tips jualan online

9+1 Tips Jualan Online yang akan Membuat Dagangan semakin Laris

Hai sobat klikmania, dijaman yang semakin maju yang ditandai dengan era kemajuan digital ini, banyak sekali orang yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan jualan online. Namun karena saking banyaknya orang yang mamanfaatkan hal ini, maka persaingan akan semakin ketat. Maka dari itu, saya disini ingin memberikan sedikit informasi mengenai tips jualan online.

Harapannya, semoga dengan artikel ini mampu memberikan sedikit wawasan kepada anda sehingga barang dagangan untuk jualan juga laris manis. Karena untuk mendapatkan keuntungan yang banyak itu bukan sekedar untung untungan semata. Namun ada banyak hal lain yang mampu menambah keuntungan tersebut. Karena banyak orang yang mengatakan bahwa orang yang selalu laku dalam berjualan itu adalah karena untung untungan bawaan lahir.

Namun hal itu salah, mungkin saja keberuntungan memang sedang berpihak padanya, namun bukan hanya keberuntungan saja yang menjadikan hal tersebut. Melainkan hal seperti strategi yang digunakan, teknik dan taktik yang dijalankan dan lainnya. Nah hal tersebut itu akan saya bahas lebih lanjut dalam tips jualan online dibawah ini.

Tips jualan online yang mampu menjadikan barang dagangan laku keras

Sebenarnya dalam berjualan itu bukan soal mencari keuntungan semata, namun ada hal yang perlu anda perhatikan seperti mengutamakan sama sama untung antara penjual dan pembeli. Karena jika hanya mengandalkan kita yang untung, pasti pembeli yang merasa dirugikan tidak mau berkunjung lagi ke toko online kita.

Semakin mudahnya kegiatan transaksi, saya pun sering melakukan transaksi secara online dengan membeli barang di toko online tertentu. Sebagai pihak pembeli saya juga harus dihargai dan tidak merasa dirugikan. Karena kalau merasa dirugikan pasti saya tidak akan membeli lagi disitu. Begitu pula yang harus dilakukan penjual, prinsip sama sama untung adalah hal yang harus benar benar diperhatikan dengan baik.

Untuk mengetahui tips jualan online selengkapnya, silakan ikuti terus artikel ini dengan baik ya.

1. Kedepankan kepuasan pelanggan

tips jualan online

Siapa sih pelanggan yang tidak ingin merasakan kepuasan saat membeli barang. Kepuasan itu bisa jadi suatu hal yang sesuai dengan harapan, tidak terjadi suatu hal buruk disuatu hari, kemudahan dalam berbagai hal. Ya itulah yang bisa disebut sebagai kepuasan. Kunci dari kepuasan itu bisa berasal dari diri anda sendiri. Jika anda merasa puas, dan pembeli merasa puas, maka hal ini akan menjadi kerja sama jangka panjang. Itulah hal yang diharapkan bagi setiap orang.

Loading...

Jika ada pembeli pertama, jadikan itu sebagai tempat untuk menularkan informasi kepada orang lain. Tentu kalau pelayanan kita memuaskan bagi si pembeli, maka dia juga akan merekomendasikan sendiri kepada temannya atau kepada orang lain. Tanpa perlu kita menyuruhnya, maka dia akan merekomendasikan jualan kita. Percaya deh.

Selain itu, kecepatan dalam membalas kontak itu juga merupakan hal yang perlu diutamakan. Respon yang ramah, cepat dan mau menanggapi setiap pertanyaan itu adalah hal yang bagus. Namun pelajarilah orang yang CLBK (chat lama beli kagak) dengan orang yang benar benar serius ingin beli.

Tapi jika anda memang suka melayani pelanggan entah itu yang memang ingin beli atau sekedar tanya, maka alangkah baiknya untuk selalu merespon dengan baik.

2. Perhatikan keamanan transaksi

tips jualan online

Transaksi yang aman juga merupakan tips jualan online yang harus dikedepankan. Tips transaksi untuk menciptakan kenyamanan pada pelanggan adalah dengan menggunakan rekber. Seperti halnya tokopedia dan bukalapak juga menyediakan rekber. Maka dari itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan mencari tahu tempat mana yang cocok untuk melakukan rekber.

Kalau anda menggunakan toko online, pastikan toko anda sudah mendapatkan kepercayaan yang tinggi. Hal ini mengingat sekarang ini banyak sekali toko online yang menipu pembelinya. Maka dari itu, jika anda membangun bisnis jualan online, alangkah baiknya untuk mencari kepecayaan terlebih dahulu.

Misalnya dengan berjualan di bukalapak dan toko online. Lalu kalau mereka sudah menjadi pelanggan setia, maka ajak langsung untuk berbelanja dari web. Inilah cara untuk menumbuhkan kepercayaan guna keamanan transaksi.

Kita sebagai pembeli, usahakan untuk tidak mau menerima orang yang ngutang alias bayar belakangan. Kalau mungkin anda memiliki suatu fasilitas untuk kartu kredit sih OK OK saja. Malahan hal itu akan memudahkan banyak orang. Namun jika mereka ngutang tanpa memberikan bukti apapun, maka hal tersebut perlu diwaspadai. Karena jaman sekarang ini tidak hanya pembeli saja yang seirng tertipu, tapi pembeli yang kurang profesional juga sering tertipu.

3. Gunakan iklan

Dengan iklan akan menjadikan jualanmu lebih efektif hingga 8 kali lipat. Tinggal bayar, lalu anda bisa mendapatkan 3 kali dari modal tersebut. Namun anda juga perlu memperhatikan tempat mana yang bagus untuk beriklan.

Saran saya sih yang cocok untuk pemula itu di tempat seperti facebook dan google adwords. Sekarang sudah bisa membayar dengan menggunakan transfer bank tanpa perlu kartu kredit akan memudahkan.

Awal awalnya sih bisa dibilang rugi, karena belum bisa mengatur ini dan itu, tapi kalau sering menjalankan iklan seperti itu, pasti justru untung yang didapat. Jadi kalau anda sekali atau tiga kali saja menggunakan iklan lalu sudah bilang tidak menguntungkan, itu salah. Anda perlu mempelajari hal tersebut untuk bisa beriklan murah tapi benar benar tertarget.

4. Perhatikan kualitas barang dan pengiriman

tips jualan online

Perhatikan kualitas barang yang anda jual. Karena dengan tidak memperhatikan kualitas barang yang dijual, kadang hal itu akan membuat pengunjung enggan untuk membeli kedua kali di blog anda. Saya sendiri sering melihat bahwa di market place itu kebanyakan pengunjung suka memberikan feedback negatif karena barang yang diterima keadaannya tidak bagus atau pengiriman yang terlambat.

Sebenarnya itu sih bukan salah si penjual, namun karena faktor si perusahaan pengiriman seperti halnya JNE, POS dan sebagainya. Atau kerusakan dalam pemakaian itu bisa saja terjadi karena salah si pembeli sendiri, namun banyak yang memberikan penilaian buruk kepada penjual karena alasan tersebut.

Maka dari itu, untuk menghindari feedback yang buruk, alangkah baiknya untuk memberikan kepada pembeli kualitas barang yang baik. Usahakan untuk memberikan barang yang asli, bukan KW, barang yang masih mulus dan tentunya tidak mengalami kerusakan. Usahakan kita memberikan garansi pribadi minimal 1 minggu untuk meningkatkan perhatian pengunjung kepada blog kita. Jangan sampai melupakan tips jualan online satu ini ya.

5. Jangan pernah membohongi pembeli

Misal kita memiliki barang dengan kualitas yang kurang bagus, maka bilang saja kepada pembeli bahwa barang tersebut memang kurang bagus dari segi kualitasnya. Atau kalau perlu kita mengatakan kepada pembeli mengenai harga beli barang tersebut. Jangan pernah membohongi pembeli.

Karena hal ini akan menjadikan jualan anda awet. Jika anda suka berbohong demi kelarisan barang dagangan, maka hal itu akan menyebabkan pembeli tidak akan pernah untuk membeli yang kedua kalinya.

6. Berikan umpan gratis

tips jualan online

Dalam suatu riset, jika kita memberikan umpan gratis terlebih dahulu kepada semua orang, maka akan mampu meningkatkan penjualan hingga 6 kali lipat. Hal ini tentu sering kita jumpai di berbagai produk. Kalau produk semacam software, mereka sering menyebutnya sebagai free trial. Jika kita mencobanya sendiri dalam kurun waktu gratisan dan ternyata memang layak untuk dibeli, maka selanjutnya mereka akan menjadi pelanggan anda.

Di riset lain juga mengatakan bahwa pembeli akan menjadi pelanggan setia apabila sudah pernah membeli barang ke kita sebanyak 4 hingga 7 kali. Karena jika produk kita memang benar-benar dicari, dibutuhkan dan tentunya tidak mengecewakan, siapapun pasti akan dengan senang hati untuk membeli lagi dan lagi barang dagangan kita. Ini adalah tips jualan online yang perlu anda perhatikan.

Jangan sampai karena orang belum tahu mengenai produk anda, maka ia tidak akan menjadi pembeli bahkan pelanggan. Namun jika kita membiarkan mereka untuk menicipi terlebih dahulu barang kita, maka mereka akan tahu mengenai kita dan barang tersebut seperti apa. Tips jualan online satu ini juga tidak akan rugi, mungkin iya awal awalnya rugi, namun untuk kedepannya saya rasa tidak akan mengalami kerugian.

7. Sebisa mungkin pilih produk yang tidak pasaran tapi laris

Hal ini harus dilakukan dengan riset terlebih dahulu sebelum ingin memulainya. Perlu anda tahu, produk yang kita jual ini sangat menentukan seberapa besar penjualan yang terjadi. Misalnya produk itu tidak banyak dibutuhkan oleh orang banyak, maka jualan anda pun tidak akan mengalami penjualan yang berarti.

Memilih produk yang tidak terlalu banyak dijual oleh orang lain namun memiliki tingkat kebutuhan orang banyak itu memang bisa dibilang susah susah gampang. Anda bisa menggunakan tools semacam google keyword planner untuk riset hal ini. Namun karena sekarang ini banyak yang mengatakan kalau sudah tidak bisa mendapatkan keyword planer, anda bisa menggunakan alternatifnya, yaitu wordze.

Kalau anda memang tidak dapat menemukan produk yang tidak pasaran tapi laris, maka setidaknya anda mendapatkan barang yang sedang ngetrend. Namun anda harus bisa lebih dulu atau lebih terkenal daripada orang lain. Jika menggunakan marketplace, maka setidaknya sudah memiliki banyak penjualan dengan feedback yang memuaskan. Hal ini pulalah yang akan menjadikan pembeli lebih tertarik untuk membeli di tempat anda.

Tips jualan online memang perlu perhatian khusus, karena apabila salah memilih barang yang dijual, hal itu tidak akan memberikan keuntungan yang banyak. Namun kalau anda adalah penjual yang sudah memiliki nama besar, dan terkenal banyak orang, menjual barang yang pasaran pun tidak masalah. Hal itu malahan akan mendapatkan penjualan yang lebih besar.

Namun kalau anda adalah penjual pemula, jika dipaksakan untuk bersaing dalam menjual produk yang pasaran, maka akan kalah, kecuali menjual barang yang sedang trend. Misalnya dulu sempat booming mengenai batu akik, kalau kita ikut ikutan jualan pun pasti akan laris juga. Karena kalau sedang trending seperti itu, orang cenderung suka membandingkan produk satu dengan lainnya. Jadi kemungkinan untuk terjadi penjualan itu lebih besar.

8. Gunakan toko online sendiri

tips jualan online

Memang, anda mungkin lebih memilih market place sebagai tempat jualan barang. Namun perlu diperhatikan bahwa marketplace itu bukan milik anda. Jika sewaktu waktu terjadi masalah, maka hal tersebut akan membahayakan.

Tak hanya itu, jika anda hanya menggunakan sosial media semacam facebook atau instagram untuk berjualan, maka alangkah baiknya untuk membuat toko online juga. Karena algoritma sosial media tersebut memang bisa dibilang sangat tidak potensial. Apalagi sering ada penghapusan terhadap akun yang sering melakukan spam dan sebagainya. Hal ini akan menambah risiko anda dalam berjualan jangka panjang.

Untuk mengatasi hal tersebut, buatlah toko online sendiri. Ya walaupun bisa dibilang hal tersebut lebih membutuhkan banyak biaya, namun keuntungan yang didapat juga lebih jangka panjang, dan anda pun bisa membuat brand sendiri untuk dikembangkan dengan lebih besar nantinya.

Ada banyak sekali keuntungan jika menggunakan toko online, seperti kita bisa mengatur barang sepuasnya, bisa bersaing sendiri di mesin pencari, dan tentunya kalau sudah besar, maka kepercayaan pengunjung terhadap toko online kita itu juga semakin besar, hal ini akan menjadikan semakin lama semakin banyak pembeli.

Jika kita jualan di marketplace, maka kita memiliki banyak sekali saingan. Hal ini tentunya pembeli akan mudah pindah pindah dalam melakukan pembelian. Perlu anda ketahui, pembeli cenderung akan menemukan informasi dan suka membandingka terlebih dahulu mengenai barang apa saja yang akan dibeli.

Jadi hal ini juga terjadi pada mesin pencari, calon pembeli biasanya akan membuka 3 hingga 7 situs untuk membandingkan dengan barang yang akan mereka beli. Jadi kalaupun toko online anda tidak sampai menuju ke peringkat pertama mesin pencari, tetap saja masih ada yang membelinya.

Referensi : Tips Sukses Membangun Toko Online bagi Pemula

9. Gunakan sedikit produk tapi banyak variasi

Anda mungkin saja bisa menjual produk terbaru dan produk yang sedang ngetrend. Namun hal tersebut belum tentu mendapatkan penjualan. Hal yang bisa anda lakukan dalam tips jualan online kali ini adalah dengan menggunakan produk yang sedikit tapi memiliki banyak variasi. Menurut riset, hal ini akan mampu memberikan penjualan hingga 200% lebih banyak dari pada mereka yang menjual banyak produk.

Misalnya anda memiliki toko online dengan menjual fashion. Nah anda usahakan jangan menjual segala jenis kerudung ada disitu, tapi pilihlah kerudung yang sedang memiliki peminat banyak. Atau kalau anda ingin menjual sepatu, maka jangan jual semua jenis sepatu.

Kalau anda khusus menyediakan sepatu tanpa jualan lain itu memang bagus, namun kalau anda menjual lebih besar lingkupnya dari sepatu, maka usahakan untuk menjual barang itu tidak usah terlalu banyak.

Jadi anda bisa menjual beberapa jenis topi, baju, celana, sepat, kerudung, aksesoris, dan sebagainya dengan memilih produk yang sedang diminati banyak orang.

10. Jadilah yang pertama menawarkan

Efek primacy seolah-olah otak kita untuk menghakimi pikiran sendiri untuk lebih memilih suatu yang pertama. Baik pertama dijual, pertama tampil, pertama ditawarkan dan sebagainya. Jika anda belajar psikologi, pasti anda menemukan pelajaran tentang hal ini. Dalam suatu riset diketahui bahwa produk yang pertama itu lebih dari 2,5 kali lipat penjualannya daripada produk yang kedua dan seterusnya.

Misalnya anda membeli di suatu toko, mungkin anda akan mengunjungi sampai ke ujung lorong, nah akhirnya anda membeli lagi ke pilihan pertama kali dilihat bukan? Nah itulah yang dimaksud dengan efek primasi. Hal ini juga terjadi di toko online.

Maka dari itu, saya menyarankan untuk membuat toko online sendiri. Ini adalah tips jualan online yang tidak boleh diabaikan. Karena dengan punya toko online sendiri, maka hal tersebut akan mudah dalam peletakan barang yang kurang laku untuk di jual di sebelah kiri atas yang merupakan tempat pertama kali dilihat.

Selain itu, jika anda suka update akan barang anda, maka jadilah yang pertama kali menawarkan kepada orang lain. Karena hal ini akan memberikan bekas tersendiri di pikiran banyak orang yang telah anda tawari. Misalnya saja orang sekarang lebih suka menyebut air mineral dengan Aqua, orang juga lebih fasih menyebut sanyo daripada pompa air, orang suka menyebut honda padahal itu adalah yamaha.

Nah itulah efek yang bisa memberikan bekas tersendiri jika anda menawarkannya dengan lebih mendahului orang lain.

Jadi sarang saya, jika anda tentang keluaran produk seperti halnya HP terbaru, maka anda bisa menjuanya lebih dahulu. Atau jika sedang terjadi barang yang ngetrend, maka anda bisa mempromosikan terlebih dahulu sebelum orang lain. Ini akan meningkatkan keuntungan dan penjualan yang berkali kali lipat daripada yang lainnya.

Semoga pembahasan mengenai tips jualan online kali ini benar benar bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini agar dapat pengetahuan yang selalu update setiap harinya. Terima kasih atas kunjungan anda, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *