BloggingOptimasi Blog

Tips Blogwalking yang Efektif Untuk Membangun Backlink dan Meningkatkan Kualitas SEO Blog

Tips Blogwalking yang efektif – Backlink adalah salah satu poin penting  yang harus dipenuhi oleh suatu blog agar dapat tetap eksis dan meningkatkan nilai SEO dari blog terkait. Backlink sendiri adalah tautan balik atau link yang menghubungan blog anda dengan blog/ halaman lainnya. Untuk membangun backlink ini, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satuny adalah blogwalking.

Blogwalking adalah teknik optimisasi SEO dengan cara mengunjungi blog lainnya dan kemudian meninggalkan jejak melalui komentar (melampirkan link blog pada komentar). Namun, blogwalking ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, dikarenakan dapat berpotensi dianggap spam oleh pemilik blog yang dikunjungi.

Nah, berikut ini klikmania telah menyediakan beberapa tips atau cara blogwalking yang efektif  yang dapat membantu anda yang ingin membangun backlink melalui teknik ini.

Membaca  terlebih dahulu aturan berkomentar yang diterapkan oleh pemilik blog

Tips pertama yang disarankan untuk anda lakukan atau terapkan dalam melakukan blogwalking yang efektif adalah memperhatikan atau membaca aturan berkomentar pada blog yang anda kunjungi. Tidak sedikit blog yang memilih untuk memberlakukan otoritas. Dimana pengunjungnya tidak diperbolehkan untuk memasang link aktif di dalam komentarnya guna membatasi outboundlink( link keluar).

Jika anda mendapati blog dengan aturan seperti ini, anda sebaiknya tidak memaksakan untuk memasang link blog atau halaman artikel anda di dalamnya. Dikarenakan komentar anda pastinya akan dimasukan ke kotak spam atau dihapus.

Alhasil blogwalking yang anda tujukan untuk meningkatkan nilai SEO blog anda menjadi sia-sia. Jika anda memang melakukan blogwalking untuk semata membangun backlink. Sebaiknya anda mencari blog lain yang mengijinkan anda memasang link aktif di dalam komentar halamannya.

Memberikan komentar yang relevan

Selain menjadikan SEO blog lebih baik melalui blogwalking, anda juga disarankan untuk membuat blogwalking menjadi ajang silahturahmi antar blogger. Untuk blogwalking yang efektif, disarankan untuk anda agar tidak hanya memberikan komentar seadanya . Lantas kemudian menaruh link blog atau halaman di dalam komentar anda, namun memberikan komentar yang berbobot dan relevan.

Memberikan komentar yang berbobot dan relevan mengenai apa yang diposting oleh pemilik blog yang anda kunjungi akan membuat blog anda memiliki kesempatan untuk dikunjungi balik. Baik dari pemilik blog yang anda kunjungi ataupun dari pengunjung lain yang juga berkomentar di blog terkait.

Sebaiknya dalam melakukan blogwalking, anda memberikan komentar lebih dari 2 baris mengenai hal yang diposting pemilik blog yang anda kunjungi . Setelah itu barulah anda memberikan link aktif di dalam komentar anda.

Melakukan blogwalking ke blog yang artikelnya relevan dengan niche blog anda

Blogwalking yang Efektif

Tips selanjutnya yang akan sangat membantu upaya blogwalking yang efektif  dalam meningkatkan nilai SEO atau membangun backlink untuk blog anda. adalah dengan mengunjungi blog yang konten artikelnya relevan dengan niche blog anda.

Sebagai contoh, jika kiranya blog anda adalah blog yang memiliki niche kesehatan, maka sebaiknya anda mengunjungi blog yang memuat artikel tentang kesehatan. Selanjutnya, anda dapat berkomentar tentang postingan pada blog yang anda kunjungi. Kemudian melampirkan link aktif sebagai backlink untuk blog anda.

Meletakan link pada nama komentator

Saat bekomentar di suatu blog, anda sebenarnya tidak hanya mungkin dapat melampirkan link aktif pada isi komentar. Pada bagian nama komentator pun anda dapat mencantumkan link atau URL blog anda. Sehingga upaya blogwalking untuk membangun backlink pun menjadi lebih optimal.

Pilihlah opsi openID pada saat anda berkomentar dan kemudian barulah cantumkan keyword anda dan juga URL blog anda. Hal ini adalah salah satu cara blogwalking yang efektif yang sedikit diketahui oleh blogger.

Referensi lain : 3 Cara Mudah Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog


Loading...
Baca selengkapnya

Saya adalah content writer dan juga social media designer. Business : 082177387464 (WhatsApp) Instagram : @endarjulian

Artikel terkait

38 Comments

  1. artikel yang sangat membantu saya yang masih baru ini,, saya ingin website saya bisa pageone…,mohon bantuanyya bagi para mastah…

  2. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat, ini lagi belajar perbanyak blogwalking

  3. Keren, informasinya sangat membantu.. Melakukan blogwalking memang salah satu yang ampuh untuk mendapatkan backlink.

  4. Meletakan link pada nama komentator, mas admin. Saya sangat membutuhkan kejelasaan tentang OPEN ID

    Apakah komentar pakai open id membahayakan blog yang dikunjung mas?

    Semoga klik mania selalu sukses.. salam

  5. Menurut saya sih blog walking itu banyak manfaatnya, terutama untuk blogger pemula seperti saya, bisa menambah refrensi yang nantinya jadi bahan untuk artikel2 kita, sukur2 kalau dapet kunjungan balik dari temen2 yang lain, yaa.. sambil menyelam minum air lah..

  6. Saya masih pemula, ketika saya membaca tentang blogwalking saya penasaran itu apa. karna gak dibahas secara lebar saya cari deh di om google. nemunya disini, ternyata yang perlu saya tau sebagai pemula ada semua disini. hehe.
    makasih ilmunya mas.. 🙂

  7. Terimakasih Artikelnya sangat bermanfaat, numpang untk menerapkan blok walking yang anda berikan tipsnya. Semoga saja banyak visitor yang berkunjung ke website saya agar lebih banyak pelanggan yang saya dapatkan. Dan semoga juga banyak orang yang mengunjungi bloh anda agar banyak orang yang sukses mewujudkan mimpinya melalui dunia digital.

  8. Gan, mau tanya, cara yang cepat untuk menemukan blog yang bisa dipasang link seperti blog ini gimana ya? Thanks

  9. Mau tanya gan, selain pakai openID. Kalo pake akun blogger. Kesempatan dapat backlinknya lebih besar mana ya gan? Terimakasih

  10. Iya mas, mending lewat OPEN ID daripada di dalam komentar yang ujung2nya dapat membahayakan empunya blog, karena dianggap banyak komen spam.

  11. Saya pernah dengar Katanya komentar menggunakan openID itu berbahaya, Apakah itu benar mas gani ?

    1. Ikut nimbrung mas, setahu saya yang lewat komen yang dianggap spam, bahkan membahayakan buat yang punya blog. Bisa bisa kena pentung google

  12. Daripada Suntuk mending #pokeran, #ceme, #qiuqiu, #blackjack, #capsa susun, Uang asli lumayan buat tambah tambah uang jajan. Daftar disini : https://goo.gl/QMcF5r

  13. Klik Mania adalah salah satu blog referensi saya terutama untuk daftar Google adsense yang saat ini masih dalam tahap review kedua. Untuk meningkatkan popularitas blog tentu harus blogwalking dengan blog yang mempunyai PR lebih tinggi dari blog kita.

  14. sekali visit, sudah lebih dari 3 artikel yg menarik perhatian saya, dan yang ini tips blogwalking yang mantab dan yahud… yang pasti bisa langsung dieksekusi alias diqurban.. hehehe.. mumpung masih musim lebaran qurban.. salam kenal buat admin nya…

    1. Klikmania memang ok mas, selain bener infonya juga bermanfaat, sebagian kan ada juga yang artikelnya nyeleneh

  15. Ada GAME buat android asik nih ! Hadiahnya juga banyak bangetss ! Yok ikutan + jadi member resminya LANGSUNG. Cara ikutan bisa langsung buka link ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close