tips blogging

10 Tips Blogging Untuk Pemula Agar Blog Anda Disukai Pengunjung

Selamat datang…di klikmania ini adalah artikel saya yang pertama, Anda mungkin pernah suatu saat merasa heran saat menjalani aktifitas blogging,…anda mungkin pernah berkata dalam hati…kenapa blog saya tidak didatangi pengunjung?…Kenapa saya kesulitan menulis artikel?…Jangan putus asa.Ingat “man jadda wa jadda” ,artinya:barang siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil…..

Tentu kita semua sudah sering  mendengar pepatah ini, tetapi banyak dari kita yang tidak termotivasi. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit tips blogging agar blog anda disukai pengunjung. Jangan lupakan rumus dalam dunia blogging:  Traffic=Uang. Simak tips berikut ini.

10 Tips Blogging Untuk Pemula Yang Wajib Anda Terapkan

Mungkin sudah banyak yang sharing tentang tips blogging, tetapi saya memberikan sesuatu yang berbeda, khususnya bagi Anda yang pemula dan baru mengenal dunia blog.

1. Jangan membuat artikel dengan niche/topik yang belum anda kuasai

Banyak sekali blogger pemula yang “memaksakan diri” untuk menulis artikel yang belum mereka kuasai sama sekali.Misalnya si A baru saja membuat blog kemarin sore,tapi dia sudah membuat artikel mengenai adsense. Menurut saya, jika pengetahuan kita masih kurang lebih baik kita mempelajari tentang topik yang belum kita kuasai, jika anda memaksakan diri hal yang terjadi adalah pengunjung anda akan merasa aneh dan tidak percaya pada blog anda “ini blog baru dan belum pasang iklan adsense, tetapi sudah bikin artikel adsense”.

2. Jadikan blog anda sebagai penyedia informasi paling lengkap dari pada blog yang lain

Ya!!benar sekali. Tips blogging yang ke dua agar blog anda kebanjiran pengunjung adalah dengan menyediakan konten atau artikel yang terlengkap dari blog lain. Jangan membuat atikel yang tidak berkualitas karena tidak pantas bersaing di halaman pertama google atau search engine lainnya.

3. Gunakan keyword/kata kunci yang bisa “menghipnotis” pengunjung

Loading...

Yang saya maksud dengan “menghipnotis” ini bukan trik magic/sihir yaa…Cara ini merupakan salah satu dari kunci keberhasilan agar blog anda didatangi pengunjung, misalnya jika blog anda masuk dalam halaman pertama google dengan kata kunci yang dibidik adalah”blogging”.

Tentu keyword dengan judul “rahasia!!!15 tips blogging untuk pemula”,akan terlihat  lebih menarik untuk dibaca dari pada artikel dari blog lain yang berjudul “tips blogging”,inilah yang saya maksud dengan menghipnoptis tadi.Ada juga kata-kata yang lain untuk menghipnotis:gunakan kata “gratis”. Ini merupakan kata-kata yang memang dahsyat untuk memdatangkan traffic blog anda, gunakan juga kombinasi huruf dan angka, kata-kata lain,misalnya:

  • Strategi
  • Rahasia
  • Jitu
  • Dahsyat
  • Dan lain-lain

4. Jadilah diri anda sendiri

Sebagai seorang blogger kita harus memiliki ciri khas sendiri.Agar anda mudah dikenal dan akrab dengan pengunjung blog anda. Ciri khas tersebut bisa berupa:

  • Cara menyambut pengunjung di awal artikel
  • Penggunaan istilah-istilah tertentu
  • Bahasa yang digunakan dalam menulis artikel

5. No copy, no paste

Hindari copy paste!, kenapa?

Sebenarnya tidak ada yang melarang anda untuk membuat artikel copy paste. Tapi yang harus kita ketahui adalah seorang blogger hanya bisa melihat 2 kenyataan yaitu:

  • Blogger sukses》artikel organik dan berkualitas.
  • Blogger tidak sukses》artikel memang bagus, berkualitas tapi tidak organik atau copy paste.

6. Berikan sesuatu yang gratis kepada pengunjung anda

Ingat kata-kata yang bisa menghipnotis tadi? berikan juga sesuatu yang gratis kepada pengunjung anda agar mereka berkenan menjadi pengunjung tetap anda. Dan jika anda beruntung, pengunjung anda akan like, share,follow, akun sosial media dan berlangganan artikel dari blog anda, meskipun anda tidak meminta hal tersebut. Atau mungkin setidaknya memberi komentar di artikel anda.

7. Jangan pelit untuk berbagi ilmu

Jangan takut jika anda nanti berbagi ilmu, saingan anda akan semakin banyak. Ini memang benar, tapi jika dilihat dari sisi positifnya ilmu anda akan bertambah, karena orang lain tentunya tidak akan berpikir untuk berbagi ilmu dengan anda.

Maka dari itu berbagi ilmu itu sebenarnya menguntungkan. Kita lihat saja contoh nyata dari berbagi ilmu adalah wikipedia perusahaan ini memiliki banyak sukarelawan yang mau menulis artikel untuk mereka. Sama halnya dengan wordpress, anggota mereka selalu berbagi tips, plugin, template secara gratis.

8. SEO

SEO?Apa itu SEO?SEO adalah pengoptimalan suatu blog atau website dengan tujuan meraih posisi terbaik di search engine.

9. Buat fanspage/komunitas untuk blog anda

Ibaratnya jika anda sekolah pasti membutuhkan buku untuk mecatat ilmu yang anda dapat. Sama halnya dengan blogging, jika anda harus punya wadah agar pengunjung anda tidak hilang.

10. Action

Aksi jangan tunda lagi, coba terapkan di blog anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya Semoga bermanfaat…Salam.


Loading...

Bagikan

Penulis

agus86
agus86
Saya adalah seorang pelajar yang menyukai dunia blogging,bisnis,teknologi(terutama
elektro)
agus86

Penulis

Saya adalah seorang pelajar yang menyukai dunia blogging,bisnis,teknologi(terutama elektro)

Komentar

    Avatar

    Gunawan

    ( - 16:30)

    Tips blogging untuk pemula ini cocok dengan saya mas, terimakasih informasinya bermanfaatdi tunggu artikel bermanfaat lainya ya. terimakasih

    Avatar

    indra

    ( - 14:26)

    Mantap gan jadi referensi buat saya yang masih newbie di dunia blogging.

    Avatar

    budy

    ( - 04:50)

    berarti kunci utamanya yang penting artikelnya menarik dan mudah diifahamin

      Avatar

      fadly

      ( - 15:44)

      kunjungin blog gua ya
      ” bukamatadunia.blogspot.co.id nanti gua kunjungi balik blog loh thanks

      Avatar

      fadly

      ( - 06:01)

      kunjungin blog gua ya
      ” bukamatadunia.blogspot.co.id nanti gua kunjungi balik blog loh thanks

    Avatar

    mas ukin

    ( - 13:08)

    mantap mastah, tipsnya sangat membantu buant ane sebagai seorang blogger pemula seperti ane.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *