat pengunjung nyaman untuk mengunjungi blog sobat serta dapat mempermudah bersaing di Halaman Pertama Google

3. Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Sudah saya katakan bahwa bagi blog baru untuk bersaing di search engine Google, Yahoo, Bing atau mesin pencari lainnya akan sulit sebab blog baru belum sepenuhnya terindex. Sehingga untuk mendapatkan posisi teratas google membutuhkan riset kata kunci (keyword)

Riset keyword untuk blog baru sangat diharuskan, hal ini supaya kita tidak salah memilih keyword. Ada banyak sekali keyword yang telah dikuasai oleh blog – blog besar. Apalagi keyword yang memiliki pencarian yang banyak.

Untuk blog baru sendiri dianjurkan untuk memilih keyword yang memiliki jumlah pencarian yang sedikit. Tujuannya untuk meminimalisir persaingan dengan blog-blog yang sudah berumur yang sebelumnya sudah menguasai kata kunci tersebut.

Sebaiknya Anda juga menerapkan Long Tail Keywords untuk judul posting blog agar hasilnya lebih maksimal di pencarian search engine.

4. Lakukan Optimasi

Setelah mendapatkan keyword yang pas, selanjutnya adalah membuat artikel. Pada saat kita membuat artikel kita perlu memperhatikan unsur – unsur SEO di dalamnya, supaya artikel kita nanti bisa memenangkan persaingan SERP di Google

Ada banyak sekali tips SEO, untuk di dalam artikel sendiri kita harus menerapkan yang namanya SEO on page. Jadi kita harus berusaha mengoptimasi hal – hal yang ada di dalam artikel kita.

Salah satu SEO on page adalah :

  1. Memilih Template SEO
  2. Riset Keyword
  3. Keyword Density
  4. dll

5. Update Artikel secara Rutin

Apabila langkah – langkah diatas sudah diterapkan, maka selanjutnya adalah selalu mengupdate artikel pada blog kita, supaya blog kita terlihat terawat dan bagu dimata google.

Untuk dapat mengembangkan blog secara optimal, keberadaan konten artikel adalah hal yang amat penting selain penerapan SEO (Search Engine Optimization). Lebih tepatnya, menyediakan konten artikel berkualitas dan memenuhi syarat SEO adalah bagian dari penerapan SEO itu sendiri, yakni SEO offpage.

Sangking pentingnya, SEO dan juga konten berkualitas dapat diibaratkan sebagai Raja dan Ratu dalam blog. Tidak heran semakin banyak blogger yang mulai concern dengan kualitas artikel yang mereka sajikan di blog yang mereka kelola

Baca : Kriteria dari Artikel Berkualitas Untuk Blog dan Website

Itulah artikel yang dapat saya sajikan semoga saja dapat bermanfaat bagi sobat semuanya.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang pemuda yang masih muda, pemilik dari website www.erincoodi.web.id

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close