Dasar dasar BlogOptimasi Blog

Tips & Cara Memilih Template Blog Yang Bagus Dan Benar

Sebenarnya bebas saja dalam menentukan template blog kita, yang penting kita bisa posting dan memunculkan apa yang kita tulis dalam sebuah halaman web browser. Tergantung selera kita mau menentukan apa warna serta corak template yang kita pilih agar blog atau web kita terlihat menarik.

Tetapi harap dicatat, kita juga harus memperhatikan struktur template yang akan kita gunakan. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan search engine dan tentunya keinginan para pembaca? Karena tidaklah mungkin kita memiliki template yang bagus, tapi hanya kita saja yang memandang karena blog sepi tanpa pengunjung, dikarenakan template blog penyebabnya yaitu tidak SEO Friendly.

Bagaimana Menentukan Template Blog yang benar?

Kita bisa ketegorikan template  dalam 3 hal: Responsive, Clean & User Friendly, Fast loading,
yang tentunya akan mengacu kepada template yang SEO friendly.

1. Responsive

Template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, semisal dibuka di ponsel atau gadget, ukuran template ini secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan.

Manfaatnya sangat besar sekali, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dalam  penggunaan pada ponsel.

2. Clean & User Friendly

Template yang sederhana, minimalis dan bersih sangat disukai google. Selain nyaman dan enak dipandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog anda dari halaman per halaman.

3. Fast loading

Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog anda sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

Cek Template Dengan Testing Tool

1. Responsive test template

Anda bisa test template blog anda terlebih dulu seperti gambar diatas melalui

http://ami.responsivedesign.is/ atau http://ami.responsivedesign.is/

Masukkan alamat url anda dan tekan enter. Cek apakah template blog anda responsive atau tidak.

2. Structured data testing tool :

https://developers.google.com/structured-data/testing-tool/

Tool dari google ini akan membuktikan baik atau buruknya struktur data yang ada pada template anda. Jika terdapat kesalahan sebisa mungkin perbaiki dengan cepat.

memilih template untuk blog

3. CHKME

https://chkme.com/

Uji SEO template bisa anda lakukan pada website ini, standar nilai yang bagus adalah 80%, jika kurang dari itu perbaiki kesalahan pada template anda. CHKME terbilang cukup akurat membantu anda dalam penyelesaian masalah pada template, karena tercantum hasil pengetesan dan pengujian pada template.

memilih template untuk blog

4. GTmetrix

http://gtmetrix.com/

Untuk mengukur kecepatan loading Blog anda bisa gunakan tool tersebut, jika score masing – masing menunjuk kan angka 80 %, maka bisa di anggap template blog anda fast loading. Jika kecepatan loading nya diatas 5 second, sebaiknya anda memilih template lain. Untuk ukuran diatas lebih dari 5 second template itu dianggap lambat loadingnya.

memilih template untuk blog3

Demikian sekiranya, bisa sedikit membantu dalam menentukan template blog yang akan anda gunakan. Cermati dahulu sebelum memilih template mana yang pas dan cocok sebelum memulai menulis posting dalam blog anda. Template akan berpengaruh kepada blog, baik dari segi pencarian search engine dan terutama sekali adalah pengunjung blog Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

32 Comments

  1. Tema blog memang bukan penentu satu-satunya berhasilnya suatu blog, tapi perannya cukup penting.

  2. bisa minta referensi template yang bagus sesuai dengan yang tertulis diatikel ini. kebetulan saya pemula lagi belajar bikin blog. makasih

  3. Saya masih pakai template standar blogger. Pernah coba 4 template custom (versi gratisan) tapi akhirnya kembali lagi pada bawaan standar.

  4. Sangat membantu gan artikelnya..kalau boleh minta saran dari agan,gimana cara cara perbaiki loding yang lambat..soalnya blog saya masih jauh dari standart google speed…mohon pencerahannya..trims salam kenal

    1. Ikuti saja saran dari hasil page speed insight google, selaim tiu kurangi menggunakan widget yang tidak penting.

  5. Hallo pak… salam kenal.

    Saya masih pake template bawaan blogspot… ternyata nyari design template juga bikin mumet hahaha, Saya udah nyoba : developers.google.com/structured-data/testing-tool. Udah coba pakai url postingan artikel tapi sama aja, erornya sama aja hehehehe
    Terima kasih,

  6. terimaasih sebelumnyaa, mau nyari template yang seseuai kayak diatas ada gak yaa? kalau bisa rekomendasikan template apa yang cocok untuk blog saya ini

  7. maaf mas, baru belajar.
    mau tanya tetang masalah responsive itu kan yang ramah saat dibuka di ponsel. itu pengaturannya yang gimana ya mas?
    sama cara tes.nya pakai cara yang mana?
    Terima kasih, ditunggu jawabannya.

  8. wah,,,, keren.. makasih gan..!!! kami barusan ngecek website.. ternyata banyak sekali kekurangannya. Template agan kira2 dapat dari mana?? speednya bagus..!!!

  9. Terimakasih atas ilmunya mas.. Artikelnya bermanfaat utk menambah wawasan blogging saya. Salam

  10. @Bung hartato,,sama sama gan,,silahkan lihat lihat di dulu di evo templates,punya mas sugeng ada banyak pilihan untuk minimalis

  11. Terima kasih ulasannya. Kalau Saya ingin template yang yang simple, minimalis 2 kolom saja soalnya untuk adsense. Apakah Anda ada referensi untuk template yang Saya cari?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close