Tips Keamanan iphone

Lakukan Tips Keamanan Ini Jika Ingin iPhone Kamu Semakin Aman

Tips Keamanan iPhone – Mungkin kita sering bertanya-tanya seberapa amankah smartphone kita? Apakah smartphone yang kita gunakan saat ini sudah cukup aman dari serangan peretas ataupun malware?

Jika kamu pengguna iOS, mungkin tidak perlu lagi takut bahwa data-data kamu akan bocor ke tangan peretas atau perangkat iOS kamu terserang malware. Seperti yang diungkapkan oleh Symantec, perusahaan yang bergerak di bidang keamanan software. Symantec menilai bahwa iOS ini lebih aman dari serangan malware dibanding platform lainnya.

Hal itu disebabkan karena Apple menyeleksi secara ketat aplikasi yang akan nongkrong di App Store. Dengan cara ini, proses pencegahan dan penolakan aplikasi yang mengandung malware dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Namun, Symantec melanjutkan bahwa perangkat iOS akan menjadi rentan terhadap malware apabila penggunanya melakukan jailbreak. So, masih ingin menjailbreak iPhone kamu guys?

Baca juga: Apa itu Jailbreak, Manfaat, dan Resikonya

Berikut adalah beberapa Tips Keamanan iPhone yang dapat kamu lakukan agar perangkat iOS kamu semakin aman.

Gunakan Passcode dan Touch ID

Tips Keamanan iphone

Ini merupakan tips keamanan langkah pertama yang mesti wajib kudu harus kamu terapkan di perangkat iOS kamu. Passcode dan Touch ID berfungsi sebagai perlindungan dini terhadap data-data yang tersimpan dalam sebuah perangkat iOS.

Loading...

Jika membiarkan perangkat iOS kamu tanpa Passcode atau Touch ID maka akan sangat mudah bagi seseorang untuk mengambil, menggunakan, atau menyebarluaskan data tanpa izin.

Kamu bisa mengaturnya melalui step-step dibawah ini.

1. Buka menu Settings
2. Pilih Passcode
3. Masukkan Passcode (ingat, jangan sampai lupa ya)

Atau jika perangkat iOS kamu sudah mendukung Touch ID, kamu bisa mengaturnya dengan cara:

1. Buka menu Settings
2. Pilih General
3. Pilih Touch ID & Passcode

Nonaktifkan SIRI

Sebagai assisten virtual yang pintar, SIRI bisa saja dimanfaatkan oleh peretas untuk membocorkan data-data kita. Peretas dapat dengan mudah menanyakan seluruh informasi yang terdapat pada perangkat iOS kita.

Untuk menghindari dieksploitasinya si Mbak SIRI tersebut, kita bisa mengaturnya dengan cara:

1. Buka menu Settings
2. Pilih Passcode
3. Matikan SIRI pada opsi Allow Access When Locked

Fitur Hapus Sendiri

Tips Keamanan iphone

Fitur ini diberikan oleh Apple untuk menjaga keamanan privasi kita di smartphone. Cara kerjanya adalah ketika seseorang salah dalam memasukkan Passcode kita sebanyak 10 kali, maka akan secara otomatis perangkat iOS kita akan menghapus seluruh data kita yang ada di dalamnya.

Fitur ini bisa saja menjadi pisau bermata dua jika kita tidak berhati-hati menggunakannya. Oleh karena itu, disarankan agar selalu membackup data kita secara rutin. Bisa secara manual, atau memanfaatkan fitur Backup melalui iCloud.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengaturnya dengan cara:

1. Buka menu Settings
2. Pilih Passcode, lalu masukkan Passcode kamu
3. Pilih Erase Data

Nonaktifkan Fitur AutoFill

Fitur ini sangat membantu ketika kita sedang chatting atau mengetik, karena ia akan secara otomatis menyimpan kata apa saja yang sering kita gunakan.

Namun, fitur ini akan menjadi sangat berbahaya jika perangkat kamu jatuh di tangan orang yang salah. Fitur ini akan menuliskan nama, password, username, atau informasi kartu kredit secara otomatis.

Kamu bisa menonaktifkannya dengan cara:

1. Buka menu Settings
2. Pilih General
3. Matikan Passwords & AutoFill

Gunakan Digit Password yang Lebih Panjang

Tips Keamanan iphone

Secara default, Apple memberikan 4 digit angka yang bisa digunakan sebagai Passcode. Jumlah ini menurut saya masih terlalu sederhana untuk sebuah Passcode. Karena, seseorang bisa saja menebak kemungkinan Passcode kita. Terutama bagi kita yang suka menggunakan kombinasi Passcode berdasarkan tanggal, bulan, atau tahun lahir.

Sebenarnya kita juga bisa loh mengatur digit Passcode-nya menjadi lebih panjang dan tidak hanya angka, kita juga bisa membuat Passcode menggunakan kombinasi huruf.

Caranya:

1. Buka menu Settings
2. Pilih Passcode, lalu masukkan Passcode kamu
3. Pilih Change Passcode dan masukkan Passcode lama
4. Pilih Passcode Options
5. Pilih jenis Passcode yang kamu inginkan

Mengunci Aplikasi

Kini, beberapa aplikasi telah mendukung fitur untuk melakukan penguncian. Jadi, ketika kita akan menggunakan aplikasi tersebut, kita akan diminta untuk memasukkan Passcode yang sebelumnya telah kita atur di aplikasi tersebut.

Berikut daftar aplikasi yang saya gunakan dan telah mendukung fitur tersebut.
1. Aplikasi chatting: BBM dan LINE.
2. Aplikasi Cloud: Google Drive dan Dropbox.
3. Aplikasi File Manager: Documents 5 dan FileMaster.

Jangan Simpan Data di iPhone

Nah, ini dia cara yang paling aman menurut saya guys. Jika tidak ingin kehilangan data atau takut data kita dicuri oleh peretas maka jangan pernah menyimpan data di iPhone.. Hehe

Itulah beberapa tips keamanan yang dapat kamu lakukan agar iPhone kamu semakin aman. Punya tips lain? Bagikan di bawah ya. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *